CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Mamalia /
Mengenal Fungsi Gading Gajah yang Panjangnya Bisa Sampai 6 Meter!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c97b7152e8a512b10b3831/mengenal-fungsi-gading-gajah-yang-panjangnya-bisa-sampai-6-meter

Mengenal Fungsi Gading Gajah yang Panjangnya Bisa Sampai 6 Meter!

Mengenal Fungsi Gading Gajah yang Panjangnya Bisa Sampai 6 Meter!

Selain memiliki belalai yang panjang, salah satu hal yang juga menjadi ciri dari hewan bernama gajah adalah gadingnya. Yap! Gajah memiliki gading berwarna putih susu dengan bentuk yang meruncing pada bagian ujung dan terletak di sisi kanan dan kiri belalainya. Eitss, meskippun gading merupakan salah satu ciri khas gajah, tapi tidak semua gajah memiliki gading loh.

Mungkin banyak yang berpikir kalau gajah memiliki gading dengan ukuran panjang dan berat yang sama. Tapi nyatanya ga selalu sama loh, tergantung dari jenis gajah itu sendiri. Gajah Afrika, biasanya memiliki gading dengan ukuran panjang 6 meter dan beratnya sekitar 50 pon atau 23 kilogram. Sedangkan gajah asia memiliki ukuran gading yang lebih pendek, tidak sampai 6 meter, dan untuk beratnya pun lebih ringan ketimbang berat gading gajah afrika.

Nah, Agan dan Sista kan biasanya hanya tau gading gajah yang terlihat oleh mata saja kan? Tepatnya bagian yang diluar rongga tengkorak gajah tersebut. Padahal, nyatanya gading yang terlihat oleh mata tidaklah sepenuhnya, karena sepertiga bagian gading lainnya tertanam dalam rongga tengkorak gajah tersebut, GanSis. Untuk strukturnya sendiri, gading gajah memiliki tekstur yang keras. Untuk strukturnya, pada bagian ujung gading gajah tersebut terdapat rongga yang berlubang.

Mengenal Fungsi Gading Gajah yang Panjangnya Bisa Sampai 6 Meter!

Oh iya, ngomong-ngomong soal gading gajah, kalian tau ga sih apa sebenarnya gading gajah itu? Dan fungsinya seperti apa?

Jadi, gading gajah bisa juga dibilang gigi yang dimilliki oleh gajah. Tapi gading ini merupakan gigi seri besar yang dimiliki gajah. Saking besar ukurannya, sampai menonjol keluar dari mulut sang gajah. Eitss, meskipun letak gigi ini di luar mulurnya, tapi akar giginya tetap beraad di dalam mulutnya kok.

Sama dengan gigi gigi yang lainnya, gading gajah juga dilapisi oleh enamel. GanSis tau ga apa itu enamel? Jadi, enamel merupakan bahan padat berwarna putih dan keras, yang berfungsi untuk melindungi gigi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, gading merupakan gigi gajah, jadi gading pun dilapisi oleh enamel, GanSis.

Mengenal Fungsi Gading Gajah yang Panjangnya Bisa Sampai 6 Meter!

Tapi sebenarnya apa sih fungsi utama dari gading? Kalau gigi kan jelas fungsinya untuk mengunya, tapi kalau gading kan ada di luar mulut, bagaimana bisa digunakan untuk mengunyaj?

Sebenarnya, inti fungsi utama dari gading gajah adalah untuk membantu gajah melakukan aktifitasnya sehari-hari, mulai dari mengambil air di sungai, mengupas kulit kayu pohon untuk dimakan, dan melindungi diri dari musuh. Selain itu, gading juga berfungsi untuk melindungi belalai ketika gajah sedang makan, dan juga sebagai tempat gajah meletakkan belalainya saat ia sedang lelah.

Banyak banget kan fungsi dari gading gajah?

Yap! Pastinya sih membantu banget untuk gajah tersebut, tapi sayangnya banyak orang ga bertanggung jawab yang memburu gajah untuk mengambil gadingnya.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
toinxx08 dan 2 lainnya memberi reputasi
kasian gajah yg gak punya gading dong.. gak punya tempat bersandar buat belalainya kalo capek.. wkwk
Dijual aja
informatif jg gan, kirain gading ny cmn buat pajangan.
Penting banget bagi gajah fungsinya, suka sebel sama pemburu yang ngambil gadingnya
Sebel sama orang2 yg ga punya hati ngeburu gading gajah untuk dijual. Padahal gading itu sangat membantu untuk gajah
Iya gan miris.. gading gajah cuma dibuat pajangan rumah saja.. jangan sampe deh gajah punah
ane suka nih berbagai bentuk gading gajah, apalagi gajah purba, bisa bermacam2 bentuknya, ada yang 4 buah, ada yang hampir lurus menghadap bawah emoticon-Big Grin
ane juga punya gading gand...
Kasian gajah ya kalau ga punya gading.. Fungsinya banyak.. Yuk stop berburu gading gajah
Kok ya ada ada aja manusia tuh suka memburu gajah buat diambil gadingnya ya emoticon-Frown


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di