CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Tahukah Kamu? Ini 5 Warna Pelat Nomor Kendaraan yang Berlaku di Indonesia!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d1891245c4bd5b3a2e27e3/tahukah-kamu-ini-5-warna-pelat-nomor-kendaraan-yang-berlaku-di-indonesia

Tahukah Kamu? Ini 5 Warna Pelat Nomor Kendaraan yang Berlaku di Indonesia!

Tahukah Kamu? Ini 5 Warna Pelat Nomor Kendaraan yang Berlaku di Indonesia!
Bagi kamu yang sering memakai kendaraan, pasti sering melihat warna pelat nomor lain selain hitam dan putih. Ternyata, ada beberapa warna pelat nomor yang berlaku di Indonesia dan memiliki arti dari masing-masing penggunanya.

 

Pemilik kendaraan tidak bisa sembarangan dalam menggunakan atau mengubah warna pelat nomor. Alasannya adalah karena semua warna pelat nomor tersebut sudah diatur dalam ketentuan undang-undang. Jadi, gunakan warna pelat nomor yang sesuai dengan kendaraan ya.

 

Agar lebih paham dengan arti masing-masing warna pelat nomor, berikut ada beberapa warna pelat nomor kendaraan yang berlaku di Indonesia yang wajib diketahui. 

 

1.     Pelat Hitam

Jenis ini termasuk warna pelat umum yang digunakan untuk perseorangan atau kendaraan pribadi. Biasanya, rental mobil atau motor memakai pelat warna ini. Warna angka pada pelat ini pun berwarna putih agar kontras dengan warna dasar pelat nomor.

 

Nomor pelatnya sendiri diberikan secara acak sesuai dengan kode lokasi masing-masing wilayah. Kecuali, pemilik kendaraan ingin nomor kendaraannya berbeda maka akan dibuatkan nomor pelat khusus.

 

2.     Pelat Kuning

Pelat dengan dasar warna kuning digunakan untuk kendaraan umum, seperti mobil angkutan umum, bus, taksi, dan lain-lain. Untuk warna tulisannya sendiri berwarna hitam agar kontras.

 

3.     Pelat Merah

Dasar warna merah pada pelat digunakan untuk kendaraan milik pemerintah. Biasanya, kendaraan dengan pelat warna ini digunakan hanya selama perjalanan dinas. 

 

4.     Pelat Putih

Pelat kendaraan dengan dasar warna putih agak jarang ditemui karena ini sebenarnya adalah pelat nomor sementara untuk kendaraan baru sampai pelat warna hitamnya selesai dibuat. 

 

5.     Pelat Khusus

Pelat khusus biasanya sering terlihat di kendaraan milik apparat keamanan di Indonesia, seperti Polisi Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Biasanya, pada pelat juga tertera logo instansi atau logo bintang dan warna dasar pelat tersebut memiliki warna-warna tertentu. 

 

Itulah beberapa warna pelat nomor yang berlaku di Indonesia sesuai dengan identitas pemilik. Jadi, Gunakan pelat nomor kendaraan yang sesuai dengan kendaraan kamu ya sebagai identitas. Jangan sampai keliru dalam membedakan identitas dari masing-masing pelat nomor. 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhinyzfrn dan 3 lainnya memberi reputasi
nice thread! berbagai macam plat nomer ini sering ditemukan di kota-kota besar.
plat kuning katanya dah jarang ya? jadinya ngikut pake plat item
yg platnya gak berwarna gmn gan?
Ane pernah liat plat yg tulisannya warna merah dan latar warna putih, itu termasuk pelat apa ya
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
ane pengguna plat hitam emoticon-Shakehand2
asli ane cuma tau plat hitam kuning merah nih gan siss jarang juga liat plat yang lainn makasih banyak gan sis infonya


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di