CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Tiada Kata Terlambat untuk Meraih Ilmu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cd5c18bbd53819403947dd/tiada-kata-terlambat-untuk-meraih-ilmu

Tiada Kata Terlambat untuk Meraih Ilmu

Tiada Kata Terlambat untuk Meraih Ilmu


Meraih Ilmu Sambil Bekerja




Meraih impian banyak rintangan aral melintang. Tetapi bila ada niat untuk meraih impian pasti seribu jalan kita temukan. 
Saya mau maju dan melanjutkan kuliah untuk diri sendiri dan keluarga. Terlahir dari keluarga miskin dan yatim piatu. Banyak orang yang menilai kami sangat rendah dan tidak mampu berbuat apa-apa. Rasa kasihan dan pandangan sebelah mata sering kali kami rasakan. Tetapi Tuhan tidak membiarkan kami terpuruk. Saya dengan tekad yang luar biasa berusaha keluar dari pandangan menyepelekan saudara sekampung. Meraih impian dengan kuliah sambil bekerja.

Sebelum kuliah saya bekerja di perusahaan swasta posisi buruh kasar. Dengan gaji setiap dua minggu sekali. Bekerja sebagai buruh yang dibutuhkan fisik, cekatan dan terampil. Selama bekerja sebagai bawahan, bila sedikit saja salah pengawas langsung marah-marah. Perasaan rendah diri kerap kali mampir. Bekerja selama 5 tahun teman mengajak untuk melanjutkan kuliah. Saya menolak dengan alasan biaya mahal. Tetapi alasan itu dibantah olehnya. Tahun ketiga akhirnya saya luluh atas bujukannya untuk melanjutkan kuliah. Saya pilih kelas karyawan, setiap hari Sabtu dan Minggu. Kuliah ekstensi.

Kenapa saya memutuskan untuk kuliah :


1. Umur bertambah dan belum dapat
jodoh
2. Perusahaan suatu saat bangkrut
3. Usia bertambah maka perusahaan jarang menerima jika tidak ada skill atau pengetahuan.


Saya mulai mencari jati diri, kemampuan saya. Sebelumnya saya mendaftar di tempat les komputer dan bahasa Inggris. Tetapi karena tidak dipergunakan akhirnya sia-sia , sertifikat tidak berarti. Umur 25 tahun saya putuskan untuk melanjutkan kuliah. Saya memilih keguruan. Guru tidak membatasi umur selagi masih bisa berkarya dan berpotensi. Selain itu guru adalah salah satu cita-cita saya dari kecil.

Tetapi ada saja yang kurang yakin dengan keputusan saya melanjutkan kuliah. Kata mereka :


1. Sarjana banyak yang pengangguran buat apa kuliah buang-buang uang saja
2. Nanti paling kamu bisa mengajar TK
3. Memang ada universitas kuliah di Sabtu Minggu?


Saya menanggapinya dengan tersenyum tetap saja melanjutkan pendidikan tanpa peduli kata mereka . Karena banyak keluarga dan teman-teman mendukung keputusan saya melanjutkan kuliah.
1. "Bagus Ester, semoga nanti jadi guru anakku ya," kata teman-teman kerja.
2. "Lanjutkan saja, raihlah mimpimu, nanti bila kesulitan keuangan saya bantu," ujar kakak.


Ternyata keputusan saya melanjutkan kuliah tidak sia-sia. Empat tahun kemudian perusahaan mengurangi karyawan. Karyawan tetap dijadikan kontrak dan dikirim ke luar daerah. Mereka membuat cabang di luar daerah agar gaji murah tidak semahal di Jakarta. Ketika perusahaan mem-PHK karyawan tetap. Tetapi masih bisa bekerja di sana asal mau ditempatkan di luar daerah dan dijadikan karyawan kontrak. Tiba giliran saya di PHK memutuskan untuk berhenti tidak mau dikontrak dikarenakan sedang menyusun skripsi dan mulai praktik mengajar atau kuliah kerja nyata.

Selama kuliah saya bisa membayar uang kuliah tanpa bantuan saudara begitu juga saat menyusun skripsi dan wisuda. Uang PHK cukup untuk membayarnya.

Quote:




Jadi ketika wisuda sudah punya pendamping. Sarjana saya membuahkan hasil walaupun belum bekerja. Dengan titel S.Pd dibelakang nama menjadikan mahar meningkat. Walaupun yatim piatu menikah dengan menggunakan adat tidak memberatkan pengeluaran keluarga kami. Karena mahar dari pihak lelaki lumayan besar.

Izajah sarjana yang saya raih tidak sia-sia. Hamil 3 bulan lamaran saya diterima. Sebelum pulang kampung meresmikan hubungan kami. Beberapa sekolah kami kirim lamaran pekerjaan. Ternyata setelah empat bulan menikah saya dipanggil bekerja. Tetangga kaget, kenapa diterima ya.

Quote:


Tiada Kata Terlambat untuk Meraih Ilmu


Semenjak itu, teman-teman yang sebelumnya memandang sebelah mata akhirnya memuji saya. Tetap saja bersyukur. Begitu juga dengan dunia kepenulisan. Selain hobi saya membaca saya penasaran untuk bisa menulis di samping background guru bahasa Indonesia. Saya tidak mau hanya teori. Harus punya karya. Setiap hari saya mencari kelas menulis. Keinginan itu terjawab di tahun 2018 melalui platform saya diajak menulis. Akhirnya dengan kritikan yang membangun saya bisa menulis walaupun tidak semahir dan sehebat teman-teman penulis.

Tiada Kata Terlambat untuk Meraih Ilmu


Itulah sepenggal kisah meraih impian yang saya lakukan agar tidak dipandang sebelah mata oleh mereka yang selalu ingin tahu tentang kehidupan kami terutama tempat kami dilahirkan. Semua ini atas kehendak-Nya. Cita-cita yang tidak mungkin saya raih ternyata dikabulkan oleh-Nya.

Keinginan dan tekad yang kuat serta diiringi doa beberapa impian saya terwujud walaupun saat ini belum bisa dikatakan berhasil. Tetapi ada rasa bangga sebagian dari impian sudah terwujud. Selama masih hidup masih banyak impian yang ingin saya gapai. Selalu berusaha dan berdoa niscaya suatu saat nanti bisa tercapai Amin

Erina Purba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
falin182 dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh erina79purba
Halaman 1 dari 2
Tiada kata terlambat meraih ilmu
Kejarlah cita-citamu setinggi langit
Waw, kerja sambil kuliah, perjuangan yg luar biasa
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Mantep ni, ane setuju. Cari ilmu harus trus berlanjut.
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
selalu kagum sama orang yang terus mau belajar mau berapapun umurnya, apalagi ngambil kuliah lagi kan itu suatu tanggung jawab juga.
selalu kagum juga sama orang yang emang bercita-cita jadi guru, menurut saya guru adalah profesi yang mulia.
profile-picture
profile-picture
saragihinfanni dan erina79purba memberi reputasi
Terkadang perkataan orang lain bahkan saudara sepupu itu menyebalkan.
Apa salahnya ya bersekolah tinggi? Toh ilmu diri sendiri yg menikmati dan bagus jika ternyata ilmu tersebut bisa diterapkan untuk orang lain.
Salut untuk TS 👍 melanjutkan pendidikan dari hasil jerih payah sendiri. bahagia banget pasti pas wisuda emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
saragihinfanni dan erina79purba memberi reputasi
Diubah oleh bilbulsama
betul tuh bu, ane aja mau mulai masuk kuliah, padahal ane lulus sma 20 tahun yg lalu, hehe kebayangkan udah tua emoticon-Leh Uga
untung di mari hidup nya masing masing, gak ada yg nyiyir,,emoticon-Hammer2
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Quote:

Terima kasih mas Dalle

Quote:

Siap gan

Quote:

Terima kasih gan

Quote:


Iya sis, senang nya saat itu

Quote:


Teman saya dulu banyak yang sudah berkeluarga gan, bahkan umur 45 tahun
profile-picture
bilbulsama memberi reputasi
Luar biasa Bunda Erin, semoga ilmunya bermanfaat
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Tiada kata terlambat untuk meraih ijazah. Jika ada biayanya.
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Persis seperti yang dihadapkan pada saya sekarang, saya bekerja di perusahaan tambang batubara dan ingin melanjutkan pendidikan/kuliah jalur ekstensi.. umur skrg baru 20 tahun emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
saragihinfanni dan erina79purba memberi reputasi
emoticon-Toastemoticon-Ultahemoticon-Salamanemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
saragihinfanni dan erina79purba memberi reputasi
W jg pengen kuliah lagi bre mau ambil hukum cuma perkuliahan masih online emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
saragihinfanni dan erina79purba memberi reputasi
Hormat sm ibu...emoticon-Cendol (S)
profile-picture
profile-picture
saragihinfanni dan erina79purba memberi reputasi
Betul. Gak perlu malu dalam menuntut ilmu. Bukannya selama hidup manusia bakal selalu belajar? Jadi umur emang cuma angka
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Selagi masih ada niat untuk mencari ilmu pasti bakalan bisa gan walau umur sudah nga muda lagi
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Betul bu Guru.. Ucapan adalah Do'a
Tuhan pasti membalas sesuai apa yang telah kita usahakan
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Ilmu memang nga ada batasan usia gan selagi masih ada niat untuk menuntut ilmu 😁
profile-picture
profile-picture
saragihinfanni dan erina79purba memberi reputasi
Temenku kuliah umur 24 tahun ada yg 28 tahun
profile-picture
profile-picture
saragihinfanni dan erina79purba memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di