CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lengkap! Aturan Terbaru Penguatan PPKM Mikro dari Pemerintah Pusat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d0570afb82c83b820202fd/lengkap-aturan-terbaru-penguatan-ppkm-mikro-dari-pemerintah-pusat

Lengkap! Aturan Terbaru Penguatan PPKM Mikro dari Pemerintah Pusat

Lengkap! Aturan Terbaru Penguatan PPKM Mikro dari Pemerintah Pusat

Pemerintah Indonesia menilai telah terjadi lonjakan kasus virus Corona (COVID-19). Untuk itu, ada penguatan dan perubahan aturan ketentuan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.


"Perkembangan kasus Covid-19 menunjukkan tren kenaikan setelah lima pekan pasca liburan Idul Fitri, terutama di beberapa daerah yang sudah masuk Zona Merah. Untuk menekan laju peningkatan kasus Covid-19, Pemerintah melakukan tindakan yang cepat, dengan melakukan penguatan PPKM Mikro serta mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi," tulis Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, dalam keterangannya, Senin (21/6/2021).

Jumlah kasus aktif virus Corona di Indonesia per 20 Juni 2021, sebanyak 142.719 kasus. Angka tersebut mengalami tren peningkatan sebesar 51 persen dibandingkan 3 Juni yang hanya 94.438 kasus.

"Peningkatan Kasus Aktif tersebut meningkatkan Bed Occupancy Ratio (BOR); per 20 Juni 2021 BOR Nasional sebesar 64% (TT Isolasi dan TT ICU). Terdapat lima provinsi dengan BOR ≥ 70%, yaitu DKI Jakarta (86%), Jawa Barat (84%), Jawa Tengah (82%), Banten (80%), dan D.I. Yogyakarta (79%)," katanya.

"Juga masih terdapat empat provinsi dengan BOR antara 50% - 70% dan 25 Provinsi dengan BOR < 50%. Sedangkan, di tingkat Kabupaten/Kota, terdapat 87 Kabupaten/Kota dengan tingkat BOR >70%, dan sebagian besar berada di Pulau Jawa," ujarnya.

Berikut ketentuan penguatan PPKM Mikro:

1) Kegiatan Perkantoran/Tempat Kerja: Perkantoran Pemerintah (Kementerian/Lembaga/Daerah)
Perkantoran BUMN/BUMD/Swasta

- Zona Merah: WFH 75% dan WFO 25%.
- Zona Lainnya: WFH 50% dan WFO 50%.

- Penerapan protokol kesehatan lebih ketat, pengaturan waktu kerja bergiliran, saat WFH tidak melakukan mobilisasi ke daerah lain.
- Pengaturan lebih lanjut dari K/L terkait dan Pemerintah Daerah.

2) Kegiatan Belajar Mengajar: Sekolah, Perguruan Tinggi, Akademi, Tempat Pendidikan/Pelatihan:

- Zona Merah: dilakukan secara Daring.

- Zona Lainnya: sesuai pengaturan dari Kementerian DikbudRistek, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

3) Kegiatan Sektor Esensial: Lokasi sektor esensial, industri, pelayanan dasar, utilitas publik, proyek vital nasional. Tempat pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat (pasar, toko, swalayan, super market), baik yang berdiri sendiri maupun di Pusat Perbelanjaan/Mall

- Dapat beroperasi 100% dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

4) Kegiatan Restoran: Warung makan, Rumah makan, Restoran, Kafe, Pedagang Kaki lima, Lapak jajanan, baik yang berdiri sendiri maupun di Pusat Perbelanjaan/Mall

- Makan/minum di tempat, paling banyak 25% kapasitas.

- Pembatasan jam operasional s.d. Pukul 20.00.

-Layanan pesan-antar/dibawa pulang sesuai jam operasional restoran.

-Penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.


5) Kegiatan di Pusat Perbelanjaan/Mall: Pusat perbelanjaan, Mall, Pusat Perdagangan

- Pembatasan jam operasional s.d. Pukul 20.00.

- Pembatasan pengunjung paling banyak 25% kapasitas.

6) Kegiatan Konstruksi: Kegiatan Konstruksi
- Dapat beroperasi 100% dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

7) Kegiatan Ibadah: Tempat Ibadah (Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Tempat Ibadah lainnya)

- Zona Merah: ditiadakan sementara sampai dinyatakan aman.

- Zona Lainnya: sesuai pengaturan dari Kementerian Agama, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

8) Kegiatan di Area Publik: Area publik (Fasilitas umum, Taman umum, Tempat Wisata umum, area publik lainnya)

- Zona Merah: ditutup sementara sampai dinyatakan aman.

- Zona Lainnya: diizinkan dibuka paling banyak 25% kapasitas, pengaturan dari Pemerintah Daerah, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

9 ) Kegiatan Seni, Budaya, Sosial Kemasyarakatan: Lokasi kegiatan seni, budaya dan sosial kemasyarakatan yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan

- Zona Merah: ditutup sementara sampai dinyatakan aman.
- Zona Lainnya: diizinkan dibuka paling banyak 25% kapasitas, pengaturan dari Pemerintah Daerah, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat. Kegiatan hajatan (kemasyarakatan) paling banyak 25% kapasitas, tidak ada hidangan makanan di tempat.

10) Rapat, Seminar, Pertemuan Luring: Lokasi Rapat/Seminar/Pertemuan, di tempat umum yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan

- Zona Merah: ditutup sementara sampai dinyatakan aman.

- Zona Lainnya: diizinkan dibuka paling banyak 25% kapasitas, pengaturan dari Pemerintah Daerah, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

11) Transportasi Umum: Kendaraan umum, Angkutan massal, Taksi (konvensional dan online), Ojek (online dan pangkalan), Kendaraan sewa/rental

-Dapat beroperasi, dilakukan pengaturan kapasitas dan jam operasional oleh Pemerintah Daerah, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

https://news.detik.com/berita/d-5614449/lengkap-aturan-terbaru-penguatan-ppkm-mikro-dari-pemerintah-pusat/3 

KALO PENGUATAN PPKM MIKRO GAGAL

APAKAH AKAN LOCKDOWN???

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Lengkap! Aturan Terbaru Penguatan PPKM Mikro dari Pemerintah Pusat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo gagal ya tinggal ganti istilah lagi ppkm nano kek, ppkm hyper mikro nano kek emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Tambah aja anggaran kementrian agama, kita gak perlu ahli mikrobiologi. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cafe maksimal jam 8

Padahal cafe cari duitnya malam2

Pengusaha cafe harus siap jadi ojek onlen emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
suka nyalah2an masyarakat kalo gagal

profile-picture
profile-picture
qbowbongkang dan hendry_88 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
pepek-aem
pepek-aem mikro
pepek-aem ketat
penguatan pepek-aem


apapun istilahnya, hasilnya sama aja...


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wkwkwkemoticon-Leh Uga

Bagi cendol gan
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan steven.07 memberi reputasi
Kalau kurang kuat bisa tambah obat kuat lokal.































Purwaceng.
Bikin susah aja pemerintah nih
profile-picture
hendry_88 memberi reputasi
PPKM Mikro ini ga berguna sumpah, saya di DKI ga pernah lihat ada petugas sekalipun di zona warna warni. Beneran ga ad tindakan sama sekali paling sesekali razia satpol PP itu pun seminggu belum tentu sekali. PSBB PSBB apalah ga jelas ga ad yang berguna dan ga ad yang berjalan. Mending lockdown sekalian seminggu. Emang pahit, cuma mau gimana, rakyatnya juga banyakan ga tau diri. Susah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
preman.sosmed dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mampusin dulu orang2 yang nggak percaya covid19 dan kadrun yang mikirnya pendek, nggak mikir akibat kedepannya emoticon-Cape d... mana tuh orang2 yang kemarin ngotot mudik, sekarang habis mudik kemana tuh emoticon-Ngakak gimana rasanya kalo ada keluargamu yang terinfeksi covid19 disertai sakit bawaan sampai meninggal?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
salah anies, eks fpi hti, kadrun pokokny
ditambah pegawai kpk yg tidak lolos test twk
Post ini telah dihapus oleh KS06
Aseek ada wfh lagi emoticon-Wagelaseh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
 Herd stupidity emoticon-Imlek
Bansos turun gak ini?
makin di goreng

biar apa???? pundi2

btw ane percaya ya covid ada, tp situasi skr spt malah makin digoreng2 utk tujuan tertentu emoticon-Traveller

ciee ada yg ngebata ane. kenapa lu? di endorse covid? merasa udah kena covid trus hrs nya prokes jgn komen sembarang? ane udah prokes sejak awal januari 2020 di tanggal 10an jauh sblm ente pake masker yg mulainya dipake pas februari 2020 gara2 who blunder nyuruh yg sehat aja pake masker emoticon-Traveller

ape lu msh gak setuju? noh mentri nya aja korupsi ceban emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dadangbatu dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh terjengkang
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
pemerintah ini keblinger kyknya termasuk bagian "herd stupidity".... 2018 udah TTD UU Kekarantinaan Kesehatan... tapi 2 taon kemudian pas muncul wabah malah bikin aturan baru disingkat-singkat

asli stupid stupid stupid!

hasilnya ya lo liat sendiri 1 setengah taon pandemi bukannya tuntas kek negara lain tapi malah makin ambyar


jancooook
profile-picture
profile-picture
profile-picture
CMS830 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh RifanX
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sebagai warga negara dan karyawan, ane sih ikut aja apa kata pemerintah dan kata Pak Boss.

emoticon-I Love Indonesia
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gak mau pakai UU karantina kesehatan?
emoticon-Request
profile-picture
aldean1605 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di