CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Cewek Korban Pelecehan Seksual Tapi Masih Disalahin, Kok Bisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d081c0cb51b014555fdd42/cewek-korban-pelecehan-seksual-tapi-masih-disalahin-kok-bisa

Cewek Korban Pelecehan Seksual Tapi Masih Disalahin, Kok Bisa?


Akhir-akhir ini kayaknya topik ‘pelecehan seksual’ lagi jadi obrolan hangat di masyarakat Indonesia. Pelecehan seksual bukan hanya terjadi pada cewek aja GanSis tapi juga bisa kepada cowok. Nah, kebetulan kali ini ane mau bahas tentang cewek yang menjadi korban. Kalian pernah gak sih nemuin kasus dimana udah jelas banget kalau ia adalah korban, tetapi orang lain masih mencari kesalahannya?

Fenomena disalahkannya korban bukan lagi hal yang asing atau jarang kita temui. Pasalnya, kemajuan teknologi membuktian bahwa semua orang akan lebih mudah berkomentar akan sesuatu dan mengeluarkan komentar tersebut ke masyarakat luas. Banyak yang bilang, kucing tidak akan datang jika tidak dikasih umpan. Hal itu lah yang banyak masuk ke sebagian pemikiran masyarakat.

Cewek Korban Pelecehan Seksual Tapi Masih Disalahin, Kok Bisa?

Photo By Sehatq.com

Bentuk dari pelecehan seksual bisa macem-macem loh, GanSis, dan gak melulu tentang sesuatu yang besar bisa dari yang kecil, seperti catcalling atau kalian jadi korban seseorang mengambil gambar atau video kita, itu juga bisa dibilang pelecehan seksual. Tempat juga bisa menjadi pengaruh besar dalam kejadian ini, misalkan Sista lagi di tempat yang super ramai jadi super rawan.

Salah satu tempatnya adalah klub malam. Siapa sangka kalau sebagian orang yang berkunjung sebenarnya punya tujuan lain selain mabuk atau ngedugem? Di klub malam, terkadang acara yang dilaksanain juga terbuka untuk umum misalkan mengundang artis atau public figure lainnya yang tentunya menarik fans untuk datang walaupun mereka gak tau menau soal tempat tersebut.

Selain itu yang lainnya adalah fasilitas umum, seperti transportasi umum, mall, bioskop, dan segala macaml lainnya yang siapapun orang punya hak untuk berkunjung. Bisa dibilang yang paling sering terjadi di transportasi umum. Jakarta yang menjadi ibu kota dan pusat mata pencarian banyak orang, memang mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya dari daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan intensitas penggunaan transportasi umum bisa dibilang cukup tinggi terutama di awal minggu.

Mungkin beda ceritanya ketika seperti sekarang ini yang udah ada sistem WFH. Dulu setiap orang mau laki-laki atau perempuan harus desek-desekkan bersama demi sampai ke tempat tujuan. Ini lah yang menjadi kekhawatiran banyak kaum hawa. Pelecehan seksual terkadang gak mandang tempat dan si pelaku punya banyak taktik untuk melancarkan aksinya. Di Indonesia sendiri sebenarnya memang ada beberapa fasilitas umum yang mengutamakan wanita, tak terkecuali di KRL yang menyediakan gerbong khusus wanita.

Tetapi, padatnya intensitas pengguna memaksakan perempuan juga di gerbong umum yang tercampur dengan laki-laki. Mirisnya ketika kaum hawa mengadukan soal segala pelecehan yang mereka alami mau itu hal besar atau kecil, masih banyak orang yang skeptis dan dengan mudahnya bertanya, ‘Kok gak lari pas digituin?’ ‘Lo sih, pake baju kayak gitu, gimana cowok gak tergoda’ dan masih banyak lagi komentar pedas dilempar kepada si korban. Walaupun ada saksi, si pelaku pun masih bisa memutarbalikkan fakta. Bayangin kalau segala bentuk kegiatan yang merendahkan wanita terjadi ketika ia sendirian dan tidak ada bukti atau bahkan saksi. Terkena apes dan akibatnya sendirian. 

Cewek Korban Pelecehan Seksual Tapi Masih Disalahin, Kok Bisa?

Photo By Suara.com

Coba deh Sista di sini yang punya pengalaman soal hal ini ane mohon banget jangan takut cerita apalagi karena takut dijudge. Sesungguhnya, yang paling penting kalian udah berusaha untuk mencari keadilan. Buat para Agan & Sista yang masih menganggap sebelah mata soal pelecehan seksual dan masih ngeluarin stigma negatif buat si korban yang punya bukti, coba deh mikirin ketika lo yang gak dipercaya atau orang tersayang, dan udah terlanjur jadi korban? Gak enak kan?


Fenomena menyalahkan korban sering terjadi ketika melihat fakta tentang dimana kejadian itu terjadi, pakaian apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, dsb. Tapi, kayaknya gak ada alesan yang bisa diwajarin deh untuk ngelakuin hal yang merendahkan wanita? Paling nggak kalau kalian gak setuju dengan cerita dan cara penyampaian si korban, sampaiin secara personal tanpa memojokkan. Atau minimal gak usah ikut campur. Yang paling penting dengan mudahnya akses teknologi, jangan malah ngarang cerita atau cuma nyari panggung aja. Kalian sekarang udah gampang buat mencari keadilan apalagi kalau ada buktinya, tapi jangan karena kemudahan itu malah sengaja untuk mencari virality dan malah merugikan orang lain.

Pesen ane, kaum hawa berapapun umurnya harus hati-hati dimanapun kalian berada. Boleh lah belajar bela diri walaupun cuma sekedar dasarnya aja buat jaga-jaga. Permasalahan pakaian, disesuaiin aja sama mau kemana kalian pergi dan naik apa. Jangan yang gak nyaman dan menyusahkan diri sendiri. Semoga Sista semua di sini terus diberikan keselamatan, ya!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Pertamax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vagnox dan 2 lainnya memberi reputasi
Karna biasanya mereka selalu mengaitkan dengan norma berpakaian lah, agama lah..
Apapun itu korban pelecehan seksual wajib dibela..
Hanya orang picik yg mewajarkan pelecehan seksual

emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh seojoon
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bisa, karena ga empati

Sering kali empati ga bisa diajarin, harus dialami
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
Keduax
profile-picture
seojoon memberi reputasi
padahal salah cowonya juga yg nafsu
profile-picture
hanaarmilla memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Karena korbannya manusia, dan manusia itu tempatnya salah dan lupa emoticon-Blue Guy Smile (S)



















































emoticon-Hammer2
Pelecehan gak memandang ente mengenakan pakaian terbuka maupun tertutup ketika otak pelaku sudah mesum wanita berhijab pun bisa menjadi korban pelecehan jadi ane meminta kepada ente2 stop menyalahkan korban pelecehan maupun pemerkosaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vagnox dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
1.lihat sikon kalo berpakaian karna dari pakaian kita diperlakukan sesuai. Jangan berpakaian seperti pelacur kalo tidak mau diperlakukan seperti pelacur

2.cewek telanjang di depan umum/jalan meskipun sepi ane gak bakal komen/bertindak paling dipoto aja, itu ane gak tau kalo cowok lain gak tau lagi, mending gak usah coba uji kucing dengan ikan pindang

3.cowok dasarnya liat cewek ya napsu dah dasar itu, tapi kan cowok macem2 ada yg berkelas, standart, dan jahat(predator sex)

Ane gak bela siapa2 yg satu liat sikon kalo berpakaian yg satu inget kalo bukan wanitamu jangan sentuh2, sesimpel itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bepeiloveu dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Semoga selalu dijaga Allah dihindarkan dari pelecehan seksual inii
profile-picture
profile-picture
adindaptrarn dan hanaarmilla memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mohon maaf tapi buat saya membela diri dari segala penindasan baik itu perkosaan, penganiayaan, perampokan, pengeroyokan, dan semua yg bersifat mengambil kemerdekaan seseorang itu adalah bagian dari Hak Asasi Manusia yg harus diperjuangkan, jadi jangan pernah sekalipun takut utk membela diri kita walau ada batasan aturan yg mungkin menghalangi. Bayangkan akan betapa leluasa para pelanggar2 HAM ini melakukan kebiadabannya kalau tidak ada satupun orang yg berani maju membela dirinya sendiri. emoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
seojoon dan hanaarmilla memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo pakaiannya seksi, ceweknya disalahin... kalo pakaiannya tertutup, setannya yang disalahin emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bisa dong, kan katanya derajat manusia lebih tinggi daripada hewan emoticon-Big Grin
Bertindaknya sesuai akal, liat yang bikin sange langsung nyari cara utk bertindak emoticon-Ngacir
Jadi bukan salah yang bertindak yah, tapi yang mengundang! emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
vagnox dan hanaarmilla memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Wah gimana ya ini juga bingung kadang ceweknya juga kasih kode kode begitu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo ada cewek berpakaian seksi ada didepan ane sih Mustahil ane gak tergiur emoticon-Malu
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jelas salah pelakunya. Jika saja ada cewek pake baju seksi disekitar kaum tuna netra cowok, ga bakal dilecehin.
jaga diri, jaga sikap, jaga pikiran.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bau-baunya ts kaum feminist nih emoticon-Malu
Baru banget nih gue ngalamin hal kek gini. Pas kejadian gue cm bisa speechless pas guebcerita ke orang terdekat gue,. Tetep aja yg disalahin gue. Pake baju ketatlah apalah. Nyesek bgt
profile-picture
vagnox memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo ada cowok yg memperkosa cewek gara2 berpakaian seksi tetep aja yg disalahin si cowok

Yg dihukum & duduk sbg tersangka adalah si cowok bukan si cewek
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pelecehan seksual itu dalam segala bentuk adalah terlarang dan melanggar hak asasi manusia. Bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal batas apapun seperti umur, status atau gender.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di