CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Mulailah Dari Diri Sendiri, Untuk Investasi Lingkungan Di Masa Depan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cba560b51f6f65fc3d42c0/mulailah-dari-diri-sendiri-untuk-investasi-lingkungan-di-masa-depan

Mulailah Dari Diri Sendiri, Untuk Investasi Lingkungan Di Masa Depan!

Mulailah Dari Diri Sendiri, Untuk Investasi Lingkungan Di Masa Depan!
Menjaga lingkungan hidup bukan hanya dilakukan oleh penggiat lingkungan saja atau pun pihak tertentu, tapi sudah menjadi kewajiban kita semua yang mendapat manfaat dari lingkungan khususnya dan sebagai penghuni bumi ini pada umumnya.

Mulai dari menjaga kelestariannya, mencegah pencemarannya dan menanggulangi segala kerusakannya yang disebabkan oleh ulah tangan-tangan 'jahil' dari manusia yang tak bertanggung jawab.

berserakannya sampah plastik salah satu bukti ulah manusia yang sangat terasa dampaknya bagi alam. Penguraian limbah plastik yang hampir mustahil ini membuat kesuburan tanah menjadi berkurang yang mangakibatkan perkembangan tumbuhan menjadi tidak maksimal bahkan menjadi keculitan untuk berkembang.

Quote:


Pertumbuhan pohon yang terhalang menjadikan pohon sebagai media penahan bagi tanah menjadi sangat terganggu. Belum lagi sampah yang dibuang ke laut dan aliran sungai atau sumber air lainnya, karena perlu agan sista ketahui jika pencemaran laut terutama dengan sampah plastik ini adalah piramid tertinggi p=dalam pencemaran yang akan mengurangi pasokan oksigen bagi dunia.

Jika dulu ane taunya hutanlah yang memasok oksigen paling banyak, ternyata menurut penuturan para ahli, lautanlah yang menyumbang oksigen paling banyak dan sudah sepatutnya kita sama-sama mencegah dengan melakukan beberapa langkah yang menurut ane 'mudah' untuk dilakukan mulai dari diri sendiri.

1. Pembatasan penggunaan plastik dalam keseharian kita

Kantong plastik, atau bungkus plastik yang paling banyak menyumbangkan limbah di masyarakat. Pembatasan penggunaan plastik bisa dikurangi dengan tidak meminta kresek untuk pembelian satu dua barang yang tak perlu 'dikantongi', bisa kalian langsung masukkan ke dalam tas atau saku atau ditenteng gitu aja misalnya agan sista membeli minuman yang akan langsung dikonsumsi.

Quote:


Lalu pelan-pelan beralih dengan menggunakan kantong kain yang washable dan reused bag, kantong yang bisa dipakai berulang-ulang, untuk contoh kecilnya ane membiasakan membawa tote bag kaskus dan menggunakannya pada saat berbelanja ke toko sebelah. Aman nyaman dan ramah lingkungan.
Quote:


Penggunaan alat makan dan sedotan stainless untuk agan sista yang mungkin langganan katering, atau membawa bekal dari rumah dengan menggunakan alat makan sendiri, agan sista bisa mengurangi juga tuh penggunaan sendok dan sedotan plastiknya dan juga sumpit kayu bisa dikurangi jumlah pemakaiannya.

2. Memilah sampah

Yang paling mudah dilakukan mulai dari diri sendiri lagi adalah dengan memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya. Dirumah ane memisahkan antara sampah plastik dan kaleng dalam dua tempat yang berbeda. dan dilakukan juga untuk sampah plastik lain yang non botol. Selain membantu untuk memilah limbah, hal ini bisa menjadi pendapatan untuk ngisi celengan masjid juga nih gan, dengan kata lain, sampah plastik, kaleng, kava, dan kertas yang sudah dipilah bisa kita jual pada tukang barang bekas atau pada bank sampah yang saat ini sudah banyak di galakkan di seluruh indonesia.

Quote:


3. Mendaur ulang

Selain dipilah dan menghasilkan cuan, sampah-sampah tadi bisa didaur ulang menjadi barang baru yang mempunyai manfaat dan juga menambah estetika bagi lingkungan hidup. Seperti contohnya botol kaca dan plastik yang didaur ulang menjadi pot bunga cantik yang membuat tampilan taman dirumah kita menjadi indah dan asri, sukur-sukur bisa menjadi inspirasi bagi yang melihatnya

Quote:


Dan kalo untuk dijadikan lahan bisnis bisa juga kok, asal bisa mencari target pasar yang pas dan dibuat semenarik mungkin untuk menambah nilai estetikanya.

4. Bijak dalam menggunakan air

Di tempat ane, yang aliran PAMnya suka ngadat di siang hari dan baru lancar jaya di malam hari, bakalan bikin galau kalau harus begadang untuk menunggu air pas ngisi bak atau tampungan air. Jika dibiarkan bisa jadi air akan luber dan terbuang sia-sia, selain itu juga tagihannya akan menjadi bengkak tiap bulan. 

Quote:


Ane mengakalinya dengan stopper yang bentuknya bola-bola gitu gan. Jadi pas udah penuh bolanya akan otomatis membuat kran tertutup dan dijamin ngga bakalan luber dan jam tidur malam agan sista tidak akan ter ganggu, bisa aman dan nyenyak sampai pagi. Stopper otomatis ini bisa digunakan di bak mandi, drum penyimpanan air, dan tangki penampungan air yang biasanya di simpan di deck atas rumah.

5. Menjaga Lingkungan

Banyak hal yang bisa dilakukan agar lingkungan bersih dan sehat salah satunya dengan selalu membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon sebanyak yang agan sista mampu untuk mengimbangi polusi udara yang berefek buruk pada kesehatan dan mengajarkan pada anak-anak untuk selalu menjaga lingkungan dan menyayanginya agar alam bisa lebih 'bersahabat'

Jagalah lingkungan sebagai bentuk investasi untuk masa depan yang akan kita wariskan pada generasi selanjutnya. Budayakan greenlife style untuk bumi yang lebih baik.

Sekian dari ane, sampai jumpa di thread selanjutnya Gansist

Narasi: Pengalaman Pribadi
Sumber gambar: DokPri

profile-picture
profile-picture
profile-picture
toinxx08 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DianAhmadKaskus
greenlife style
Mantan Sista. Lanjutkanemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-2 Jempol
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Yuk cap cuss
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semangat
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
Siip.. go green always
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
mantap gan sis, saya juga sedang berusaha mengirangi sampah plastik
profile-picture
profile-picture
hamtaro.tikus dan DianAhmadKaskus memberi reputasi
Memulai dari hal yang paling kecil di sekitar kita
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
Setuju, masih banyak hal lain kaya:
- kurangi penggunaan tissue, bagi 2 lembaran tissue jd 1/2. Jd lbh hemat & 'menghargai' tiap sisi tissue maksimal digunakan.
- bawa mobil ga dibejek gasnya biar irit
- klo bs naik sepeda utk jarak deket lbh baik
- matiin lampu,AC,kipas klo g dipake
- remukin botol air pake tangan klo dah abis biar ga menuhin space tong sampah dg udara kosong di dlm botol.
- menampung air hujan dr genteng ke lobang BIOPORI di rumah qt biar lsg msk ke tanah ga kebuang percuma ke Got.
- hal lain yg berguna krn tdk ada sedikitpun hal baik yg PERCUMA
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
Quote:
emoticon-Merdekaemoticon-Merdeka

Quote:
siap gan!

Quote:
semakin banyak yang peduli, semakin bersih bumi kita emoticon-Jempol

Quote:
setuju,, emoticon-Shakehand2

Quote:
langkah2 yang bisa ditiru ini,, emoticon-Jempol

Saya tertarik
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
Ane klo belanja, gamau minta plastik. Masukin ke tas langsung. Diam-diam. Wkwk
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
Quote:
yuk, ikutan emoticon-Jempol

Quote:
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga cakep,,

Mulai bawa sendok sendiri, selain ngurangin plastik, jg bersih
Memilah sampah itu PR banget sih.. Susah bener deh dilakuin nya.. Ya emang karna males aja sih 😅
Masalahnya, kalau gak mulai dari diri sendiri, mulai dari mana lagi?


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di