CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ini Dia, 5 Film Animasi yang Mendidik untuk Ditonton Bareng Sama Anak!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c88a7ea0a1342c580fd3bd/ini-dia-5-film-animasi-yang-mendidik-untuk-ditonton-bareng-sama-anak

Ini Dia, 5 Film Animasi yang Mendidik untuk Ditonton Bareng Sama Anak!

Ini Dia, 5 Film Animasi yang Mendidik untuk Ditonton Bareng Sama Anak!

Di zaman modern ini, ada banyak banget ya film yang bisa dinikmati oleh para pecinta film, termasuk film animasi. Nah, tapi untuk agan dan sista yang kebetulan sudah punya anak, mungkin bingung nih untuk memilih film kalau mau ajak anak nonton. Hari ini, ane balik lagi dengan thread rekomendasi ane, dan kali ini ane mau kasih enam film animasi yang menurut ane bagus banget untuk ditonton bareng sama anak-anak. Ada apa aja sih? Langsung aja, yuk!

Inside Out (2015)


Ini Dia, 5 Film Animasi yang Mendidik untuk Ditonton Bareng Sama Anak!


Film pertama adalah film animasi yang diproduksi sama Pixar Animation Studios yaitu ‘Inside Out.’ Film yang satu ini bercerita tentang lima emosi dasar yang berada di dalam setiap manusia yaitu bahagia, sedih, marah, takut dan jijik. Film ini menggambarkan kelima emosi tersebut bekerja sama di dalam otak manusia untuk menciptakan setiap letupan emosi dan menjaga agar kehidupan kita bisa tetap berlangsung dengan normal.

Film ini memperlihatkan perubahan emosi yang dirasakan oleh tokoh anak dalam film tersebut yang bernama Riley. Bagaimana dia menghadapi perubahan lingkungan dan perubahan-perubahan lain yang ada disekitarnya. Kelima emosi tadi berperan besar dalam kehidupan Riley sehari-hari.

Film ini mengajarkan kepada anak tentang emosi-emosi yang mendasar dalam diri setiap manusia, dan memperkenalkannya kepada mereka dengan cara yang menyenangkan. Alur cerita yang mudah dipahami, orang tua bisa menjelaskan kepada anak, apa yang terjadi jika kita sampai kehilangan salah satu emosi tersebut, dan bagaimana kelima emosi itu memang harus ada dan membentuk harmoni di kehidupan setiap orang.

Warna setiap karakter emosi yang mencolok juga memudahkan orang tua untuk menjelaskan setiap karakter emosinya loh. Keren deh pokoknya!

The Lion King (1994 & 2019)

Ini Dia, 5 Film Animasi yang Mendidik untuk Ditonton Bareng Sama Anak!


Film klasik yang satu ini tentunya wajib banget masuk ke dalam list hari ini, ya! Dibuat pertama kali di tahun 1994 dan kemudian di remake pada tahun 2019, ‘Lion King’ bisa dibilang selalu berhasil buat masuk ke berbagai generasi yang ada.

Bercerita tentang Simba, seorang putra dari raja hutan sekaligus pimpinan dari kelompok singa, Mufasa, lewat film ini agan dan sista bisa mengajarkan putra dan putrinya untuk melawan rasa takut dan bagaimana caranya bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat. Ada pula pesan dimana Mufasa menekankan peristiwa sebab-akibat pada Simba. 

Gak cuma itu, film ‘Lion King’ juga mengajarkan tentang persahabatan tanpa pandang bulu, dimana Simba yang merupakan seekor singa, bersahabat dengan seekor babi hutan dan seekor meerkat. Oh iya, tentunya film ini pun punya pesan bahwa semua semua kejahatan pasti akan kalah dengan kebaikan.

Coco (2017)


Ini Dia, 5 Film Animasi yang Mendidik untuk Ditonton Bareng Sama Anak!



Film berikutnya adalah film yang tayang di tahun 2017, ‘Coco’. Film ini adalah salah satu film animasi yang berani menampilkan pesan akan kehilangan seseorang dalam hidup kita dengan cara yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Bercerita tentang seorang anak bernama Miguel yang bermimpi menjadi seorang musisi, tapi keluarganya menentang keinginan itu karena punya trauma dengan seorang musisi. Miguel kemudian mencari tahu asal usul trauma ini dan berujung pada masuknya dia ke dalam dunia setelah kematian. 

Di sana, dia bertemu dengan banyak orang, termasuk leluhurnya sendiri. Dalam film ini, Miguel beberapa kali diminta untuk menyerah akan mimpinya, tapi dia menolaknya. Ini bisa gansis manfaatkan untuk mengajarkan kepada anak untuk terus memperjuangkan impian mereka, apapun yang terjadi.

Dari film ini juga, agan dan sista bisa mengajarkan anak tentang betapa pentingnya sebuah keluarga dan sebagai manusia, kita harus selalu bisa memaafkan dan tidak ada kata terlambat untuk memberikan pengampunan terhadap orang lain, meskipun orang tersebut sudah tidak ada lagi di dunia.

Selain itu, film ini pun mengajarkan bagaimana seorang anak mengatasi perpisahan dan jangan sampai kehilangan setiap momen dalam hidup hanya karena takut untuk bermimpi.

Jangan sampai lupa nonton, ya!

Zootopia (2016)


Ini Dia, 5 Film Animasi yang Mendidik untuk Ditonton Bareng Sama Anak!


Film selanjutnya adalah film ‘Zootopia.’ Film yang satu ini bercerita tentang seekor kelinci bernama Judy yang baru saja lulus dari akademi kepolisian. Alih-alih ditempatkan dengan tugas yang serius, Judy malah diberikan tugas sebagai polisi yang menjaga parkir karena potensinya diremehkan. Judy diremehkan hanya karena dia merupakan seekor kelinci oleh pimpinannya, Chief Bogo. 

Semuanya berubah setelah dia bertemu dengan Nick, rubah merah yang bekerja sebagai seorang penipu. Mereka berdua lalu memecahkan sebuah kasus luar biasa, loh!

Dari film ini, agan dan sista bisa mengajarkan pada anak agar tidak memandang seseorang hanya dari fisiknya saja. Kalian juga bisa mengajarkan bahwa impian itu harus diusahakan dan dikejar, tapi bukan berarti ketika kita sudah meraihnya, lalu perjalanan kita selesai dan semuanya menjadi mudah. Kerja keras tetap dibutuhkan meskipun semua keinginan kita sudah terwujud, agar kita bisa tetap mempertahankan apa yang kita miliki.

Selain itu, anak juga bisa belajar untuk memiliki pemikiran yang terbuka dalam menyikapi suatu hal. Jaman sekarang, masih banyak orang yang berpikiran sempit. Dari film ini, agan dan sista bisa menjelaskan bagaimana cara untuk bersikap dengan baik kepada seseorang dan menghargainya.

Lilo & Stitch (2002)


Ini Dia, 5 Film Animasi yang Mendidik untuk Ditonton Bareng Sama Anak!


Satu lagi film klasik yang wajib banget ditonton bareng sama anak kalian nih, gan sis! Yes! ‘Lilo & Stitch’ tentunya gak boleh lepas dari radar! 

Bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Lilo yang tinggal dengan kakaknya. Suatu hari, Lilo bertemu dengan makhluk aneh yang menyerupai anjing, yang kemudian dia adopsi dari tempat adopsi anjing, lalu dia beri nama ‘Stitch.’ Awalnya, bukan hal yang mudah buat Stitch beradaptasi dengan lingkungan barunya bersama Lilo.

Dia juga sering dicap nakal karena tanpa sengaja membahayakan Lilo atau membuat kegaduhan. Namun, seiring berjalannya waktu, Lilo dan Stitch rupanya saling membutuhkan dan jadi akrab satu sama lain. Satu kata yang benar-benar legendaris dari film ini adalah ‘Ohana’ yang berarti ‘Keluarga.’ Kata ini diucapkan oleh Lilo pada Stitch yang sudah dia anggap sebagai keluarganya sendiri.

Dari film ini, agan & sista sekali lagi bisa mengajarkan kepada anak betapa pentingnya sebuah ikatan keluarga. Karena, keluarga adalah salah satu ikatan yang tak akan pernah bisa diputus begitu saja. Tapi, keluarga juga bukan hanya bisa dibangun oleh mereka yang memiliki hubungan darah. Keluarga bisa dibentuk dari ikatan persahabatan kita dengan orang lain.

Film ‘Lilo & Stitch’ juga memiliki pesan agar jangan takut untuk jadi berbeda. Karena, perbedaan bisa menjadi sesuatu yang membuat kita unik. Film ini mengajarkan pentingnya peran keluarga dalam proses tumbuh kembang seseorang, agar bisa menerima dirinya sendiri secara utuh.

Nah itu dia deretan film animasi yang sarat akan makna dan cocok untuk ditonton bersama dengan putra dan putrinya gansis! Kalo sudah nonton, paling suka yang mana? Boleh juga kasih rekomendasi di kolom komentar, ya!



profile-picture
profile-picture
profile-picture
edelweis111 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane sukak COCO...
Ini Dia, 5 Film Animasi yang Mendidik untuk Ditonton Bareng Sama Anak!
Ini Dia, 5 Film Animasi yang Mendidik untuk Ditonton Bareng Sama Anak!
Secara umum Gw lebih suka film anak2, banyak pelajarannya.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane yang udah bapak2 nonton coco malah kayak nyesek sendiri

pesan nya memang ngena banget bahwa memaafkan dan mengutamakan keluarga

sama satu lagi film the book of life hampir sama kayak coco tetapi lebih ke mengejar impian nya menjadi musisi dan ada bagian kehidupan setelah kematian juga
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
semuanya dah ditonton bareng 2 emoticon-Baby Girl ane

kecuali zootopia semuanya bikin emoticon-Mewek karena intinya tentang keluarga
Kok semua filem disney. Doraemon dan Ninja Hatori mana?

emoticon-Om Telolet Om!
Ane nonton Coco nangis sesenggukan emoticon-Mewek
Otw bikin anak dulu gan emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane cuma pernah nonton Lion King aja, hehe. Selain itu cuma tahu filmnya aja tapi nggak nonton
udah nonton semua.. dan semua buatan disney.. ehehe tp emang ciri khas film animasi buatan disney ya begitu.. selalu mudah dicerna dan punya pesan diakhir ceritanya..
Coco palingggg favorit, sampe ane nonton ulang2 dan ga ngeboseninnnn
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
pengen sih ajakin anak ane nnton, tp anak ane lbh tertariknya nnton coco mel*n ganemoticon-Matabelo
Seru film nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abysou dan 2 lainnya memberi reputasi
Coco bagus banget sih pesan moralnya, mana filmnya juga sedih
Thanks infonya


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di