CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tak Punya Anggaran, 3 Provinsi Tolak Lockdown?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d1383562ef6e4a2f5d3af1/tak-punya-anggaran-3-provinsi-tolak-lockdown

Tak Punya Anggaran, 3 Provinsi Tolak Lockdown?

Tak Punya Anggaran, 3 Provinsi Tolak Lockdown?
Tim Okezone, Okezone · Senin 21 Juni 2021 22:02 WIB

Share on Facebook
Share on Twitter
whatsapp
Share on mail
copy link


Tak Punya Anggaran, 3 Provinsi Tolak Lockdown? Jalanan protokol Jakarta sepi saat PSBB. (Foto : Dok Okezone)


JAKARTA - Lonjakan kasus virus corona (Covid-19) di sejumlah wilayah Tanah Air membuat opsi (lockdown) menyeruak. Namun, setidaknya, hingga saat ini terdapat 3 provinsi yang diduga tak sanggup untuk memberlakukan lockdown guna memutus rantai penyebaran Covid-19 lantaran keterbatasan anggaran.
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X sebelumnya sempat menyerukan opsi lockdown di wilayahnya. Namun, ia berubah pikiran. Sultan mengaku lockdown menjadi pilihan terakhir untuk memutus penyebaran Covid-19.
"Itu (lockdown) pilihan terakhir," ucap Sultan, melansir Antara, Senin (21/6/2021).
Ia menjelaskan, jika lockdown diterapkan, konsekuensinya adalah mengganti biaya hidup seluruh masyarakat. "Enggak ada kalimat lockdown. Saya enggak kuat ngeragati (membiayai) rakyat se-Yogyakarta," ucapnya.
Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menolak opsi lockdown. Itu karena sejak awal telah disepakati tidak ada istilah lockdown.
"Sebenarnya enggak ada istilah lockdown, saya juga bingung kenapa dihidupkan lagi istilah lockdown. Dulu disepakati yang namanya lockdown itu bahasa Indonesianya adalah PSBB atau pembatasan sosial berskala besar," kata gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu di Bandung, Senin (21/6/2021).
Ia mengatakan, penerapan PSBB tersebut juga harus dibarengi dengan kesiapan pangan untuk masyarakat terdampak.

Sementara itu, Kang Emil menyatakan, saat ini Pemprov Jabar tidak memiliki anggaran. Karena itu, ia meminta bantuan logistik dari pemerintah pusat sebelum menerapkan PSBB.
"Kami dari Jabar anggaran memang sudah tidak ada. Jadi, kalaupun itu (PSBB) diadakan, maka dukungan logistik dari pusat harus betul sudah siap, baru kami akan terapkan di Jabar," tuturnya.

Di wilayah DKI Jakarta usulan agar lockdown diterapkan juga menyeruak. Namun, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menilai, kebijakan tersebut bukan pilihan yang tepat jika melihat anggaran Pemprov DKI Jakarta.
Ia mengatakan, penerapan PSBB ketat sebelumnya telah menguras pendapatan Pemprov DKI.
"Satu-satunya pendapatan DKI itu dari pajak. Jadi kalau ini direm lagi, kita enggak punya uang untuk mendanai kesehatan kita," kata Zita, beberapa waktu lalu.

Zita menjelaskan, jika rem darurat ditarik terlalu kencang dapat berdampak terhadap pajak. Kalau pajak kita drop, tidak bisa Pemprov melakukan pembiayaan untuk kesehatan," kata Zita.

https://nasional.okezone.com/read/20...ockdown?page=2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
bedanya adalah
Jabar dan DIY langsung org nomor 1 yg bilang
kalo DKI pake bemper
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
katanya...

Tak Punya Anggaran, 3 Provinsi Tolak Lockdown?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
terimakasih formula e-ek emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Negara yg lemah.... memalukan

Saat awal pandemi dan dana masih ada....ga berani lockdown


Sekarang 1.5 tahun pandemi berjalan masih juga ga berani lockdown....alasannya dana ga ada


Persoalannya bukan ga ada dana...... tapi memang pemerintah yg pengecut dan ga punya nyali


Hanya becus bikin kebijakan plintat plintut untuk jaga reputasi... kinerja nol besar


Memalukan..... mau mengorbankan kesehatan rakyat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balonkempes
Lihat 39 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 39 balasan
itulah kalo usul tapi cuma dari sudut pandang sendiri, nggak komprehensif
makanya yang usul lockdown saweran dong.......Epidemolog kan duitnya banyak.

dokter tifa mau saweran juga?
dana nya sudah habis
bukan cuma pemerintah tp juga warganya
kapan duit dikantong jokowi cair
profile-picture
profile-picture
kaskus_ranger dan FadlyVossler memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 6 lainnya memberi reputasi
tuh dengerin para nakes yang cuma teriak teriak lockdown emoticon-Mad
dutinya gak ada emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan iwanbe memberi reputasi
Tak Punya Anggaran, 3 Provinsi Tolak Lockdown?


emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 6 lainnya memberi reputasi
dana (untuk dikorupsi) pasti selalu ada...
dana (untuk masyarakat) biasanya ga ada...


itu bedanya...


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
lah kan udah berlaku pssb mikro dari 22 juni - 5 juli..

Tak Punya Anggaran, 3 Provinsi Tolak Lockdown?

emoticon-Wakaka

HDB JEKARDAH....


emoticon-Rusia
Diubah oleh noiiss
bosen gw berita kopat kopet mulu.. lokdan lokdon mulu.. anjeeeng..
profile-picture
DuaLapanSatu memberi reputasi
Mo lokdon silaken tengok madure sekarang, cuma butuh penyekatan untuk sebuah amukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 6 lainnya memberi reputasi
Nasib punya pemerintah miskin korup, punya anggaran dipake ngegaji pns2 sama pegawai bumn benalu doang.
profile-picture
crot113 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tenang, jumlah penduduk hampir 300jt kok, mati 1-2% ya gak kerasa.
Jkt punya duit malah buat maenan sepeda.wkkkkkk
sebenernya tergantung niat sih... pas gelombang pertama masih ada duitnya solusi lockdown udah gak dilirik kok emoticon-Shakehand2
Anggarannya udeh ditilep buat pak lurah sih emoticon-Malu
1 Hentikan dana buat pembangunan/pengeluaran yg g penting, contoh: bangun stadion, formula eek, dll

2 Yuk sumbangsih warga yg mampu bantu yg ta mampu.....sumbang palestini aja mampu, masa sumbang buat jkt g mampu? ayo dong

3 Aktifkan TNI bagi2 bansos nya, jgn terlalu percaya ama RT RW...mrk itu terkadang bnyk yg iblis berbulu malaikat


Gue rasa benernya Jakarta mampu, cm 'pendatang'nya terlalu banyak, domisili dari prov mana tinggal jg disini alhasil pemprov nya ngambek, hrsnya prov lain yg nanggung koq jd kita yg nanggung yak....ngaku dah pasti gt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogahruwet dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
nah ya itu juga harus jadi pikiran bersama gimana caranya dan apa keputusan terbaik
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di