CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cd6b160998051dd22ffb9e/investasi-sederhana-sebagai-bentuk-cinta-lingkungan-sekitar-untuk-kini-dan-nanti

Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti

Love Earth
Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti
~sumur~


Ada banyak cara yang bisa manusia lakukan untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran. Anepun tak tinggal diam begitu saja, mungkin hanya hal kecil tapi manfaatnya lumayan besar. Mau tahu apa yang ane lakukan? Sederhana banget kok. Begini...

Penghijauan

Pohon Sengon
Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti


Penghijauan, salah satu kegemaran ane yang berdampak sangat baik untuk hidup ane maupun bumi. Kok bisa? Bisa donk. Dari menanam pohon yang jumlahnya lumayan, disini ane ikut andil dalam investasi untuk lingkungan hidup dan dari situ juga ane dapat cuan-cuan dalam jangka waktu tertentu.

Oksigen ( o2 ) yang di hasilkan dari tumbuhan ataupun pohon yang telah ane tanam sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, misal aja dalam 5 detik tidak ada oksigen di bumi, apa yang terjadi? MENGERIKAN!!! Manusia kepanasan dan terbakar. Bumi dan isinya ambruk, nyungsep, intinya hancur lebur, musnah deh bree. emoticon-Takut (S)

Rindangnya pohon sengon yang ane tanam juga sangat nyaman untuk berteduh, angin bertiup sepoi, bikin betah ada dibawahnya, bisa-bisa tertidur dikebun karena keasikan. emoticon-Ngakak (S)

Pohon sengon akan dipanen sekitar 5-7 tahunan, setelah di panen masih bisa tumbuh lagi, jadi tidak perlu menanam ulang. Sekali nanam untungnya berkali-kali. emoticon-Betty (S)

Selama pohon tumbuh, maka akan tetap menghasilkan oksigen. Keren bukan? Keren donk.

Quote:


Sebelum bumi ini benar-benar hancur oleh kelakuan tangan-tangan tak bertanggung jawab. Dimana banyak hutan di tebangi secara liar, yang ada di pikiran mereka adalah cuan dan cuan. Tak memikirkan bumi yang semakin me derita karena ulah jail ini.

Bila sudah ada bencana, salah siapa? Pemerintah lagi? emoticon-Cape d... (S)

Quote:


Buang Sampah Pada Tempatnya
Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti


Pisahkan sampah-sampah sesuai jenisnya, mana yabg bisa di reuse, mana juga yang bisa di recycle. Bila sampah di buang sembarangan maka akan mrnimbulkan bencana, bisa menyebabkan banjir. Banyak buktinya. Jangan buang sampah sembarangan!

Dengan di pisahkannya sampah sesuai jenis, maka sampah basah dari dapur ataupun sisa-sisa makanan bisa dimanfaatkan untuk pupuk organic. Caranya mudah kok.

Sampah basah
Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti

Kumpulkan sampah sejenis yang ada, kemudian gali tanah masukan, lalu timbun sampah tersebut kembali. Lakukan terus seperti itu bila ada sampah basah.

Timbun Sampah
Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti


Manfaatnya sangat bagus untuk tanah, tekstur tanah menjadi lebih gembur, karena saat sampah ditimbun akan ada larva-larva ataupun cacing yang memakan & mengurainya. Sehingga tanah menjadi gembur dan subur, tanah tersebut bisa digunakan untuk pupuk ataupun metan ( media tanam ) dalam pot.

Sampah Di makan Cacing
Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti


Tuh, lihatlah ada larva dan juga cacing yang memakan sampah basah. Mereka yang makan, buminya yang senang karena lebih adem. Subur gembur, gak gersang.

Pupuk KoHe ( Kotoran Hewan )
Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti

Selain memanfaatkan sampah basah, anepun memanfaatkan ko-he ( kotoran hewan ) untuk pupuk. Kotoran hewan ternak tidak akan terbuang sia-sia. Bisa dijadikan pupuk organic untuk tanaman-tanaman yang ada.

Rumah khusus hewan ternak alias kandang harus terpisah dari rumah utama, karena bau kotoran bisa juga sangat menggangu.

Cara membuat kompos KoHe
Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti
Hasil SS

Inilah beberapa cara sederhana yang ane lakukan untuk Investasi pada lingkungan dan bumi tercinta. Bukan hanya cuan yang ane dapat, tapi oksigen gratis yang melimpah.

Ane mungkin tak bisa melakukan banyak hal untuk bumi, namun menurut ane apa yang telah ane lakukan ini adalah cara terindah untuk mengutarakan rasa cinta ke lingkungan. Semoga bermanfaat. emoticon-Cool

Cekap semanten, maturnuwun.
@pakdheku
Opini Pribadi
Dokumen Pribadi


emoticon-Cipok





profile-picture
profile-picture
profile-picture
arifian61 dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
trit bakalan HT yo mesti ta komen, salam nggo @mbokdheku yo pakdhe emoticon-Kiss (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Hmm, jadi pengen main main ke tempatnya @pakdheku emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KombesWaluyo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
assalamualaikum bapak pakdhe,
saya terinspirasi dengan apa yang bapak pakdhe lakukan, saya jadi berpikir untuk mengabdikan masa pensiun saya untuk lingkungan saya pak.

yang agak sulit mungkin pupuk kotoran hewan, apakah bapak pakdhe punya alternatif lain untuk pupuk buatan?

untuk pohon sengon saya masih buta, tapi kalau pohon sereh dan lengkuas saya ada beberapa di halaman belakang. lumayan untuk aromatherapy kalau sedang bertunas
profile-picture
profile-picture
roybgr dan pakdheku memberi reputasi
Quote:


siang pak roy, lama tidak terlihat.
bagaimana kabar pak?
profile-picture
profile-picture
pakdheku dan roybgr memberi reputasi
Quote:


Wa'alaikum salam, Bapak Kombes. Maturnuwun sudah mampir.

Pupuk buatan dari sampah dapur/sisa-sisa makanan bisa dimanfaatkan untuk pupuk cair. 2 minggu sekali bisa dipanen.

Caranya :

1. Siapkan 2 buah tong plastik, busa bekas tempat cat.

2. Lubangi salah satu bagian bawah tong tersebut dengan paku panas.

3. Lubangi salah satu tutup tong sesuai ukuran bawah tong yang suda di lubangi, kira-kira bisa masuk 15cm an.
Jadi ditumpuk gitu, ya Pak.

4. Tumpuk tong, yang paling bawah yang tidak ada lubangnya ya.

5. Tinggal masukkan saja sampah basah dari dapur ke dalam tong bagian atas, biarkan terbuka sampai ada lalat masuk. Agar bisa bertelor.

6. Tutup tong bagian atas setelah ada lalatnya. Nah, karva dari lalst tersebut akan siap menyantap sampah-sampah basah tersebut.

7. Dalam kurang lebih 2 mingguan. Tong yang bawah akan ada cairan, nah cairan ini bisa dipakai untuk pupuk.

8. Panaskan / keba sinar matahari, nanti berubah warna jadi hitam, kemudiam tambahkan air pada caairan tersebut sebelum menggunakannya.


Paham, Pak? emoticon-Cipok


Seperti di gambar
Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti
profile-picture
KombesWaluyo memberi reputasi
Quote:


Astaga, pak kombes siang siang dah nyampe sini ajah emoticon-Kagets
Alhamdulillah. Kabar baik, sehat dan bahagia selalu pak emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
pakdheku dan KombesWaluyo memberi reputasi
Quote:


menarik pak,
pertanyaan saya apakah hanya mengandalkan telur lalat? dan airnya apakah sama dengan air lindi dari TPA sampah?

sisa makanan walaupun kepala ikan peda dan tempe gembus tidak apa-apa itu pak?
aroma pasti menyengat ini, saya khawatir mengganggu para tetangga.

untuk pemakaian apakah ada kombinasi lain atau langsung di siram saja ke tanaman?

maaf kalau saya banyak bertanya bapak pakdhe, di tempat kelahiran saya sudah jarang sekali lahan untuk bercocok tanam. jadi saya harus belajar dari nol untuk proses maupun prasarana pendukungnya.
profile-picture
profile-picture
roybgr dan pakdheku memberi reputasi
Quote:


alhamdullilah pak roy, semoga selalu sehat dan bahagia.
saya sedang keliling dari sub forum ke sub forum lain, dan tanpa disengaja melihat thread dari bapak pakdhe dan kebetulan pak roy sudah komen.

seperti itu ceritanya pak
profile-picture
profile-picture
roybgr dan pakdheku memberi reputasi
mantab banget gan.. sudah saatnya kita investasi buat lingkungan..
profile-picture
pakdheku memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Uaapiikkk ikiiii🤩
profile-picture
pakdheku memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nah info beginian yang bikin ane mau copas ntar buat di bagi ke anak anak ane. biar kelak mereka jadi sadar diri akan kebersihan lingkungan.
profile-picture
pakdheku memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Investasi Sederhana Sebagai Bentuk Cinta Lingkungan Sekitar Untuk Kini Dan Nanti
profile-picture
profile-picture
pakdheku dan KombesWaluyo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Kepala ikanya di kasih kan ke koching aja, Pak, apalagi kepalanya Nila, koching ane doyan.

Pakdhe tidak ada tambahin apa-apa, yang alami saja dan gratis.

Untuk penggunaannya ada di poin no.8 Pak. emoticon-Betty (S)

Coba hydroponic, Pak. @iissuwandi pakarnya. Monggo dijelaskeun, Cah ayu. emoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
KombesWaluyo dan roybgr memberi reputasi
Quote:


Terima kasih banyak pak kombes, doa yang sama untuk pak kombes beserta keluarga dan rekan" yang sedang bertugas emoticon-shakehand

Sedang banyak tugas kah pak, rasa rasanya kok bapak sudah cukup lama tak terlihat posting di forum ini emoticon-Thinking
profile-picture
KombesWaluyo memberi reputasi
Quote:


kebetulan sekali saya tidak punya kucing pak, kucing di tempat saya anonim semua.
coba nanti saya terapkan untuk pupuk tanaman saya yang tidak seberapa,.

untuk hydroponic saya sudah pernah terapkan, tapi terkendala kualitas air yang kurang bagus pak.

mungkin ibu @iissuwandi punya tips dan trik untuk hydroponic dengan kualitas air seadanya?

sekali lagi saya mohon maaf apabila banyak bertanya pak pakdhe dan bu iis
profile-picture
profile-picture
roybgr dan pakdheku memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Quote:


terima kasih kembali pak roy.
untuk tugas masih seperti biasa pak, hanya sedikit persiapan saja menjelang purna tugas.
kalau pak roy sendiri apakah masih tetap dengan kesibukan yang sama?
profile-picture
profile-picture
pakdheku dan roybgr memberi reputasi
Enak ya kalo d tempat kakak, sisa sampah organik tinggal dkubur d pekarangan rumah atau kebun..
profile-picture
profile-picture
pakdheku dan roybgr memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Owalah.. kirain masih lama tugasnya pak, sebentar lagi bintang satu lho pak

Mau ada rencana untuk berinvest pohon sengon seperti @pakdheku kah pak? Saya liat tadi bapak cukup antusias menyimak penjelasan dari pakdhe sang juragan sengon

Kalau saya masih dengan kesibukan yang sama pak, ditempat yang sama juga

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
pakdheku dan KombesWaluyo memberi reputasi
Pengalaman yang bagus gan
profile-picture
pakdheku memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
aku udah nerapin pupuk kotoran hewan hihihi bermanfaat bangeeet buat tanaman tanaman di rumah
profile-picture
pakdheku memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di