CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Komentari Foto Jokowi Takziah, Noval Assegaf: Haram Hukumnya Mendoakan Mayit Kafir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c4d8b5e01c6867b0439add/komentari-foto-jokowi-takziah-noval-assegaf-haram-hukumnya-mendoakan-mayit-kafir

Komentari Foto Jokowi Takziah, Noval Assegaf: Haram Hukumnya Mendoakan Mayit Kafir

Komentari Foto Jokowi Takziah, Noval Assegaf: Haram Hukumnya Mendoakan Mayit KafirSuaraBatam.id - Pengamat politik yang juga aktif di media sosial Noval Assegaf mengkritik foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang nampak tengah berdoa di depan jenazah istri Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Elisye W.

Ia lantas mempertanyakan apa yang dilakukan Presiden Jokowi di depan jenazah Elisye lantaran nampak seperti tengah berdoa. Ia juga mengaitkannya dengan hukum mendoakan mayat orang kafir.

Dalam potret yang diunggah tersebut, Jokowi nampak mengenakan kemeja putih tengah berdiri di depan jenazah Elisye W. Noval Assegaf melalui akun Twitter-nya pada Jumat (11/6/2021) lantas menuliskan pertanyaannya.

Sebelumnya, ia sempat menanggapi pertanyaan seorang netizen pengguna Twitter AkhdanZiyaad yang mengunggah foto Jokowi itu.

Akun netizen tersebut mempertanyakan apakah muslim boleh mendoakan jenazah non-muslim kepada Noval.

“Bukankah tidak boleh muslim mendoakan jenazah non muslim. Apakah ini dibenarkan pak de NovalAssegaf?” tanya netizen AkhdanZiyaad melansir Terkini.id (jaringan Suara.com).

Menanggapi pertanyaan tersebut, ia lantas menjelaskan apabila muslim takziah ke non-muslim selama tidak ada ritual agama dalam acara itu maka hal tersebut diperbolehkan.

“Takziah ke non muslim boleh selama tidak pada atau ada ritual agamanya,” tulis Noval Assegaf.

Namun demikian, ia menggaris bawahi, beda halnya jika muslim mendoakan jenazah non-muslim yang disebutnya dengan istilah kafir.

Menurut Noval Assegaf, perbuatan yang dilakukan Jokowi tersebut hukumnya haram berdasarkan ketentuan Al Quran dan Ijma.

"Mengenai mendoakan pada non muslim meninggal Imam Nawawi rahimahullah mengatakan: ‘Adapun menyalati dan mendoakan mayit kafir, agar diampuni dosanya, hukumnya HARAM berdasarkan ketentuan Alqur’an dan Ijma’,” ujarnya.

https://batam.suara.com/read/2021/06...t-kafir?page=2

Begitu mudahnya mengharamkan tanpa tau doa yg di lakukan JKW apa...
Allah maha besar,maha tau dan maha bijak.
Anda jgn berlaku wakil Tuhan di dunia.emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh samsol...
Halaman 1 dari 5
Apa pun yang dilakukan si joko harus salah, haram, dosa, zalim, munafik, dll.

Yang paling benar adalah baginda yang maha kuasa reject sarap dan yang maha kudus anoes setan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
z3f dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Komentari Foto Jokowi Takziah, Noval Assegaf: Haram Hukumnya Mendoakan Mayit Kafir

emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
yang punya kunci surga mah bebas ngomong apa juga, manusia suci tanpa cela gitu loh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Apa apa haram... Gila aja. Namanya saling mendoakan kok diharamkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yaudah... Gpp, yang meragukan keislaman jokowi kan mereka-mereka juga.
Yang jadi masalah biasanya kalo abis nge harom-haromin gini junjungan mereka gak taunya ngelakuin juga. Tapi mereka mingkem...
Jadi inget waktu ngeharom-haromin muslim masup gerejong. Eh junjunganya malah masup gerejong... Berasa dilempar tai gak tuh?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mendoakan hal yg baik saja diharamkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ribet emoticon-EEK! ngakak aja emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indra.69 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kesian bener jadi wiwi..apa yg d lakukannya salah dan harom melulu...beda sama si aboed yg sowan terus ke tempat ibadah sebelah, trs ngundang ustad di sono..ehh si ustad yg d hujat netinjing

Tanya kenapa??? emoticon-Leh Uga
Pasti d bilang cebongers nih gwemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh elefana
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
pentingnya org beragama hrs berilmu, biar ga bentar2 ngomong tapir, haram
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


ane udah ricek dan cek emoticon-Malu

Hampir semuanya mengatakan haram apabila mendoakan pengampunan.
Nah yg jdi masalah.
Apakah JKW itu berdoa ttg pengampunan atau cuman gimmick saja sebagai Presiden menghormati yg menterinya yg sedang berduka.
Hanya JKW dan Tuhan yg tauemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
udah jadi mayat aja masih difitnah, emang gila ini setan emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
carbon. dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Coy ..., pernah lihat 'nggak filmnya G30S-PKI dimana mayat jendral dicemplungin ke sumur ?
Orang mati tak punya hak untuk protes ...
Sama kayak kasus nisan harus dipenggal di Jateng (?) ...
Yang dipenggal bagian atasnya, padahal itu adalah simbol dari ...............
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bingsunyata
Agama itu seharusnya membuat seseorang yg buruk menjadi baik

Lalu jika ada yg melakukan kebaikan tapi dianggap buruk oleh hukum agama, maka dari situ kita bisa simpulkan yg salah manusiannya apa hukum agamanya

Secara naluri manusia, berdoa berharap seseorang diampuni itu baik atau buruk sudah cukup dijawab saja dalam hati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Komentari Foto Jokowi Takziah, Noval Assegaf: Haram Hukumnya Mendoakan Mayit Kafir

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
carbon. dan 5 lainnya memberi reputasi
Rahmat il alamin katanya tapi ngedoain yang gak seagama haram. Iman koq gak bisa ngembangin kemanusiaan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Saatnya nanti manusia2 munafik yg gemar mengkafirkan seseorang, suka memfitnah akan di balas berlipat2 emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hard_gay dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Apakah orang kni lebih hebat dr pada Tuhan, sehingga lebih tau apa yg ada dihati pak Jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
beragama membuat otak jadi mati
non teis menjalanken kehidupan dengan cara menggunakan rasional
teis menjalanken kehidupan karena perintah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalo doain yang buruk2 ke orang lain haram ga? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
masuk akal juga kalo mereka menolak menghormati bendera dan mendoakan para pahlawan yang juga isinya kafir emoticon-Big Grin

Dibiarkan sama pemerintah kan?
Kurang subversif apa coba pola pikir begini?
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di