CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ngeri, Viral Boneka Jerami Menari Tanpa Manusia Ternyata Praktik Voodoo di Afrika
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c7f20ba60ab25ee17dec48/ngeri-viral-boneka-jerami-menari-tanpa-manusia-ternyata-praktik-voodoo-di-afrika

Ngeri, Viral Boneka Jerami Menari Tanpa Manusia Ternyata Praktik Voodoo di Afrika

Ngeri, Viral Boneka Jerami Menari Tanpa Manusia Ternyata Praktik Voodoo di Afrika
Pernah melihat boneka jerami menari tanpa peran manusia?
Ini dia uniknya tradisi Vodoo di Afrika


Voddo, pasti Agan dan Sista sudah tidak asing dengan istilah tersebut.
Kita sering kali melihat sebuah film atau cerita yang mengangkat Vodoo di dalam kisahnya, dimana di dalam fipm tersebut Vodoo merupakan sebuah ilmu hitam yang berkaitan erat dengan santet dengan media boneka dan ritual-ritual mistis.

Namun apakah Agan dan Sista tahu apa sebenarnya Vodoo tersebut?
Faktanya Vodoo adalah merupakan cabang-cabang dari sebuah tradisi keagamaan spiritis-anamis yang berkembang di tengah masyarakat Afrika dan berasal dari leluhur bangsa Afrika Barat.

Vodoo sendiri terlahir di Negara Benin, salah satu Negara kecil di benua Afrika bagian barat yang memiliki luas wilayah 114.763 kilometer persegi dengan jumlah penduduk lebih kurang lebih 16 juta orang. Di sinilah tempat lahir agama Vodun yang mempercayai roh leluhur sebagai pemberi kehidupan dan keberkahan.

Hampir 60 persen masyarakat Benin menganut Vodun sebagai agama Nasional, dimana mereka menyembah leluhurnya dengan berbagai macam tradisi dan ritual.


Ngeri, Viral Boneka Jerami Menari Tanpa Manusia Ternyata Praktik Voodoo di Afrika
sumber gambar

Salah satu bentuk tradisi dari masyarakat Benin, Afrika dalam merayakan kepercayaan agama mereka yaitu dengan mengadakan sebuah festival besar setiap satu tahun sekali yang jatuh pada tanggal 10 Januari setiap tahunnya GanSis.
Festival Vodoo adalah bentuk rasa syukur masyarakat sekaligus pemberian kurban persembahan pada roh leluhur dan pemberian upeti pada penyihir terkuat di wilayah tersebut.

Pada setiap perayaan festival Vodoo ini selain masyarakat yang beragama Vodun para wisatawan pun juga datang untuk menyaksikan kemeriahannya GanSis.
Pengunjung festival diperkirakan mencapai 10ribu orang menghadiri festival Vodoo setiap tahunnya.

Acara festival Vodoo ini diadakan dengan penuh khidmat melalui serangkaian acara, mulai dari upacara penyembelihan kambing untuk persembahan arwah, suara iringan musik, nyanyian masyarakat, tarian tradisional yang diwarnai dengan nuansa mistis penari yang kerasukan roh leluhur, dan yang paling unik dan aneh adalah tarian jerami.

Kenapa dapat dikatakan aneh?
Sebab pada pertunjukan tarian ini sebuah boneka jerami besar akan menari dengan sendirinya tanpa ada bantuan manusia melainkan digerakan oleh roh leluhur yang akan menunjukkan berbagai macam atraksi tarian.

Di bawah ini pertunjukannya!


Spoiler for Tarian Jerami Vodoo:


Tarian jerami Vodoo ini merupakan salah satu tarian tradisional dari masyarakat Benin GanSis.
Dimana boneka Vodoo besar dengan sendirinya akan menari mengikuti suara musik dan lagu yang dibawakan masyarakat, lari kesana kemari dan beratraksi layaknya seorang manusia tengah menari.

Aneh memang GanSis, namun seperti itulah faktanya.
Penyihir terkuat akan membacakan doa dan melakukan sebuah ritual pada sebuah patung atau boneka yang kemudian boneka-boneka jerami akan bergerak dan menari, konon menurut kepercayaan masyarakat boneka jerami tersebut bergerak karena ada roh leluhur yang masuk ke dalamnya.

Wah sangat unik ya GanSis tradisi dan kebudayaan dari masyarakat Benin Afrika ini.
Jarang sekali kita temui tradisi ini di luar benua Afrika, bahkan saking tersohornya Vodoo banyak orang yang mempelajari atau sekedar mengenal tentang Vodoo ini GanSis.

Oke itulah tadi GanSis sekilas informasi seputar tarian jerami Vodoo Afrika yang tengah hangat diperbincangkan oleh warganet.
Semoga thread ini menambah wawasan dan pengetahuan Agan dan Sista semua.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.


Ngeri, Viral Boneka Jerami Menari Tanpa Manusia Ternyata Praktik Voodoo di Afrika

Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & referensi
1, 2, 3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
edelweis111 dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
emoticon-Matabelo bonekanya gerak sendiri
profile-picture
aldo12 memberi reputasi
emoticon-Cape d... serem ya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hiiiiiiii serem amat, boneka bergerak sendiri begitu...
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
pein666 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
semacam trik sulap kah
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Liat siang gitu dah serem, palagi tengah malem
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ko iso ya, apakah ada strings atau memang ntu ya emoticon-Takut
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Itu serem bnget, prgerakannya kayak ada orang d dlemnya emoticon-Takut.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
di sana mereka bersahabat dengan para hantu.. menari bersama..
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalo di kita mah bambu gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dalamnya orang itu. gitu aja kok bingung dan takut. macam tak berpendidikan ajaemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontenksuri dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh whimsical
Lihat 35 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 35 balasan
mungkin ada orangnya itu di dalem jerami.. kasian sih kalu emang ada, pasti panas banget emoticon-Bingung
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
itu dalem boneka jerami ada jarumnya, ketusuk dia makanyaa joget2 kesakitan bre
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Wah ngeri juga ya...praktek mistis seperti itu. Takutnya kalau malah tidak terkendali.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Untuk Atheist yang selalu bicara Ilmiah.....waktu dan tempat di persilahkan....

emoticon-Traveller
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh shotgunBlues
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
afrika sangat menghormati arwah leluhur
banyak praktek sihir dan ilmu hitam disana
dan semua butuh pengorbanan emoticon-Takut
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo padahal gak ada

Quote:

emoticon-Matabelo hok o gan, bukan hantu tapi leluhur

Quote:

emoticon-Matabelo nah iya bener

Quote:

emoticon-Ngakak mana orangnya?

Quote:

emoticon-Matabelotapi kayaknya gak ada
profile-picture
maleo.pejuang memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak mosok iya sih gan

Quote:

emoticon-Matabelo masih bisa dikendalikan kok gan

Quote:

emoticon-Ngakak monggo

Quote:

emoticon-Matabelobener banget itu gan
namanya kumpo dance, itu di dlm jerami ada orangnya gan, cuma katanya penari kumpo ini dalam kondisi trance atau ga sadar

ada juga yg bener2 jerami doank, tapi ga sampe jumpalitan kyk ini, cuma gerak2 monoton kyk bambu gila aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masnukho dan 2 lainnya memberi reputasi
2021 masih prcaya setan aja..

itu dalemnya org bree.. ada yg nyusup aja mas dukunnya ngasih mantra.. secara kan mereka "item" nyaru ama bayangan bree.. jd ga ketauan dah emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
masnukho dan gondalgandhoel memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mirip tapi atraksi debus yg bikin bilik bs melayang-layang lebih horor, gan.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di