CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Hobby / Do It Yourself /
Buat Paludarium Yuk! Ekosistem Buatan yang Bikin Interior Rumah Makin Cantik & Asri!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d041236b0e3848ac2a0680/buat-paludarium-yuk-ekosistem-buatan-yang-bikin-interior-rumah-makin-cantik-amp-asri

Buat Paludarium Yuk! Ekosistem Buatan yang Bikin Interior Rumah Makin Cantik & Asri!

Buat Paludarium Yuk! Ekosistem Buatan yang Bikin Interior Rumah Makin Cantik & Asri!

Agan dan Sista tau ga Paludarium itu apa?

Kalau kita telaah artinya dari segi bahasa, paludarium merupakan kata yang berasal dari bahasa latin, yaitu ‘palus’ yang artinya ‘rawa’ atau ‘tanah dekat air’, dan ‘arium’ yang berarti ‘wadah’, ‘tempat’ atau ‘ruang’. Jadi kalau disimpulkan, paludarium merupakan rawa atau tanah dekat air yang berada dalam sebuah wadah, jadi kayak “ekosistem” rawa dalam aquarium gitu, GanSis. Paludarium juga biasa disebut sebagai vivarium yang terdiri dari dua elemen, yaitu air dan tanah. Nantinya kedua elemen ini akan diletakkan di dalam sebuah wadah.

Sejak corona melanda dan membuat orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, kegiatan membuat paludarium ternyata menjadi salah satu hobi yang cukup banyak digemari loh. Selain bisa membunuh waktu saat di rumah aja, keindahan paludarium juga bisa menambah nilai estetika dalam sebuah hunian, GanSis. Pokoknya jadi nambah dekorasi alam deh di rumah.

Buat Paludarium Yuk! Ekosistem Buatan yang Bikin Interior Rumah Makin Cantik & Asri!

Nah, untuk Agan dan Sista yang baru mengenal paludarium dan ingin coba membuat paludarium, kalian ga usah khawatir ya, karena membuat paludarium terbilang ga sulit kok. Hal terpenting yang harus kalian perhatikan saat membuat paludarium adalah kalian harus menghadirkan 3 buah komponen utama, yaitu kanopi, tanah dan air.



Kanopi

Buat Paludarium Yuk! Ekosistem Buatan yang Bikin Interior Rumah Makin Cantik & Asri!

Area kanopi adalah area paling atas dari sebuah paludarium, GanSis. Layaknya kanopi yang ada dalam kehidupan kita, kanopi pada paludaium ini juga berfungsi sebagai payung teduh bagi lingkungan sekitar. Nah, di area kanopi ini, Agan dan Sista bisa meletakkan segala macam jenis tanaman dan bunga yang ingin kalian tanam dan biasanya di area ini lah rumah bagi hewan-hewan yang menyukai tempay tinggi. Oh iya, di area kanopi ini biasanya terdiri dari hardscape GanSis, yaitu seperti dahan kayu dan batu.


Tanah

Buat Paludarium Yuk! Ekosistem Buatan yang Bikin Interior Rumah Makin Cantik & Asri!

Selain area kanopi, ada juga area tanah. Nah, area tanah ini lah yang berfungsi sebagai letak pondasi yang mengatur seluruh ekosistem paludarium. Oh iya, meskipun namanya area tanah tapi ga melulu harus tanah kook. Area ini juga bisa diisi dengan batu-batuan , kayu apung, atau pasir. Nah di area ini juga biasanya digunakan sebagai tempat tinggal hewan-hewan semi akuatik.


Air

Buat Paludarium Yuk! Ekosistem Buatan yang Bikin Interior Rumah Makin Cantik & Asri!

Namanya area air, maka sudah seharusnya diisi oleh air. Yaa, meskipun hanya air, tapi di lingkungan ini ekosistem paludariummu akan berkembang pesat, GanSis. Area ini juga terbilang menjadi area yang vital, karena selain menjadi tempat tinggal hewan air, air juga berfungsi untuk menghidrasi area lainnya untuk meningkatkan kelembaban dalam ekosistem paludarium yang kamu miliki.



Itu dia 3 komponen utama yang harus ada di paludarium, GanSis.

Buat Paludarium Yuk! Ekosistem Buatan yang Bikin Interior Rumah Makin Cantik & Asri!

Gimana? Makin tertarik untuk membuatnya? Gampang kok. GanSis tinggal meletakkan kayu apung besar ke dalam aquarium untuk menopan penghuni paludarium. Setelah itu, isi bagian bawah akuariummu dengan tanah, pasir, atau bebatuan, setelah itu kalian tinggal mengisinya dengan air. Oh iya saat mengisi air kalau bisa dilakukan secara perlahan yaa, agar pasir atau tanahnya tidak tercampur dan jangan sampai aairnya menjadi kotor.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
toinxx08 dan 3 lainnya memberi reputasi
Waa tertariik ane gan.. kudu telaten merawatnya niih
kalo ukuran batunya semau kita tinggal gergaji doang berarti yak?
kalo udah jago bikin kaya gini selanjutnyabisa dijualin lagi nih
Setelah jadi keren banget.. Bisa dijual juga, mantep
Diubah oleh toinxx08
waah cantiik, jadi menambah kesan segar gitu dalam rumah
Cantik sih.. ngerawatnya apa ga repot?
Nama dan istilahnya sangat baru bagi ane, terimakasih info threadnya, menambah wawasan tentang apa itu paludarium.
Pengen buat beginian, tp repot ga yaaa hahaha
kayaknya jadi bikin betah lama2 di rumah ya gan haha
seger di mata, menenangkan di hati, tapi perawatannya ya gan, perlu waktu khusus dan biaya
Pemandangannya sangat menawan dan indah bagi mata yang melihatnya, saya kira hanya ada terarium namun ada juga paludarium, ckckck.
Inspiratif


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di