- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 2
Halfwave ke Fullwave


TS
afjr.31747
Halfwave ke Fullwave
Gan. Ane mau sedikit cerita nih, siapatau ilmunya ada yg lebih tinggi nih hehe.
Anekan ngerubah spull halfwave menjadi fullwave di KLX 150, terdapat 3 kabel (dialternator). Putih : Pengisian, Kuning : Beban lampu & dll, Hitam strip merah : Ground / Massa.
Kabel putih ane gak apa2in. Kabel kuning udah ane Putus, terus Kabel Hitam strip merah / Ground udah ane putus & Ujung/akhir kawat Spul Ane Lepas, ane sambung kekabel Hitam Strip merah, kesimpulannya (Sudah tidak ada ground/massa di Alternator/Spull).
Setelah itu (masih masa pembongkaran) Ane tes/cek kabel putih & hitam strip merah pake AVO meter dengan ukuran 200 OHM, ukuran menujukan diatas 1 OHM, (saya simpulkan berarti Antara Kabel putih & hitam strip merah saling berhubungan). Ane cek satu persatu kabel putih & merah strip hitam tidak ada mengandung Massa.
Lalu ane pake kiprok Tiger dengan susuan Socket udah rapi, Socket 1 : AKI / Positif, Socket 2 : Stabiliser arus, Socket 3 : Massa / Negative, Socket 4 : spul pengisian (kabel putih), Scoket 5 : spull pengisian (kabel Merah hitam).
Lalu ane naik kekabel Body untuk ngelepas kabel Hitam strip merah yg dari socket spull menuju ground. Setelah itu ane pakaikan kiprok tiger,
Lalu ane hidupin motor, lalu ane cek pake AVO meter dengan uk 20 volt DC, Al hasil Output Kiprok tiger hanya 6 volt, harapan saya 14 volt jika motor keadaan nyala tanpa terhubung ke Accu/ aki. & juga Ane ukur pake AVO meter dengan ukuran 200 Volt AC untuk melihat volt yg dihasilkan oleh spull al hasil ukurannya cuman 8volt, dibawah 10volt.
Ane cek lagi kabel output 4 & 5 dari spul pke uk 200 OHM menujukan angka 3 smpai 4.
Jadi bingung ane, mungkin ada arahan dari om om ganteng yg punya ilmu lebih dalam bisa ksh ane masukan wkk..
Anekan ngerubah spull halfwave menjadi fullwave di KLX 150, terdapat 3 kabel (dialternator). Putih : Pengisian, Kuning : Beban lampu & dll, Hitam strip merah : Ground / Massa.
Kabel putih ane gak apa2in. Kabel kuning udah ane Putus, terus Kabel Hitam strip merah / Ground udah ane putus & Ujung/akhir kawat Spul Ane Lepas, ane sambung kekabel Hitam Strip merah, kesimpulannya (Sudah tidak ada ground/massa di Alternator/Spull).
Setelah itu (masih masa pembongkaran) Ane tes/cek kabel putih & hitam strip merah pake AVO meter dengan ukuran 200 OHM, ukuran menujukan diatas 1 OHM, (saya simpulkan berarti Antara Kabel putih & hitam strip merah saling berhubungan). Ane cek satu persatu kabel putih & merah strip hitam tidak ada mengandung Massa.
Lalu ane pake kiprok Tiger dengan susuan Socket udah rapi, Socket 1 : AKI / Positif, Socket 2 : Stabiliser arus, Socket 3 : Massa / Negative, Socket 4 : spul pengisian (kabel putih), Scoket 5 : spull pengisian (kabel Merah hitam).
Lalu ane naik kekabel Body untuk ngelepas kabel Hitam strip merah yg dari socket spull menuju ground. Setelah itu ane pakaikan kiprok tiger,
Lalu ane hidupin motor, lalu ane cek pake AVO meter dengan uk 20 volt DC, Al hasil Output Kiprok tiger hanya 6 volt, harapan saya 14 volt jika motor keadaan nyala tanpa terhubung ke Accu/ aki. & juga Ane ukur pake AVO meter dengan ukuran 200 Volt AC untuk melihat volt yg dihasilkan oleh spull al hasil ukurannya cuman 8volt, dibawah 10volt.
Ane cek lagi kabel output 4 & 5 dari spul pke uk 200 OHM menujukan angka 3 smpai 4.
Jadi bingung ane, mungkin ada arahan dari om om ganteng yg punya ilmu lebih dalam bisa ksh ane masukan wkk..
0
1.3K
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan