CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c94ac3c7b850182e6dae5e/warteg-dan-burjo-nasibmu-kini-di-mata-generasi-z

Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z


Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z

[ HT# 739 ]

Anak 80-90an tentu mengenal apa itu warteg singkatan dari warung tegal dan burjo aka dari bubur kacang ijo. Tempat makan masyarakat menengah yang biasanya berupa warung nasi berlokasi di pinggir jalan.

Warung tegal dan burjo era 80-90an menjadi idola masyarakat dan tumbuh subur dihampir setiap jalan kampung hingga saking tenarnya pernah naik derajat warteg masuk kelas menengah atas di lokasi yang nyaman.

Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z

Kedua usaha ini keberadaannya pun sangat solid dan kekeluargaan, mereka memiliki persatuan dan pengurusan manajemen yang cukup rapih ala konvensional. Pemilik usaha biasanya satu kampung atau satu daerah.

Kegiatan yang pernah terliput oleh media cetak kala itu adalah setiap pemilik usaha mengadakan mudik bersama gratis, menyewa beberapa bus dengan satu tujuan pulang kampung, membangun ekonomi desa, mensejahterakan warganya dan meng haji kan orang tuanya. Bahkan tidak sedikit pemilik usaha ini memiliki rumah mewah dan megah karena usaha makanan siap saji ini tumbuh subur di kota kecil hingga kota besar.

Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z

Sajian atau masakan ala rumahan yang bervariasi dan lengkap membuat perut lapar semakin bergairah untuk duduk berlama, ngopi, atau sekedar mencandai mbak manis si penjaga warung saat itu.

Menu favorit saya di warteg biasanya sayur jamur, tempe orek, teri kacang, oseng kerang, ikan sotong, kangkung, bandeng goreng, ayam goreng, sayur empela ati, gulai ayam, kerupuk udang.

Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z

Jika di burjo selain buburnya tentu saja paket internet lengkap (ind0mi spesial plus sawi, bakso, kadang susu kental) yang rasanya ter-enak sedunia, pasti beda dengan buatan di rumah sendiri.

Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z

Ya, warteg dan burjo saat ini seperti mati suri, seolah berhenti berinovasi karena memang menu yang mereka sajikan adalah menu rumahan yang memang tidak lagi bisa di modifikasi baik sajian maupun rasanya. Padahal soal rasa sangat homy, inget masakan emak di rumah.

Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z

Warteg dan burjo yang dulu terlihat banyak tumbuh di hampir setiap pasar tradisional, jalan kampung dan ramai dilalui kendaraan kini seolah mulai meredup keberadaannya. Warung mereka seolah tenggelam oleh arus zaman dan kalah modern dibanding tampilan toko atau usaha sejenis.

Lihat saja berapa banyak pengunjung yang datang, tidak lagi berduyun-duyun mengantri untuk makan disana. Kalaupun pas ramai biasanya hanya sesaat saja di waktu yang kadang sulit di tentukan.

Kalau dulu pelanggannya dari usia remaja hingga orang tua datang dan makan disini tapi sekarang remaja ataupun generasi Z hampir tidak mengenal apa itu warteg dan burjo. Untuk makan mereka tinggal pesan online bahkan merasa kurang nyaman duduk makan berlama disana.

Yup, generasi saya dan terdahulu makan pakai tangan, sambil angkat satu kaki saja berasa makin nikmat!

Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z

Sedikit miris sih memang keberadaan dan nasib warteg dan burjo saat ini, generasi muda atau Z lebih mengenal menu dan selera ala kebaratan dan ketimuran ala Korea dan Jepang.

Salah satu contohnya saya alami sendiri, keponakan saya lebih menyenangi makanan ala Korea dan Jepang yang rata-rata tidak mengenyangkan dan nama-nama menu yang rumit untuk diingat ini setidaknya bagi saya karena saya berprinsip sebagai pribumi sejati : kalau belum pakai nasi belum MAKAN namanya.



Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z

Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z

Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z

Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel  
Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z



profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 59 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 10
Ayoooo ke warteg dan burjo emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dauarra dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kayaknya warteg cuma ada di jakarta sama jabar aja ya,soalnya pas aku jalan2 di sumbar yg ada warung makan masakan padangemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
foxyyy dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Pandemik terkutuk ini emang bikin rontok usaha restoran, apalagi model warung pinggir jalan yang menurut beberapa orang kurang "higienis"..
Warkop dan burjo, yang nongkrong pasti para kaum yang bodo amat sama makanan sehat.. gorengan, rokok, mi instan..

Padahal enak banget itu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
erwhyienzst dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
wait kebaratan dan ketimuran? kalo menurut istilah budaya, negara kita masih dianggap budaya timur

btw ane kurang demen mie rebus ala-ala warung gitu rasanya terlalu nyampur, mie rasa apapun dibikin ala warung jadinya berasa generik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fathur394 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Burjo madura juawara emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bdgkotakembang dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan

Warteg dan Burjo saudara ane banyak generasi Z-nya gan.

Soalnya pake hotspot.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crot113 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Burjo pake ketan hitam enak banget gan emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crot113 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
ane dulu sering mampir burjo krn anak kos makanan emang kurang higienis tapi mau gimana nyari makanan lain juga terbatas kalo malam hari, yg ada harus makan mie rebus di kos.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crot113 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
mari kita lestarikan warteg dan burjo, tempat nongkrong nya anak kuliahan kala itu
jadi teringat masa masa masih di kost an kan emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crot113 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Maen" TS ke ciputat dan tangsel.. anak" nya masih doyan di warteg ma warkop sambil canda tawa tanpa liat hape
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crot113 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
di Jogja dulu burjo jadi alternatif tempat mengganjal lapar di tengah malam karena buka 24 jam & harga makanannya terjangkau. Tapi sekarang burjo udah punah, warungnya ganti jadi warmindo (kayaknya karena bubur kacang ijo udah ngga dijual lagi di situ), cuma ada mie instan dan kopi sachet emoticon-Turut Berduka
Burjo asli Kuningan sangat legendaris di masa jayanya dulu....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crot113 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Kok ga relate ya. Justru di wilayah gua yg jajan di stand makanan asing gitu jamet kampung. Mereka yg katanya anak anak muda hits malah banyak yg nongkrong di warmindo, yaaaa walopun sebelum kesana nongkrong di kafe dulu sih.
profile-picture
profile-picture
crot113 dan Gailham memberi reputasi
Diubah oleh UnKillMaster
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
I miss burjo hahahaha
profile-picture
iskrim memberi reputasi
MAKA NYA BUKA LAH WARTEG DAN BURJO DI LUAR NEGERI JANGAN CUMA NGOMONG WAE
Gak semua mati suri sih, di kantung-kantung mahasiswa masih banyak juga kok yang operasi. Bentar lagi kuliah tatap muka juga bakal buka lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
idankdong dan 2 lainnya memberi reputasi
klo dah hidup dijakarta WARTEG IS THE BEST buat yang mau irit
profile-picture
iskrim memberi reputasi
semarang terpantau masih rame gan...
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Mangan rujak sek emoticon-Leh Uga

Warteg dan Burjo Nasibmu Kini Di Mata Generasi Z
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Diubah oleh 0raurus
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Harus ada pasang hotspot biar ikut jaman gan.... emoticon-Ngacir
profile-picture
iskrim memberi reputasi

Tim Warteg

Ane tetep demen Warteg & burjo, walau lebih sering mkn di warteg karna di kota ane jarang ada burjo. Mari kita lestarikan kembali budaya warteg & burjo
emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di