CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Linux dan OS Selain Microsoft & Mac /
Tadi ngetik apa ya di terminal?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d84a2dc1e835472d165624/tadi-ngetik-apa-ya-di-terminal

Tadi ngetik apa ya di terminal?

Halo semuanya, perkenalkan nama saya Kamiswara Angga Wijaya, biasa dipanggil Angga. Saat ini saya bekerja sebagai seorang Frontend Developer. Kebetulan selama bekerja sebagai programmer web saya sering berkutat di dunia Linux khususnya di distro Ubuntu.

Selama develop aplikasi Web saya pernah beberapa kali diminta untuk deploy website atau upload website ke server dan menggunakan SSH, ya walaupun deployment ini tugasnya backend ataupun DevOps tapi sebagai developer pemula saya rasa kita semua sebagai Frontend developer wajib belajar sedikit tentang Backend dan berbagai perintah di terminal Linux.

Nah, kebetulan saya termasuk salah satu orang yang suka menggunakan Linux untuk develop alias ngoding. Alasan utamanya sebenarnya biar keren aja sih, wkwkwk. Tapi lama - kelamaan jadi ketagihan dan seru juga. Gak perlu bajak - bajak software lagi kayak waktu jaman masih pakai Windows.

Pernah ngalamin hal semacam ini gak: Mau ngetik suatu perintah di terminal yang sudah pernah diketik, tapi lupa tadi ngetik apaan. Biasanya pengguna terminal kebanyakan, akan menekan tombol panah atas di keyboard, untuk mencari perintah - perintah yang sudah pernah diketik.

Tadi ngetik apa ya di terminal?

Lalu bagaimana dengan perintah terminal yang sudah lama diketik, pasti akan tenggelam di bagian paling atas dan susah untuk dicari. Untuk itu, kamu bisa mencoba memakai perintah history, untuk menampilkan semua riwayat perintah yang pernah kamu ketik.

Tadi ngetik apa ya di terminal?

Muncul masalah baru jika kamu masih kesulitan mencari perintah yang kamu inginkan dari daftar history tersebut. Saat itulah kamu bisa menggunakan perintah grep untuk mencari keyword dari perintah yang kamu inginkan.

Tadi ngetik apa ya di terminal?

Ketika perintah berikut ini:

Quote:


Voila! Sekarang daftar history tadi bisa difilter berdasarkan keyword yang kamu ketik memakai perintah grep di atas.

Tadi ngetik apa ya di terminal?

Jadi itu adalah perintah yang sering saya gunakan jika sedang kesulitan mencari command Linux yang sudah pernah diketik sebelumnya.

Jika kamu punya solusi yang lebih canggih, jangan lupa tulis di kolom komentar ya! 





Karena ini masih berhubungan dengan judul thread ini: "Tadi ngetik apa ya di terminal?"

Masih ada yang kurang dibahas disini, yaitu bash history yang lokasinya ada di ~/. bash_history.

Defaultnya kalau nggak salah bisa menyimpan 1000 entri. Jadi supaya bisa simpan lebih banyak command yang pernah diketik sebelumnya, bisa di ubah atau ditambahkan pada ~/.bashrc

Code:

HISTSIZE=9999
HISTFILESIZE=999999


Ini sih terserah mau di set berapa banyaknya. Dan kalau nggak salah juga untuk non-root itu defaul shellnya /bin/sh dan belum ada file .bashrc. Supaya ada historynya perlu copy dari /etc/skell.

Selain bash history, bisa juga pakai command script untuk merekam aktivitas di session yang sedang berlangsung.

Saya ini orangnya gampang pelupa, jadi untuk command-command yang agak jarang dipakai atau cukup panjang (ada switch atau parameter yang banyak atau di pipe dengan command lain), maka bash history ini memang bermanfaat sekali.


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di