KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Care Your Money! Buatlah Rencana Keuangan Sebagai Penenang Masa Kini dan Masa Depan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cdeee52a5f872c0426104f/care-your-money-buatlah-rencana-keuangan-sebagai-penenang-masa-kini-dan-masa-depan

Care Your Money! Buatlah Rencana Keuangan Sebagai Penenang Masa Kini dan Masa Depan!

Uang merupakan alat yang digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setiap orang bekerja dan berjuang untuk mendapatkan uang. Ada yang kaya dan ada yang tidak kaya. Namun, kuncinya adalah bukan tentang mendapatkan uang sebanyak-banyaknya, tapi semua tentang bersyukur. Berapapun uang yang kita miliki jika tidak dikelola dengan baik maka hasilnya akan buruk. 

Care Your Money! Buatlah Rencana Keuangan Sebagai Penenang Masa Kini dan Masa Depan!

Let it flow, bukanlah prinsip yang tepat perihal pengelolaan keuangan. Jangan biarkan uang mengalir begitu saja tanpa muara yang jelas. Kita harus cerdas mengelola uang agar tidak menyesal di kemudian hari. Berbicara tentang uang, segala unsur kehidupan akan saling berhubungan satu sama lain. Dengan demikian, berhasil merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik artinya kita juga berhasil memperjuangkan unsur-unsur kehidupan lainnya.

Pada kesempatan kali ini, izinkan TS berbagi pengalaman hidup dalam hal perencanaan dan pengelolaan keuangan, based on true story.


Quote:

Secara psikologi kita akan belajar untuk konsisten mengalokasikan uang yang berasal dari satu atau beberapa sumber penghasilan. Setiap rekening memiliki tujuannya masig-masing. Semua pengeluaran dapat dipantau dengan baik terutama dalam melakukan budgeting, baik bulanan maupun tahunan. Kondisi keuangan pun akan menjadi lebih sehat dan terarah.


Quote:

Harta, Utang, Modal, Pendapatan, dan Beban. Kelima hal tersebut adalah unsur-unsur dalam laporan keuangan secara komprehensif. Namun, untuk kepentingan pribadi, cukup buatlah laporan keuangan secara sederhana dengan melakukan pencatatan berkala untuk pendapatan dan pengeluaran.

Hal ini akan membantu kita memonitor uang masuk dan uang keluar sehingga kita bisa mengetahui pattern kebutuhan hidup. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisa serta dievaluasi untuk melakukan perbaikan berkelanjutan. Jika berkenan, lakukan juga pencatatan harta dan utang untuk memantau mutasinya.


Quote:

Ada kalanya kita sebagai manusia biasa pastinya memiliki keinginan untuk memenuhi hasrat hidup. Pada dasarnya kita layak untuk bahagia, menikmati hasil kerja keras selama ini, namun jangan sampai melebihi batas kewajaran. Selalu menentukan target akan membantu menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi. Contohnya, kita mulai menyisihkan uang dari sekarang untuk liburan akhir tahun atau membeli barang idaman, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan finansial kita.

Poin pentingnya adalah jangan lupa bahagia. Uang memang bukanlah unsur dan syarat utama kebahagiaan, namun dengan uang kita bisa bahagia dan saling membahagiakan, memperjuangkan sesuatu yang tak ternilai harganya.


Quote:

Membeli barang dan jasa merupakan kebutuhan sehari-hari manusia. Sebagai konsumen, kita harus cerdas dalam memilih dan memilah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan perbandingan harga. Pilihlah merchant yang menawarkan harga yang kompetitif agar pengeluaran kita lebih efisien. Namun pesan TS, sebisa mungkin hindari melakukan 'Nego Afgan', karena sang penjual juga sedang berjuang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup.


Quote:

Jika area tempat tinggal kita tersedia transportasi umum yang terjangkau dan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan, maka manfaatkanlah hal tersebut. Dengan demikian, kita akan bisa menghemat uang daripada menggunakan kendaraan pribadi. Sisi positif lainnya adalah kita juga juga ikut berkontribusi dalam upaya menyelamatkan lingkungan.


Quote:

Salah satu jenis investasi yang berhasil membuat concern TS teralihkan. Awalnya TS berniat investasi emas batangan, namun melalui tabungan emas kita tidak perlu repot-repot lagi menyimpan emas fisik, kali ini tersedia dalam bentuk saldo. Angka yang tercantum di online account kita langsung menunjukkan nilai emas dalam bentuk nominal mata uang.

Hal yang paling menarik adalah sisi kemudahannya, kapanpun dan di manapun kita bisa menambah atau bahkan menarik dana saldo emas yang sudah terkumpul. Investasi emas merupakan investasi jangka panjang dan sejauh ini adalah yang paling secure.


Quote:

Secara teknis kurang lebih sama dengan deposito, namun yang membedakan adalah setoran awalnya yang lebih ringan. Tabungan berjangka merupakan sarana investasi untuk meningkatkan kedisiplinan menabung, dengan kalkulasi bunga lebih kompetitif dibandingkan tabungan biasa, sesuai tenor yang dipilih. Proses pembukaan rekeningnya pun sangat mudah, bisa dilakukan melalui internet banking. Penyetoran dana menggunakan sistem auto debet melalui rekening afiliasi sehingga kita tidak perlu repot melakukan setoran secara manual.


Quote:

Walaupun TS bukan generasi milenial, namun tren milenial ini tetap TS manfaatkan dengan maksimal. Memenuhi kebutuhan sehari-hari saat ini lebih cenderung melalui online shopping. Selain mudah dan praktis, kita juga bisa menikmati beragam promo menarik, seperti cashback dan diskon. Tidak hanya itu, urusan perut pun TS lebih sering eksekusi menggunakan online order. Begitu banyak promo cashback dan diskon yang ditawarkan. Makan enak biaya hemat, kenapa tidak.

Lalu apa hubungannya dengan perencanaan keuangan? Tentu saja selisih untung yang kita peroleh akan bermanfaat untuk alokasi kebutuhan lainnya, bahkan bisa ditabung. Namun, tetap kita tidak boleh berlebihan, cukup membeli sesuai kebutuhan saja.


Quote:

Beragam event menarik yang diadakan oleh Kaskus selalu TS ramaikan. Ada kalanya ditetapkan sebagai pemenang dan mendapatkan Kaspay. Hadiah uang tunai tersebut bisa kita alokasikan untuk sesuatu yang berguna, misalnya untuk menambah saldo tabungan emas. Kalaupun dipakai untuk kebutuhan lainnya, seperti traktir keluarga, setidaknya kita sudah melakukan investasi non material yang tidak ternilai harganya, yaitu kebahagiaan.


Quote:

Berawal dari ide untuk melakukan eksplorasi karena jenuh hanya menjadi player saja. TS pernah menggeluti bisnis ini melalui marketplace internasional yang sudah ternama. Hasilnya pun lumayan untuk menambah penghasilan. Uang hasil penjualan sebagian dijadikan modal untuk membeli dan mengembangkan akun game lainnya.

Setelah akun game tersebut stabil dan memiliki prestasi, TS mulai melakukan offering dengan membuat lapak di marketplace yang bersangkutan. Bisa dikatakan keuntungan bersih yang didapatkan sekitar 50% dari hasil penjualan. Keuntungan ini bisa ditabung atau digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.


===============================


Sumber:
Opini Pribadi
dan
Pengalaman Pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh biohazard89
Keren beud tridnya..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Klo emas, baiknya sih batangan. Klo ETF gitu, ya liat" juga pengelolaannya gimana, kan susah juga liat ada penjaminannya apa gak. Klo knp", yang ada susah ditarik.
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nice thread membuka mata untuk lebih concern pada pengaturan keuangan.
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo tips buat ga lapar mata gimana gan bio. emoticon-Matabelo
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Wih mantap nih
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Trit yg Keren bukan hanya tampilannnya isi pun tak kalah top
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di