CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Lupa Memperpanjang SIM, Bisa Berakibat Begini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d28da480676f35a10b8426/lupa-memperpanjang-sim-bisa-berakibat-begini

Lupa Memperpanjang SIM, Bisa Berakibat Begini!

Lupa memperpanjang SIM, bisa repot urusannya. 

Lupa Memperpanjang SIM, Bisa Berakibat Begini!


Membicarakan sen kiri belok kanan, sen kanan belok kiri, berarti kita membicarakan tentang pembiasaan dan pengetahuan orang tentang tata cara berkendara di jalan raya. Kalau di jalan pribadi, milik sendiri sih suka-suka ente mau nyalain lampu sen yang salah atau mau buang lampu sennya sekalian juga gak masalah.

Jika saja semua pengendara sudah melek berlalu-lintas, pastinya jalannya perlalulintasan akan aman terkendali. Yang bikin masalah itu kalau ada pengendara yang salah sen, membuat pengendara di belakangnya bingung. Misal lupa matiin sen kanan, pengendara di belakangnya yang mau nyalib jadi ragu-ragu. Ditungguin nggak kunjung belok kanan. Mau disalib takutnya tabrakan. Apalagi kalau diklakson malah mulutnya balas klakson. Atau mau berhenti nggak kasih sen kiri, ujung-ujungnya ditabrak pengendara di belakangnya. Dan parahnya lagi, kalau ditegur malah lebih galakan dia. Pernah melihat atau mengalami hal seperti nggak?

Ane juga masih banyak jumpai pengendara motor yang melawan arus. Dia melaju di lajur kanan sehingga rawan tertabrak oleh kendaraan dari arah sebaliknya yang berada di lajur kiri. Pengendara-pengendara yang entah nakal, bodoh, atau mau enak sendiri, tidak mau mengambil lajur yang semestinya hanya karena malas nyebrang karena tujuannya dekat, malas cari tempat putar dan entah alasan apa lagi.

Lupa Memperpanjang SIM, Bisa Berakibat Begini!

Untuk mengurangi kesemrawutan dan kesalahpahaman dalam berkendara di jalan raya, maka  khusus permohonan SIM A harus menyertakan sertifikat dari sekolah mengemudi. Tujuannya jelas ya, supaya pengendara nggak cuma bisa nyetir tetapi juga melek berlalulintas.

Untuk sekolah mengemudinya juga nggak sembarang sekolah mengemudi, melainkan sekolah mengemudi yang sudah terakreditasi. Selain itu sertifikat dari sekolah mengemudi itu juga hanya verlaku enam (6) bulan sejak tanggal dikeluarkannya.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, pemohon SIM A harus menyertakan sertifikat sekolah mengemudi.

Sedangkan Perpol No. 5 Tahun 2021, Pasal 9 ayat 3, sertifikat sekolah mengemudi masuk ke dalam persyaratan administrasi.

Sebenarnya persyaratan seperti ini juga sudah diterapkan di negara lain, termasuk negara tetangga kita Malaysia.

Lupa Memperpanjang SIM, Bisa Berakibat Begini!

Nah, dengan adanya peraturan seperti ini, jangan sampai telat perpanjang  masa berlaku SIM A, karena kalau telat bisa berabe urusannya. Karena setiap keterlambatan memperpanjang SIM akan diberlakukan seperti permohonan pembuatan SIM pertama kali. Bisa-bisa kita harus kursus mengemudi padahal jam terbang kita mengemudi sudah cukup tinggi.

Dah pokoknya diingat-ingat kalau mau ulang tahun, cek SIM kita, sudah mau habis masa berlakunya apa enggak.


Sumber
Opini Pribadi
Sumber
Sumber
Sumber
Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 15 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Jangan sampai lupa perpanjang SIM A kalian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sekalian buat ngingetin diri sendiri. Awal tahun depan sudah habis masa berlakunya SIM
profile-picture
profile-picture
fikrionly dan rubyamora memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
masa berlaku sim baru sudah engga mengikuti tanggal lahir.
sim berlaku 5 tahun sesuai tanggal perpanjang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abizaidan dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh a2team
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
perpanjang pass tanggal ultah saja biar engga binggung ..

1 hari telat sudah hangus ..
sekarang sistem sudah online sudah canggih langsung jadi jika ada masalah ya dateng aja ..
profile-picture
profile-picture
ddddudutzzz dan cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Kebanyakan di kita bikin sim tembak, ya bisa di tebak gmn jadinya di jalan kalo lagia berkendara
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bisa perpanjang sim di kota lain gan?........................................soalnya ane lagi kerja di luar kota.............................................
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Jangan sampai lupa.
Telat dianggap baru
Ujian praktek dan ujian teori
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Teesnya punya sim A
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
cuman jadi lahan baru buat sekolah mengemudi bikin sertifikat2 baru,,,

ga ngerti gw,,,
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
setahun sebelum pandemi sebelumnya sim A dan C ane udah mati 3,5tahun emoticon-Ngakak (S)
pada akhirnya ya jd bikin ulang pake tes lisan dan praktek. tes lisan sih gampang, cm repot ulang tes prakteknya, kesalahan kecil aj langsung dianggap gugur
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
kalau telat sama aja bikin baru lagi ya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Beberapa bulan lalu ane terpaksa bikin SIM A baru karena SIM lama udah lewat hampir setahun (expired tahun 2020 waktu lagi pandemi tinggi2nya, jadi parno ke samsat).

Awalnya ane berusaha ngikutin prosedur, mulai dari tes psikologi, tes kesehatan (yang mana semuanya itu cuma 99% formalitas doang).

Pas ngikutin tes ujian teori inilah, buset soal-soal yang diberikan di komputer itu menurut ane sangat sulit dan multitafsir semuanya.

Misalnya ada animasi mobil belok ke kiri, lalu ada mobil di belakangnya yang mengikutinya, lalu kita ditanya itu benar / salah?

Ini kan multitafsir, kalau menurut ane sih bener aja, selama dia nyalain lampu sein, belok perlahan2 dan tidak ada larangan belok. Tapi jawabannya benar / salah tidak dikasih tahu.

Pokoknya hasil ujian teori saya dinyatakan tidak lulus. Saya disuruh mengulang lagi besok.

Itu ane sendiri yakin polantasnya kalo disuruh ujian teori juga belum tentu bisa lulus.

Akhirnya terpaksa lagi2 ane pake "cara lama".
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bner tuh

Aplg dsni taw sndiri lah bkin sim gmn emoticon-Ngakak

Prpnjg gk nympe 150k
Diubah oleh redemption878
akhirnya mereka membuat celah untuk bisnis, mari kita ramai2 bikin kursus sekolah mengemudi. terima jasa langsung jadi sertifikat 2jt saja bisa ditunggu.
Seharus aturan perpanjang sim
Jangan -7

Sebulan udah bisa
Dikira seminggu bakalan ada waktu luang
Seminggu dikurang sabtu minggu off
Inilah yang disebut dengan bisnis yang menarik gans, semua dikenai peraturan baru termasuk sertifikat kursus mengemudi keren banget kan jadinya? Ya begitulah indonesia gans
makanya jgn suka telat emoticon-Hansip
repot amat sekarang pake sertifikat sekolah mengemudi, regulasi ini sudah berlaku ya?
Di kita mah antara mengemudi, proses pembuatan sim, sampe masa berlaku sim, ga ada hubungannya sama sekali dengan etika berkendaraan buat kebaikan di jalan raya.

Dengan kata laen, yg pertama mengada2, yg kemudian ikut2an, sisanya makan2 (memanfaatkan)

Penuh dengan perbuatan korup dan kekonyolan, tanpa ada yg mau berusaha buat ngeliat sebab akibat, mau apa dan harusnya gimana (tentunya buat pejabat berwenang yg dibayar buat itu, sia2 uang pajak buat bayar mereka)

Kalau masih ada orang2 yg dibayar buat itu masih mempertanyakan kata2 diatas, mempertahankan sistem yg ga jelas pala ama buntutnya, yah harapan buat benerin sistem mengemudi mungkin masih berpuluh2 taun lagi.
dimana ada lahan

disitu ada basah
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di