CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / Games /
Bahaya Game Ini Bikin Anak Jadi Konsumtif!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c36d56759cd165c661ba40/bahaya-game-ini-bikin-anak-jadi-konsumtif

Bahaya Game Ini Bikin Anak Jadi Konsumtif!


Bahaya Game Ini Bikin Anak Jadi Konsumtif!

Saat ini, game merupakan kebutuhan hiburan sehari-hari bagi banyak kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa pun mulai menggandrungi bermain game
offline maupun game online. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari bahwa cukup banyak game yang bisa menimbulkan kecanduan dan juga berpotensi menguras isi dompet kalian. Nah untuk para orang tua, awasi anak-anak kalian dalam bermain game khususnya game untuk mobile dikarenakan selain aksesnya yang mudah kebanyakan game mobile juga gratis. Mungkin gansis akan berpikir "kok game gratis bikin kantong jebol?" Eiiiits jangan salah, justru game-game gratis yang terdapat pada gawai kalian harus diwaspadai. Memainkan gamenya memang gratis namun ada konten-konten yang harus dibayarkan untuk mendapatkannya, seperti kostum, energi, perlengkapan, pahlawan, dan konten-konten lainnya

Mungkin untuk orang dewasa mereka dapat menentukan pilihan dan menerima konsekuensinya tapi tidak untuk anak-anak, mereka tanpa berpikir panjang akan menggunakan cara mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, bisa diambil dari uang tabungan, uang jajan harian, atau kartu kredit/debit/emoney milik orang tua. Oleh karena itu, untuk para orang tua harus memperhatikan game apa yang mereka mainkan. Nih ane kasih beberapa game gratis yang benar-benar menguras kantong jika benar-benar mengikuti kontennya. Cekidot!


Genshin Impact (Free for Mobile, PC, & Console)


Bahaya Game Ini Bikin Anak Jadi Konsumtif!

Game besutan MiHoyo ini memberikan sensasi permainan yang luar biasa sejak awal dirilis, game ini  memberikan sebuah jalan cerita petualangan yang menyenangkan. Tapi setelah menyelesaikan semua quest, itu hanya akan menjadi omong kosong karena pemain diharuskan memiliki beberapa hero yang bisa mengalahkan musuh. Memang game ini gratis namun pembaharuan kontennya berbahaya jika anak menggandrungi game ini, karena para pemain akan tertarik untuk gacha demi mendapatkan hero favoritnya. Perlu ditegaskan gacha adalah sistem dimana tidak ada kepastian entah itu berhasil atau tidak para pemain akan rela mengeluarkan uang demi mendapatkan pahlawan yang mereka sukai.  


Ane sendiri masih memainkan ini dengan baik karena ceritanya benar-benar membuat ane ketagihan dan konten baru terlihat menjanjikan, belum lagi gratis. Tapi ya gitu beberapa musuh bisa dikalahkan dengan hero tertentu sehingga betapa sulitnya jika kita tidak memiliki susunan hero yang mumpuni.

7DS (Free Mobile Game)


Bahaya Game Ini Bikin Anak Jadi Konsumtif!

Waralaba anime maupun manga sering dijadikan bahan untuk adaptasi game. Kali ini yang mau ane bahas adalah serial anime bertajuk Seven Deadly Sins yang bisa gansis akses secara gratis melalui smartphone. Dengan tema RPG, tentu game ini akan mengundang para penggemarnya, dengan hadirnya berbagai macam kesatria tentu memainkan gamenya pun bisa membuat kita tertarik untuk mengoleksi para kesatria dan game ini merupakan game yang sangat amat rajin dalam hal update hero terbaru. Perlu gansis ingat setiap mengikuti jalan cerita yang menarik akan ada hero yang baru juga dirilis, seperti biasa game ini mengharuskan pemain untuk gacha demi mendapatkan hero yang kalian inginkan. Menurut ane game ini memang bisa dimainkan secara percuma namun ada beberapa misi yang tidak bisa diselesaikan jika kita tidak memiliki hero tertentu oleh karena itu game ini termasuk "UUD" Ujung-ujungnya duit hehe.




PABJI-M, Mobile Ledeng, & Pire-Pire (Free Mobile Game)

Bahaya Game Ini Bikin Anak Jadi Konsumtif!

Game di atas merupakan rajanya game di Indonesia yang banyak dimainkan oleh anak-anak melalui smartphone mereka, game tersebut merupakan game gratis yang sangat mengasyikan bila dimainkan bersama teman-teman. Beberapa konten terbaru yang diberikan oleh game tersebut bisa kalian dapatkan dengan menukarkan koin yang bisa didapat dari kemenangan atas misi yang pemain selesaikan atau pemain bisa melakukan jalan pintas dengan cara top-up saldo untuk ditukarkan dengan kostum, barang, atau pahlawan yang pemain inginkan. Nah sebenarnya pemain benar-benar bisa memainkan game ini tanpa harus membeli apapun tapi namanya kalo sudah jatuh cinta mereka akan membeli apapun itu jika menyukainya. Nah ini yang harus menjadi perhatian orang tua untuk mengajari anaknya agar bijak dalam menggunakan uang, tidak ada salahnya jika punya uang banyak bebas untuk menggunakannya namun yang namanya anak kecil juga perlu dibimbing oleh orang tua agar pandai mengatur keuangan mana yang penting atau tidak sebagai bekal pikiran dimasa yang akan datang.

Bahaya Game Ini Bikin Anak Jadi Konsumtif!

Masih banyak game gratis diluaran sana yang sangat menyenangkan untuk dimainkan, perlu diingat kata gratis tidak selamanya benar, beberapa game memiliki trik dimana mau ga mau pemain diharuskan membeli sesuatu untuk bisa menyelesaikannya, oleh karena itu untuk para orang tua juga harus belajar latar belakang game tersebut sebelum anak memainkannya. Kalau orang dewasa tentu sudah memiliki konsekuensi sendiri jika menjadi konsumtif namun jika anak yang menjadi konsumtif ini akan menjadi berbahaya terhadap pola pikir mereka. Belum lagi konten-konten game yang harus disesuaikan dengan umur anak. Oleh karena itu para orang tua juga bertanggung jawab kelak apa yang dilakukan anak. Kalo gansis setuju membebaskan anaknya jajan topup game atau memberikan mereka bimbingan?




profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunshii32 dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Udah kurangi jam mainnya.
emoticon-Ngacir
Jual hapenya ya akhi emoticon-Maaf Agan
Bayar pake duit untuk maen gratisan?

NO NO NO ...

sesuai dengan motto RakJel Indonesia, "Kalo bisa GRATISAN ngapak harus BAYAR???"
profile-picture
jazzcoustic memberi reputasi
saya mainannya yg mirip genshin impact, zelda,
jadi tidak konsumstif
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Game pay to win emamg bangcat
emoticon-Wakaka
profile-picture
mr.kevin95 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mlbb agak. JRang bocil topup, FF banyak
batasin aja penggunaan nya ke anak 30 menit lah
Orangtua kudu aktif kontrol
Salah satu alasan kenapa anak-anak belum cocok memegang Hape android termutakhir sedari dini
emoticon-Sorry
profile-picture
maspenewu memberi reputasi
Game dimana para mulut sampah di dumay pada ngumpul disono emoticon-Ngakak
Bahaya Game Ini Bikin Anak Jadi Konsumtif!

Karakter favorit ane nih gan.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.vtg. dan 2 lainnya memberi reputasi
Sebenarnya kalau orang tua tau cara lock accountnya agar gak bisa spend, aman

PUBG gak seberapa kalau bicara masalah kuras kantong, game mobile yang kuras kantong buanyak.

Rise of kingdom salah satunya.

Genshin impact kalau ortunya gak kaya dan ngerti spek hp, gak bakal bisa main min HP 3 jutaan baru bisa main genshin itupun gak semua

Salah satu alasan kenapa ane pensi dari game mobile, mayoritas pay to win dan muahalemoticon-Ngakak (S) lebih mahal dari beli game premium PC bahkan.
profile-picture
mynaidra memberi reputasi
Diubah oleh mr.kevin95
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
lah itu kan bukan game buat anak emoticon-DP
Ngeri kalo bocil pada ngumpul maen game.. Omongannya gak bisa dijaga.. emoticon-Blue Guy Bata (L)
beli sekin terus skill kaga nambah toxic iya klo mlbb emoticon-Ngakak
Semua game skrg juga bisa bikin konsumtif karena memang disediakan fitur nya
Kecuali game offline emoticon-Cape deeehh
profile-picture
mr.kevin95 memberi reputasi
Ragnarok M tuh lebih gila lagi pay to win nya emoticon-Ngakak
profile-picture
mr.kevin95 memberi reputasi
tergantung didikan ortu ama sifat anaknya sih
ane aja dari smp udah ketagihan game gacha seperti GGZ, Kancolle dll
tapi gak pernah tuh ngeluarin uang sampai besar banget (masih dibawah 100k)
pabji, peri payer, mobel lejen kalo beli skin itu sebenarnya buat apa? toh mainnya kek orang bodo.... emoticon-Betty
profile-picture
jazzcoustic memberi reputasi
free fleer sama mobil wijen yang paling bikin bocil kecanduan buat top up
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di