KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c45534c46b812089056aa9/mengenal-blackwater-perusahaan-militer-swasta

Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta

Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Blackwater adalah perusahaan militer swasta Amerika yang didirikan pada tahun 1997 oleh mantan perwira Navy SEAL Erik Prince. Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi "Xe Services" pada tahun 2009 dan dikenal sebagai "Academi" sejak 2011 setelah perusahaan tersebut diakuisisi oleh sekelompok investor.

Perusahaan ini menerima ketenaran pada tahun 2007, ketika sekelompok karyawannya membunuh 17 warga sipil Irak dan melukai 20 di Nisour Square, Baghdad , di mana empat penjaga dihukum di AS, tetapi kemudian diampuni pada 22 Desember 2020 saat itu oleh Presiden AS Donald Trump.

Blackwater menyediakan layanan keamanan kepada pemerintah federal Amerika Serikat berdasarkan kontrak. Sejak tahun 2003, kelompok tersebut telah memberikan layanan kepada Central Intelligence Agency. Pada tahun 2013, anak perusahaan Blackwater menerima kontrak sekitar $92 juta untuk penjaga keamanan Departemen Luar Negeri.

Pada tahun 2014, Blackwater menjadi divisi dari Constellis Group bersama dengan Triple Canopy dan perusahaan keamanan lainnya yang merupakan bagian dari Constellis Group sebagai hasil akuisisi.

Blackwater USA (1997)
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Blackwater USA dibentuk pada tahun 1997, oleh Al Clark dan Erik Prince di North Carolina , untuk memberikan dukungan pelatihan kepada organisasi militer dan penegak hukum. Dalam menjelaskan tujuan Blackwater, Prince menyatakan: "We are trying to do for the national security apparatus what FedEx did for the Postal Service". Setelah bekerja dengan tim SEAL dan SWAT, Blackwater USA menerima kontrak pemerintah pertamanya setelah pemboman USS Cole di lepas pantai Yaman pada Oktober 2000.

Pusat pelatihan dibuka (1998)
Prince membeli sekitar 7.000 acres (28 km2) rawa luas di perbatasan Carolina Utara–Virginia yang sekarang sebagian besar merupakan suaka margasatwa nasional, dari eksekutif Dow Jones Sean Trotter. "Kami membutuhkan 3.000 hektar untuk membuatnya aman," kata Prince kepada reporter Robert Young Pelton. Di sana, ia menciptakan fasilitas pelatihan pribadinya dan perusahaan kontraktornya, Blackwater, yang ia beri nama untuk air rawa yang berwarna gambut.
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Blackwater Lodge and Training Center resmi dibuka pada 15 Mei 1998 dengan lahan seluas 6.000 hektar, dipimpin oleh J Milam. Fasilitas $6,5 juta. Fasilitas pelatihan terdiri dari: indoor, outdoor, urban reproductions, sebuah danau buatan; dan jalur mengemudi Camden dan Currituck .

Perusahaan mengatakan itu adalah fasilitas pelatihan terbesar di negara ini. Konsep ini tidak sukses secara finansial namun masalah ini teratasi oleh penjualan dari saudara perusahaan tersebut "Blackwater Target Systems".

Perusahaan Keamanan Blackwater (2002–2007)
Jeremy Scahill telah mengklaim bahwa Blackwater Security Company (BSC) adalah gagasan dari Jamie Smith, mantan perwira CIA yang menjadi Wakil Presiden Blackwater USA dan Direktur Pendiri Blackwater Security Company, dia memegang kedua posisi secara bersamaan.

Namun, klaim ini ditolak oleh Prince dan eksekutif Blackwater Gary Jackson yang menggambarkan pemecatan Smith dari posisinya sebagai administrator tingkat rendah untuk "non-kinerja" setelah kontrak 30 hari. Selain itu, Smith telah dituduh semakin memperindah catatan militer dan kontraknya untuk menipu investor di SCG International Risk.

Kontrak pertama (2003–2006)
Tugas pertama BSC adalah menyediakan 20 orang dengan izin rahasia untuk melindungi markas besar CIA dan pangkalan lain yang bertanggung jawab untuk memburu Osama bin Laden.

Blackwater adalah salah satu dari beberapa perusahaan keamanan swasta yang dipekerjakan setelah invasi AS ke Afghanistan. BSC awalnya dibentuk sebagai Delaware LLC dan merupakan salah satu dari lebih dari 60 perusahaan keamanan swasta yang dipekerjakan selama Perang Irak untuk menjaga pejabat dan instalasi, melatih tentara dan polisi baru Irak, dan memberikan dukungan lain untuk pasukan koalisi.

Smith meninggalkan Blackwater untuk memulai perusahaannya sendiri, SCG International Risk, pada tahun 2003. Blackwater juga dipekerjakan selama pasca Badai Katrina oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat untuk melindungi fasilitas pemerintah, serta oleh klien swasta, termasuk komunikasi, petrokimia, dan perusahaan asuransi. Secara keseluruhan, perusahaan menerima lebih dari US$1 miliar dalam kontrak pemerintah AS. Perusahaan ini terdiri dari sembilan divisi dan anak perusahaan, Blackwater Vehicles.

Pada bulan Agustus 2003, Blackwater menerima kontrak Irak pertamanya, kontrak $21 juta untuk Detasemen Keamanan Pribadi dan dua helikopter untuk Paul Bremer, kepala pendudukan AS di Irak.

Pada Juli 2004, Blackwater dipekerjakan oleh Departemen Luar Negeri AS di bawah kontrak payung Worldwide Personal Protective Services (WPPS) Biro Keamanan Diplomatik, bersama dengan DynCorp International dan Triple Canopy, Inc. untuk tujuan menyediakan layanan perlindungan di Irak, Afganistan, Bosnia, dan Israel. Kontrak tersebut berlaku selama dua tahun dan berakhir pada 6 Juni 2006. Kontrak tersebut memberi wewenang kepada 482 personel, dan Blackwater menerima $488 juta untuk pekerjaannya.

Pada tanggal 1 September 2005, setelah Badai Katrina, Blackwater mengirim tim penyelamat dan helikopter untuk mendukung operasi bantuan. Blackwater memindahkan sekitar 200 personel ke daerah yang terkena dampak Badai Katrina, sebagian besar (164 karyawan) bekerja di bawah kontrak dengan Layanan Perlindungan Federal untuk melindungi fasilitas pemerintah, tetapi perusahaan mengadakan kontrak dengan klien swasta sebagai baik. Kehadiran Blackwater setelah Katrina merugikan pemerintah federal $240.000 per hari.

Pada Mei 2006, Departemen Luar Negeri AS memberikan WPPS II, penerus kontrak keamanan diplomatik sebelumnya. Berdasarkan kontrak ini, Departemen Luar Negeri memberikan Blackwater, bersama dengan Triple Canopy dan DynCorp, sebuah kontrak untuk keamanan diplomatik di Irak. Berdasarkan kontrak ini, Blackwater diberi wewenang untuk memiliki 1.020 staf di Irak. Tanggung jawab Blackwater termasuk kedutaan Amerika Serikat di Irak.
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Kepemimpinan
Cofer Black, wakil ketua perusahaan dari 2006 hingga 2008, adalah direktur Pusat Kontraterorisme (CTC) CIA pada saat serangan 11 September 2001. Dia adalah koordinator Departemen Luar Negeri Amerika Serikat untuk kontraterorisme dengan pangkat Ambassador-at-Large dari Desember 2002 hingga November 2004. Setelah meninggalkan layanan publik, Black menjadi ketua perusahaan pengumpulan-intelijen milik swasta Total Intelligence Solutions Inc sebagai wakil ketua Blackwater.

Robert Richer adalah wakil presiden intelijen hingga Januari 2007, ketika ia membentuk Total Intelligence Solutions. Dia sebelumnya adalah kepala Divisi Near East CIA.

Pusat pelatihan baru (2006–2007)
Pada November 2006, Blackwater USA mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi fasilitas seluas 80 acre (32 ha) 120 mil (190 km) barat Chicago di Mount Carroll, Illinois , yang disebut Impact Training Center. Fasilitas ini telah beroperasi sejak April 2007 dan melayani lembaga penegak hukum di seluruh Midwest.

Blackwater mencoba membuka fasilitas pelatihan seluas 824-acre (3,33 km 2 ) tiga mil di utara Potrero, sebuah kota kecil di pedesaan timur San Diego County, California, terletak 45 mil (72 km) timur San Diego, untuk latihan militer dan penegakan hukum. Pembukaan itu menghadapi tentangan keras dari penduduk setempat, penduduk di sekitar San Diego, anggota Kongres setempat Bob Filner, dan organisasi lingkungan dan anti-perang. Oposisi berfokus pada potensi peningkatan kebakaran hutan, kedekatan fasilitas yang diusulkan dengan Hutan Nasional Cleveland , polusi suara, dan penentangan terhadap tindakan Blackwater di Irak.

Sebagai tanggapan, Brian Bonfiglio, manajer proyek untuk Blackwater West, mengatakan: "Tidak akan ada pelatihan bahan peledak dan tidak ada amunisi pelacak. Peluru timah tidak memicu kebakaran." Pada bulan Oktober 2007, ketika kebakaran hutan melanda daerah tersebut , Blackwater melakukan setidaknya tiga pengiriman makanan, air, produk kebersihan pribadi dan bahan bakar generator ke 300 penduduk di dekat lokasi pelatihan yang diusulkan, banyak dari mereka telah terjebak selama berhari-hari tanpa pasokan. Mereka juga mendirikan "kota tenda " untuk para pengungsi. Pada tanggal 7 Maret 2008, Blackwater menarik permohonannya untuk mendirikan fasilitas di San Diego County.

Blackwater Worldwide (2007–2009)
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Pada bulan Oktober 2007, Blackwater USA memulai proses perubahan namanya menjadi Blackwater Worldwide dan meluncurkan logo baru. Perubahan tersebut mengurangi penekanan pada tema reticle, sehingga sedikit menyederhanakannya.

Pada 21 Juli 2008, Blackwater Worldwide menyatakan bahwa mereka akan mengalihkan sumber daya dari kontrak keamanan karena risiko yang luas di sektor itu. Pendiri dan CEO perusahaan tersebut, Erik Prince, mengatakan, "Pengalaman yang kami alami tentu akan menjadi penghambat bagi perusahaan lain mana pun yang ingin masuk dan mempertaruhkan seluruh bisnis mereka."

Xe Services LLC (2009–2010)
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Pada Februari 2009, Blackwater mengumumkan bahwa namanya akan diubah sekali lagi, kali ini menjadi "Xe Services LLC", sebagai bagian dari rencana restrukturisasi seluruh perusahaan. Selanjutnya, ia mereorganisasi unit bisnisnya, menambahkan program tata kelola dan etika perusahaan, dan membentuk komite independen yang terdiri dari para ahli dari luar untuk mengawasi struktur kepatuhan.

Prince mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO pada 2 Maret 2009. Dia tetap sebagai ketua dewan tetapi tidak lagi terlibat dalam operasi sehari-hari. Joseph Yorio ditunjuk sebagai presiden dan CEO baru, menggantikan Gary Jackson sebagai presiden dan Prince sebagai CEO. Danielle Esposito diangkat sebagai chief operating officer dan wakil presiden eksekutif yang baru.

Pada tahun 2009, Prince mengumumkan bahwa dia akan melepaskan keterlibatannya dalam bisnis sehari-hari perusahaan pada bulan Desember, bersama dengan beberapa hak kepemilikanny

Academi (2010–2014)
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Pada tahun 2010, sekelompok investor swasta membeli fasilitas pelatihan Xe di North Carolina dan membangun "Academi", sebuah perusahaan baru, di sekitarnya. Dewan Direksi "Academi" termasuk mantan Jaksa Agung John Ashcroft , mantan Penasihat Gedung Putih dan Wakil Kepala Staf Kepresidenan Jack Quinn , pensiunan Laksamana dan mantan Direktur NSA Bobby Ray Inman, dan pengusaha Texas Red McCombs , yang menjabat sebagai Ketua Dewan. Quinn dan Ashcroft adalah direktur independen, tanpa afiliasi lain dengan Academi.

Pada Mei 2011, Academi menunjuk Ted Wright sebagai CEO. Wright mempekerjakan Suzanne Rich Folsom sebagai kepala peraturan dan kepatuhan dan wakil penasihat umum Akademi. Tim Regulasi dan Kepatuhan Akademik memenangkan Penghargaan Kantor Kepatuhan Korporat Tahun 2012 dari Jurnal Hukum Nasional.

Pada tahun 2012, pensiunan Brigadir Jenderal Craig Nixon diangkat sebagai CEO baru Akademi.

Constellis Holdings (2014–sekarang)
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Penggabungan antara Triple Canopy dan Academi, bersama dengan perusahaan lain yang merupakan bagian dari paket Grup Constellis, sekarang semuanya berkumpul di bawah payung Constellis Holdings, Inc. Transaksi ini menyatukan berbagai perusahaan keamanan termasuk Triple Canopy, Constellis Ltd, Strategic Social, Tidewater Global Services, National Strategic Protective Services, ACADEMI Training Center, dan International Development Solutions.

Pada tahun 2015 enam tentara bayaran Kolombia dilaporkan oleh media lokal dipekerjakan oleh Akademisi tewas di Yaman. Tentara bayaran itu dipimpin oleh seorang komandan Australia yang diyakini telah disewa oleh Uni Emirat Arab untuk memerangi pemberontakan Houthi.

Pada tahun 2016, Ali al-Houthi, mantan Presiden Komite Revolusi, sebuah badan yang dibentuk oleh militan Houthi, melaporkan bahwa rudal Tochka menghantam pusat komando yang dipimpin Saudi di Ma'rib yang mengakibatkan kematian lebih dari 120 tentara bayaran, termasuk 55 orang Saudi(9 perwira), 11 UEA dan 11 komandan asing Blackwater pada 17 Januari serta kerugian materi lainnya.

Juga pada tahun 2016, dua ratus tentara bayaran Sudan dari Blackwater dan komandan mereka Kolonel AS Nicolas Petras tewas di Yaman dalam serangan oleh pasukan Yaman pada 31 Januari dengan rudal Tochka yang berdampak pada berkumpulnya pasukan Saudi di pangkalan militer al-Anad di provinsi Lahij menurut sumber Houthi dan Iran.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Blac...ater_(company)

Diupdate kemudian....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
redrices dan 38 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries4.0
Halaman 1 dari 4
Pusat Pelatihan Amerika Serikat
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Pusat Pelatihan Amerika Serikat (USTC, sebelumnya Pusat Pelatihan Blackwater) menawarkan pelatihan taktik dan senjata kepada militer, pemerintah, dan lembaga penegak hukum.

USTC juga menawarkan beberapa kursus pendaftaran terbuka secara berkala sepanjang tahun, dari pertarungan tangan kosong (kursus eksekutif) hingga keahlian menembak senapan secara presisi. Mereka juga menawarkan kursus mengemudi taktis dan off-road.

Fasilitas pelatihan utama USTC, terletak di 7.000 hektar (28 km 2 ) di timur laut Carolina Utara, terdiri dari beberapa tahap, dalam, luar ruangan, taktik perkotaan, pelatihan di danau buatan, dan jalur mengemudi dari Camden hingga Currituck.

Perusahaan mengklaim bahwa mereka memiliki fasilitas pelatihan terbesar di negara ini. Pada November 2006 Blackwater USA mengumumkan mengakuisisi fasilitas seluas 80 acre (32 ha) 150 mil (240 km) barat Chicago, di Mount Carroll, Illinois, yang disebut Blackwater North. Fasilitas itu telah beroperasi sejak April 2007 dan melayani lembaga penegak hukum di seluruh Midwest. Fasilitas pelatihan telah diubah namanya menjadi "Impact Training Center" dan sekali lagi telah berganti nama menjadi Hollow Training Center.

Pada tahun 2011, Pentagon mengontrak USTC untuk memberikan "dukungan analis intelijen dan pengadaan material" untuk NATO dalam perang narkoba Afghanistan yang sedang berlangsung.

Layanan keamanan laut
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Akademi menawarkan pelatihan taktis untuk unit perlindungan kekuatan maritim. Di masa lalu, ia telah melatih pasukan keamanan Yunani untuk Olimpiade 2004, Komando Laut Angkatan Laut Azerbaijan, dan Kementerian Dalam Negeri Afghanistan.

Fasilitas Akademi termasuk danau buatan, dengan tumpukan kontainer yang mensimulasikan lambung dan dek kapal untuk serangan maritim. Blackwater juga menerima kontrak untuk melatih pelaut Angkatan Laut Amerika Serikat, yang dikelola oleh Jamie Smith, menyusul serangan terhadap USS Cole.

Ia juga membeli kapal setinggi 183 kaki (56 m), McArthur , yang telah dilengkapi untuk tanggap bencana dan untuk pelatihan. Menurut Blackwater USA, fitur "sistem navigasi canggih, komunikasi GMDSS penuh , SEATEL Broadband, ruang komando dan kontrol khusus, dek helikopter, rumah sakit, dan berbagai kemampuan kapal pendukung." McArthur dibangun pada tahun 1966 oleh Norfolk Shipbuilding and Drydock Company dan digunakan sebagai kapal patroli.

Pelatihan Anjing
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Perusahaan melatih anjing untuk bekerja dalam kapasitas patroli sebagai anjing perang, pendeteksi bahan peledak dan narkoba, dan berbagai peran lain untuk tugas militer dan penegakan hukum.

Konsultan keamanan
Blackwater Security Consulting (BSC) dibentuk sebagai Delaware LLC pada bulan Desember 2001 dan merupakan gagasan dari Jamie Smith, mantan perwira CIA yang merupakan Direktur Pendiri serta penjabat Wakil Presiden Blackwater USA.

Perusahaan, yang berbasis di Moyock, North Carolina, adalah salah satu perusahaan keamanan swasta yang dipekerjakan selama Perang Irak untuk menjaga pejabat dan instalasi, melatih tentara baru dan polisi Irak, dan memberikan dukungan lainnya untuk pasukan koalisi.

Perusahaan mulai membantu melatih SEALS dalam pertempuran. Namun, pasca 9/11, tim keamanan sipil dibutuhkan oleh Militer Amerika Serikat.

Sebelum 2001, kontraktor tingkat satu, atau mantan anggota elit, unit pasukan khusus, dipekerjakan dari sekelompok kecil pelamar. Setelah serangan 11 September, Cofer Black, mantan kepala kontra terorisme di CIA, meminta agar pemerintah federal mempekerjakan lebih banyak kontraktor untuk beroperasi di luar negeri. Akhirnya, CIA menyadari bahwa sejumlah besar kontraktor sipil akan dibutuhkan di luar negeri untuk mencapai tujuan yang luas. Pemerintah federal meminta bantuan Blackwater.

Jamie Smith dan wakilnya David Phillips merekrut, memeriksa, dan mempekerjakan tim yang terdiri dari 21 orang. Tim ini kemudian dilatih dan ditempatkan pada proyek Top Secret untuk memberikan perlindungan bagi personel dan fasilitas CIA di Afghanistan. Jamie Smith dan Erik Prince dikerahkan bersama tim ke Afghanistan. Keduanya kemudian dikerahkan ke perbatasan Pakistan sebagai elemen dukungan, dua orang yang memberikan bantuan keamanan di salah satu tempat paling berbahaya. Prince tinggal di sana selama satu minggu dan berada di Afghanistan selama total dua minggu, meninggalkan Smith dan anggota tim lainnya untuk melanjutkan misi.

Pada tahun 2003, perang darat di Irak berubah menjadi misi diplomatik, menuntut ratusan diplomat dan pegawai Departemen Luar Negeri. Pemerintah secara tradisional menangani keamanannya sendiri, tetapi tidak memiliki staf untuk detail perlindungan berisiko tinggi. Oleh karena itu, diperlukan jenis perlindungan yang berbeda, dan Blackwater akan memberikan solusinya. Pendiri Blackwater, Erik Prince, mengatakan bahwa "tidak ada satu pun pegawai Departemen Luar Negeri yang terbunuh saat kami melindungi mereka."

Kontrak publik utama Academi adalah dari Departemen Luar Negeri AS di bawah kontrak payung Worldwide Personal Protective Services (WPPS) Biro Keamanan Diplomatik dan WPPS II, bersama dengan DynCorp International dan Triple Canopy, Inc. , untuk layanan perlindungan di Irak, Afghanistan, Bosnia, dan Israel.


Produk
Sistem Pelatihan Tembak
Academi menyediakan dan memelihara sistem "Shoot House" dan mematenkan sistem pelatihan BEAR multi-target yang dirancang dan dikembangkan oleh perusahaan.

Jim Dehart bertanggung jawab untuk menjaga agar Pusat Pelatihan Blackwater tetap mampu secara finansial hingga pembentukan Perusahaan Keamanan Blackwater oleh Smith.

Cougar (MRAP)
Force Protection Inc pada awal 2005 menyediakan Cougar Security Vehicle (SV) pertama ke Blackwater USA untuk digunakan sebagai kendaraan transportasi bagi pejabat Otoritas Koalisi Sementara AS di Baghdad.

Kendaraan lapis baja Grizzlyly
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
Academi mengoperasikan dan memasarkan kendaraan pengangkut personel lapis bajanya sendiri, Grizzly APC .


profile-picture
profile-picture
widi0407 dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries4.0
Update: 20.6.21 Pelatihan dan Produk.

Terimakasih kritiknya atas terjemahan kasar dari tulisan diatas. Memang saya menggunakan Google translate, karena jika menerjemahkan secara manual akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Dikemudian hari akan saya rapikan kembali.

Sekali lagi Trimakasih atas kritik dan sarannya



____________________
Ide bagus Nih, mungkin ada yg mau membuat Thread "Wagners Group".
Quote:


Sambil kita membiasakan membuat Thread positif untuk meningkatkan minta baca. Stop bermedsos jika hanya untuk saling bully atau hanya untuk mencaci maki, terkecuali anda dibayar untuk hal itu.

UPDATE DIHENTIKAN. TERKECUALI ADA PERMINTAAN AKAN DI LANJUDKAN UPDATE ATAU THREAD PART 2
profile-picture
profile-picture
rickyrickardo dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries4.0
Updatean jga ttg wagners group gan punyanya rusky
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rickyrickardo dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ane punya topinya nih dirumah logo blackwateremoticon-Ngakak
profile-picture
MafTrack memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Menarik sekali
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Rough translation
profile-picture
profile-picture
LordFaries4.0 dan kakekane.cell memberi reputasi
Merryweather kalo di gta5 nehemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalo di novel fantasy, isekai, sword & magic, mereka mirip mercenary atau guild.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apa jadinya kalau mereka disewa oleh musuh Amerika untuk melakukan pemberontakan di Amerika?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dogot dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
Cerita sejarahnya tumpang tindih.. bingung euy
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
the translation could be more polished
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LordFaries4.0 dan 3 lainnya memberi reputasi
Bentar saya ulang lagi bacanya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
pecelganpecel dan kakekane.cell memberi reputasi
tentara outsource.. jadi inget Bourne..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 2pic
Ooh jd organisasi Blackwater itu emg ada yak....
Hmm klo ga slh jg pernah di sebut d film jason Bourne deh
Cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
Ini dia satu2nya private army yg bikin Israel bergetar emoticon-Takut

Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
Mercenary mirip gurkha cuma lebih elit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ridepacker dan 2 lainnya memberi reputasi
Risiko kerjaan kyk gini emang gede...

Kalo lagi sial nasibnya bisa kyk 4 anggota black water yg digantung di jembatan di irak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
Mengenal Blackwater, Perusahaan Militer Swasta


Kalau di MORTAL KOMBAT ada BLACKDRAGON emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kakekane.cell
Yg hobi militer, pen jadi tentara sbg pekerjaan profesional mencari penghasilan coba ndaftar ke situ
emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan yoseful memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
bisnis tentara bayaran dari jaman kerajaan dulu ternyata juga udah ada emoticon-linux2 antara buat jaga tentara cadangan atau kurang personil/kurang terlatih emoticon-linux2
biasanya diisi sama mantan personil militer juga ntah kena masalah disanksi sampe keluar,emg org pshyco,jarang turun ketempat2 konflik, dsb emoticon-linux2
klo disini keluar bermasalah rata2 jadi preman atau gabung ormas emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di