CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Ngiler Saat Tidur Karena Kecapekan, Benarkah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d0033e79cd435cbf333c0c/ngiler-saat-tidur-karena-kecapekan-benarkah

Ngiler Saat Tidur Karena Kecapekan, Benarkah?

Agan Sista, pernah nggak sih pas bangun tidur berasa ada yang basah basah dan agak lengket gitu di pipi? Terus cek bantal, ada peta dunia antah berantah juga. Hayo, ngaku! Ngiler/ileran, Agan Sista pasti pernah ngalamin hal ini, 'kan?


Halo Agan Sista, jumpa lagi dengan ane, Mayya Rossa, penyaji thread inspiratif dan informatif. Lanjut yang tadi, yuk. Ngiler, dalam bahasa kedokteran disebut sialorrhea. Lalu, kenapa sih kita bisa ileran? Kecapekan? Atau keenakan tidur? Masa? Kali ini, kita sharing yuk, kenapa pas tidur kita bisa ngiler.

Ngiler Saat Tidur Karena Kecapekan, Benarkah?

Pada saat kita tidur, semua fungsi tubuh kita diistirahatkan. Nah, saat istirahat ini, seluruh otot tubuh akan melemah sepanjang malam. Namun, ada 3 organ yang tetap bekerja, yaitu jantung, paru-paru, dan otak. Ya iyalah mereka tetep bekerja, kalo nggak? Kebayang nggak kalau paru-paru ikutan istirahat, bisa ga nafas kita. Atau jantung berhenti berdetak, whattt?

Demikian juga dengan otak. Pada saat kita tidur, otak pun tetap bekerja. Dia tetap memerintahkan mulut untuk memproduksi air liur. Air liur atau saliva, merupakan cairan yang diperlukan untuk lubrikasi mulut, sehingga mulut tidak kering dan bebas dari gangguan mulut lain.

Ngiler Saat Tidur Karena Kecapekan, Benarkah?

Pada saat ini pula, refleks kita menelan itu lemah, sehingga kita tidak bisa menelan air liur. Akibatnya, air liur tertampung di dalam mulut. Di saat yang sama, otot mulut juga melemah, jadi kemampuan untuk menahan air liur pun terbatas. Ya, ibarat tanggul, kalau nggak dapat menahan, jebol juga kan akhirnya.

Ngiler Saat Tidur Karena Kecapekan, Benarkah?

Nah, saat kita tidur miring atau telungkup, didukung dengan mulut terbuka pas lagi tidur inilah, air liur bisa terjun bebas keluar dari mulut. Akibatnya, ileran! Kenapa mulut kita bisa terbuka saat sedang tidur? Ya itu tadi, karena kerja otot tidak maksimal, dan kondisi tubuh sangat rileks. Selain itu, kita butuh lebih banyak oksigen.

Lalu, normalkah ngiler ini? Ya, ngiler sangat lumrah terjadi dan itu normal bila tak didasari gejala penyakit tertentu, sebab, ada kondisi di mana ileran ini merupakan indikasi penyakit tertentu. Kelelahan, bisa jadi menjadi salah satu faktor penyebab ileran, tetapi itu bukan sebab utama ya? Maka, bila dirasa ileran ini sudah melampaui batas, Agan Sista bisa cek ke dokter ya.

Sekian thread ini, semoga bermanfaat.

Symber gambar dan referensi:

1. Di Sini

2. Di sini

Jogja, 21 Juni 2021

Dari ane, yang pagi tadi juga ileran.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Berarti wajar-wajar saja ngiler saat tidur, asalkan tetap sesuai tempatnya, jangan tertidur di sembarang tempat, hahaha.
Walah gitu gan tapi kalau misalkan ada yang ngiler terus itu berarti gimana ya gan kasihan juga kan sering sering ganti seprai jadinya
Ane kira emang karena kecapean ya gan heheheh akhirnya bikin pulau deh dibantal emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane biasanya kalo sariawan atau ada gigi yang sakit pasti ngiler haha
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo orang yang kecapean banget biasanya suka ngiler dan ngorok
aroma iler yang kering di bantal sendiri ternyata bisa bikin tambah rileks emoticon-Wow
ileran menghasilkan berbagai rupa kepulauan di atas bantal tercinta emoticon-Leh Uga
Wkwkwk kata orang kalo ngiler itu akibat kecapekan. Ini bisa jadi pembelaan tau gan wkwkkw
memproduksi air mineral sendiri, hebat yah.. hahahah
Dan pagi2 baunya udah iyuwwwhh hahaha
Atau mungkin sebaliknya, ngiler itu bikin orang kecapean
ane seringnya ngiler klo tidur sambil duduk pas di kendaraan
sama gan ane juga ngileran
yang ane bingung kenapa dulu pas muda gak ileran ya? ude tua malah ileran. 😤

oiya satu lagi, ileran sering kalo abis ganti sprei. 😤
kebanyakan yg ngiler pas tidur itu memang ada kelainan yg menyebabkan produksi air liurnya berlebih, atau disebut hipersalivasi. capek gak capek tetap ngiler.
Kalo ane biasanya ngiler kalo lagi sariawan ato ga sikat gigit sebelum tidur
Jd inget dulu wisata ke bali pas sma, dr jateng ke bali capek minta ampun belasan jam di bus, ngantuk tp gak bisa tidur tenang. Tau2 duduk setengah sadar ngiler banyak banget sampe celana basah dan diliatin orang se bus wkwkwk
jaman kuliah dulu.. kalo udah dikejar kejar sama tugas kuliah.. tugas ngajar.. kerjaan kerjaan freelance lain dalam beberapa hari yang bikin badan kurang istirahat... sekalinya kelar semua ane kalo tidur malah ngimpi berantem banting bantingan... paling jauh lagi ya mimpi basah hahahahahaha.....


sekarang mah kalo akumulasi capek dan akhirnya bisa tidur palingan ngoroknya udah kayak mesin diesel gak pernah ganti oli heuheu.... sampe anak ane bisa niruin hahahahaha.....
Bsru tau ane haha
kayaknya sih ane kagak pernah tidur ampe ngiler emoticon-Ngakak
Diubah oleh dhinyzfrn
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di