CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Benar atau Salah, Ibadah Haji 2021 Batal Karena Keuangan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cdc1b9705a5767894c49f4/benar-atau-salah-ibadah-haji-2021-batal-karena-keuangan

Benar atau Salah, Ibadah Haji 2021 Batal Karena Keuangan?



Tidak hanya Indonesia, seluruh negara di belahan dunia mengalami pandemi Covid-19 sehingga di tahun 2020 lalu aktivitas pariwisata ke negara lain dibatasi. Beberapa negara juga memberlakukan penutupan wilayah kepada turis dari negara lain untuk mencegah penyebaran virus.

Hal tersebut juga berdampak pada pembatalan ibadah haji di tahun 2020. Berbeda dengan tahun lalu, di tahun 2021 ini sudah ada beberapa negara yang menerima turis asing karena adanya vaksin yang dapat menekan penyebaran virus Covid.

Namun, di tahun 2021 ini berangkat haji tetap dibatalkan oleh pemerintah padahal vaksinasi sudah dilakukan di seluruh negara. Pembatalan ini menyebabkan munculnya asumsi baru selain menghindari virus Covid yang beredar di masyarakat.

Sebuah postingan video dari akun bernama Samudra Bramantio di Facebook menyebarkan informasi mengenai pembatalan pemberangkatan Jamaah Haji tahun 2021. Dalam video tersebut menjelaskan bahwa alasan dari pembatalan haji 2021 dikarenakan pemerintah belum bayar tagihan dan dana jamaah digunakan untuk pembangunan Infrastruktur.

Benar atau Salah, Ibadah Haji 2021 Batal Karena Keuangan?
Sumber Foto: Turnbakhoax.id

“+62 negara dengan penduduk Muslim terbanyak, tapi ga bisa berangkat haji, karena duitnya diambil tanpa izin, demi pencitraan infrastruktur? 🕳🕳Pandemi dijadikan kamuflase, begitu izin kuota haji dibuka, bingung karena ga ada setor dana ke Arab Saudi? Sungguh ya kelakuan rezim bipang.. 👽🐷👹”
“kita dilarang bukan hanya karena Covid, tapi ada tagihan-tagihan yang harus dibayar, pemerintah Indonesia belom bayar”
“Dana haji ditilep dipakai buat infratruktur, kemudian dana LPS juga sama”

PEMERIKSAAN FAKTA

Hansip Hoax telah melakukan penelusuran terkait batalnya pemberangkatan jamaah haji tersebut melalui situs Liputan6 dan Instagram resmi BPKH RI.

Hasil dari penelusuran menyatakan bahwa Badan Pengelola Keuangan Haji membantah informasi yang beredar tersebut. BPKH menegaskan pembatalan ibadah haji tahun 2021 bukan karena alasan keuangan, melainkan karena alasan kesehatan, keselamatan, dan keamanan jemaah haji.

Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 660 Tahun 2021. Dalam Laporan Keuangan BPKH sampai dengan LK tahun 2020 juga tidak terdapat catatan hutang dalam kewajiban BPKH kepada pihak penyedia jasa perhajian Arab Saudi.

BPKH pun membantah informasi yang menyebut dana haji dialokasikan untuk pembiayaan infrastruktur. Pihaknya menegaskan, alokasi investasi ditujukan kepada investasi dengan profil risiko low-moderate. 90 persen dari investasi yang dilakukan BPKH berbentuk surat berharga syariah negara dan suku korporasi.

Dikutip dari laman Instagram BPKH @bpkhri, saldo dana haji dikelola BPKH secara syariah, amanah, dan akuntabel. Dari data yang ada, pada tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar 11 persen dari 2018 yang mencapai Rp 124,32 triliun. Di tahun 2020 terjadi peningkatan lebih besar menjadi 16 persen dan mencapai Rp 144,78 triliun. Pada tahun 2021 di bulan Maret terdapat kenaikan sebesar 3 persen yakni menjadi 149,15 triliun.





KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya Gan, berdasarkan pemeriksaan fakta yang dilakukan Hansip Hoax menyatakan pembatalan haji 2021 karena pemerintah belum bayar tagihan dan dana jamaah digunakan untuk pembangunan Infrastruktur tersebut, merupakan informasi yang keliru alias Hoax.

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.





profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 25 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Wah pertamax
profile-picture
diehard57 memberi reputasi
Pernyataan Menag kemarin lasg dibantah Kedubes Saudi.....
Kalo diliat dari corona kita mulai naek
Kalo pun kita dikasi ijin dri kemaren
Apakah saudi gak berubah pikiran ngeliat kasus kita ningkat+ varian delta?

Tapi ttep aja ntar pem yg disalahin

profile-picture
Kranevitter memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
makin lama antrian berangkatnya anjeeeem
kasian juga sih ama CH yg uda uzur

wasemb tenan..

emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller
Masalahnya tingkat kepercayaan masyrakat semakin rendah ama pemerintah krn suka ngibul...yg percaya buzzerp doang, itupun krn demi perut emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
lah, bukannya sdh ada jawaban dr arab saudi klo yg boleh haji cuma 60K orag doank.
berita ini haruse sudah otomatis terbantahkan donk emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Benar

Ya di seluruh dunia memang ada plandemi tp bukan pandemi emoticon-Ngakak (S)

Beda dgn di planet namec plandemi nya Lebay dan berlebih2an emoticon-Ngakak (S)
Mudah2an samudra bramantio yg nyebarin hoax bisa segera ditangkap dan dihukum
Cukup dihukum dilemparin batu manasik haji
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ok lah sebetulnya gue juga kurang yakin kalau dana haji dimainin pemerintah, walaupun kemungkinan besar bisa.

Tapi bagaimana dgn komentar dari dubes saudi yg mengatakan bahwa pembatalan itu bukan dari pemerintah mereka? Mungkin pemerintah kita kah yg inisiatif membatalkan agenda haji demi keselamatan masyarakatnya ?

Gue rada bingung, ini sebetulnya bahasanya pembatalan atau emg gak dapet kuota? Kalau gue pribadi sih gak mungkin indonesia gak dapet kuota walaupun cuma sekian persen secara nih negara langganan tetap dan terbesar. Secara bisnis itu gak bagus secara etika pun tidak bagus apalagi secara lain2nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masfuad2015 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh PapinZ
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Wahh harus ane follow ni kaskus official yang satu ini, semangat @hansiphoax menberantas para otak minim yang bikin berita hoaxemoticon-Shakehand2
profile-picture
bujangankampung memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kata kadal pemilik kapling syurga, gegara jokuwi jadi batal haji 😆😆😆😆😍
profile-picture
Gurke memberi reputasi
Menghasut dulu, tabayyun kemudian
Tipikal kadal emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Masak dr jatah 60k, indonesia gak masuk?

Muslim terbesar lo
profile-picture
profile-picture
monyetedan dan didududi memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 25 balasan
ya mudah
Kalau begitu apakah Saudi lebih takut Covid-19 daripada takut Allah??

*ini komen netizen negara sebelah loh, bukan saya

Quote:
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Gak tau juga kak
profile-picture
tongkilkobra memberi reputasi
Saat pengkritik pemerintah kritik tanpa data emoticon-Leh Uga
profile-picture
kushkoos memberi reputasi
Smua dmi kebaikan.krna stuasinya dan keadaan yg msih kyak gni.pendemik tdak smkin mmbaik tpi mlah smkin mmbruk.jdi pmrntah mmtuskan mnunda.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kelakuan nasbungtod dan kroni2nya emoticon-Smilie
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di