KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
José Mujica, Presiden Termiskin Di Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d905513e3beb0499084f11/jos-mujica-presiden-termiskin-di-dunia

José Mujica, Presiden Termiskin Di Dunia

José Mujica, Presiden Termiskin Di Dunia
José Alberto "Pepe" Mujica Cordano (lahir 20 Mei 1935) adalah seorang politikus dan petani Uruguay yang menjabat sebagai Presiden Uruguay ke-40 dari 2010 hingga 2015. Mantan gerilyawan Tupamaros ini pernah dipenjara selama 12 tahun selama kediktatoran militer pada 1970-an dan 1980-an.

Dia adalah seorang anggota "Broad Front" koalisi dari partai sayap kiri, Mujica adalah Menteri Peternakan, Pertanian, dan Perikanan dari 2005 hingga 2008 dan menjadi Senator sesudahnya. Sebagai kandidat "Broad Front", ia memenangkan pemilihan presiden 2009 dan menjabat sebagai Presiden pada 1 Maret 2010.

Dia telah digambarkan sebagai "kepala negara paling sederhana di dunia" karena gaya hidupnya yang keras dan sumbangannya sekitar 90 persen dari gaji bulanan $12.000 untuk amal yang bermanfaat bagi orang miskin dan pengusaha kecil.

José Mujica, Presiden Termiskin Di Dunia


Masa Muda
Mujica lahir pada 20 Mei 1935, dari Demetrio Mujica, keturunan Basque Spanyol, dan Lucy Cordano,putri imigran Italia. Ayah Mujica adalah seorang petani kecil yang bangkrut sesaat sebelum kematiannya pada tahun 1940, ketika putranya berusia lima tahun. Orang tua ibunya adalah imigran yang sangat miskin dari Liguria. Lucy Cordano lahir di Carmelo, di mana orang tuanya telah membeli 2 hektar (4,9 acre) di Colonia Jose untuk mengolah kebun anggur. Antara usia 13 dan 17, Mujica mengikuti beberapa klub dalam kategori yang berbeda. Dia juga aktif di Partai Nasional, di mana dia menjadi dekat dengan Enrique Erro .


Gerilya
José Mujica, Presiden Termiskin Di Dunia
Pada pertengahan 1960-an, ia bergabung dengan gerakan MLN-Tupamaros yang baru dibentuk , sebuah kelompok politik bersenjata yang terinspirasi oleh Revolusi Kuba. Dia berpartisipasi dalam pengambilalihan singkat tahun 1969 di Pando, sebuah kota dekat Montevideo. Dia memimpin salah satu dari enam regu yang menyerang titik-titik strategis di kota. Tim Mujica dinyatakan mengambil alih kantor telepon dan merupakan satu-satunya yang menyelesaikan operasi tanpa kecelakaan.

Pada bulan Maret 1970 Mujica ditembak saat melawan ketika ditangkap di bar Montevideo; dia melukai dua polisi dan ditembak enam kali. Ahli bedah yang dipanggil di rumah sakit menyelamatkan hidupnya. Tupamaros mengklaim bahwa ahli bedah itu diam-diam adalah Tupamaro dan inilah mengapa nyawanya terselamatkan.

Pada kenyataannya dokter hanya mengikuti etika kedokteran biasa. Pada saat itu, presiden Uruguay adalah Jorge Pacheco Areco yang kontroversial , yang telah menangguhkan jaminan konstitusional tertentu dalam menanggapi MLN dan kerusuhan Komunis.

Secara total, Mujica ditangkap oleh pihak berwenang sebanyak empat kali. Dia termasuk di antara lebih dari 100 Tupamaros yang melarikan diri dari Penjara Punta Carretas pada bulan September 1971 dengan menggali dari dalam penjara sebuah terowongan ke ruang tamu sebuah rumah di dekatnya. Mujica ditangkap kembali kurang dari sebulan setelah melarikan diri, tetapi melarikan diri dari Punta Carretas sekali lagi pada April 1972. Pada kesempatan itu dia dan sekitar selusin pelarian lainnya melarikan diri dengan mengendarai papan beroda di bawah terowongan yang digali oleh Tupamaros dari luar penjara.

Dia ditangkap kembali untuk terakhir kalinya pada tahun 1972, tidak mampu melawan penangkapan. Pada bulan-bulan berikutnya, negara itu mengalami kudeta militer pada tahun 1973. Sementara itu, Mujica dan delapan Tupamaros lainnya secara khusus dipilih untuk tetap berada di bawah tahanan militer dan dalam kondisi kotor. Secara keseluruhan, ia menghabiskan 13 tahun di tahanan. Selama tahun 1970-an dan 1980-an, termasuk dikurung di dasar palung tua yang dikosongkan untuk menyirami kuda selama lebih dari dua tahun.

Selama berada di penjara, Mujica menderita sejumlah masalah kesehatan, terutama masalah mental. Meskipun dua teman satu sel terdekatnya, Eleuterio Fernández Huidobro dan Mauricio Rosencof, sering berhasil berkomunikasi satu sama lain, mereka jarang berhasil membawa Mujica ke dalam percakapan. Menurut Mujica sendiri, saat itu ia menderita halusinasi pendengaran dan bentuk paranoia.

Pada tahun 1985, ketika demokrasi konstitusional dipulihkan, Mujica dibebaskan di bawah undang-undang amnesti yang mencakup kejahatan politik dan militer terkait yang dilakukan sejak tahun 1962.

Beberapa tahun setelah pemulihan demokrasi, Mujica dan banyak Tupamaros bergabung dengan organisasi sayap kiri lainnya untuk menciptakan Gerakan Partisipasi Rakyat, sebuah partai politik yang diterima dalam koalisi "Broad Front" .

Pada pemilihan umum 1994 , Mujica terpilih sebagai wakil dan pada pemilihan 1999 ia terpilih sebagai senator. Karena karisma Mujica, MPP terus tumbuh popularitas dan suaranya, dan pada tahun 2004, MPP telah menjadi faksi terbesar di dalam Broad Front. Dalam pemilihan tahun itu, Mujica terpilih kembali ke Senat, dan MPP memperoleh lebih dari 300.000 suara, sehingga mengkonsolidasikan posisinya sebagai kekuatan politik teratas dalam koalisi dan kekuatan utama di balik kemenangan kandidat presiden Tabaré Vázquez. Mujica kemudian terpilih pada tahun 2009 sebagai presiden dalam pemilihan berikutnya.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Jos%C3%A9_Mujica

Akan diupdate selanjudnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keenan09 dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries4.0
Halaman 1 dari 3
Menteri Pertanian
Pada 1 Maret 2005, Presiden Tabaré Vázquez menunjuk Mujica sebagai Menteri Peternakan, Pertanian dan Perikanan (latar belakang profesional Mujica sendiri adalah di sektor pertanian). Setelah menjadi menteri, Mujica mengundurkan diri dari posisinya sebagai senator. Ia menjabat posisi ini hingga pergantian kabinet pada 2008, saat ia mengundurkan diri dan digantikan oleh Ernesto Agazzi . Mujica kemudian kembali ke kursinya di Senat.


Posisi Politik
Ideologi politik Mujica telah berkembang selama bertahun-tahun dari ortodoks menjadi pragmatis . Belakangan ini dia telah menyatakan keinginannya untuk politik kiri yang lebih fleksibel. Gaya dan cara berbicaranya diakui sebagai bagian dari popularitasnya yang semakin meningkat sejak akhir 1990-an, terutama di kalangan penduduk pedesaan dan sektor miskin. Dia telah digambarkan sebagai "antipolitisi" dan seorang pria yang "berbicara dalam bahasa rakyat" sementara juga menerima kritik untuk komentar yang tidak tepat waktu atau tidak pantas.

Tidak seperti presiden Vázquez, yang memveto rancangan undang-undang yang diajukan oleh parlemen yang akan membuat aborsi legal, Mujica telah menyatakan bahwa jika undang-undang tersebut diajukan ke hadapannya di masa depan, dia tidak akan memveto undang-undang semacam itu. Di bidang hubungan internasional, ia berharap untuk negosiasi dan kesepakatan lebih lanjut antara Uni Eropa dan blok perdagangan regional Mercosur , di mana Uruguay adalah salah satu anggota pendirinya.

José Mujica, Presiden Termiskin Di Dunia
Mujica dengan Presiden Brasil, Luiz Inácio Lula da Silva , pada tahun 2010

Pada perselisihan pabrik pulp Sungai Uruguay antara Argentina dan Uruguay, Mujica lebih berdamai dengan pemerintah Argentina daripada pemerintahan sebelumnya, dan pada tahun 2010 kedua negara mengakhiri perselisihan yang telah berlangsung lama dan menandatangani kesepakatan yang merinci rencana pemantauan lingkungan sungai dan pembentukan komisi dwinegara. Hubungan pribadi yang baik antara Mujica dan mitra Argentina Cristina Kirchner membantu menghasilkan kesepakatan, meskipun beberapa masalah bilateral masih belum terselesaikan, termasuk pengerukan saluran akses bersama Martin Garcia di River Plate.

Dia dekat dengan Presiden Venezuela Hugo Chavez , yang dia anggap sebagai "penguasa paling dermawan yang pernah saya kenal." Pada tahun 2011, ia berbicara menentang operasi militer yang diluncurkan oleh beberapa negara Barat terhadap Libya.

Ditanya tentang keputusan Presiden Brasil Lula da Silva untuk menerima Mahmoud Ahmadinejad , dia menjawab itu adalah "langkah jenius" karena "Semakin Iran dipagari, semakin buruk bagi seluruh dunia."

Meskipun Presiden Vázquez memilih Menteri Keuangannya Danilo Astori sebagai calon presiden dari Broad Front yang bersatu untuk menggantikannya pada tahun 2010, daya tarik luas Mujica dan dukungan yang berkembang di dalam partai merupakan tantangan bagi presiden. Pada tanggal 14 Desember 2008, Kongres Luar Biasa "Zelmar Michelini" (sebuah konvensi partai) memproklamirkan Mujica sebagai kandidat resmi Broad Front untuk pemilihan primer 2009, tetapi empat kandidat lainnya diizinkan untuk berpartisipasi, termasuk Astori.

Pada tanggal 28 Juni 2009, Mujica memenangkan pemilihan utama menjadi calon presiden Broad Front untuk pemilihan umum 2009. Setelah itu, Astori setuju untuk menjadi pasangannya. Kampanye mereka dipusatkan pada konsep melanjutkan dan memperdalam kebijakan pemerintahan Vázquez yang sangat populer, dengan menggunakan slogan “Un gobierno honrado, un país de primera" (Pemerintahan yang jujur, negara kelas satu) – secara tidak langsung merujuk kasus-kasus korupsi administratif dalam pemerintahan mantan kandidat oposisi utama, konservatif Luis Alberto Lacalle Selama kampanye, Mujica menjauhkan diri dari gaya pemerintahan presiden seperti Hugo Chavez ( Venezuela ) atau Evo Morales ( Bolivia ), mengklaim pemerintah kiri-tengah dari Brasil Luis Inacio Lula da Silvaatau sosialis Chili Michelle Bachelet sebagai contoh regional di mana ia akan mencontoh pemerintahannya. Dikenal karena gaya berpakaiannya yang informal, Mujica mengenakan setelan jas (tanpa dasi) untuk beberapa perhentian dalam kampanye presiden, terutama selama kunjungan ke kepala negara daerah.

Pada bulan Oktober 2009, Mujica memenangkan pluralitas lebih dari 48 persen suara dibandingkan dengan 30 persen untuk mantan presiden Lacalle, jauh dari mayoritas yang disyaratkan oleh konstitusi , sementara pada saat yang sama memperbarui mayoritas parlemen Broad Front untuk legislatif berikutnya ( 2010–2015).

Kemudian diadakan putaran kedua pada tanggal 29 November untuk menentukan pemenangnya; pada tanggal 30 November Mujica muncul sebagai pemenang, dengan lebih dari 52% suara atas 43% Lacalle. Dalam pidato pertamanya sebagai presiden terpilih di depan kerumunan pendukung, Mujica mengakui lawan politiknya dan menyerukan persatuan, menyatakan bahwa tidak akan ada yang menang atau kalah ( "Ni vencidos, ni vencedores"). Dia menambahkan bahwa "adalah suatu kesalahan untuk berpikir bahwa kekuatan datang dari atas, ketika datang dari dalam hati massa (...) saya perlu seumur hidup untuk mempelajari ini".


Pemerintah
Mujica membentuk kabinet yang terdiri dari politisi dari berbagai komponen Front Luas, yang menyerahkan bidang ekonomi kepada pembantu wakil presidennya Danilo Astori .

Pada Juni 2012, pemerintah Mujica ini membuat langkah kontroversial untuk penjualan dikuasai negara Legalize dari ganja di Uruguay untuk melawan kejahatan terkait narkoba dan masalah kesehatan, dan menyatakan bahwa mereka akan meminta para pemimpin global untuk melakukan hal yang sama. Mujica mengatakan bahwa dengan mengatur bisnis ganja Uruguay yang diperkirakan senilai $40 juta per tahun, negara akan mengambilnya dari pengedar narkoba, dan melemahkan kartel narkoba. Negara juga akan dapat melacak semua konsumen ganja di negara ini dan memberikan perawatan kepada penyalahguna yang paling serius, seperti yang dilakukan dengan pecandu alkohol. Mujica mengesahkan undang-undang pernikahan sesama jenis dan melegalkan aborsi untuk wanita.

Pada September 2013, Mujica berpidato di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa , dengan pidato yang sangat panjang yang ditujukan untuk kemanusiaan dan globalisasi. Pidato tersebut meminta masyarakat internasional untuk memperkuat upaya melestarikan planet ini untuk generasi mendatang dan menyoroti kekuatan sistem keuangan dan dampak kejatuhan ekonomi pada orang-orang biasa. Dia mendesak untuk kembali ke kesederhanaan , dengan kehidupan yang dibangun di atas hubungan manusia, cinta, persahabatan, petualangan, solidaritas dan keluarga, bukannya kehidupan yang terbelenggu ekonomi dan pasar.

Secara umum, kebijakannya sejalan dengan amanat sebelumnya. Porsi pengeluaran sosial dalam total pengeluaran publik meningkat dari 60,9% menjadi 75,5% antara tahun 2004 dan 2013. Selama periode ini, tingkat pengangguran tetap sekitar 7%, tingkat kemiskinan nasional berkurang dari 18% menjadi 9,7% dan tingkat kemiskinan minimum. upah dinaikkan dari UYU$4.800 menjadi UYU$10.000 (tingkat inflasi tahunan rata-rata 7%) dan utang Pemerintah meningkat dari 59% menjadi 65%. Hal ini juga mendukung penguatan serikat pekerja. Menurut Konfederasi Serikat Buruh Internasional , Uruguay telah menjadi negara paling maju di Amerika dalam hal penghormatan terhadap "hak-hak buruh yang mendasar, khususnya kebebasan berserikat, hak untuk berunding bersama dan hak untuk mogok".

Pada 1 Maret 2015, masa jabatan Mujica sebagai presiden berakhir. Menurut koresponden BBC Wyre Davies, "Mujica meninggalkan kantor dengan ekonomi yang relatif sehat dan stabilitas sosial yang hanya bisa diimpikan oleh tetangga yang lebih besar."


Kehidupan Pribadi
Pada tahun 2005, Mujica menikahi pasangan lama Lucía Topolansky , sesama mantan anggota Tupamaros , senator dan mantan wakil presiden, setelah bertahun-tahun hidup bersama. Mereka tidak memiliki anak dan tinggal di pertanian milik Lucía di pinggiran Montevideo , di mana mereka menanam krisan untuk dijual, setelah menolak tinggal di istana presiden atau menggunakan stafnya. Juga tinggal di peternakannya adalah anjing berkaki tiganya, Manuela. Dia telah menarik perhatian dunia karena gaya hidupnya.

José Mujica, Presiden Termiskin Di Dunia
Mujica dan istrinya

Ia pernah menggunakan Volkswagen Beetle 1987 sebagai alat transportasi. Pada tahun 2010, nilai mobil tersebut adalah $1.800 dan mewakili keseluruhan deklarasi kekayaan pribadi tahunan wajib yang diajukan oleh Mujica untuk tahun itu. Pada bulan November 2014, surat kabar Uruguay Búsqueda melaporkan bahwa ia telah ditawari 1 juta dolar untuk mobil tersebut; dia mengatakan bahwa jika dia mendapatkan 1 juta dolar untuk mobil itu akan disumbangkan untuk menampung para tunawisma melalui program yang dia dukung.

Mujica adalah seorang ateis .
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries4.0
Buat update juga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Buat update lagi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Update 17.7.21 Posisi Politik - Kehidupan Pribadi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries4.0
mantap....tadinya ane berpikir pa de joko bakal kayak dia..ternyata emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
sekarang udah pensiun ya beliau? inspiring banget idupnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Thread lama di daur ulang. Udah gak kehitung baca ini di kaskus

emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bstepanus dan 6 lainnya memberi reputasi
Bagus banget cerita idupnya
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan samsol... memberi reputasi
Quote:

Ini menurut siapa ?

Apakah itu gaji pokok, atau beserta tunjangan ?

Berapa total aset kekayaan mujika ?

Warren Buffett kalau berpenampilan biasa saja, mobilnya biasa saja
tapi tidak bisa diukur dari penampilannya saja yang biasa saja, nyatanya hartanya trilyunan, masuk peringkat dalam 5 orang terkaya berturut-turut di USA versi Forbes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Sngt mragukan jk ybs adlh presiden termiskin sedunia, gan....
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
kirain jokowi..
semoga gibran jadi presiden termiskin jg kelak.. klik like share aminn...
profile-picture
profile-picture
PapinZ dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo ini orang termiskin di dunia emoticon-Request

José Mujica, Presiden Termiskin Di Dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
klonenganjembud dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MirrorBoy
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
keren, ini presiden beneran miskin dan merasakan susahnya jadi rakyat kecil emoticon-Matabelo

beda dengan di negeri WKWKWK LAND, kerjanya masuk gorong2, pura2 jadi tukang tambal ban, tukang sapu dll tapi malah PLANGA PLONGO emoticon-Wkwkwk

profile-picture
profile-picture
profile-picture
drainama dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Menarik sekali
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Meski dia miskin, tapi dia tdk miskin hati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mantab

presiden emang harusnya lebih miskin dari rakyatnya karena mereka adalah wakil rakyat

:tepuktangan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan samsol... memberi reputasi
Dia konglomerat hati nurani emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Alfan.Frink memberi reputasi
Post ini telah dihapus
masa tua bung hatta juga kurang lebih sama sih
emoticon-Siap Gan
profile-picture
profile-picture
ToxicNetizen dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Patut d apresiasi... Gk banyak kepala negara mau kyk gni...
Tpi syukur cuma ngambil sesuai hak nya bkn lebih...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di