CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Linux dan OS Selain Microsoft & Mac /
Cara Konek ke Server Menggunakan SSH di Ubuntu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d8486048090a2d3e24b6c1/cara-konek-ke-server-menggunakan-ssh-di-ubuntu

Cara Konek ke Server Menggunakan SSH di Ubuntu

Halo semuanya, perkenalkan nama saya Kamiswara Angga Wijaya, biasa dipanggil Angga mau sekedar berbagi tips seputar Linux dan dunia development alias dunia pemrograman.

Saat ini saya sedang bekerja sebagai Lead Frontend Developer di salah satu perusahaan IT Consultant di kota Bandung. Baru beberapa bulan sih kerja, tapi ya tidak apa - apa berbagi tips seputar dunia programming walaupun masih pemula dan sama - sama belajar. Itung - itung berbagi ilmu, menambah teman, dan sedikit menambah nilai citra diri alias personal branding, hehehe.

Untuk konek ke server menggunakan SSH, kita perlu ssh client di mesin kita. Biasanya, di distro Ubuntu sudah terinstall openssh-client secara default. Untuk mengetahui apakah openssh-client sudah ada di mesin kita atau belum, cukup ketik perintah ini di terminal: ssh.

Cara Konek ke Server Menggunakan SSH di Ubuntu

Perintah yang digunakan untuk konek ke server:

Quote:


username diisi dengan username di sistem, misalnya root.
hostname bisa diisi dengan domain atau bisa juga diisi dengan IP address.

Contoh:

Cara Konek ke Server Menggunakan SSH di Ubuntu

Bila kamu baru pertama kali konek ke host tersebut, maka akan muncul peringatan host belum dikenali. Ketik yes untuk menambahkan host ke daftar host yang dikenali.

Penutup

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Jika di Windows, biasanya kita perlu menginstall PuTTY sebagai salah satu ssh client gratis paling terkenal di Windows. Nah ini membuat Linux Ubuntu memiliki keunggulan dibanding Windows yah, unik banget memang.

Ada beberapa hal di Linux Ubuntu yang memudahkan para developer. Misalnya jika kita menggunakan Windows, ada sebagian orang yang memerlukan Git Bash untuk menjalankan berbagai keperluan seperti git dan nodejs. Kalau di Linux Ubuntu kita gak perlu lagi install Git Bash ya teman - teman karena kita bisa cukup menggunakan terminal bawaan Linux Ubuntu saja.

Itu adalah salah satu cara untuk konek ke server menggunakan ssh dengan username dan password. Kamu juga bisa konek ke ssh menggunakan private key.

Jangan lupa follow instagram saya juga ya untuk mendapatkan berbagai macam update lainnya.



×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di