KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Pentingnya Perencanaan Keuangan Pribadi Sejak Dini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d66dae8e9a271fa315f700/pentingnya-perencanaan-keuangan-pribadi-sejak-dini

Pentingnya Perencanaan Keuangan Pribadi Sejak Dini

Perencanaan keuangan pribadi adalah hal yang penting dalam kehidupan finansial. Perencanaan keuangan yang baik dan matang akan membuat pattern keuangan juga lebih baik. Kehidupan keuangan sudah terencana dengan baik bisa terlihat dari keputusan yang diambil dalam mengatur penghasilan dan aset yang dimiliki. Misalnya, aturan mengenai cicilan yang diambil atau dalam hal persentase uang yang disisihkan dari pendapatan untuk ditabung. Memahami pentingnya memiliki perencanaan keuangan pribadi di usia dini akan sangat bermanfaat bagi kondisi keuangan di masa depan.

Pentingnya Perencanaan Keuangan Pribadi Sejak Dini


Mengenal Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan merupakan cara atau metode pengelolaan keuangan dengan optimal untuk mencapai tujuan finansial. Perencanaan keuangan ini sangat penting, apalagi untuk orang-orang muda yang baru saja mulai bekerja. Memiliki perencanaan keuangan mampu membantu mengoptimalkan penghasilan untuk pengeluaran ataupun penyimpanan yang lebih terukur.

Pentingnya Perencanaan Keuangan Pribadi Sejak Dini

Merencanakan keuangan memang tidak mudah, karena itulah ada orang yang bekerja sebagai perencana keuangan atau financial planner. Orang ini akan disewa jasanya untuk memberikan panduan agar klien bisa mewujudkan tujuan keuangan. Financial planner akan bertanya mengenai penghasilan, pengeluaran, dan juga tujuan keuangan. Tiga hal ini menjadi kunci utama agar bisa merencanakan keuangan dengan efektif.


Mengenal Tujuan Keuangan

Perencanaan keuangan dibuat agar bisa mencapai tujuan keuangan. Dalam keuangan, tujuan dibedakan menjadi tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek (short-term goal) adalah tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam waktu beberapa bulan atau tahun. Sementara tujuan jangka panjang (long-term goal) merupakan tujuan keuangan yang ingin diwujudkan dalam waktu 10 tahun atau lebih.

Pentingnya Perencanaan Keuangan Pribadi Sejak Dini

Tujuan keuangan jangka pendek bisa berupa mengumpulkan dana darurat, membayar tagihan kartu kredit, mempersiapkan dana pernikahan, menabung untuk liburan, memperbaiki rumah, membeli gadget baru, dan memiliki proteksi dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Tujuan keuangan jangka panjang bisa berupa mempersiapkan dana pensiun, pendidikan anak, membayar KPR, dan mengumpulkan modal bisnis.


Apa Pentingnya Merencanakan Keuangan Sejak Dini?

Kita bisa menentukan penting tidaknya sesuatu jika mengetahui manfaatnya. Dengan demikian, agar bisa mengetahui pentingnya memiliki perencanaan keuangan yang baik, kita perlu tahu berbagai manfaatnya.

Berikut berbagai manfaat melakukan perencanaan keuangan pribadi sejak dini:

Pentingnya Perencanaan Keuangan Pribadi Sejak Dini

Mempersiapkan dana darurat apabila terjadi krisis finansial

Mempersiapkan dana pernikahan

Mempersiapkan biaya kehamilan, bersalin dan pendidikan anak

Mengumpulkan dana untuk pensiun di hari tua

Mengatur kekayaan yang dimiliki untuk dijadikan warisan

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau kematian

Mempersiapkan modal usaha jika ingin membuka bisnis


<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>


Selagi masih muda, kita bisa mempersiapkan dan merencanakan keuangan dengan lebih leluasa. Tentukan tujuan finansial dan aturlah keuangan dengan bijaksana agar bisa mewujudkan tujuan-tujuan yang hendak dicapai.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh NyxFairy
Nice thread
profile-picture
NyxFairy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya perencanaan keuangan sejak diniemoticon-Jempol
profile-picture
NyxFairy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di