CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cb40411b1723433f1280a3/waspada-ini-skenario-terburuk-andai-ri-kolaps-diamuk-corona

Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona

Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona

Corona di Indonesia melonjak, Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane mewanti-wanti risiko kolaps fasilitas kesehatan dua hingga empat pekan mendatang. Kolaps dinilai Pane bisa terjadi jika tak ada pergerakan cepat dari pemerintah untuk tegas memperketat aturan demi menekan kasus COVID-19.


Pane mendesak pemerintah memperketat pengawasan warga terkait kepatuhan melakukan protokol kesehatan. Selain itu, ia menyoroti tracing COVID-19 yang perlu dijalankan dengan benar.

Dalam kesempatan terpisah, pakar epidemiologi Universitas Griffith Dicky Budiman menggambarkan beberapa kondisi yang bisa terjadi di Indonesia jika kolaps terjadi.

Banyak kasus wafat tak tertangani
Seperti beberapa negara sebelumnya, termasuk India dan Wuhan, China, akan banyak kasus kematian COVID-19 yang terjadi sebelum sempat tertangani imbas fasilitas kesehatan setempat tak lagi mampu membendung jumlah pasien COVID-19 yang membludak.

"Kalau sampai kolaps ya artinya akan banyak yang tidak tertangani, dan akhirnya akan banyak yang meninggal, itu dari pasien ya. Kemudian, kematian ini menimbulkan dampak lain, dampak panik masyarakat itu yang terjadi kan waktu di Wuhan di Italia, di Amerika, di Brasil di India," jelas Dicky kepada detikcom Kamis (17/6/2021).

Panik massal
Dicky juga menegaskan panik massal akan terjadi dan menjadi perhatian serius pemerintah. Dari sisi psikis banyak warga akan ketakutan lantaran melihat kasus COVID-19 tak kunjung tertangani.

"Wah ini panik massal ini serius, sangat serius, ini yang harus diperhitungnkan dari sisi psikologi massal sosial oleh pemerintah," sambungnya.

Kekurangan tenaga kesehatan
Belum lagi tenaga kesehatan yang berkurang, baik dikarenakan wafat akibat COVID-19, juga mereka yang akhirnya terdampak psikisnya hingga takut untuk merawat pasien Corona karena kasus COVID-19 sudah terlalu banyak. Beban tenaga kesehatan akan sangat meningkat jika kolaps benar terjadi.

"Kemudian dampak dari kolaps ini akan menyangkut SDM kesehatan, sdm kesehatan ini yang akan overburder, beban berlebihan, ya dia jatuh sakit, banyak juga kan sebelum kolaps ini sudah banyak yang meninggal," gambaran Dicky.

"Jadi ini akan menciptakan sebetulnay juga siklus atau lingkaran yang merugikan karena tadi panik akan menimbulkan banyak hal tapi di tenaga kesehatans endiri takut mengobati ke rumah sakit dan sebagainya termasuk semakin berkurang SDM nakesnya," lanjutnya.

Ventilator terbatas
Terakhir, hal yang paling mungkin terjadi terbatasnya alat kesehatan seperti ventilator. Permintaan ventilator atau bantuan alat oksigen yang paling diperlukan dalam menangani pasien COVID-19 kritis bisa terus meningkat hingga sulit akses menghadapi situasi tersebut.

"Nanti belum nanti dari sisi kolaps ini adalah dari sisi bagaimana ketersediaan atau terbatasnya ventilator atau oksigen jadi sangat bahaya," beber Dicky.

"Jadi hari demi hari akan terus meningkat karena kolapsnya ini banyak yang tidak tertangani, jadi namanya situasi puncak itu bisa lebih dari 2-3 hari, setidaknya semingguan, dan ini yang kita khawatirkan karena kematian besar yang terjadi kita tidak pernah tertangani sebelumnya," pungkasnya.

Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 8
Biar kaga Kolaps maka Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah serta semua masyarakat juga harus Collabs

Emang bisa tegas ?????
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
presiden dan para cecunguknya harus segera ditangkap diseret dan digantung di monas untuk pertanggungjawabkan semua kesengsaraan dan banyaknya kematian rakyat indonesia emoticon-Mad emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suceg dan 82 lainnya memberi reputasi
Lihat 49 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 49 balasan
pengamat kadrion, kuartal III musti naik 7-8%.
profile-picture
profile-picture
mercury39 dan nomorelies memberi reputasi
Mulai sekarang beli tabung oksigen emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan didit.d memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh arie.ilkur
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Masih bnyk rakyat RI.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nasi udah jadi bubur

Andai sejak awal gak ada yang ngotot mudik, gak bakal begini kejadiannya. Padahal sebelum Ramadhan, udah mulai stabil bahkan turun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anusbaubadan dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Kita liat 1 - 2 minggu ke depan....semoga tidak membludak...
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan gta007 memberi reputasi
mengerikan emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan gta007 memberi reputasi
udah keliatan tanda2nya aja rakyat indon masih byk yg g percaya
tinggal nunggu kang jual kafan, kang jual peti, sama juragan tanah makam nyayur 3 minggu dari sekarang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
NEGARA BANGKRUT!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
sorry to say disini zona nyaman komplek gw dari awal covid 2020 sampai detik ini bulan juni 2021..

bebas dari kata zona merah..

SEMUA TERGANTUNG AMAL PERBUATAN BONG..

NGAHAHHAAHAHA

BACOTAN ELU GAK SEKUAT MENTAL DAN IMUN LU TERNYATA YEE BONG...

BENTAR LAGI PILPRES BONG JANGAN LUPA..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh noiiss
Lihat 56 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 56 balasan
Lekas sembuh Indonesia ku

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
dwikusumad dan nomorelies memberi reputasi
presiden masih sibuk main mobil2an kan ?

gas rem gas rem... (katanya)
padahal ngegas terus... rem hanya mitos...



ya gitulah jadinya...


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Entah knapa ya
Kok baru bulan ini gw khawatir
Slama 1thn lbih gw biasa2 aja
Kayanya sadis ni varian india
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
0n1BaKu dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 10 lainnya memberi reputasi
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona

Kalem aja gan....jumlah manusia indon 260 juta ekor

Yg positip 1.950.276 = baru 0.75% nya
Yg mate 53.573 = baru 0.02% nya

Kalem aja..gausah bikin panik emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Howitzer. dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Woles, klo dah 50 ribu kasus perhari baru lockdown 👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crot113 dan 2 lainnya memberi reputasi
kadrun susah di atur mana ada habisnya nih corona emoticon-Sorry




di tempat ane malah ada yang ngomong corona takut sama uclim emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crot113 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di