CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Kenapa Di Indonesia Jumlah Bangku Bus Lebih Banyak Di Sebelah Kanan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c3710a1de9c964dc4f3d81/kenapa--di-indonesia-jumlah-bangku-bus-lebih-banyak-di-sebelah-kanan

Kenapa Di Indonesia Jumlah Bangku Bus Lebih Banyak Di Sebelah Kanan?

Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan mengapa jumlah bangku bus lebih banyak  di sebelah kanan.

Kenapa Di Indonesia Jumlah Bangku Bus Lebih Banyak Di Sebelah Kanan?



Ketika melihat sebuah bus ekonomi yang mempunyai konfigurasi seat 2-3, Gansis akan menemukan bahwa bangku bus tersebut lebih banyak di sebelah kanan, dan bukan sebelah kiri.

Sama juga dengan bus-bus Eksekutif dan Super Eksekutif yang mempunyai konfigurasi seat 1-2, Gansis juga akan menemukan bahwa kursinya lebih banyak di sebelah kanan.

Kenapa Di Indonesia Jumlah Bangku Bus Lebih Banyak Di Sebelah Kanan?



Lantas, mengapa lebih banyak di sebelah kanan? Nah, oleh karena ingin menuntaskan rasa penasaran Agan dan Sista, ane bakal menjawabnya di thread ane yang satu ini Gansis.

1. Kepraktisan


Kenapa Di Indonesia Jumlah Bangku Bus Lebih Banyak Di Sebelah Kanan?



Inilah faktor utama kenapa bangku bus di Indonesia lebih banyak di sebelah kanan. Yup, kepraktisan. Di Indonesia, setir kendaraan beroda empat ada di sebelah kanan. Berkendara di lajur kiri.

Otomatis, pintu akan ada di sebelah kiri, bukan sebelah kanan karena memang kendaraan berjalan di sebelah kiri.  Coba lihat gambar dibawah yang menunjukkan konfigurasi seat bus 59 seat yang umum adadi Indonesia.

Kenapa Di Indonesia Jumlah Bangku Bus Lebih Banyak Di Sebelah Kanan?



Yup, bayangkan apabila kursi lebih banyak diletakkan di sebelah kiri. Tentunya, penumpang akan kerepotan untuk masuk dan akses masuk menjadi lebih sempit Gansis.

Oleh karena itu, bus-bus di Indonesia yang menggunakan konfigurasi seat 2-3 dan 1-2 lebih banyak meletakkan kursi di sebelah kanan, karena memang lebih praktis dibanding 2-3 atau 1-2 yang lebih banyak di sebelah kiri.

Kenapa Di Indonesia Jumlah Bangku Bus Lebih Banyak Di Sebelah Kanan?



Walau memang, di masa pandemi Covid-19 seperti ini, bus-bus banyak yang sudah menerapkan konfigurasi seat 1-1-1. Tujuannya tentu adalah, bisa tetap memaksimalkan penumpang di kelas yang cukup tinggi dengan tetap mempertahankan efisiensi dan, hal yang paling penting lagi, social distancing.

2. Jumlah Kursi


Kenapa Di Indonesia Jumlah Bangku Bus Lebih Banyak Di Sebelah Kanan?



Jika kursi lebih banyak di sebelah kiri, setir bus ada di kanan dan mengemudi di lajur kiri seperti Indonesia, tentu jumlah kursi lebih sedikit karena terpotong oleh akses pintu masuk bagian belakang.

Mengapa demikian? Karena akses dari pintu masuk ke gangway, atau area kosong yang biasa dipakai untuk berjalan di tengah bus, akan memotong 1 row kursi di bagian kiri. Tentu, jika ditaruh di bagian kiri, jumlah kursi dalam row yang terpotong itu lebih banyak, kapasitas bus menjadi berkurang.



Agar kapasitas bus lebih banyak, kursi penumpang lebih banyak di sebelah kanan. Jika lebih banyak di bagian kanan, tentu kursi yang terpotong menjadi lebih sedikit dan kapasitas lebih banyak.

Nah, itulah 2 alasan mengapa jumlah bangku bus lebih banyak di sebelah kanan. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 12
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 37 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ulungrinjani
Halaman 1 dari 4
Karena bukan disebelah kiri gan...
Ternyata begitu
Sepi bisnya kak
profile-picture
pecelganpecel memberi reputasi
karena bukan pengikut karl marx
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Krn kiri ada pintu + toilet
Kayaknya semua bus rosalia indah jurusan jogja - lampung pake seat 2-2 deh. Belum pernah dapat yang 2-3 emoticon-Bingung
Pernah sekali naik puspa jaya juga dari lampung ke jogja, seatnya 2-2 juga

PS: itu rosalia indah yang executive plus btw yang selalu ane naikin
Diubah oleh insanw16
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yaaa memang utk efisiensi sih... Klo dI sebelah kiri nya 3 jd akses pintu nya kepotong 3 kursi...
Betul tuh kt TS
Efisiensi nyanya gan, hehe
Paling kesel klau wisata dpt bus yg seat 2-3, kebagian yg di seat 3 pinggir jalan otomatis duduk nya cmn setengah pantat.
Apalagi klau duduk sama tmn yg berbadan besar emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
zimbenk dan Gailham memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Karena kanan jalan kebenaran
Kiri jalan kebathilanemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Baru tau ternyata begitu alasannya, akhirnya bisa tidur nyenyak. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan joe.kenda memberi reputasi
wuih ternyata saya baru tau
Ane naik bus pilih bangku nomor 56 emoticon-Recommended Seller
Kok nggak ada yang 3 - 3?
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Seperti halnya di mobil biasa kebanyakan org duduk belakang supir katanya gak gampang mabuk....
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Biar ga oleng kalo belok kanan
Trit lo sesat dan salah jancok...
Ada penjelasan ilmiah dalam teknik sipil dalam struktur konstruksi jalan. Struktur jalan nggak dibangun asal. Pada bagian tepi jalan ada sudut miring 7 derajat. Tujuannya supaya kalo turun hujan air segera ngalir ke pinggir jalan dan menggenang di tengah jalan. Nah kondisi permukaan yg miring ini untuk kendaraan besar dampaknya signifikan banget terhadap perubahan COG (center of gravity) apalagi pada posisi menikung ke arah kiri. Itu sebabnya saat bus terisi penuh dikondisikan beban ada di sebelah kanan untuk mengimbangi inersia dan perubahan cog supaya bus ga terbalik saat menikung di kecepatan tinggi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
t105erd dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Thanks infonya
dulu kalau naik metromini dengkul selalu kepentok bangku depannya
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Pas bujangan pernah minta sama mbak2 agen bus malam eksekutif : duduk dimana aja asal sampingnya cewek.

Ternyata bener, dapat kursi yg sampingnya cewek :
Ibu muda yg lagi hamil wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di