CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
Cara Install Node JS Terbaru di Ubuntu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d846bc73a9d570fe1acf94/cara-install-node-js-terbaru-di-ubuntu

Cara Install Node JS Terbaru di Ubuntu

Buat programmer JavaScript pasti sudah tidak asing lagi dengan Node JS. Pasalnya Node JS diperlukan untuk menjalankan berbagai framework JavaScript di komputer lokal kita. Untuk cara install-nya sendiri ada beberapa cara, kali ini saya mau bahas cara install Node JS versi stable terbaru di sistem operasi Linux Ubuntu. Cara ini paling sering saya gunakan dan menurut saya paling praktis.

Di Ubuntu versi 20.04, nodejs yang diinstall menggunakan apt dan apt-get akan memiliki versi yang belum terbaru sehingga kita harus upgrade dulu versi-nya. Kalau dilihat dari dokumentasi resmi React JS, dibutuhkan Node versi >= 10.16 dan npm versi >= 5.6 untuk menjalankan React JS di sistem kita, jika kebetulan kamu ingin menjalankan atau develop aplikasi React JS di sistem kamu atau komputer lokal kamu.

Biasanya sih saya upgrade ke versi Node JS stable yang terbaru. Kalau sekarang ada di versi 14an. Sebenarnya kamu bisa install versi Node JS terbaru, yaitu 15an, tapi saya sarankan untuk install versi stable yang terbaru aja.

Sebenarnya kalau saya coba riset di internet ada berbagai macam cara untuk install Node JS ini. Ada yang pakai wget, untuk download installernya terlebih dahulu, tapi kebetulan saya lebih nyaman pakai apt biasa, baru kemudian install n package untuk upgrade versi Node-nya. Saya gak tahu apakah cara ini yang terbaik tapi sejauh ini aman - aman aja sih.

1. Install nodejs package

Quote:


2. Install npm package

Quote:


3. Install n package memakai npm (install secara global di sistem kita)

Quote:


4. Install nodejs versi stable terbaru

Quote:


5. Pindah direktori node baru ke direktori node lama (ingat, baru ke lama, jangan sampai kebalik)

Cara Install Node JS Terbaru di Ubuntu

Selesai.

Penutup

Itu dia cara install nodejs dan npm di Ubuntu sekaligus mengupgrade versi nodejs dan npm menggunakan package JavaScript bernama n. Jika kamu punya cara yang lebih canggih untuk upgrade versi nodejs dan npm, tulis di kolom komentar.




×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di