CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
Memahami Kumpulan Angka di Versi Aplikasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60db1a865bd5971dbd123e31/memahami-kumpulan-angka-di-versi-aplikasi

Memahami Kumpulan Angka di Versi Aplikasi

Memahami Kumpulan Angka di Versi Aplikasi

Dalam dunia pengembangan aplikasi, ataupun bagi orang awam sekalipun, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya versi aplikasi. Misalnya kalau di sistem operasi seperti Windows, kan ada Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan yang sekarang pada saat tulisan ini dibuat ada Windows 11. Ingat ya, sistem operasi juga termasuk perangkat lunak atau aplikasi.

Pernah penasaran gak sih, arti dibalik kumpulan angka dalam versi aplikasi. Jika kamu penasaran, yuk baca penjelasan singkat ini.

Memahami Kumpulan Angka di Versi Aplikasi

Pasti sebagain besar dari kita pernah melihat versi aplikasi semacam ini. Ada angka di depan, diikuti dengan titik lalu diikuti dengan angka lagi sekali atau beberapa kali. Kira - kira makhluk apakah itu?

Memahami Kumpulan Angka di Versi Aplikasi

Versi aplikasi yang lengkap itu biasanya terdiri dari 3 angka dan 2 titik seperti gambar di atas. Apa maksud dari Major, Minor, dan Patch? Penjelasan sederhananya kira - kira seperti ini:

Major = akan bertambah jika ada perubahan besar atau penambahan fitur yang menyebabkan fitur lain tidak berjalan lagi atau tidak berfungsi.

Minor = akan bertambah jika ada perubahan atau penambahan fitur yang tidak menyebabkan fitur lain rusak.

Patch = akan bertambah jika ada perbaikan bug atau perbaikan error (kesalahan).

Memahami Kumpulan Angka di Versi Aplikasi


Lantas bagaimana dengan aplikasi yang pertama kali dibuat? Biasanya aplikasi atau software yang pertama kali dibuat itu diberi versi berapa, apakah 1.0?

Biasanya aplikasi yang pertama kali dibuat dan belum dirilis secara resmi akan memiliki versi 0.1.0. Jika kamu sedang mengembangkan sebuah aplikasi atau software dan bingung dalam memberi versi untuk pertama kali, sebaiknya gunakan versi ini. 

Memahami Kumpulan Angka di Versi Aplikasi


Nah, untuk versi aplikasi yang di atas ini, mungkin sebagian dari kamu pernah melihatnya. Bagaimana dengan versi aplikasi yang aneh - aneh seperti ini? Apa arti kata beta1 yang ada di belakang? Sebenarnya memang ada penamaan versi aplikasi seperti ini dan masih banyak yang lainnya, untuk informasi lebih lanjut kamu bisa membaca dokumentasi lengkapnya di:



Kamu bisa membaca dokumentasi semver dengan berbagai macam bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Nah, sekarang kamu sudah selesai membaca. Pemberian versi aplikasi model begini dinamakan Semantic Versioning. Itu dia mengenai Semantic Versioning. Kebanyakan perusahaan atau para pengembang menggunakan semver dalam memberi versi aplikasi mereka. Terimakasih sudah mau meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya.

Follow juga IG saya:
https://www.instagram.com/anggakswr/

Baca juga:
Tadi ngetik apa ya di terminal?
Cara Konek ke Server Menggunakan SSH di Ubuntu
Cara Install Node JS Terbaru di Ubuntu
Cara Extract File .rar di Ubuntu
Perbedaan Install Aplikasi di Linux Ubuntu dan Windows
Wajib Lakukan Ini Setelah Install Windows dan Ubuntu
Diubah oleh mx667
Firefox adalah contoh buruk untuh pelajaran ini.
Quote:


makasih sudah mau komentar di thread saya gan, kalau boleh tau kenapa firefox dianggap sebagai contoh yg buruk untuk pelajaran ini ya gan?

Quote:


oh begitu ya gan, ok sip makasih infonya, jadi dapat ilmu baru nih
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di