CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Bentrok di Pawai Yahudi Israel, 33 Warga Palestina Terluka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c99ce65593f1794f253b98/bentrok-di-pawai-yahudi-israel-33-warga-palestina-terluka

Bentrok di Pawai Yahudi Israel, 33 Warga Palestina Terluka

Bentrok di Pawai Yahudi Israel, 33 Warga Palestina TerlukaJakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya 33 warga Palestina terluka akibat bentrok dengan polisi Israel di sekitar jalur yang digunakan untuk pawai Yahudi di Yerusalem Timur pada Selasa (15/6) waktu setempat.
AFP melaporkan bahwa bentrokan itu terjadi ketika polisi Israel berupaya mengusir warga Palestina dari jalur pawai Yahudi agar tak memicu gesekan.

Polisi Israel dilaporkan memblokir jalan, melemparkan granat setrum, dan menembakkan peluru busa untuk mengusir warga Israel dari jalur pawai. Akibat bentrokan itu, 33 warga Palestina terluka dan 17 orang lainnya ditahan.

Kepolisian Israel memang sudah sempat melarang pawai Yahudi ini pada pekan lalu karena rencana rute arak-arakan yang dikhawatirkan dapat memicu bentrok dengan warga Palestina.

Baca juga: Israel Gempur Gaza, Balas Serangan Balon Api Palestina
Namun, Benjamin Netanyahu sebagai perdana menteri yang masih menjabat saat itu, mengizinkan pawai dengan rute sesuai kesepakatan polisi dan penyelenggara pawai.

Setelah pemerintahan bergulir ke tangan Naftali Bennett pada Minggu (13/6), Israel tetap mengizinkan pawai itu berjalan.

Ribuan warga Israel pun memulai pawai tersebut sejak Selasa pagi dengan mengibarkan bendera kebangsaan melintasi jalur arak-arakan di Yerusalem Timur.

Mereka menari dan bernyanyi di plaza yang terletak di depan Gerbang Damaskus, lokasi di mana komunitas Palestina kerap berkumpul.

"Lihat bendera kami. Hidup dan penderitaan," teriak seorang peserta pawai melalui pengeras suara yang ia bawa.

Pawai ini merupakan bagian dari festival Hari Yerusalem, yaitu perayaan Israel mencaplok Yerusalem Timur dalam perang 1967.
Pencaplokan ini tak diakui oleh komunitas internasional karena kawasan tersebut masih menjadi sengketa dengan Palestina.

https://www.cnnindonesia.com/interna...estina-terluka
profile-picture
37sanchi memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di