CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tips untuk Orang Tua yang Ingin Pilihkan Tontonan untuk Anak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d1c8a9877a9a3b0a4edb8f/tips-untuk-orang-tua-yang-ingin-pilihkan-tontonan-untuk-anak

Tips untuk Orang Tua yang Ingin Pilihkan Tontonan untuk Anak

Tips untuk Orang Tua yang Ingin Pilihkan Tontonan untuk Anak

Di jaman yang serba modern seperti saat ini, tugas para orang tua tentunya semakin berat, ya. Banyak aspek yang harus diperhatikan dalam mendidik anak dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam memilihkan tontonan yang pas dan sesuai dengan anak. Ada beberapa tips yang hari ini akan ane share lewat thread ini. Sesuai judulnya, ane akan membahas beberapa tips bagi orang tua untuk memilih tontonan yang pas untuk anak.

Mari kita bahas satu persatu, ya!

Memperhatikan batasan usia film atau klasifikasi usia

Tips untuk Orang Tua yang Ingin Pilihkan Tontonan untuk Anak
Hal yang paling pertama dan paling penting untuk dilakukan adalah memperhatikan klasifikasi usia dari film yang akan ditonton. Apakah film tersebut aman untuk ditonton oleh anak? Ataukah harus dengan pendampingan orang tua? Atau tidak boleh sama sekali untuk ditonton oleh anak. 

Film yang aman adalah film dengan kategori usia semua umur atau SU. Film dengan kategori ini bisa ditonton oleh anak yang berusia sekolah Taman Kanak-Kanak, sampai batas usia 12 tahun. Film-film dengan kategori SU biasanya memuat pelajaran secara moral yang bisa dimengerti dengan mudah oleh anak. Namun, orang tua juga tetap harus mendampingi si anak agar jika anak punya pertanyaan saat menonton, orang tua bisa langsung memberikan jawabannya.

Membaca sinopsis film

Tips untuk Orang Tua yang Ingin Pilihkan Tontonan untuk Anak

Hal kedua yang gak kalah penting untuk diperhatikan adalah membaca sinopsis dari film yang akan ditonton. Dari sinopsis itu, orang tua bisa dengan mudah mengetahui jalan cerita secara singkat, sehingga bisa menilai juga apakah film tersebut cocok dijadikan tontonan untuk putra dan putrinya. 

Pilih tontonan dengan pesan moral yang kuat

Tips untuk Orang Tua yang Ingin Pilihkan Tontonan untuk Anak

Menyambung dari poin nomor dua, sebagai orang tua gansis juga harus pandai memilah tontonan. Sebagai saran, pilihlah tontonan dengan pesan moral positif yang kuat seperti nilai persahabatan, keluarga ataupun soal impian yang harus diraih.


Pesan-pesan seperti persatuan antar sesama umat manusia juga bisa menjadi tema yang bagus. Ada baiknya juga, setelah selesai menonton, orang tua memberikan rangkuman pesan moral yang ada di dalam film, sehingga bisa lebih ditekankan kepada anak dan mereka bisa mengingatnya dengan baik.

Menonton trailer terlebih dahulu

Sebelum mengajak anak untuk menonton sebuah film, mungkin ada baiknya orang tua menonton trailer untuk film tersebut terlebih dahulu. Video trailer biasanya akan memuat beberapa potongan adegan yang akan ditampilkan dalam film. Dari trailer tersebut, orang tua bisa menilai apakah film tersebut cocok untuk diberikan untuk anak.


Jika dari dalam trailer sudah terlihat ada adegan kekerasan, orang tua bisa langsung bisa memilih film lain yang lebih aman untuk anak. 


Itulah empat tips yang bisa dilakukan oleh orang tua sebelum memberikan sebuah tontonan untuk anak. Semoga thread ane hari ini bisa bermanfaat untuk agan dan sista yang membaca, ya. 


Sampai ketemu di thread ane selanjutnya, gansis!













profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 3 lainnya memberi reputasi
Penting banget untuk liat rating dan alur cerita. Soalnya salah tontonan dikit, bisa jangka panjang efeknya emoticon-Big Grin
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kalo gak yakin ya dampingin aja saat menonton
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sekarang emang pentingbgt buat nonton dan merekomendasikan nonton sesuai usia ya gan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Iya tontonan anak harus diawasi dan dipilih pikih sesuai sama umur mereka
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nontonn tv bareng bareng emang seru sih gan dulu
Anakanak perlu banget sih diawasi tontonnya, apalagi jaman sekarangg
Wah sekarang susah banget sih, anak-anak udah ngga nonton tv, tapi sekarang nonton youtube, harusnya sih diinstalin yang youtube for kids sih
rating film tentunya jadi salah satu patokan
setelah itu yaa isi ceritanya , sebagai orang tua harus memfilter terlebih dahulu
kalo nonton netflix kan ada batasan usia, sama ada contekan di film itu ada adegan nudity nya atau engga jadi aman. tapi tetep sih emang kduu di dampingin
Susah diarahin sih kalo sekarang, anak-anak jaman sekarang udah pinter-pinter milih tontonannya sendiri
Jangan kaku.. dan jgn vulgar jg yaaa
harus diperhatikan nih, terutama konten tontonannya, maklum anak anak lebih cepat belajar dari visual dan apa yang dilihatnya
Yang pasti kalo udah ada ratingnya sih udah pasti aman, ngga perlu ngeliat trailernya, kalo ratingnya udah dewasa ya mending jangan ditontonin


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di