KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Augusto Pinochet, Diktator Kejam Asal Chili
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d95d1ef7c7b11dc9330c40/augusto-pinochet-diktator-kejam-asal-chili

Augusto Pinochet, Diktator Kejam Asal Chili

Augusto Pinochet, Diktator Kejam Asal Chili
Augusto José Ramón Pinochet Ugarte (lahir 25 November 1915 – meninggal 10 Desember 2006 pada umur 91 tahun) adalah seorang jenderal, politikus dan diktator asal Chili yang berkuasa antara tahun 1973 hingga 1990, ia tetap menjadi Panglima Tertinggi Angkatan Darat Chili sampai tahun 1998 dan juga bertindak sebagai Presiden Pemerintahan Junta Chili antara tahun 1973 sampai 1981.

Pinochet mengambil alih kekuasaan di Chili setelah melakukan kudeta yang didukung Amerika Serikat pada 11 September 1973 untuk menggulingkan dan mengakhiri pemerintahan sipil Presiden Salvador Allende yang berasal dari aliansi politik berhaluan sosialis, Unidad Popular yang terpilih secara demokratis. Beberapa akademisi, termasuk Peter Winn, Peter Kornbluh dan Tim Weiner menyatakan bahwa dukungan Amerika Serikat sangat penting terhadap kudeta tersebut dan konsolidasi kekuasaan sesudahnya.

Augusto Pinochet, Diktator Kejam Asal Chili

Pinochet dipromosikan menjadi Panglima Tertinggi Angkatan Darat oleh Allende pada 23 Agustus 1973, setelah sebelumnya menjadi Kepala Staf Umum sejak awal tahun 1972. Pada bulan Desember 1974, junta militer yang berkuasa mengangkat Pinochet sebagai Pemimpin Tertinggi di negara tersebut melalui dekret bersama, meskipun tanpa dukungan dari salah satu penggerak kudeta, yakni Jenderal Angkatan Udara Gustavo Leigh. Setelah naik ke tampuk kekuasaan, Pinochet menyiksa kaum kiri, sosialis, dan kritikus politik, yang mengakibatkan eksekusi terhadap sekitar 1200 hingga 3200 orang, menahan setidaknya 80.000 orang dan menyiksa puluhan ribu orang lainnya. Menurut pemerintah Chili, jumlah orang yang dieksekusi dan hilang secara paksa adalah 3095 orang.

Di bawah pengaruh "Chicago Boys" yang berorientasi pasar bebas dan neoliberal, pemerintah militer Pinochet menerapkan liberalisasi ekonomi, termasuk melakukan stabilisasi mata uang, menghapus perlindungan tarif untuk industri lokal, melarang serikat pekerja dan privatisasi jaminan sosial dan ratusan perusahaan milik negara. Kebijakan-kebijakan ini menghasilkan apa yang disebut sebagai "Keajaiban Chili" oleh ekonom pemenang hadiah Nobel, Milton Friedman, tetapi para kritikus menyatakan bahwa kebijakan-kebijakan tersebut menjadi penyebab meningkatnya kesenjangan ekonomi secara dramatis dan memberi pengaruh yang menghancurkan pada krisis moneter 1982 di Chili. Kekayaan pribadi Pinochet tumbuh pesat selama masa kekuasaannya melalui puluhan rekening bank yang disimpan secara rahasia di luar negeri dan kekayaan dalam bentuk real estate. Ia kemudian dituntut atas penggelapan, penipuan pajak dan untuk komisi yang mungkin dikenakan pada kesepakatan pembelian senjata.

Berlangsungnya masa kekuasaan Pinochet selama 17 tahun dijamin setelah dilakukan sebuah plebisit yang kontroversial pada tahun 1980, yang menyetujui sebuah konstitusi baru yang disusun oleh komisi yang ditunjuk oleh pemerintah. Dalam sebuah plebisit tahun 1988, 56% suara menentang Pinochet untuk melanjutkan jabatannya sebagai Presiden, akibatnya sebuah pemilihan umum yang demokratis digelar untuk memilih presiden dan anggota kongres. Setelah mengundurkan diri pada tahun 1990, Pinochet terus menjabat sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Darat Chili sampai 10 Maret 1998, ketika pensiun ia menjadi senator seumur hidup sesuai dengan Konstitusi tahun 1980. Namun, Pinochet ditangkap di bawah surat perintah penangkapan internasional ketika ia sedang melakukan kunjungan ke London pada 10 Oktober 1998. Ia ditangkap karena berbagai pelanggaran hak asasi manusia yang telah ia lakukan. Setelah melewati proses hukum, ia dibebaskan dengan alasan kesehatan yang buruk dan kembali ke Chili pada tanggal 3 Maret 2000. Pada tahun 2004, Hakim Chili Juan Guzmán Tapia memutuskan bahwa Pinochet secara medis sehat untuk dapat diadili dan menempatkannya di bawah tahanan rumah. Pada saat kematiannya pada 10 Desember 2006, sekitar 300 tuduhan kriminal terhadap dirinya masih tertunda untuk diproses, seperti tuduhan pelanggaran hak asasi manusia selama 17 tahun masa pemerintahannya, penghindaran pajak dan penggelapan selama dan setelah pemerintahannya. Ia juga dituduh telah mengumpulkan setidaknya USD 28 juta. Meskipun ada dakwaan dan 300 tuduhan, ia hanya menjalani hukuman tahanan rumah.

Augusto Pinochet, Diktator Kejam Asal Chili

Kehidupan awal dan karier militer
Augusto Pinochet lahir di Valparaíso pada tanggal 25 November 1915, ia adalah anak dari pasangan Augusto Alejandro Pinochet Vera dan Avelina Ugarte Martínez, Augusto merupakan anak pertama dari enam bersaudara. Ayahnya mulai bekerja pada usia 14 tahun di perusahaan komersial Williamson Balfour, dan kemudian menjadi seorang petugas pemadam kebakaran dan pegawai negeri di sebuah perusahaan pabean. Avelina belajar dari usia 9 tahun di sebuah sekolah biarawati dan pindah ke Valparaíso setelah ibunya yang janda menikah lagi.

Augusto Pinochet memulai studinya di Seminari San Rafael yang berada di kota kelahirannya. Ia kemudian belajar di Institut Rafael Ariztía yang terletak di Quillota dan melanjutkan pendidikan di Kolese Hati Kudus Valparaíso, hingga pada akhirnya masuk ke Sekolah Militer Libertador Bernardo O'Higgins di Santiago pada tanggal 11 Maret 1933, ketika ia masih berusia sekitar 17 tahun. Perjuangan dirinya untuk masuk ke lembaga pendidikan ini tidak mudah, karena ia ditolak pada dua kesempatan: yang pertama karena usianya yang belum mencukupi dan yang kedua karena ia tidak memenuhi persyaratan minimum yang diperlukan dalam pemeriksaan medis.


Doktrin dan pengaruh politik
Pinochet sangat anti terhadap Komunis. Ia adalah seorang pengagum dari diktator Spanyol, Francisco Franco, yang pemakamannya ia hadiri pada bulan November 1975.

Ia juga adalah seorang penganut Katolik. Sampai tahun-tahun terakhirnya ia menikmati dukungan berbagai tokoh gereja, seperti dukungan dari Kardinal Francisco Errázuriz.

Pinochet sangat tertarik pada subjek geografi, geopolitik, dan marxisme. Di perpustakaan pribadinya yang luas, ia memiliki 55.000 buku, bernilai lebih dari tiga juta dolar, ada banyak buku tentang subjek-subjek tersebut. Buku favorit masa mudanya adalah Seni Berperang karya Sun Tzu.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Augusto_Pinochet

Rezim Super Brutal emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries4.0
Halaman 1 dari 3
Penyiksaan di Bawah Pinochet
Kami mengupas kacang lebih awal pada pagi Januari yang biasanya panas di Santiago, Chili. Saya sedang duduk di dapur bersama Iris, ibu angkat saya selama saya tinggal di ibukota untuk penelitian tesis. “Jika Anda punya waktu,” katanya kepada saya, “Saya ingin Anda menemui temanku. Dia seusiamu saat dia ditangkap. Dia masih muda.” Setelah jeda, dia melanjutkan: “Kami berada di penjara bersama. Kami duduk di lantai dengan mata tertutup. Itu seperti gudang, Anda tahu, seperti tempat mereka memelihara hewan, ”tambahnya, jadi saya akan mengerti. Aku mengangguk. Tidak banyak yang bisa dikatakan.

"Kemarilah," katanya, mengulurkan tangannya ke seberang meja. "Lihat," tambahnya, menunjuk bekas luka panjang di tulang belikatnya.

Kematian Jenderal Augusto Pinochet pada bulan Desember memicu reaksi, baik internasional maupun domestik, dari seluruh spektrum politik. Surat kabar di semua negara meliput acara tersebut dan mengomentari warisan Pinochet dengan cara tertentu. Mayoritas menggambarkan dia sebagai diktator dan terkait, secara objektif, tantangan hukum yang dia hadapi dalam beberapa tahun terakhir sehubungan dengan pelanggaran hak asasi manusia.

Editorial individu mengambil posisi yang lebih terpolarisasi. Kelompok hak asasi manusia dan pendukung mereka berpendapat bahwa Pinochet adalah seorang pembunuh dan seorang tiran, mengutip statistik yang telah dicetak dan dicetak ulang selama sebulan terakhir: 3.000 atau lebih terbunuh atau hilang, “ribuan” disiksa. Sementara itu, pendukung Pinochet menawarkan kontrafaktual yang mengklaim lebih banyak lagi yang akan tewas jika Chili melanjutkan “jalannya menuju sosialisme.” Mereka menceritakan tentang sebuah pemerintahan yang runtuh dengan sendirinya tanpa bantuan dari luar. Mereka merujuk pada jumlah yang relatif rendah yang terbunuh di Chili dibandingkan negara-negara lain yang mengalami pelanggaran serupa. Mereka mengatakan "beberapa represi" dapat dibenarkan untuk memastikan ketertiban di negara yang menghadapi begitu banyak ancaman internal dan eksternal terhadap stabilitasnya.

Saya percaya pada kedua sisi perdebatan ini. Saya percaya bahwa ada kebenaran yang harus dipastikan melalui perhatian yang cermat terhadap berbagai fakta yang disajikan. Saya juga percaya bahwa dengan mencari kebenaran, ada kompromi yang dapat ditemukan mengenai warisan sejarah periode ini. Namun, perdebatan yang berusaha untuk memastikan kebenaran harus diinformasikan oleh fakta.

Pelanggaran kemanusiaan Pinochet telah dihaluskan oleh media untuk konsumsi umum. Kita disajikan dengan kata-kata, tetapi bukan gambar. Kami membaca tentang "penyiksaan" atau "penghilangan" daripada deskripsi kejahatan yang berlarut-larut. Bentuk sinekdoke ini telah disalahgunakan secara luas karena telah memberi dunia kemewahan untuk memperdebatkan pelanggaran tanpa mengatasi kenyataan.

Laporan Komisi Nasional tentang Pemenjaraan dan Penyiksaan Politik ditugaskan pada tahun 2003 untuk membuat daftar yang paling lengkap dari mereka yang dipenjara dan disiksa karena alasan politik selama kediktatoran militer dari September 1973 hingga Maret 1990. Mandat ini sangat berbeda dari yang sebelumnya. dari komisi kebenaran Chili pertama, The Rettig Report tahun 1991, yang menyebutkan hanya mereka yang telah hilang atau dibunuh.

Diterbitkan pada tahun 2005, laporan tersebut sangat memperluas versi resmi dari tingkat penindasan di Chili. Komisi mengambil kesaksian dari 35.868 orang yang disiksa atau dipenjarakan secara tidak layak. Dari jumlah tersebut, 27.255 telah diverifikasi dan dimasukkan. Sejumlah korban yang tidak diketahui tidak datang untuk memberikan kesaksian. Para ahli memperkirakan bahwa jumlah sebenarnya adalah antara 150.000 dan 300.000 korban.

94 persen dari kesaksian yang diverifikasi termasuk insiden penyiksaan. Daftar pendek metode termasuk menendang atau memukul berulang kali, melukai fisik yang disengaja, memaksa korban untuk mempertahankan posisi tertentu, menyetrum area sensitif, ancaman, eksekusi palsu, penghinaan, ditelanjangi paksa, penyerangan seksual, menyaksikan penyiksaan atau eksekusi orang lain, pemaksaan Roulette Rusia, sesak napas, dan pemenjaraan dalam kondisi yang tidak manusiawi. Ada banyak individu dengan anggota badan yang terdistorsi secara permanen atau cacat lainnya. Bagi yang lain, ingatan tentang penghinaan adalah yang tersisa. Seorang pria bersaksi, “Ketika mereka menginterogasi saya, mereka menanggalkan pakaian saya dan menempelkan elektroda ke dada dan testis saya… Mereka memasukkan sesuatu ke dalam mulut saya sehingga saya tidak akan menggigit lidah saya saat mereka menyetrum saya.”

Bagi wanita, itu adalah pengalaman yang sangat kejam. Komisi melaporkan bahwa hampir setiap tahanan wanita menjadi korban pemerkosaan berulang. Perbuatan kejahatan ini bermacam-macam bentuknya, mulai dari laki-laki militer yang memperkosa perempuan hingga penggunaan benda asing pada korban. Banyak wanita (dan pria) melaporkan laba-laba atau tikus hidup dimasukan ke dalam lubangnya. Seorang wanita menulis, “Saya diperkosa dan diserang secara seksual dengan anjing terlatih dan dengan tikus hidup. Mereka memaksa saya untuk berhubungan seks dengan ayah dan saudara laki-laki saya yang juga ditahan. Saya juga harus mendengarkan ayah dan saudara laki-laki saya disiksa.” Pengalamannya dicerminkan oleh banyak wanita lain yang menceritakan kisah mereka kepada komisi.

Pertanyaan apakah beberapa hak asasi manusia dapat dilanggar demi kepentingan keamanan nasional (atau global) adalah pertanyaan yang tidak mudah dijawab dan merupakan pertanyaan yang harus dan akan diperdebatkan. Mungkin beberapa hak asasi manusia akan ditangguhkan di masa yang penuh gejolak. Tetapi jika Anda memilih untuk berargumen bahwa trauma yang dihadapi Chili selama masa pemerintahan Pinochet memerlukan “beberapa” represi, lakukanlah dengan pemahaman penuh tentang apa yang Anda pertahankan.

Ketika Iris dan aku membahas penyiksaan, dia samar-samar mengacu pada betapa mengerikannya "itu" dan menggelengkan kepalanya. Dia kemudian berfokus untuk memberi tahu saya tentang keluarganya dan betapa berharganya mereka. Di satu sisi, kami menari di sekitar keburukan kejahatan seperti yang dilakukan media dan debat pasca-Pinochet. Perbedaannya adalah kita tidak menghindari sesuatu yang tidak diketahui, melainkan sesuatu yang dia ketahui dengan baik.

https://www.thecrimson.com/article/2...-were-peeling/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries4.0
Buat Update
Nyimak dulu di trit sejarahemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan hanaarmilla memberi reputasi
tapi gara" dia chile bisa kayak skrg punya ekonomi bagus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Mirip style nya Soeharto
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
il principe nya machiavelli jadi sangat relevan di sini..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
il principe nya machiavelli jadi sangat relevan di sini..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
jaman jamannya barat terutama US menekan Sosialis dari selatan, karena sosialis dianggap ancaman perdagangan mereka. Dikirimkan lah boneka boneka mereka di berbagai negara yang dekat/ menganut Sosialis...sepertinya....maaf kalo salah
profile-picture
profile-picture
hanaarmilla dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Di negara2 manapun, jk berkuasa penuh secara absolut.... diktator ala junta militer mmg spt itu jk memerintah dgn tangan besi, gan...... emoticon-Takut
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Amrik bikin sengsara jutaan manusia
profile-picture
profile-picture
hanaarmilla dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kejam banget
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
di Chili, apakah ada juga gambar Pinochet tersenyum dengan tulisan "Piye isih penak jamanku to?"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LordFaries4.0 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ribuan mati karena dia
Wih di neraka dikeroyok dia ntar
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jangan kejam-kejam! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
hanaarmilla dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
mereka bakal jadi sahabat karib
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
emoticon-Takut emoticon-Bingung
melarang serikat pekerja dan privatisasi jaminan sosial ini aja udah parah banget, kesejahteraan pekerja gak terjamin, gada perlindungan bagi pekerja, yaiyalah mau minta perlindungan kesiapa. huh
ane gak banyak tau berita atau informasi mengenai chili, nice thread gan!
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan hanaarmilla memberi reputasi
Itu lah KASIH emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kazelgun memberi reputasi
wow pemimpin lucknut
profile-picture
hanaarmilla memberi reputasi
yang namanya pemerintahan kudeta pasti akan jatuh korban...
serem... emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan hanaarmilla memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di