CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Linux dan OS Selain Microsoft & Mac /
Cara Extract File .rar di Ubuntu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d8453f3ac43803fe78f970/cara-extract-file-rar-di-ubuntu

Cara Extract File .rar di Ubuntu

Ubuntu sudah menyediakan aplikasi / software bawaan untuk extract file hasil compress dengan format file seperti .zip dan .tar.gz serta file hasil compress lain. Namun anehnya kita tidak bisa langsung meng-extract file hasil compress dengan format .rar. Padahal banyak file di internet yang format-nya adalah .rar, atau mungkin kita juga perlu copy file .rar dari Windows ke Linux Ubuntu. Berikut ini cara extract file .rar di Ubuntu.

Sedikit curhat, awalnya saya bingung tuh kenapa bisa begini, apa yang salah. Apa si Linux ini sensi sama file .rar atau gimana. Soalnya kalau teman - teman perhatikan, sebenarnya secara default kita juga tidak bisa memakai font bawaan dari Microsoft. Semisal Times New Roman yang sering dipakai untuk mengerjakan tugas, terutama skripsi. Tapi jangan khawatir, ada kok cara untuk install font di Windows ke dalam Linux Ubuntu. Nah soal file .rar saya kurang paham kenapa kok secara default gak bisa diextract. Mungkin teman - teman yang tahu bisa tulis di kolom komentar yah.

Pertama

Untuk meng-extract file .rar, kita perlu install sebuah package bernama unrar yang ada di Ubuntu. Ya kalau berdasarkan banyak tutorial yang saya baca, kebanyakan menyarankan install package yang satu ini.

Quote:


Kedua

Untuk extract tinggal klik kanan pada file .rar, lalu lalu pilih Extract Here atau Extract to.

Cara Extract File .rar di Ubuntu
jagongoding.com


Terminal

Kamu juga bisa extract file .rar lewat terminal menggunakan unrar.

Quote:


Penutup

Itu dia cara extract file .rar di Ubuntu menggunakan package unrar. Ada beberapa cara untuk extract file di Ubuntu. Tapi cara inilah yang menurut saya paling gampang. Extract file di terminal sangat penting jika kamu bekerja di server tanpa GUI dan hanya bermodalkan Text Based Interface.

Kalau misalkan kamu punya cara yang lebih canggih, tanpa package tambahan mungkin, tolong tulis di kolom komentar yah. Supaya teman - teman yang lain juga dapat manfaatnya dan silahkan dikoreksi tulisan saya jika ada kesalahan.



×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di