CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Mulai tanam tanaman ini kelak wilayah kamu tidak akan kekeringan air
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c969ebc2cd2c5b743ba0de/mulai-tanam-tanaman-ini-kelak-wilayah-kamu-tidak-akan-kekeringan-air

Mulai tanam tanaman ini kelak wilayah kamu tidak akan kekeringan air

Assalamualaikum Wr. Wb

Berbicara tentang investasi, apalagi terkait dengan lingkungan hidup di masa depan pastilah kebanyakan tentang recycle reuse barang yang memang sudah tercipta. tidak ada salahnya bagus juga untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

Ibarat investasi uang katakanlah kita perlu modal untuk menjadi "bibit" yang kita tanam di saham atau lainnya. Nah untuk alam kenapa tidak kita terapkan, kita tanam bibit sesungguhnya untuk masa depan kita ,anak cucu kita. Saya rasa ini impactnya akan lebih terasa berkelanjutan. Apa contohnya

Quote:



Menanam pohon beringin.

Siapa disini yang tidak mengenal pohon beringin? Pohon yang menjadi simbol sila ketiga di pancasila ini mempunyai gambaran fisik yang sangat besar dan menakutkan bagi beberapa orang. Namun para pendiri bangsa juga tidak sembarangan memakai pohon beringin sebagai salah satu simbol di sila ke tiga yang berbunyi persatuan indonesia. 


Selain itu menanam pohon beringin mempunyai banyak manfaat baik secara mitos maupun sudah dibuktikan dengan ilmu pengetahuan, seperti menciptakan udara sejuk, membuat udara gersang menjadi lembab, kerimbunannya membuat teduh, akar pohon beringin bisa menyimpan dan menyerap air lebih banyak, sehingga bisa menjaga dari banjir dan longsor paling penting tentu dengan terserapnya air yang banyak membuat pohon beringin menjadikan sekitarnya sumber air.


Quote:



kenapa harus beringin? karena beringin masih dikenal pohon angker jadi teman teman tidak perlu khawatir pohon ini akan ditebang oleh orang/ pembalakan liar, karena para pembalak ini takut akan keangkerannya, mau dirasukin genderuwo apa kalau berani nebang.

Berbeda jika agan sista menanam pohon yang punya nilai ekonomis tinggi dan tidak terkenal angker pasti akan ditebang suatu saat nanti jika membutuhkan uang.

Jadi pohon beringin ini merupakan solusi jangka panjang yang tepat ramah lingkungan dan bermanfaat bagi banyak orang, karena sekali lagi air bisa menjadi sumber masalah sosial di suatu daerah, bahkan negara. 

Berikut adalah bukti jika pohon beringin mampu memberikan sumber air

Spoiler for beringin dan sumber air kolam alami:


Spoiler for beringin dan empang alami:


Spoiler for sudah mulai berjalan penghijauan dengan beringin sebagai prioritas:

Spoiler for bisa menjadi tempat wisata:


Modal yang dikeluarkan pun tidak banyak cukup bibir beringin dan lahan saja, tentu berpuluh tahun kedepan akan menjadi manfaat yang besar tidak hanya pada diri sendiri namun juga alam lingkungan hidup sekitar. Hanya saja memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merasakan impactnya. Tapi seperti tema kali ini namanya juga investasi, kalau mau langsung jadi itu "beli" namanya bukan "investasi ".

Maka dari itu perlahan mulai saya investasi penanaman pohon ini di lembah dan lereng pegunungan dekat rumah saya karena kalau musim kemarau sangat susah sumber air dulunya.

Spoiler for bibit ane nih beli 10ribu perbibit:


sekian dari saya semoga bermanfaat

Sumber referensi dan gambar

Pengalaman pribadi dan disini


Mulai tanam tanaman ini kelak wilayah kamu tidak akan kekeringan air
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BOTAKGILA1 dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bayuep
Halaman 1 dari 3
tanaman ini tidak ramah bangunan gan, akar nya sangat kuatemoticon-Takut
kalau sebuah taman perkebunan ok lahemoticon-Jempol
karena ruko saya bocor karena tanaman ini, akarnya masuk ke beton, positif nya lt bawah nya rooftop tidak kekurangan air, selalu netesemoticon-Ngakak


Quote:


ya gan, harus mulai dari diri sendiri
Pdahal air itu sumber kehipudan dan sangat penting, tp emang banyak orang yang kaya ga peduli dengan itu
Quote:

iya gan mari ditanam
Quote:


kalau ditanam dari kcil gak angker gan,,


Wah ternyata ya pohon beringin bisa jadi sumber air yak.. Baru tau nih ane
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Pohon angker nih biasanya hahah
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Mantap.. tetangga ane nanam pohon beringin inii..
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ow...baru tau ane...hmmm...ok....
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pantesaannn pasti di tempat wisata air selalu ada pohon beringin..
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mitos pohon beringin tuh sperti itu yaa, ada cerita certia angkernya gitu
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
sampe skrg d tmpat ane aj pohon beringin slalu d kaitkan dengan mistis dan ad penunggu nya ganemoticon-Takut
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ga tahu ya...setiap ngomongin pohon beringin, kesannya horor dan angker, pohon beringin yang ane pernah lihat tinggi...tapi foto thread atas beringinnya kelihatan pendek dan rimbun,,kayak bonsai raksasa.
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
HT Sesepi ini
ane gak pernah liat rumah yg dipekarangannya ditanami pohon beringin.. hehe kebanyakan di alun alun atau di mata air yg ada..
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bermanfaat
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emang harusnya kita udah mulai sadar untuk mulai menanam dan memperbanyak pohon terutama di ibukota biar gapanas terusssemoticon-Hammer
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bener juga yak.
Orang orang gak berani nebang beringin wkwk
Takut diculik juga gan kalo dulu
emoticon-Ngakak
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mohon info, klo pohon beringin akarnya itu bs ngerusak bangunan disekitarnya kah?

profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jadi inget sama. Laporan koran kompas, ndi salah satu daerah nusa Tenggara ada 1 desa yg punya peraturan lingkungan, di desa tersebut ada semacam kolam mata air yg gak pernah kering nah kebetulan di foto kolam tersebut berdiri banyak pepohonan salah satunya beringin yg paling dekat tepian kolam tersebut.
profile-picture
bayuep memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di