CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tanggung Jawab Konten Kreator Masa Kini, Bukan Hanya Sekedar Cuan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c98169d9470506732fbd0c/tanggung-jawab-konten-kreator-masa-kini-bukan-hanya-sekedar-cuan

Tanggung Jawab Konten Kreator Masa Kini, Bukan Hanya Sekedar Cuan

Konten kreator di masa kini memang bukanlah sesuatu yang asing lagi ditengah menjamurnya berbagai media sosial yang bisa memanjakan banyak orang. Konten kreator menjadi sebuah profesi menjanjikan di masa kini dan menjadi alternatif bagi sebagian orang dalam meraih keuntungan. Tak heran bila saat ini berbagai jenis konten kreator menjamur di mana-mana entah itu dalam konten kreator tulisan maupun konten kreator video.
Tanggung Jawab Konten Kreator Masa Kini, Bukan Hanya Sekedar Cuan

Credit : indozone.id

Banyaknya konten kreator masa kini tentu bisa membawa dampak positif tersendiri dimana konten yang dihadirkan bukan hanya sekear konten itu-itu saja seperti yang dihadirkan oleh televisi sebelum boomingnya media sosial. Setiap orang terutama penonton bisa memilih konten-konten favoritnya dan bahkan bisa menjadi pendukung seorang konten kreator layaknya seperti artis layar kaca yang memiliki banyak penggemar. Tak heran para konten kreator pun terkadang memiliki fans atau follower yang tak sedikit seperti para artis yang sudah terkenal sebelum-sebelumnya.

Namun dibalik banyaknya konten kreator tersendiri tentu banyak keprihatinan yang muncul dimana para konten kreator ada membuat konten yang tidak berfaedah seperti konten prank yang merugikan orang lain seperti kasus prank sampah yang sempat viral di tahun lalu. Bukan hanya itu saja, tak jarang konten-konten click bait dan juga kurang berbobot seringkali digemari banyak orang. Hal inilah yang terkadang konten-konten tak berfaedah menjamur di mana-mana.
Tanggung Jawab Konten Kreator Masa Kini, Bukan Hanya Sekedar Cuan

Credit : hipwee.com

Belum lagi dengan konten kreator yang mengajak-ngajak bisnis ilegal tentunya ini menjadi sebuah ironi seperti contoh kasus alimama palsu dan jd union. Hanya demi sebuah cuan seringkali menggadaikan hati nurani dan janganlah heran bahwa banyak orang awam yang menjadi korban bisnis scam atau bisnis money game karena bujuk rayu konten kreator yang mereview bisnis yang katanya menguntungkan namun nyatanya bisnis penipuan dan juga bisnis yang berpotensi kerugian. Padahal sudah semestinya seorang konten kreator itu mempromosikan bisnis yang benar dan juga memberitahukan bisnis ilegal yang harus dijauhi, bukan malah mempromosikan bisnis ilegal yang mungkin merupakan bisnis penipuan atau bisnis yang merugikan. Tak hanya itu saja, terkadang konten kreator juga mengendrose produk-produk yang belum jelas manfaatnya dan mungkin berbahaya untuk masyarakat umum.

Melihat fenomena yang terjadi, hal ini sudah semestinya diperhatikan oleh setiap konten kreator untuk bisa menjadi teladan yang baik untuk para penontonnya. Tanggung jawab konten kreator masa kini itu lebih penting dibanding mengedepankan cuan namun berpotensi dampak negatif untuk orang banyak. Konten kreator sudah semestinya punya tanggung jawab yang besar dan tak asal buat konten. Apalagi berkaitan dengan bisnis ilegal tentunya jangan sampai dipromosikan ke banyak orang dengan iming-iming pasti untung yang aslinya mungkin merugikan banyak orang.
Tanggung Jawab Konten Kreator Masa Kini, Bukan Hanya Sekedar Cuan

Credit : ytimg.com

Teruntuk para konten kreator, jangan asal buat konten. Jangan terlalu fokus pada cuan atau endrose semata namun juga libatkan nurani dalam membuat sebuah konten agar bisa membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain. Demikian tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan diolah dari berbagai sumber (via internet)
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caduceus22 dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Harusnya seperti itu gan, namun namanya manusia dengan sifat nya masing-masing, pasti ada saja yang nggak peduli dengan hal tersebut, terpenting bisa mendapatkan banyak cuan. Terutama yang hanya mencari popularitas secara instan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strezzmannn dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Seru nih content creator yg saling serang kek gini gan 😂
profile-picture
profile-picture
diehard57 dan tafakoer memberi reputasi
Ya begitulah enak dan gak enaknya jadi konten kreator.. secara gk langsung mereka udah dianggep jadi artis, jadi tiap tindak tanduknya bakal selalu disorot oleh netijen..
profile-picture
mudokons memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Wow ujung ujungnya duwit emoticon-Cool
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Menurutku sih masalah utamanya pasar Gan atau peminat. Konten kayak mereka menjamur karena minatnya masih banyak. suka saling hujat dan suka buat konten hal yang kontroversi. Bukan searah dr konten kreatornya. kualitas konten merupakan implikasi dari pembuat dan penikmatnya.emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strezzmannn dan 4 lainnya memberi reputasi
Tanggung jawab kita semua gan, baik para konten kreator, termasuk kita para penikmat konten buatan mereka.

Kalau memang mau yg muncul konten2 yang positif, ya konten2 yang click bait jangan diclick. Kreator-kreator yang negatif, ya silahkan di-unsubscribe bahkan direport. Sebaliknya mereka yang kontennya bagus, ya disubscribe-lah.

Sementara para konten kreator, juga saling berlomba untuk menghadirkan konten yang bermutu.

Ketika kedua2nya jalan, ane yakin yang hadir ya yang bermutu.

Kalau kita sebagai penikmat masih suka judul click bait dan konten ga mutu; ya naif kalau berharap konten kreator yang ada bakalan secara konsisten berusaha menghadirkan konten yang positif dan berguna.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strezzmannn dan 6 lainnya memberi reputasi
profile-picture
icecool87 memberi reputasi
konten kreator sekarang tuh gue liat selalu menghalalkan segala cara.. mulai dr kisah sukses dapet omset ratusan juta sampe bikin konten horor dengan hantu boongan, atau gelut bareng dukun... SINTINGemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan Nevareth memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
GA SETUJU ama ts!!

Untuk konten siskaee itu berfaedah sangat taukk
emoticon-Cool
Konten kreator punya nurani? Ada tho?

Bapaknya mati aja d jadiin konten, itupun msh dlabeli makhluk beriman...
Anak mati dalam kandungan djadiin konten, kl cuannya kl d beliin beras apa masih bs nelen ga tuh?

Nurani bs dtuker ama cuan gan...

emoticon-Cape d...
profile-picture
strezzmannn memberi reputasi
Diubah oleh jazzcoustic
anything you can do for fortune and fame. cuman miris aja kalo kontennya gak bawa good influence, karena they are influencer kan.
yang penting adsense gan, plg byk sih berbau 18+ biar laris manis
Konten yutuber masa kini, rata2 tujuan utamanya, eh visi n misi nya ya.... Yg terpenting bs eksis duluan di medsos, kalo bs, eksis trus setiap hari nya.....mslh ttg kualitas isi nya sih bs hny no 2 3 4 yg kesekian, yg no 1 adlh kuantitas video nya saja, gan.....
profile-picture
strezzmannn memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Org kurang berpendidikan ya menonton acara begituan... itu sebab pendidikan sangat penting. Org pintar ya menonton tontonan yang berkualitas
Tanggung jawab orangtua mendidik dan mengawasi anak

Tanggung jawab entertainer ya menghibur

Tanggung jawab tenaga pendidik ya mendidik

Manusia di indonesia sudah merdeka at least dalam memilih tontonan untuk pribadi dan keluarga masing2
Sekarang kebanyakan konten konten prank gitu
Seminggu lalu nonton podcastnya cold ones narsumnya streamer belle delphine yang jual air mandi tahun lalu.

Dan belle delphine bilang gini "saya melakukan ini mumpung masih 20an tahun dan saya nggak akan melakukannya lagi di 30an tahun"

Kesimpulannya. Konten kreator punya motif tertentu terutama soal target ekonomi mereka dan Kita sebagai penonton harus bisa cerdas memfilter apa yang mau ditonton.
Gk kisah konten apa, asalkan jgn konten prank...emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) Winboons
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di