CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Deretan Hal "Mengagetkan" Yang Ane Temui Selama Berkuliah di ITB
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d1cb1ef621241c97706d51/deretan-hal-quotmengagetkanquot-yang-ane-temui-selama-berkuliah-di-itb

Deretan Hal "Mengagetkan" Yang Ane Temui Selama Berkuliah di ITB

Halo agan agan semua, balik lagi dengan ane PCJAMES. Akhirnya ane punya waktu kosong dan luang untuk kembali berkicau di KASKUS. Agan-agan semua udah pada libur (beneran) belum, ya meskipun liburan juga gabisa kemana-mana karena sekarang berbagai kota besar ditutup lagi jalanannya. Di thread ini ane ingin kembali bercerita soal pengalaman ane di kampus ane. 

Deretan Hal "Mengagetkan" Yang Ane Temui Selama Berkuliah di ITB

Berbagai hal dan orang-orang baru ane temui di sini, dan banyak dari tipe orang seperti teman teman ane yang belum pernah ane temui sebelumnya. Berbagai hal dan orang baru yang ane temui di sini membuat ane terkagum dan kaget. Maka dari itu, berikut Deretan Hal "Mengagetkan" Yang Ane Temui Selama Berkuliah di ITB.

1. Banyak Orang Yang Sangat Jenius Di Seluruh Pelajaran MIPA

Deretan Hal "Mengagetkan" Yang Ane Temui Selama Berkuliah di ITB

Hal pertama mungkin merupakan hal yang sangat umum dan biasa ada di ITB. Namun untuk ane yang datang dari SMA biasa-biasa saja, yang bahkan cuma 2 orang (termasuk ane) yang bisa masuk ITB (Khusus Fakultas2 Teknik), hal tersebut sangat mengagetkan. Dengan soal ujian yang "dosen bilang" dibuat lebih sulit daripada soal OSN, masih sangat banyak teman ane yang bisa mendapat nilai bagus bahkan mendapat indeks A di semua mata kuliah. Bahkan, banyak teman ane yang ahli bukan hanya di satu bidang. Sebagai contoh, ada teman ane yang sangat pintar Matematika, namun juga sangat pintar Biologi. Ada juga teman ane yang sangat pintar Fisika namun juga sangat pintar Kimia. Karena menurut ane, bisa menguasai dua bidang yang bertolak belakang itu amazing. Oh iya, di fakultas ane juga ada banyak anak pemenang medali perunggu, perak, hingga emas di Olimpiade Sains Nasional Fisika dan Matematika.

2.  Banyak Juga Anak Teknik ITB Yang Pintar Dalam Bidang Sosial, Politik, Ekonomi, dan Seni

Deretan Hal "Mengagetkan" Yang Ane Temui Selama Berkuliah di ITB

Deretan Hal "Mengagetkan" Yang Ane Temui Selama Berkuliah di ITB
Deretan Hal "Mengagetkan" Yang Ane Temui Selama Berkuliah di ITB

Hal kedua adalah hal yang paling mengagetkan untuk ane dan membuat ane insecure parah. Saat ane masuk ITB, ane kira bakal banyak orang yang jenius di science namun ga paham soal social. Namun ane salah besar, dan ane insecure karena ini. Banyak teman ane yang soal pengetahuan dan nilai sangat jenius di pelajaran MIPA yang notabene hitungan, tapi mereka juga sangat paham tentang sosial, politik, sejarah, bahkan ekonomi, mereka benar-benar paham dan bukan poser yang ikut-ikutan. Banyak dari mereka yang juga sangat hebat berdiplomasi dan berepengetahuan tinggi soal geografi, nah rata rata mereka tergabung dalam Model United Nations. 

Apalagi di UKM ane yaitu Majalah Ganesha. Ane kira isi nya mirip-mirip ane yaitu anak-anak yang suka dan mahir di bidang sosial tapi nyasar di ITB. Ane salah besar. Mereka adalah anak-anak yang sangat pintar di MIPA, bahkan beberapa dari mereka punya IPK TPB hingga 4 dan juga medalis OSN, tapi juga sangat hebat pengetahuannya dalam bidang sosial. Sementara juga ada beberapa teman ane dari teknik juga yang sangat mahir dalam desain grafis dan video editing. Sumpah ane bener-bener kaget, sampe semua rumpun yang dikuasai anak IPS juga diembat anak ITB. Maka dari itu, gak kaget kalau lulusan ITB banyak kerja di posisi tinggi di bidang non IPA. Sebagai contoh, petinggi dari Deloitte, EY, dan KPMG yang merupakan accounting firms juga diisi oleh alumni Teknik ITB dan masih banyak lagi.

3. Teman Seangkatan Tidak Individualis dan Apatis, Senior Kampus Juga Ramah dan Semena-Mena

Deretan Hal "Mengagetkan" Yang Ane Temui Selama Berkuliah di ITB

Berikutnya soal pergaulan. Bersyukurnya, selama di ITB ane bisa dapat berkat berupa banyak mendapat teman akrab (bukan sekedar kenalan) dari hampir semua fakultas. Ketika bisa berteman dengan mereka, bahkan mendapat support dari mereka ane cukup kaget. Stereotipe apatis dan individualis nya ITB bener-bener terpatahkan. Seumur hidup dari SD - SMA, ane gapernah mendapat teman teman sebaik di ITB. Bukan hanya teman dekat ane, bahkan sampe teman teman online dan teman kelas biasa juga tidak apatis. Untuk individualis mungkin benar namun dari sisi "kejujuran" dalam mengerjakan ujian di mana kita gak ada bagi-bagi jawaban.

Selain itu soal senior juga ane cukup kaget. Awalnya ane kira hanya beberapa senior yaitu senior di UKM ane yang anti senioritas, karena mereka gamau angkatan bawah manggil mereka "kak". Namun, setelah ane berkenalan dengan berbagai senior. Baik kakak yang ospek ane hingga atasan ane di organisasi dan kepanitiaan, mereka semua baik, ramah, banyak membantu ane jadi teman sharing, dan tidak ada senioritas yang semena-mena. Mereka juga hampir semua enggan dipanggil kak. Bahkan banyak sekali atau hampir semua kerjaan dan posisi yang ane dapat di kampus merupakan buah dari relasi ane dengan senior senior. Kalau ditanya apakah ada senior rese dan julid? tentu ada, tapi mereka biasanya cuma koar di twitter dan jumlahnya sangat dikit ketimgang yang baik yang ane kenal.

4. Sudah Biasa Bertebaran Berita "Duka" di Akun Socmed ITB & Bertebaran Menfess Suicidal Thoughts di Base Twitter ITB (Unofficial) 

Deretan Hal "Mengagetkan" Yang Ane Temui Selama Berkuliah di ITB

    Berikutnya dari sisi menyeramkan nya gan. Mungkin hal ini juga sudah keluar kemana-mana dan memperkuat stereotype ITB itu serem. Yap, di OSKM angakatan 2019 juga, dosen menampilkan jumlah mahasiswa ITB yang keluar dan meninggal. Selain itu juga instagram resmi ITB termasuk sering mengabarkan kabar duka atas kepergian mahasiswa ITB (sempat dalam satu minggu tersiar kabar meninggalnya 3 mahasiswa ITB). Selain itu, di base twitter itb atau itbfess juga mayan sering bertebaran menfess "suicidal thoughts" atau keinginan bunuh diri mahasiswa disini karena stress mereka. Tapi beruntung mahasiswa ITB lain supportif dan selalu menenangkan mereka melalui komen.

5. Cukup Banyak Mahasiswa ITB Yang Juga Diterima 2 PTN Top 3 Lainnya & Banyak Pindahan Dari PTN Top 10 Lain

Berikutnya ada hal yang juga cukup buat ane kaget dan takjub gan. Di mata orang awam, mungkin diterima salah satu dari 10 universitas negeri terbaik di Indonesia (khususnya di pulau jawa) saja sudah keren banget. Namun, di ITB, cukup banyak mahasiswanya yang juga di terima di U* dan UG*. Rata-rata yang seperti ini adalah anak sma favorit di bukit duri (tebak hayo). Selain itu, ane juga kaget kebanyakan dari mereka tidak memilih dua universitas lainnya tapi memilih ITB (kecuali yang diterima nya di FK U*/UG*). Bukan hanya itu, banyak teman-teman seangkatan ane yang sebenernya setahun bahkan dua tahun lebih tua dari ane dan mereka sebelumnya sudah pernah berkuliah di universitas negeri lainnya. Sebagai contoh, ada lima teman ane di fakultas ane yang pindahan dari I*S.


Sekian gan tulisan dari ane. Ane juga penasaran nih pengalaman yang agan agan punya selama berkuliah, terutama agan agan yang dari ITB juga. Ane penasaran hal mengagetkan apa yang agan temui selama di ITB. Sekian tulisan ane, good bye and have a nice day gan.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 47 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pcjames
Halaman 1 dari 6
Untung aye gendeng, jadi gak pernah punya niat bundir sama sekali. Pait manis susah senang tetap aja happy

Deretan Hal "Mengagetkan" Yang Ane Temui Selama Berkuliah di ITB
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abunsaurus dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Teman ane yang di ITB satu angkatannya solid sampai sekarang, salut emoticon-Big Grin
profile-picture
ryuu14 memberi reputasi

Ada yg sampe 7 tahun gak kuliah disana gan? emoticon-Hammer
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Wadoww sama sama di kota kembang berarti...

Prof. The H*uw L*** dan Dr. Ir. Rinaldi Mu**r masih aktif mengajar ga bre?
profile-picture
profile-picture
bontenksuri dan servesiwi memberi reputasi
Diubah oleh theoneta
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
ane sekarang kuliah di itb, masuknya angkatan corona, alias dr masuk pertama sampe hampir masuk semester 3 nanti masih pembelajaran online gan, hahaha...
gak terlalu kenal temen seangkatan, gak kenal kakak tingkat, bahkan masuk kampus pun belum pernah, wakakaka...
mohon doanya gan, semoga ane lancar sampe lulus, gak kuliah offline pun gpp, yang penting lulus cepet, hehe...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ediptyaa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Keren beud iTB

Tp klo individualis ga deh
jangan tersinggung gan, bukan gaya ane aja

tetep hormat untuk ITB (mantan kampus ane)
profile-picture
profile-picture
theoneta dan pcjames memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalau aku lewat ITB, Satpam sering menyangka kalau aku ini mahasiswa
profile-picture
rullyg memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ceweknya cakep.cakep gak?
Secara gak langsung bisaenjadi pelecut semangat buat belajar, ane dulu gitu pas ngampusemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
...Namun, setelah ane berkenalan dengan berbagai senior. Baik kakak yang ospek ane hingga atasan ane di organisasi dan kepanitiaan, mereka semua baik, ramah, banyak membantu ane jadi teman sharing, dan tidak ada senioritas yang semena-mena....

inilah sesuatu yang 'langka' karena ane alami bukan di lingkungan kampus tapi di lingkungan kerja sebutan senior itu sebaliknya sok ini itu. ya begitulah yang ada dan nyata ane alami.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ediptyaa dan 3 lainnya memberi reputasi
Itu yg kuliahnya S1. Beda cerita kalo S2 nya. Hehe
Selamat buat agan yg bs kuliah
Haa ane lulus sma aja udh syukur
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kampus idaman ane dari dulu, sayang S1 ga tembus, mau S2 disana sayang ninggalin kerjaan..berharap ada kesempatan bisa S3 disana..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu test di ITB lewat umptn, dipaksa nyokap sich sbg pilihan utama.
Ane males ngerjain krn ndak mudeng bahasa Sunda plus takut ndak tamat krn byk cew2 mautnya.
emoticon-Shakehand2.
Pas pengumuman bokap ngamuk kok ngak bisa masuk, pasti ndak niat.... Senyumin ae.
Thn berikut nya, nyoba di kuda jingkrak semarang,... Kampus murah, adem ayem lumayan bobot.

Kangen p Muladi.
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan Cucigosok memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg ane penasaran: anak2 ITB banyak yg berpacaran (secara persentasi diatas 50%)? Banyak yg dugem? Banyak yg demen demo?
Atau belajar melulu?
profile-picture
ronaldti9er memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kalau di dunia kerja perusahaan indonesia rata2 pada kerja dmn ya gan? Ko ane jarang liat lulusan ITB
Btw ane berkecimpung di area konstruksi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Ane cma lulusan Polyteknik negeri saja dsalah satu kota tmpat tinggal ane skrang
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantabz 👍
Almamater IPS jurusan budaya humaniora dari salah satu kampus di kota gudeg nyimak 😊
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kampus idaman ane nih gan. Sayangnya dlu pas lulus sma, gak tau mau kuliah apa. Untungnya masuk UGM
ane pernah masuk ITB....sampe gerbang doang, emoticon-Leh Uga
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
mending BSI atau unpam biar gk stres wakkaka
profile-picture
dalamuka memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di