CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Makan Pempek Sampai Merem Melek, Vlogger Mencontohkan Cara Makan Pempek yang Benar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d30c01ca20380e7371f65e/makan-pempek-sampai-merem-melek-vlogger-mencontohkan-cara-makan-pempek-yang-benar

Makan Pempek Sampai Merem Melek, Vlogger Mencontohkan Cara Makan Pempek yang Benar

Makan Pempek Sampai Merem Melek, Vlogger Mencontohkan Cara Makan Pempek yang Benar

Cukup mudah menemukan pempek di kota-kota besar Indonesia. Hanya saja beda kota, beda pula rasa pempek dan kuah cukonya. Termasuk cara menikmatinya.  
 
Pempek di Jakarta
 
Di Jakarta dan beberapa kota di pulau Jawa, pempek tersaji dengan aneka toping.
 
Misalnya saja satu pempek kapal selam dipotong bagian atasnya. Namun pempek tidak sendirian berenang dalam kuah cuko. Ada mie basah dan potongan timun yang menemaninya. Sendok dan garpu menjadi alat untuk menikmatinya. Cara makan pempek yang manis sekali
 
Pempek jenis lain pun tersaji dengan cara yang sama. Pempek lenjer atau telur kecil, pempek kulit, pempek ada’an, dipotong kecil-kecil bersama mie basah, timun cincang dan cuko. Cara penyajian seperti ini tidak umum saat saya masih menetap di Palembang pada tahun 2005 dan sebelumnya.
 Makan Pempek Sampai Merem Melek, Vlogger Mencontohkan Cara Makan Pempek yang Benar

Satu lagi cara penyajian pempek yang bisa bikin wong Palembang  heran, cabai atau sambalnya dipisah! Cukonya saja tidak pedas. Perlu beberapa sendok cabai giling untuk menjadikannya pedas.
 
Namun kini saya juga menemukan beberapa warung pempek menyajikan pempek kapal selam dengan aneka toping itu. Memang terlihat lebih cantik dan menggugah selera. Penyajian pempek jadi ada seninya.
 
Cara Makan Pempek Wong Palembang
 
Di Palembang, penjual pempek bervariasi. Mulai dari pedagang kaki lima sampai restoran ternama. Pada umumnya aneka pempek tersaji di piring atau wadah yang cukup besar. Cuko tersimpan dalam wadah berupa botol atau teko kaca. Mangkuk-mangkuk kecil tersedia sebagai tempat cuko.
 
Ketika akan makan pempek, barulah kita tuangkan cuko di mangkuk kecil. Ambil pempek yang mana saja dengan tangan. Tanpa garpu dan sendok. Celup pempek dengan cuko dulu baru kemudian masukkan ke dalam mulut.
 Makan Pempek Sampai Merem Melek, Vlogger Mencontohkan Cara Makan Pempek yang Benar

Cara lainnya, gigit pempek terlebih dahulu. Selagi pempek belum tertelan, seruput atau minum cukonya. Biarkan pempek dan cuko bersatu di rongga mulut, kunyah, telan. Cara makan seperti ini memang berpotensi menghabiskan cukup banyak cuko. Apalagi jika ukuran pempek kecil-kecil. Makan 10 pempek barulah terasa puas.

Itulah cara makan pempek wong Palembang. Beberapa teman asal Palembang juga mengatakan bahwa inilah cara makan pempek yang benar. Pakai tangan. Tanpa toping macam-macam. Lebih memuaskan kata mereka.
 
Vlogger Mencontohkan
 
Beberapa vlogger mencontohkan makan pempek ala wong Palembang tersebut. Mereka makan pempek sambil menyeruput cuko. Awas ngiler nonton konten video buatan mereka itu.
 Makan Pempek Sampai Merem Melek, Vlogger Mencontohkan Cara Makan Pempek yang Benar

Nex Carlos makan pempek sambil minum cuko di satu restoran ternama Palembang.
 
Pada vlog publikasi (4/10/2017) itu, Nex Carlos mengungkapkan rahasia lezatnya pempek Palembang. Satu dari sekian rahasia lezat itu adalah penggunaan ikannya. Pempek di Palembang menggunakan bahan baku ikan sungai pilihan.
 Makan Pempek Sampai Merem Melek, Vlogger Mencontohkan Cara Makan Pempek yang Benar
Makan Pempek Sampai Merem Melek, Vlogger Mencontohkan Cara Makan Pempek yang Benar
Makan Pempek Sampai Merem Melek, Vlogger Mencontohkan Cara Makan Pempek yang Benar

Seorang food vlogger di kanal Tjobadoeloe juga mencoba pempek dari satu restoran di Jakarta.
 
Dia mencoba paket pempek dan membagikan kesaksiannya pada (2/2/2021). Tidak tanggung-tanggung, dia makan pempek dengan cuko dalam mangkuk besar. Begitu nikmatnya makan pempek, sampai merem melek!
 
Makan Pempek Sampai Merem Melek, Vlogger Mencontohkan Cara Makan Pempek yang Benar

Jony Rahardja pun membuat konten testimoni makan pempek.
 
Jony makan pempek  di satu restoran pempek ternama di kota Palembang. Jony dan teman-temannya yang berasal dari Palembang mencontohkan makan pempek ala wong Palembang dalam vlog publikasi (22/6/2021).

Soal benar tidaknya cara makan pempek itu relatif. Tidak perlu dibuat susah. Hal terpenting adalah makan dengan fokus seperti fakta dalam thread ini.
Baca juga: Makan dengan Mata Jelalatan Versus Makan Penuh Perhatian
 
Mau makannya gimana, terserah lo pada, yang penting beradab.
 
 
   
Sumber
Vlog Nex Carlos
Vlog Tjobadoeloe
Vlog Jony Rahardja
Foto pempek: Cookpad.com








profile-picture
profile-picture
profile-picture
zimbenk dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Kokonata
Halaman 1 dari 3
Dohhhhhh liat beginian jadi pengin bgt makan pempek kan jadinyaaaaaaaaa
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
ane tau metode makan pempek cukonya diseruput justru pas KKN hahaha emoticon-Matabelo
profile-picture
Kokonata memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Awas keseleo lur'
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Seperti itu makan pempek yang benar ternyata emoticon-Big Grin wah ane bisa langsung di diskualifikasi, soalnya ane tim celup
profile-picture
Kokonata memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Oalah....ngono to cara sing bener mangan pempek 🙄
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ane kayaknya sesat ini karena makan pempek lebih suka yang kering emoticon-Hammer2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
asli jadi pengen pempek dah yampuuuun........
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sebenernyo yang penting tu raso cuko nyo...kalu la lemak....tahu bae di cocol samo ngirup cuko pasti mantap
profile-picture
daisy90 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Klo makan pempek paling gak bisa dicelupin doang ke cukanya.. karna ane suka kuah cuka yg banyakan jadinya satu gigitan pempek bisa nyendokin berkali2 buat nyeruput kuahnya. Btw ane jg gak suka makan pempek pake macem kek mie timun gt gt
Diubah oleh siangpenat
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Jadi pengen makan pempek kan, biasanya makan pempek ditambah tahu pong jadi kaya makan tahu gejrot juga tuh wkkw
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ane celup celup ke sausnya baru ane makan
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Iya gan. Gw termasuk yg makan empek2 cocol atau sruput. Bukan yg rendem. Lebih cocok gini krn enggak becek. Sama kayak makan bakso, cocol sambel ato kecap bukan campur sama kuah baksonya (klo g salah itu gaya makan bakso orang malang atau jawa timur ya cmiiw)
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
baru tau cara makan yang cukonya diseruput. bisa abis banyak itu emoticon-Ngakak
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Klu empek2 enakny dimakan pas siang2 seger dan pedes....wah nikmat betul nih
jaaah ada ada bae yakk ada caranya begini kalo makan pempek wkwkwk kirain yaudehh rendem kuah ajaa? ane malahann suka yg ketutup gitu semua wkwkwkw
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Wah jadi pingin makan pempek nih...endulita banget nih.....pedesnya ...mantap.
Baru tahu kalau ada cara makan pempek yang salah haha ternyata
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Biasa pakai sendok

Mau Coba makan pempek pake sumpit
Ambil sepotong pempek dari piring
Celup pempek itu ke mangkuk berisi kuah
Bikin ngiler..
jadi pengen makan pempek, nyoba pakai yang cara diseruput emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di