CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Banyuwangi /
Mengembangkan Wisata Angker dan Seram di Banyuwangi Cocok Kali, Ya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cd628b34678e1e0b2ac45a/mengembangkan-wisata-angker-dan-seram-di-banyuwangi-cocok-kali-ya

Mengembangkan Wisata Angker dan Seram di Banyuwangi Cocok Kali, Ya?



Mengembangkan Wisata Angker dan Seram di Banyuwangi Cocok Kali, Ya?ini
Hai, Gansist! Ketemu lagi dengan thread aku, ya! Kali ini akan membahas seputar Banyuwangi.

Mungkin Gansist pernah dengar asal muasal nama Banyuwangi?

Banyuwangi dikisahkan berasal dari sebuah cerita rakyat yang berkembang dan dipercaya di masyarakat Banyuwangi.

Jaman dahulu kala, di jaman kerajaan, hiduplah seorang Patih yang sangat gagah, tampan dan memiliki istri yang sangat cantik dan setia.

Singkat cerita sang Raja terpesona akan kecantikan istri sang Patih. Dengan akal bulus sang Raja memberi titah yang berat kepada Patih. Patih bersedia menjalankan titah sang Raja, dan pergi meninggalkan istrinya.

Istri Patih yang setia terus mendoakan suami agar berhasil menjalankan titah sang Raja. Sepeninggal Patih, sang Raja merayu dan menggoda istri Patih. Namun rencana untuk menaklukkan hati istri sang Patih selalu gagal.

Mengembangkan Wisata Angker dan Seram di Banyuwangi Cocok Kali, Ya?ini
Patih pun berhasil menjalankan titah sang Raja. Sekembalinya Patih, sang Raja membuat isu dengan memutarbalikkan fakta bila istri Patih telah merayu dan menggoda sang Raja. Patih pun terbakar cemburu kemudian menusuk dada istrinya.

Sebelum tewas, istri Patih berucap bila air sungai beraroma busuk berarti tuduhan Patih benar, dan jika air sungai beraroma harum, tuduhan Patih salah. Dan benar saja, tubuh istri Patih itu pun jatuh dan hanyut ke sungai. Tiba-tiba, Patih berteriak-teriak, "Banyu ... banyu ... wangi ...!" Karena mencium aroma wangi dari air sungai tersebut. Dan, sampai saat itulah dinamakan Banyuwangi.


Nah, itu tadi sekilas tentang Banyuwangi. Mendengar Banyuwangi, kenapa aku langsung kepikiran tentang cerita yang sempat hit di Twitter kala itu. Yups, KKN di Desa Penari. Mungkin Gansist ada yang sepemikiran dengan aku?

Mengembangkan Wisata Angker dan Seram di Banyuwangi Cocok Kali, Ya?ini
Memang bila menyebut Banyuwangi seperti ada aura mistis di dalamnya. Mulai dari asal nama kotanya juga sudah dibumbui kisah yang ghaib.

Menyebutkan Banyuwangi tentunya tidak bisa dipisahkan dengan Alas Purwo. Alas atau hutan yang terkenal sangat angker dan dunia ghaib di dalamnya.

Menurut pendapat aku, barangkali cukup menarik bila Alas Purwo ini dikelola menjadi destinasi wisata untuk kemajuan kota Banyuwangi. Wisata angker atau wisata seram. Menurut aku cukup membikin penasaran wisatawan bila dikelola dengan maksimal.

Sekadar ide, di dalam hutan alas Purwo pastinya banyak ditemukan situs-situs purbakala yang tentunya memiliki aura mistis yang kental dan tempat seperti itu cukup prospek dikembangkan menjadi destinasi wisata. Karena wisatawan banyak yang suka dan kadang ada yang kepingin menguji adrenalin, seberapa besar nyali yang dimiliki terhadap tempat seram atau angker tersebut.

Mengembangkan Wisata Angker dan Seram di Banyuwangi Cocok Kali, Ya?ini
Salah satu fasilitas yang dibutuhkan adalah hotel. Hotel di tengah-tengah hutan lumayan keren, hotel dengan bangunan yang klasik dengan fasilitas yang modern cukup menarik dan tentu akan melahirkan kesan seram dan angker karena berada di tengah hutan bila malam hari. Gansist ada yang tertarik?

Setelah siang wisata diajak keliling hutan alas Purwo, melihat-lihat situs purbakala yang ada di hutan. Bisa goa-goa peninggalan perang kerajaan, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Misalnya, Goa Istana, Goa Gajah, Goa Mayangkara.

Mengembangkan Wisata Angker dan Seram di Banyuwangi Cocok Kali, Ya?ini
Nah, barangkali cuma itu ide yang dapat aku sampaikan untuk kemajuan wisata di Banyuwangi. Yakni dengan mengembangkan wisata angker atau wisata seram, di mana tempat-tempat seperti itu banyak di temukan di Banyuwangi khususnya di sekitar alas Purwo.

Semoga dengan berkembangnya wisata di Banyuwangi memberikan imbas yang positif untuk seluruh masyarakat di Banyuwangi khususnya, dan dapat memperkaya wisata di Indonesia pada umumnya.

Sekian thread dari aku, bila ada salah mohon diluruskan. Terima kasih atensinya. emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Referensi: 1 23

profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Thread embuh, mohon dikoreksi
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan delia.adel memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pas liat foto alas purwo inget cerita kkn desa penari emang emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan dalledalminto memberi reputasi
ada yang bilang, banyuwangi sudah berubah dari kota mistis jadi kota internet.. tapi ane ngga tahu maksudnya apa..
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan dalledalminto memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Alas purwo feat alas gumintir
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Quote:


Udah ada yg bikin threadnya kayaknya gan.

Mungkin signal internetnya kuat emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
maleo.pejuang dan delia.adel memberi reputasi
Quote:


Quote:


Hihi, berarti sepemikiran dg abe, gan
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Quote:


Nyimak aja dah
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Quote:

Thanks tambahan infonya agan

Quote:


Makasih, telah mau meminyaki
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
gw ama istri pernah backpaker 6 hari di bayuwangi...naik kereta turun di bayuwangi trus sewa motor muter2 seluruh bayuwangi dari ijen sampai alas purwo..dari pantai utara sampai pantai greenbay,pantai merah diselatan.
spot2 wisatanya emang amazing...klo ke daerah utara bayuwangi dan ijen masih enak karena masih byk penginapan.
klo ke selatan bayuwangi..ngeri pak, hawanya beda..trus penginapan cmn ada di daerah pantai merah sama penginapan antah berantah di tengah saawah..gw lupa namanya.
pas naik motor ke arah alas purwo, serem abis..uang abis, ga ada atm (untung ada semacam toko kelontong nyediain jasa tarik tunai via BRI), kemalaman pula di hutan2....minim infrastruktur penginapan arah argopuro..hati2 klo mau kesana, hitung waktunya..bisa2 loe nginep di hutan ntar.
gw akhirnya tidur di mushola kampung arah alah purwo..
pulang dari alas purwo kemaleman lagi, nginep di hotel serem tengah sawah yang ga jelas lagi...wkwkwk gokil abis pokoknya...bener2 wisata mistis, hujan deras malam hari plus gw ngelewatin jalan yang kirinya ada kuburan sepanjang jalan arah dari alas purwo kekota..gps mati jadi gw ga tau tepatnya dimana...seru klo dibuat backpakeran itu bayuwangi..trus even2 wisata nya bejibun sepanjang tahun
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan Cucigosok memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Quote:


Masama om
profile-picture
profile-picture
The Predator dan dalledalminto memberi reputasi
Asri sih.. tp takut gabisa pulang lagi ntar emoticon-Takut
profile-picture
dalledalminto memberi reputasi
Banyak destinasi wisata yg bagus banget di Banyuwangi, sayang blm terlalu maksimal dieksplorasi pemerintah daerahnya,semoga di lain waktu bisa berkembang menjadi destinasi pariwisata nasionalemoticon-Traveller
#batain aku kaka#
profile-picture
profile-picture
foundeer.exe dan dalledalminto memberi reputasi
Diubah oleh pussyabigore
Dirasa masuk investasi beresiko tinggi jika bikin destinasi wisata horor di musim pandemi.minimal prokes juga harus lebih ketat.butuh ongkos pengelolaan lebih besar.yang ada riwayat jantung dsb dilarang.normalnya banyak orang musim pandemi butuh hiburan segar.namun tidak tertutup tema horor sendiri bisa diselipkan sebagai selingan dalam paket wisata alam.semisal sesi acara khusus mengekspos ragam ritual magis setempat atau sebagai penutup acara walking tur dalam wisata sehari atau dua harian.porsi maksimal dirasa cukup segitu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wisata mistis tp klw berjubel orangnya ya ga berasa mistisnya lg gan.. sehingga kuota akn jd sangat terbatas yg akn kurang menarik buat turis dgn window liburan pendek (longwikend specially)
Masi lebi masuk wisata budaya, spot trip ritual semedi olah kebatinan dgn story behind yg kuat..experience inilah yg jd oleh2 turis ketika pulang n bikin orang ingin merasakan.
Jadi pangen coba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abysou dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kok nggak bisa pulang lagi gan? Pernah ngalamin hal mistis kah, ya?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Iya gan, semoga ke depannya lebih baik lagi, lebih tertata lagi yang nantinya membuat masyarat Banyuwangi semakin sejahtera
Paling terkenang KKN desa penari
Quote:


Hihi, nggak ajdi angker lagi klw tempatnya meriahemoticon-Takut
Quote:


Yuk, ke sana gan

Quote:


Yes, setuju banget. Aku mikirnya juga gitu.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di