CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / Hobby / Anime & Manga Haven /
Sejarah Anime, sejak kapan anime mulai ada di jepang?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d1e5e81731553f45364634/sejarah-anime-sejak-kapan-anime-mulai-ada-di-jepang

Sejarah Anime, sejak kapan anime mulai ada di jepang?

Sejarah Anime, sejak kapan anime mulai ada di jepang?
Anime merupakan bentuk animasi dari jepang, kata anime itu sendiri sebenarnya adalah singkatan dari kata "animation" yang merupakan serapan dari bahasa inggris. Di negara jepang kata anime digunakan untuk menunjukan segala bentuk animasi dan di luar negara jepang kata 'anime' digunakan untuk menunjukan karya animasi yang berasal dari jepang.

Menurut pendapat dari beberapa ahli mengatakan bahwa anime merupakan bentuk baru dari "orientalisme".
(orientalisme : istilah yang merujuk pada peniruan atau penggambaran unsur-unsur budaya timur di barat oleh para penulis, desainer dan seniman.)

Sejarah Anime, sejak kapan anime mulai ada di jepang?
Anime lahir pada awal abad ke-20. Ketika itu para pembuat film jepang bereksperimen dengan teknik animasi yang dipakai di negara-negara barat. Anime pertama kali dibuat pada tahun 1907 dengan durasi selama tiga detik yang menampilkan sosok anak laki-laki memegang dan mengangkat topi sebagai tanda hormat.

Lalu sepuluh tahun setelahnya yaitu pada tahun 1917 munculah sebuah karya animasi bisu dengan durasi lima menit oleh oten shimokawa melalui anime yang berjudul "mukuzo genkanban no maki". Walaupun cuman berdurasi 5 menit namun proses pengerjaannya memakan waktu hingga 6 bulan lamanya.

Kemudian pada tahun 1927, Amerika Serikat hadir dengan film animasi bersuara. Tak kalah dari Amerika, Jepang pada tahun yang sama pun melakukan hal yang serupa dengan menciptakan karya anime noburo ofuji. Dan sejak saat itulah jepang mulai serius dalam mengembangkan karya anime sampai pada zaman perang dunia ke-2

Sejarah Anime, sejak kapan anime mulai ada di jepang?
Perjalanan anime mencapai puncak kepopulerannya pada tahun 1963 melalui anime 'astro boy' karya Osamu Tezuka. Bahkan anime asto boy menjadi anime pertama yang diterjemakan ke bahasa inggris untuk ditayangkan di Amerika Serikat pada saat itu.

Anime asto boy menjadi gerbang besar untuk membuka animr jepang semakin dikenal dan semakin marak di produksi. Tak heran sampai saat ini anime dan manga menjadi dua produk andalan Jepang yang paling berpengaruh di seluruh dunia.

Sejarah Anime, sejak kapan anime mulai ada di jepang?
Semoga agan-agan terhiburemoticon-Ultah

SALAM COCONUTemoticon-Toast


Baca juga thread saya yang lainnya :

Pembahasan manga boruto chapter 51

Anime fall 2020 rekomendasi

Deretan anime spring terbaik

Anime summer terbaik

Anime winter terbaik

Lagu opening anime naruto terbaik

Rekomendasi anime horor terseram versi coconut universe

Karakter anime tergenius

Macam macam titan shifter di attack on titan dan kekuatannya

Rekomendasi anime sport terbaik,terkeren dan terseru

Film animasi perjuangan indonesia melawan penjajah

Mengenal seluruh tim genin angkatan boruto

Karakter anime yang memiliki kekuatan overpower

Shinobi cantik di era naruto

Anime dengan karakter utama memiliki masa lalu kelam dan menyedihkan

Mengenal 5 anak pembasmi iblis baru di anime kimetsu no yaiba

Fakta menarik Tanjiro Kamado || Karakter utama anime kimetsu no yaiba

Rekomendasi anime movie drama

Game RPG terkeren dan terseru

Game jadul masa kecil

Cara membuat tempat alat tulis dan penjepit rambut dari gulungan tisu


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aaawancuzcuz780 dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


Nonton video pembahasanya disini
Ane melihat gambar Aang: What?! emoticon-Bata (S)
Ane melihat gambar Mickey Mouse: Oh okay.. emoticon-Shutup

Pernah baca Osamu Tezuka bikin art Astro Boy itu meniru animasi Barat. Uniknya justru dari situ artstylenya berkembang jadi art khas anime yang orang kenal sekarang.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Detective conan nonton pas jaman SD aja
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
awal mula hentong lanjut gan emoticon-Traveller
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Widih,, jadi astroboy nih ya yang bikin anime Jepang mulai dikenal luas. Emang seru sih nonton astroboy...ah jadi keinget masa kecil dulu emoticon-Big Grin
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
osamu tezuka harusnya jadi founding father of anime yaa.. berkat karyanya anime jadi makin berkembang sampe saat ini..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Industri kreatif kaya gini di Indo malah ga gerak. Malah dihina Taliban hadeh
profile-picture
Gailham memberi reputasi
Diubah oleh PneumonoCyclone
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Waa keren juga storynya mengenai anime niih..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sd gundam anime nostalgia terfav
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sejak dahulu kala lah.. pas ane lahir udah ada aja
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di jepang Sebelum anime, kan awalnya manga komik. Biasanya klo manga di komik sukses dlm pemasaran bakal di buat versi anime.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aku melihat judul thread nya, Aku langsung buka, karena aku Wibu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Anime jepang emang keren keren, dulu sering banget nonton gilm kartun, sekarang udah gak ada
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wow ternyata udah lama banget ya ada anime 👏
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Astro boy ane pernah nonton tuh
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Doraemon dari jaman ane masih ga ngerti apa2, sampe skrg jg sukaaa yaaa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baru tau ane thanks infonya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
astroboy paling ganteeeng dari dulu
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
keren dah. industri animasi indonesia kapan bisa jd sebesar itu ya..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
udah 100 tahun lebih pantas orang2nya juga pada suka anime ya gan, dah jadi budaya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di