CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cd3bba2f607024a44ed171/rizal-ramli-ungkap-sebab-proyek-infrastruktur-jokowi-sering-rugi

Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi

Pakar ekonomi Rizal Ramli menilai proyek infrastruktur era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering merugi.

Hal itu disampaikan Rizal Ramli saat diwawancara oleh Karni Ilyas di kanal Youtube Karni Ilyas Club yang diunggah pada 12 Juni 2021.

Menurutnya, penyebab seringnya proyek infrastruktur era Jokowi merugi disebabkan oleh kurang matangnya perencanaan.

"Hampir semua proyek infrastruktur itu merugi. Kenapa? Karena slopy planning, perencanann yang ngasal," tutur Rizal Ramli.


"Jokowi berkunjung ke mana terus bilang, 'Bangun, nih, jalan ini.' 'Yes, sir!' Dibangunin (jalan)," ucapnya menambahkan.

Hal itu menurutnya sangat berbeda jika dibandingkan dengan era presiden-presiden sebelumnya, termasuk zaman Presiden Soeharto.

"Zaman dahulu Indonesia, dari zaman Sohearto, zaman kita (Presiden Abdurrahman Wahid), perencanaan itu betul-betul matang. Prospeknya kayak apa, return kayak apa, bukan berdasakan daftar keinginan presiden," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu kemudian mencontohkan beberapa proyek infrastruktur era Jokowi yang merugi.

Contohnya, monorail yang di Palembang itu hancur-hancuran. (Bandara) Kertajati, banyak lagi yang lain. Itu mubazir."

Sebelumnya, Rizal Ramli menyinggung dana haji yang disebutnya digunakan pemerintah untuk infrastruktur.

"Itu masuknya ke mana? Masuknya ya ke APBN, dan itu ada semua bukti video di mana Presiden Jokowi katakan, ‘Ini bisa kita pakai kok buat infrastruktur.’ Ada video wakil Presiden Ma’ruf katakan, ‘Ini udah Rp35 triliun kok di dalam infrastruktur’,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu memastikan dana haji yang dikelola lembaganya aman.

"Perlu kami jelaskan bahwa seluruh dana yang kami kumpulkan aman. Dana tersebut saat ini ditempatkan di bank syariah," ucapnya dikutip Pikiran-rakyat.com dari laman resmi Kemenag pada 3 Juni 2021

https://www.pikiran-rakyat.com/nasio...ng-rugi?page=2

Yg penting duitnya ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
kalau infrastruktur publik mengejar profit, ya gak bakal ada yg terbangun. Elu bangun jalan di kota elu, apa jalan itu bisa memberi profit? boro boro profit, pemasukan aja gak ada. Tapi apa berarti jalan di kota elu itu gak ada manfaat buat masyarakat luas? Kalau hal begini saja si RR gak ngerti, patut dipertanyakan klaim dia soal statusnya sebagai ekonom.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14145 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Untung g mesti uang lho ya.
G cape di jalan, hemat waktu, lebih banyak waktu buat keluarga...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Padahal menteri pecatan, tetapi merasa paling pintar. Yg gilanya masih ada yang jadikan sebagai narasumber.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.fury95 dan 5 lainnya memberi reputasi
Kalok yang namanye infrastruktur itu biasanya gak akan langsung dirasakan manfaatnya secara luas....ntar beberapa taon ke depan baru bisa terasa ....gitu aje kok reeefooootttt.....emoticon-Angkat Beer
.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.fury95 dan 4 lainnya memberi reputasi
Ya elah, ITB DO, bicara. Ini orang benar2 orang Padang Tulen. Tatungkuik indak di lua, taipik indak diateh. Tuh tanya ama anak2 ITB angkatan dia, spt Ahmadi cs. Mereka tdk respect sama sekali dengan ini orang. Waktu ditangkap jadi oposisi zaman Soe, menangis meraung raung di tahanan minta maaf beribu maaf, sampai mencium kaki yang memeriksanya, Akhirnya diampuni Soe, dan krn jadi anak baik, dapat beasiswa utk ambil gelar doktor di Uni yang udah disediakan disediakan ijazah begitu siswanya diterima, alias Universitas abal2. Sekarang berkoar koar sbg orang hebat. Hebat ngomong doang. Tapi ane salut buat dia, bini udah 3, dan kece2...emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Terlepas dr statement RR

Gw berpendapat memang ada yg melenceng sih dr pembangunan infrastruktur era kedua pak jokowi

Memang banyak jg infrastruktur yg berhasil dan bermanfaat dan gw jg secara spesifik engga tau jg keseluruhan infrastruktur yg dibangun dan gmn planningnya

Tp melihat dr bbrapa proyek, bs gw katakan dalam proyek2 tertentu lumayan ngacau sih ya kayak bandara kertajati, waduk, kereta cepat jkt bandung

Secara pribadi gw ngerasa perencanaan, analisis return benefit dan stimulasi ekonomi sekitar proyeknya blum terintegrasi gitu

Emang sih proyek infrastruktur tuh proyek ekonomi jangka panjang

Tp dengan dana yg terbatas mustinya pemilihan mana yg mau dikerjakan dulu bs lebih terukur

Atau bs jg pemerintah sebenernya punya alasan atau perhitungan sendiri terkait beberapa proyek yg dianggap aneh ini tp belum dapet kesempatan buat jelasin

Nah skarang gmn penjelasan pemerintah terkait hal ini....klo emang salah perhitungan atau kurang perencanaan ya lebih baik memang distate aja biar engga jd benang kusut di masa depan

Toh dengan gt siapa tau ada masukan yg bs memperbaiki benefit dr infrastruktur yg udah kadung jadi atau tengah dibangun ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gmc.yukon dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Si ramli eh eh si ramli
Kenape elu delak delok aje
Wkwkwkkkkkk
Banyak yg benci ampe goblok ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Somad.Monyong dan 2 lainnya memberi reputasi
Ooo....

Ternyata yg ngoceh bsh...

Next...

__________emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Somad.Monyong dan 2 lainnya memberi reputasi
RR g pernah pakai infrastruktur sih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Ekonom kelas dunia sedang cari panggung emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan servesiwi memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di