CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d2956112350b277505d318/riwayat-becak-di-jakarta-dilarang-ali-sadikin-wiyogo-dirazia-ahok-diizinkan-anies

Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies

KOMPAS.com - Keberadaan becak sebagai moda transportasi di Ibu Kota dari masa ke masa punya catatan sejarah yang panjang.

Dahulu, transportasi roda tiga yang dikayuh itu menjadi kendaraan yang dipilih masyarakat Jakarta sebelum kemunculan angkutan umum bermesin.

Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies

Kini keberadaan becak seakan menghilang. Tak satu pun dapat ditemui keberadaannya di jalan-jalan protokol di DKI Jakarta.

Rupanya kemunculan becak di Jakarta sejak dahulu telah menjadi polemik. Para gubernur DKI Jakarta punya kebijakan untuk menghapus becak sebagai angkutan.

Penghapusan operasional becak sejak era Ali Sadikin
Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada masa kepemimpinannya pernah membuat aturan penghapusan becak karena dinilai mengganggu ketertiban umum dan lalu lintas.

Dalam buku "Ali Sadikin Membenahi Jakarta Menjadi Kota yang Manusiawi" karya Ramadhan KH, Ali mengintensifkan penertiban angkutan umum di Ibu Kota, termasuk becak.
Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies

Ali menilai, keberadaan becak saat itu kerap mengganggu ketertiban umum dan melanggar peraturan lalu lintas.

"Tindak saja tukang-tukang becak yang melanggar itu. Dan jangan biarkan abang-abang becak bertindak semaunya," ujar Ali.

Bang Ali kala itu rajin menggelar razia becak guna membenahi Jakarta yang semrawut.

Para penarik becak saat itu dinilai kerap bertindak semaunya apabila berselisih dengan masyarakat. Mereka disebut kerap main serbu dan keroyok.

Penghapusan becak oleh Ali Sadikin juga untuk mengantisipasi Jakarta agar tak menyerupai Calcutta (Kolkata), kota terpadat ketiga di India.

Apabila becak tidak dihapuskan, kata Ali, Jakarta bukan tidak mungkin menjadi kota seperti Calcutta.

"Dan kalau saya tidak bertindak, sayalah yang salah. Maka saya ikhlas menjadi korban dalam menghadapi beberapa ribu orang yang dirugikan tetapi saya menyelamatkan berjuta-juta orang di masa yang akan datang," kata Ali.

Dilanjutkan era Gubernur Wiyogo
Dikutip dari Harian Kompas terbitan 25 Juni 1998, penghapusan becak juga digencarkan oleh Wiyogo Atmodarminto, gubernur Jakarta periode 1987-1992.

Kala itu Wiyogo menghapus becak sebagai alat transportasi karena becak dianggap bukan transportasi umum dan mengganggu ketertiban di jalan raya.

Becak juga dianggap sebagai simbol dari bentuk penjajahan. Penumpang yang membayar digambarkan bagai "penjajah" dan penarik becak adalah korbannya.

Wiyogo kala itu mengerahkan ribuan petugas ketertiban untuk merazia becak yang beroperasi di Jakarta.

Sejumlah becak yang terjaring diangkut menggunakan truk, lalu dibawa dan dimusnahkan menjadi rumpon atau alat bantu penangkapan ikan di Teluk Jakarta.

Larangan pengoperasian becak sejak masa Ali Sadikin itu dituntaskan oleh Wiyogo.

Ditentang penarik becak hingga Sukmawati

Namun, upaya Wiyogo memvonis mati becak ditentang ratusan penarik becak di Jakarta.

Harian Kompas edisi 18 Januari 1990 melaporkan, sejumlah penarik menuntut Pemda DKI lebih manusiawi dalam menangani masalah becak.

Para penarik becak meminta bantuan hukum kepada LBH Jakarta. Mereka datang dari berbagai tempat, mulai dari Cempaka Putih, Senen, Kramat Santiong, hingga Paseban, Jakarta Pusat.

Satu per satu penarik becak melontarkan pendapatnya saat diterima pengacara dari LBH Jakarta.

Satu di antaranya menyebutkan, operasi penghapusan becak dilakukan oleh petugas bukan saja di jalan, melainkan dengan mendatangi rumah pengusaha becak.
Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies

Para penarik becak juga mengadukan operasi penghapusan becak kepada Sukmawati Soekarnoputri.

Bersama para penarik becak, Sukmawati atas nama organisasi yang menamakan diri Majelis Pimpinan Sentral Gerakan Rakyat Marhaen (MPM GRM) juga menyampaikan resolusi persoalan itu.

Meski ditentang, Wiyogo tetap menjalankan kebijakannya. Namun, Bang Wi, sapaan Wiyogo, tak asal menertibkan tukang becak.

Para pengayuh becak diberi pelatihan keterampilan sehingga mereka bisa bekerja jadi sopir, mekanik, atau kerja di bengkel.

"Jadi jangan sampai akibat adanya penertiban itu, penghasilan para abang becak terputus," kata Wiyogo dalam rapat pimpinan Pemda DKI, sebagaimana diwartakan Kompas edisi 2 Januari 1988.

Sutiyoso izinkan becak beroperasi lalu larang lagi
Gubernur Sutiyoso kembali mengizinkan becak beroperasi setelah sebelumnya dihapus para pendahulunya.

Pada 1998, penarik becak kembali diperbolehkan manarik penumpang di Jakarta.

Bang Yos, sapaan Sutiyoso, mengizinkan becak beroperasi di Jakarta lantaran kasihan melihat banyak warganya kehilangan pekerjaan akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan saat itu.

Izin lisan yang diberikan Sutiyoso membuat para penarik becak datang ke Ibu Kota.

Setidaknya ada 1.500 becak yang kembali masuk ke wilayah Jakarta setelah adanya izin lisan dari Sutiyoso.

Kebijakan itu kemudian menimbulkan masalah baru. Keberadaan becak menjadi sulit diatur.

Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies
Bang Yos akhirnya menarik izin lisan yang dia sampaikan dan sudah berlaku selama tujuh hari itu.

Dengan demikian, becak kembali dilarang beroperasi di Jakarta, sesuai aturan Perda Nomor 11 Tahun 1988 yang diterbitkan era Wiyogo.

"Saya cabut pernyataan saya yang memberi izin bagi becak karena memang bertentangan dengan perda," kata Sutiyoso.

Sutiyoso sendiri mengakui bahwa beroperasinya kembali becak di Jakata telah menimbulkan kesulitan. Dia meminta kepada petugas ketertiban untuk kembali merazia becak-becak yang beroperasi di Jakarta.

"Daripada nanti buat susah kita semua, lebih baik saya ambil jalan cepat melarang becak beroperasi di sini. Jakarta tertutup untuk becak," kata Sutiyoso.

Ahok gencarkan penertiban becak
Guburnur Basuki Tjahja Purnama (Ahok) juga dengan tegas melarang becak beroperasi di Ibu Kota.

Ahok menegaskan, larangan pengoperasian becak di Jakarta sudah ada sejak kepemimpinan gubernur terdahulu.

Oleh karena itu, Ahok menggencarkan razia terhadap becak, tak terkecuali yang berada di Telok Gong, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Itu becak dari luar Jakarta masuk terus. Bukan cuma becaknya, lho. Abang becaknya juga masuk terus. Ya kan nambah masalah. Kalau dia masuk, tinggal di mana? Nanti sewa rumah di pinggir sungai, masalah lagi," kata Ahok, 18 Mei 2016.

Menurut Ahok, razia yang dilakukan terhadap penarik becak mengacu pada perda terkait larangan pengoperasian kendaraan tiga roda itu.

"Becak total tidak boleh. Pokoknya kami akan terus bersihin, tidak boleh ada di Jakarta. Namun, kalau becak barang, kami masih kasih," ujar Ahok.

"Jadi lu (yang memprotes) marah aja ke kuburan Pak Wiyogo. Orang ada perdanya kok," kata Ahok.

Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies

Rencana Anies atur operasional becak
Pada 2018, Gubernur Anies Baswedan berencana membuat peraturan untuk mengatur operasional becak di kampung-kampung Ibu Kota.

Kata Anies, aturan itu perlu dibuat untuk memberikan rasa keadilan dan keamanan bagi warga yang bekerja sebagai penarik becak.

Selama ini, mereka harus "kucing-kucingan" dengan petugas satpol PP untuk bisa beroperasi, meskipun hanya di kampung-kampung.

Anies berujar, kebijakannya bukan untuk mendatangkan becak-becak dari luar daerah agar beroperasi di Jakarta. Ia hanya akan menata becak yang sudah ada di Jakarta.

Lagi pula, kata Anies, tak ada satu provinsi pun di Indonesia yang melarang operasional becak, kecuali Jakarta.

"Sebetulnya saya selalu bilang, hanya di Jakarta yang melarang profesi abang becak. Tidak ada satu provinsi pun yang melarang profesi sebagai penarik becak, tidak ada dalam undang-undang satu pun pasal yang melarang orang bekerja sebagai abang becak," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, 11 Maret 2018.

"Hanya perda di Jakarta dan perdanya itu melarang eksistensinya. Nah, ini bagian dari masa lalu. Kita sekarang Jakarta sudah berubah," kata Anies menyatakan ingin mengubah kebijakan itu. Menurut dia, saat ini tren transportasi telah berubah. Kendaraan ramah lingkungan dan hemat energi menjadi tren baru transportasi umum.

Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies

"Nah, di banyak tempat, kendaraan yang seperti ini, itu justru jadi tren baru. Di Jakarta justru masih dilarang. Jadi kami akan ikhtiarkan, seperti saya katakan, dia (becak) akan beroperasi di tempat-tempat yang membutuhkan, terutama di lingkungan-lingkungan, di permukiman kampung," kata Anies.

Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies

Namun, aturan soal operasional becak tersebut tak pernah dipublikasikan ke publik. Masyarakat tak mengetahui, apakah Anies telah menerbitkan aturan untuk mengatur operasional becak atau tidak.

emoticon-cystg

Era transportasi berubah menjadi era hemat energi dan ramah lingkungan......!!!!!

Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies

#anieskeren
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 33 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Jadi inget ini....

Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Para penarik becak saat itu dinilai kerap bertindak semaunya apabila berselisih dengan masyarakat. Mereka disebut kerap main serbu dan keroyok.



Kira2 gini krn solidaritas sesama tukang becak atau kesukuan?
profile-picture
nyairara memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
gimana nasib kang becak kalo dihapus ? emank ahok mau tanggung?
udah bener diizinkan tp dengan syarat2
manusiawi lah
profile-picture
estilo.com memberi reputasi
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 27 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bikin macet tiap pagi di pasar tradisional....

Klo pemimpin yg bener. Buka lapangan kerja bukan alat transportasi tidak efisien begini di ijinin kembali.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tambah berjubel lg jalan sepeda ma becak skrng gubernur gila.

Kualitas pecatan
emoticon-Cape d...

Gw curiga sengaja bikin rusuh ni pecatan buat adu domba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dafunk85 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Cosmoflip
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Ngakak ojol sepi, becak diunggulin. Tenaga nasbung dan alat tradisionil hasil nya jelek dan mahal, dasar idiot.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
musa_7er dan 2 lainnya memberi reputasi
BeOl

Becak Online emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 3 lainnya memberi reputasi
Sayangnya emang zaman terus berubah dan pasti ada beberapa hal yang akan tergerus oleh zaman, mgkn skrg bisa digunakan di tempat wisata, berganti kegunaan saja
Riwayat Becak di Jakarta: Dilarang Ali Sadikin-Wiyogo, Dirazia Ahok, Diizinkan Anies
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wa2n43 dan 2 lainnya memberi reputasi
abang becak kira kira mau engga ada standar tarif?

kalo d pasar, kayaknya masih fungsional buat bawa belanjaan...

emoticon-Big Grin
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lah udah 2021 masih aja maksa becak di jalan raya emoticon-Cape d...
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Kalau tujuannya buat menghidupkan kembali roda ekonomi kenapa enggak? Di era pandemi kaya sekarang rasanya hampir mustahil orang (tulang becak) berbondong2 masuk ke Jakarta kalau penjagaannya ketat. Daripada banyak yg nganggur, kelaparan, terus bikin angka kriminal makin tinggi.

Cuma bener2 harus ditertibkan wilayah operasinya. Cukup di area pemukiman penduduk atau tempat wisata aja. Jangan sampai ke jalan2 raya supaya ga menimbulkan masalah baru.
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan secer memberi reputasi
Diubah oleh imogenist
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Memang becak sbg angkot hrs dimusnahkan, tp jk hny sbg angkot khusus wisata kota saja, mgkn bs di bolehkan.....
Anis memang beda
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ya ya ya pemuja taik anies
klo buat kawasan tertentu menurut ane sih boleh aja...harus ada regulasi yang jelas jgn sampe becak jd nambah ruwet lalu lintas jakarta
kalo di dalam sekitaran pasar becak masih ada

nyokap ane tiap hari masih naik beca ke pasar

kalo ke jalan raya memang tidak boleh
Ya elah, udh ada ojol ngapai juga pake becak, sengaja si abud ini bikin aturan selalu kontra sama pendahulu nya
profile-picture
khususfilm memberi reputasi
baru tau kalau larangan becak di jakarta udah dari periode gubernur ali sadikin. berarti sekitar tahun '70-an mungkin ya?

ane tumbuh besar bukan di jakarta, jadi ngerasain naik becak dong dari kecil sampai SMP kalau nggak salah. seru kok naik becak, kalau nggak terburu buru.

apalagi kalau pas lagi hujan, becak itu bisa dipanggil sampai persis teras rumah, dan diantar sampai teras lokasi tujuan juga. selama naik becak juga ditutup depannya pakai plastik tebal. jadi kering deh, nggak kebasahan selama perjalanan..

kalau naik angkot, harus sedia payung selama nungguin angkot nya lewat. turun angkot sampai ke lokasi pas jalan kaki juga pakai payung lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di