CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sultan Urung Lockdown Yogya: Saya Nggak Kuat Ngragati Rakyat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d08dba50a1d5230c60e2d6/sultan-urung-lockdown-yogya-saya-nggak-kuat-ngragati-rakyat

Sultan Urung Lockdown Yogya: Saya Nggak Kuat Ngragati Rakyat

Sultan Urung Lockdown Yogya: Saya Nggak Kuat Ngragati Rakyat
Sultan HB X usai memimpin rapat COVID-19 bersama Bupati dan Wali Kota se-DIY, di Kompleks Kepatihan, Senin (21/6/2021). (Foto: Heri Susanto/detikcom)


Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X memastikan tak akan lockdown DIY. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dengan lebih ketat menjadi kebijakan untuk menekan lonjakan kasus virus Corona atau COVID-19.
Menurut Sultan, lockdown juga tak efektif jika hanya berlaku untuk masyarakat DIY. Sementara daerah lain masih tetap membebaskan mobilitas warga.

"Nek di-lockdown, kabeh tunggu ning ngomah (kalau di-lockdown, semua berada di dalam rumah). Nggak boleh keluar. Gitu loh. Tapi kalau Yogya di-lockdown, ya kan, rakyat Yogya ora oleh (tidak boleh) keluar rumah, ning saka (tapi dari) Jakarta, saka (dari) Jawa Timur mlebu (masuk) Yogya terus arep ngapa (masuk Yogya terus mau apa)?" kata Sultan usai memimpin rapat COVID-19 bersama Bupati dan Wali Kota se-DIY, di Kompleks Kepatihan, Kemantren Danurejan, Yogyakarta, Senin (21/6/2021).

Sultan menegaskan, jika harus memberlakukan lockdown, sangat berat bagi pemerintah. Sebab, Pemda DIY harus mengganti pendapatan dari larangan berjualan kecuali apotek, toko obat, dan supermarket.

"Nggak ada kalimat lockdown. Saya nggak kuat untuk ngragati (membiayai) rakyat sak Yogya. Keputusannya tetap PPKM, di mana konsekuensinya jangan pernah mengatakan lockdown, totally close, yang buka hanya apotek, toko obat dan supermarket. Pemerintah ganti duit. Kita nggak kuat," jelasnya.

Kebijakan tersebut, lanjut Sultan, sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat. Di mana pusat memilih untuk menjaga keseimbangan ekonomi dan menjaga penularan COVID-19.

"Pusat kan keseimbangan ekonomi," katanya.

Ia menegaskan, membatasi mobilitas penduduk akan dilakukan dengan memaksimalkan peran dari satgas di tiap RT melalui kalurahan. Mereka yang membatasi pergerakan masyarakat agar tidak terjadi penularan virus Corona.

"Untuk masalah yang berkaitan dengan kebijakan membatasi pergerakan, mobilitas masyarakat. Membatasi di antara mereka di setiap kelurahan. Satgas yang belum terbentuk mohon untuk diselesaikan. Karena bagaimana, satgas ini penting untuk diambil kebijakan," pesan Sultan.

Seperti telah diberitakan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sebelumnya mengancam akan menerapkan lockdown sebagai solusi atas kenaikan COVID-19 akhir-akhir ini. Sultan menyebut lockdown sebagai salah satunya jalan setelah PPKM tak efektif di lapangan.

"PPKM ini kan sudah bicara nangani RT/RW (mengatur masyarakat paling bawah). Kalau realitasnya masih seperti ini mau apa lagi, ya lockdown," kata Sultan diwawancarai wartawan di Kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan, Kemantren Danurejan, Yogyakarta, Jumat (18/6).

Sultan saat itu menjelaskan, pemerintah telah mengatur masyarakatnya dari RT dan RW. Hal tersebut sebenarnya sebagai antisipasi terjadi penularan di lingkungan. Tapi dalam pelaksanaan ternyata PPKM ini tak bisa berjalan efektif. Bahkan, selama seminggu terakhir kasus positif Corona di DIY harian di atas 500 orang.

"Kemarin (Ingub No 15/INSTR/ 2021) maunya ada keputusan izin kalurahan harus sampai atasan (panewu/camat) gitu loh dan sebagainya dengan harapan semakin ketat masyarakat (tidak berkerumun) gitu, tapi kalau masih tembus arep opo meneh (mau apa lagi kebijakannya). Ya lockdown," jelasnya.

https://news.detik.com/berita-jawa-t...agati-rakyat/2

Lokdon butuh 3 poin agar sukses tapi tidak menjamin bakal tidak lokdon lagi.
Contoh inggris dah 2 x lokdon.
Poin pertama....dana yg besar.
Tuk bantu rakyat miskin dan menengah kebawah.
Operasional aparat keamanan,dari logistik dan insentif.
Operasional extra tenaga kesehatan.

Poin kedua......semua elemen setuju.

Politikus,tokoh agama,tokoh masyarakat,SJW dan HAM harus setuju bahwa ada penindakan tegas dan terukur bagi yg melanggar.
Jgn di protes2 selama itu tidak berakibat hilangnya nyawa.

Poin ketiga dan paling utama....kesadaran masyarakat.

Tidak perlu 100 % cukup 80% yg patuh akan lokdon maka lokdon bisa di adakan dan insyaallah sukses.

Silahkan bila ingin menambahkannyaemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 54 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 6
Petromax,,,
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Apapula lockdown di indo. Wong mudik aja masi ngelawan apalagi lockdown emoticon-Blue Guy Bata (L)

Kecuali pakai sistem uni sopiet.
HAIL UNI SOPIET emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
musa_7er dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Dilockdown,
itu rakyat kurang mampu mau makan apa.
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nyang bwener gan
emoticon-Ngakak gak efektip ato gak mampu ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
denbayu dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Mari kita bikin konsesi bersama.. emoticon-Malu (S)

Sultan Urung Lockdown Yogya: Saya Nggak Kuat Ngragati Rakyat

Ane jamin sukses.. Menekan jumlah covid sekaligus cividiot.. emoticon-Malu (S)

emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 31 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Nah klo ngomong ga kuat dana kan jelas..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Udah anggap aj kek malaria emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ini namanya keras di depan lembek di belakang...emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Paling efektif sih ppm mikro memang... Tapi RT RW harus kerja keras...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emang enak jadi raja istimewa..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan vizum78 memberi reputasi
ketularan pak presiden...

lembek...



emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sang Pembantai dan 2 lainnya memberi reputasi
bukannya berita kemarin, gubernur jogja yang minta lockdown ?

Tidak kuat ? Bukannya sultan jogja ini kaya raya ? Punya tanah banyak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
sultan aja sambat gak sanggup ngragati wkwkwk emang dasarnya lockdown itu cuma sebatas angan angan yg terlalu tinggi.. mudah diucap tp susah ngejalaninnya buat semaksimal mungkin..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
Nah, tuh doi terus terang. Lokdon tar ngasih makan pake apa gubernurnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wes jarno anggepen new normal ae, mati kenek corona kuwi anggep ae normal, wes jalure seleksi alam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Drpd ribut mending gaji pns potong setengahnya😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
corobikang dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
'Nyuwun sewu 'nggih ...
Orang jaman sekarang khan angannya pada tinggi semua ...
Dilockdown, pertanyaan yang sebenarnya ada pada pikiran mereka sebetulnya bukan terkait "apakah nanti saya bisa makan atau tidak".

Karena kalau memang demikian, khan tinggal dicheck ketersediaan beras di Bulog-Dolog, distribusi LPG-listrik, jalur distribusi sayur-mayur, sembako. Khan hal-hal itu yang penting, kalau mau bicara masalah "survive" di jaman Now ini. Dan itu sifatnya gratis, jadi orang juga tidak bingung masalah itu mau bayar pakai apa.
Berikut pula pembatasan lalu lalang orang dari-ke daerah bersangkutan.

Lalu terkait masalah gaji, karena kebutuhan hidup pokok sudah diberi, maka proses "sirkulasi finansial" bisa dibekukan ... untuk sementara waktu menurut perhitungan yang seksama tentunya. Tak melulu gaji PNS dari level rendah dan atas tapi swasta juga sekalipun.
Hutang bisa dinegosiasi ulang. Hutang negara sampai bengkak segitu itu, khan terjadi karena pengeluaran jalan terus, tapi pemasukannya sedikit/tidak ada. Pinjol, abang kredit, koperasi simpan pinjam, bank, bisa diminta untuk membekukan proses perhitungan bunga serta penagihan untuk jangka waktu tertentu. Bila ada yang membandel, bisa diskak balik dengan cara membuat pp daerah yang sesuai untuk itu.
===> Pada situasi gawat darurat, berbagai peraturan yang berguna untuk mengatasi situasi itu, sah aja untuk dibuat, selagi itu mengacu pada masalah keselamatan bersama.

Tapi yah itu tadi ...
Kesiapan bahan pangan dan lain-lain yang saya sebutkan itu tadi, harus mencukupi.
Terkait jangka waktu, tergantung ... seberapa parah sikon di daerah bersangkutan. Bisa 2-3 minggu, bisa 1-2 bulan atau bahkan lebih.

Tapi itu berlaku untuk daerah ya ..., bukan level nasional.
Kalau level nasional, mungkin cukup dengan membatasi arus keluar masuk orang dari dalam ataupun luar Indonesia.

===> Kalau ada yang tanya semua barang itu dapat darimana uangnya (prinsip ada uang ada barang), pengaturan ulang APBN. Sumbang silang pendapatan antara daerah yang satu dengan yang lainnya. Itu khan salah satu keuntungan dari keberadaan NKRI ini.
Karena itu saya pernah komen juga agar dalam sikon saat ini akaln lebih bijaksana kalau sebisa mungkin menghemat. Hanya proyek pemerintah tertentu yang benar-benar bisa menghasilkan keuntungan (jangka pendek-menengah), dan telah melalui perhitungan yang seksama, yang kiranya bisa dilakukan. Proyek pemerintah lain, apalagi yang bersifat cuma untuk kosmetik-estetika belaka, kiranya distop dulu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bingsunyata
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
hari ini udah mulai lockdown di yogya?
emoticon-Bingung

tadi liat wa teman ane di yogya kayaknya masih bebas berkeliaran

kalau emang gak kuat lokdon ya anggarin aja polisi, ormas, dsb buat sosialisasi prokes.

sama genjot vaksinasi

emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uninverse dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daddydaddydoo
Sultan jogja ga punya duit biayai rakyat jogja???
Kok gw ga percaya ya??????emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sudah ayy dugem, kanjeng sultan lepas tangan again
sejak awal kanjeng sultan not care and not mau cegah ada warga kerumunan in saat libur nataru. then juga not cegah warga yang maksa mudik lebaran 2021 to yogya
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan vizum78 memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di