CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bisakah Ganjar Menang Pilpres 2024 Tanpa PDIP? SMRC Bilang Begini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c5fd663272b957cd6960db/bisakah-ganjar-menang-pilpres-2024-tanpa-pdip-smrc-bilang-begini

Bisakah Ganjar Menang Pilpres 2024 Tanpa PDIP? SMRC Bilang Begini

Bisakah Ganjar Menang Pilpres 2024 Tanpa PDIP? SMRC Bilang Begini

Jakarta - Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menakar peluang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024 tanpa dukungan PDIP. Hal ini menyusul isu PDIP kemungkinan akan mencalonkan Prabowo berpasangan dengan Puan Maharani.

SMRC awalnya memaparkan hasil analisis pemilih tiga calon teratas, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, tanpa menyertakan pemilih PDIP. Responden dalam survei ini ditanya 'Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden di antara nama berikut?'. Hasil survei menunjukkan Ganjar Pranowo unggul dibandingkan dua kandidat lainnya tanpa pemilih PDIP.

"Ganjar mendapat dukungan terbanyak 35,5% disusul Prabowo 30,8% dan Anies Baswedan 25,5%. Yang belum tahu 8,4%" kata peneliti SMRC Saidiman Ahmad dalam rilis survei SMRC partai politik dan calon presiden: Sikap pemilih pasca 2 tahun Pemilu 2019, Minggu (13/6/2021).


Kemudian, SMRC juga memaparkan peluang Ganjar memenangkan Pilpres 2024 apabila diusung partai lain selain PDIP. Hasilnya, Ganjar kemungkinan mendapat dukungan paling banyak dari PKB sebesar 68%, Partai Demokrat sebesar 40% serta partai non-parlemen dan yang belum memutuskan mendukung partai mana.

"Ganjar juga mendapat suara cukup baik dari pemilih Golkar (36%), hanya sedikit di bawah Prabowo dari pemilih Golkar (41%). Ganjar juga mendapat suara lebih baik dari pemilih Nasdem dibanding Anies," jelasnya.


Tak hanya itu, Saidiman juga memaparkan Ganjar unggul dalam kelompok pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi sebesar 43,9%. Sedangkan kandidat lainnya, Prabowo dan Anies, justru unggul di kelompok yang tidak puas dengan kinerja Jokowi.

Survei digelar pada 21-28 Mei 2021 dengan melibatkan 1.220 responden yang dipilih secara random (acak) dan diwawancara secara tatap muka. Margin of error penelitian adalah ± 3,05% pada tingkat kepercayaan 95%.

https://news.detik.com/berita/d-5604...004.1609585657
profile-picture
profile-picture
profile-picture
minhakim20 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 2
Jangan ngarep lah tanpa pdip menang
Tapi menurut gw nih orang kotor juga, krn politikus pdip, bukan kaya jokowi yg bukan politikus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan valkyr9 memberi reputasi
Ane harap Ganjar - RK

tapi kelihatannya RK bakal jadi cawapresnya Anis deh emoticon-Big Grin

Kita lihat saja nanti di 2023
profile-picture
profile-picture
toni.toni.kk dan valkyr9 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ganjar kalau nyapres juga pasti jadi kadrun juga.

Joko aja yg petahana lawan capres abadi prabowo ajah.
Harus menggaet kyai ma'ruf si pembantai penista agama.

Wkwkkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan 4 lainnya memberi reputasi
di usung PSI dan PKS
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Kalo boleh milih sih, ane bakalan pilih calon diluar partai yg punya integritas.

Kalo masih dr orang2 kepartaian yg ada negara jd autopilot lg. Adem anyep, didikte sama partai. Periode pemerintahan jokowi jg seperti itu diawal2. Dikatain petugas partai lah, kacung partai lah..bla..bla..

Ane pengen ada tokoh yg jiwa kerjanya seperti jokowi, bener2 bekerja untuk negeri. Seperti soeharto dimana partai2 tunduk sama presiden, seperti soekarno dimana jiwa nasionalisnya untuk merangkul segenap rakyat indonesia.

Ane pengen bgt liat negara indonesia ini maju dalam kemajemukan, bukan didikte ama satu golongan, mudahnya diadudomba karena fanatisme berlebihan.

Buat pak ganjar..sorry to say..ane belum liat hasil kerja nya. Ada beberapa sohib ane yg berasal dr jateng. Penilaian mreka sama, belum ada hal yg signifikan yg bisa dibanggakan dr pak ganjar. Atau ada temen2 kaskuser yg bisa bantu pencerahannya untuk prestasi nyata dia di jateng??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Bisa lah klo satria piningit yg dukung
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Ganjar kalo maju jadi lawan berat buat calon oposisi termasuk buat prabowo juga...

Kemungkinan dijegal sama internal PDIP...

Mau maju dari partai lain, bakal d hajar abis dibuka kartuny sama PDIP...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gw sih milih figur yg tidak terlalu ambisius jadi presiden, seperti halnya jokowi dulu.
profile-picture
profile-picture
secer dan valkyr9 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kayaknya ganjar ga ada prestasi di jateng walau udah 2 periode
profile-picture
profile-picture
selldomba dan valkyr9 memberi reputasi
golkar mau ngusung airlangga demokrat ngusung AHY
gerindra ngotot gabung PDIP

ganjar yg ngusung siapa ? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
selldomba dan valkyr9 memberi reputasi
Pilih puan prabowo atau airlangga. ketahuan dalangnya
ngga lagi deh sama wayang atau petugas partai kayak anies rk ganjar. cuman dijadiin tameng dan pencitraan bagi dalang pengusungnya
profile-picture
profile-picture
selldomba dan valkyr9 memberi reputasi
Demokrasi adalah pesta rakyat jadi rakyat lah yang akn menetukan siapa yg mnjd plihannya.
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Jadi gini Ganjar merapat ke pkb

lalu puan dari pdip duet ganjar pkb


asli kagak ada lawan coyyy

emoticon-Cool
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Ngimpi dah
profile-picture
profile-picture
selldomba dan valkyr9 memberi reputasi
Ini kan sebelum di serang bajer..
Liat aja ntar emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
selldomba dan valkyr9 memberi reputasi
Asal bukan anis
Asal bukan puan
Asal bukan jagoan pks

Ane sih gitu aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wenz_ad dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
tantangan berat ini mah. SBY ama Jokowi aja ga bisa lepas dari partai pengusung
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Suara ku kali ini untuk Pak Ganjar.
Jawa harus selalu jadi pemimpin Indonesia. emoticon-Angkat Beer
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Puan Maharani?
profile-picture
profile-picture
selldomba dan valkyr9 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di