CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Sejarah Kerajaan Salakanegara "Leluhur Suku Sunda" [Kerajaan Pertama di Nusantara]
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c7c29726784a64950c2ff1/sejarah-kerajaan-salakanegara-quotleluhur-suku-sundaquot-kerajaan-pertama-di-nusantara

Sejarah Kerajaan Salakanegara "Leluhur Suku Sunda" [Kerajaan Pertama di Nusantara]

Sejarah Kerajaan Salakanegara "Leluhur Suku Sunda" [Kerajaan Pertama di Nusantara]

Quote:


Dikutip dari

Salaka Nagara (130 M - 362 M)

Pendiri Salakanagara, Dewawarman yaitu duta keliling, pedagang sekaligus perantau dari Pallawa, Bharata (India) yang sekalinya menetap karena menikah dengan puteri penghulu setempat. Yang mana di ceritakan, Dewawarman pertama kali menginjakan kakinya di Bumi Nusantara ini, sekitar tahun 120 Masehi, yang kemudian menetap dan menikah dengan salah seorang putri penguasa Dukuh Pulosari, yang letaknya dikawasan Cihunjuran, daerah pesisir Gunung Pulosari saat ini.

Aki Tirem penguasa Dukuh Pulosari yang memiliki putri kinasih bernama Nyi Pwahci Larasati, ketika itu dijodohkan oleh ayahnya pada Dewawarman, yang kemudian Padukuhan yang letaknya di pesisir Gunung Pulosari tersebut, sepeningal Aki Tirem diserahkan kekuasaanya pada Dewawarman. Hingga selanjutnya Padukuhan yang semula kecil tersebut, dimekarkan menjadi sebuah kerajaan, bercorakan Hindu.

Sebuah kerajaan yang dibangun dari Padukuhan Pulosari itu, oleh Dewawarman diberi nama Salakanagara, yang berarti “Negara Perak” dan memiliki nama ibu kota Rajatapura. Letaknya berada di daerah sekitar Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang-Banten saat ini. Dimana kurang lebih 38 tahun kepemimpinan Dewawarman, kerajaan yang berdiri pada tahun 130 Masehi tersebut, tumbuh dan berkembang menjadi sebuah komunitas masyarakat, yang beragama dan berbudaya Hindu-Pallawa.

Sejarah Kerajaan Salakanegara "Leluhur Suku Sunda" [Kerajaan Pertama di Nusantara]

Dewawarman pertama kali berkuasa di Kerajaan Salakanagara, yakni pada tahun  130 Masehi, yang kemudian meninggal pada tahun 168 Masehi, dan tahta kerajaan itu pun, dilanjutkan oleh putranya yang bernama Prabu Digwijayakasa Dewawarmanputra, atau lebih dikenal dengan julukan Dewawarman II (168-195 M).

Rajatapura adalah ibukota Salakanagara yang hingga tahun 362 menjadi pusat pemerintahan Raja-Raja Dewawarman (dari Dewawarman I – IX). Kerajaan Salakanagara berdiri selama 232 tahun, tepatnya dari tahun 130 Masehi hingga tahun 362 Masehi.

Yang selanjutnya, Salakanagara pun berkembang menjadi sebuah kerajaan besar, dengan membawahi kerajaan-kerajaan kecil di Tatar Jawa.

Dari daerahnya di pesisir barat pulau Jawa ke wilayah timur, jika dimaknai dari penamaannya, Negara "Salaka" mungkin saja daerah ini kemudian menjadi penamaan untuk Gunung Salak hingga saat sekarang, sebagai tanda batas timur dari sebuah Kerajaan bernama Salaka Nagara atau Negara Salaka, sebagai batas dari Kerajaan Tarumanagara yang akhinya terbentuk kemudian, di wilayah timurnya.

Sejarah Kerajaan Salakanegara "Leluhur Suku Sunda" [Kerajaan Pertama di Nusantara]

Kerajaan-kerajaan kecil dibawah kekuasaan Kerajaan Salakanagara

Setelah Kerajaan Salakanagara terbentuk, kemudian mulailah terbentuk beberapa kerajaan-kerajaan kecil lain yang berada disekelilingnya, mereka berkoalisi, yang mana diantaranya bisa jadi bermula dari seorang sesepuh yang dituakan atau yang berpengaruh, pemuka agama atau tuan tanah, hingga dari keturunan Raja Dewawarman sendiri.

Beberapa kerajaan kecil di sekitarnya ini, akhirnya berhasil bergabung dengan Kerajaan Salakanagara dan sekaligus menjadi daerah kekuasaannya pula. Kerajaan-kerajaan tersebut memiliki julukan atau sebutan sebagai "Mandala" yaitu kerajaan atau daerah bawahan,

Situs Peninggalan Kerajaan Salakangera "Situs Cihunjuran Pandeglang"

Sejarah Kerajaan Salakanegara "Leluhur Suku Sunda" [Kerajaan Pertama di Nusantara]

Situs Cihunjuran, berada di Kampung Cihunjuran, Desa Cikoneng, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang. Pada lokasi terdapat sebuah arena pemandian yang biasa digunakan warga untuk berwisata. Lokasi ini juga telah ditetapkan sebagai objek wisata di Kabupaten Pandeglang. Area pemandian dibentuk berupa kolam, air yang ada di dalamnya masih jernih. Tidak hanya itu, di bagian kolam juga terdapat bebatuan. Kolam ini dikelilingi pepohonan yang membuat suasana sekitar menjadi sejuk.

Sejarah Kerajaan Salakanegara "Leluhur Suku Sunda" [Kerajaan Pertama di Nusantara]

Beberapa jejak sejarah yang ditemui di lokasi tersebut berupa menhir, batu berlubang, lumpang batu, pipisan dan sejumlah pecahan gerabah dan keramik ditemukan. Jejak ini terkonsentrasi pada sekitar mata air pada sebuah tebing sebelah utara Gunung Pulosari, Kabupaten Pandeglang. Kepingan itu menandakan bahwa di tempat ini pernah ada satu kehidupan zaman dahulu.


Spoiler for Membahas Fakta Uncle SAM = Sultan Abdul Mufakir?:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atamlee dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh penikmatsenja06
Halaman 1 dari 3
Ada bukti prasasti atau catatan tertulis lain dari kerajaan Salakanegara?
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
jadi leluhur gw orang india ?
hmmmm
oke d
profile-picture
profile-picture
profile-picture
repack07 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kalo uncle sultan abdul mufakir om🥺
profile-picture
profile-picture
akutenshi dan renofizaldy memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Urang Pandeglang hadir di thread HT

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-2 Jempolemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
bdgkotakembang dan fahmyfaqih memberi reputasi
Diubah oleh andrerain5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Zaman emas nusantara di buddha hindu.
Dan kehancuran di masa kependudukan ideology timur tengah




emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Yg mana dulu nieh

Cempak emoticon-excited cus juga asalnya dari timur tengah emoticon-Christmas
profile-picture
aan1984 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Berarti aing teh turunan ras arya atuh nya? emoticon-Leh Uga
profile-picture
bdgkotakembang memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bukannya yang pertama itu Kutai gan (4 M) 😗
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Mantap nih
Ternyata leluhur orang Sunda ya dari India juga yah
Pantesan manis dan ayu
emoticon-Genit
Gila, kerajaan pertama tahun 130 masehi, sebelum itu di nusantara seperti apa ya
Suka penasaran dgn sejarah sebelum abad pertengahan di nusantara
profile-picture
bdgkotakembang memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Umur kerajaan2 msh di perdebatan yah.
Bukti bukti jg minim.

Kasihan buku sejarahnya.
Di buku pelajaran nggak disebutin ya kerajaan ini emoticon-Matabelo
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baru tau guee.
profile-picture
sarfaraaz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Berarti tua banget ini kerajaan ya... Seingat gw waktu belajar sejarah dl disekolah, kita didoktrin kalau kerajaan samudera pasai itu kerajaan yg paling pertama di Indonesia....
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
berdasarkan asal muasal berdirinya kerajaan-kerajaan di Indonesia dahulu oleh para pendatang, jelaslah bahwa sejatinya tidak ada yang bisa mengklaim sepenuhnya sebagai pribumi indonesia. karena pada dasarnya mayoritas adalah pendatang dari tempat lain kemudian dan beranak-pinak hingga saat ini.

jadi tidak perlu sombong dan angkuh klaim diri sebagai pribumi dan orang lain adalah pendatang semua.

sama-sama pendatang kok. cuma beda masa kedatangannya.

emoticon-2 Jempol emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bukan kaleng-kaleng dan bukti kalau sistem kerajaan itu adalah sistem gagal di penghujung hari emoticon-Matabelo
profile-picture
secer memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wah mantab. Ninggalin jejak dulu. Bacaan menarik
Sunda Empire emoticon-Coolemoticon-Swiss
profile-picture
benche87 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah malah baru tau ini, di sekolah kok gak pernah denger ya apa gue nya aja waktu itu lagi bolos
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di