CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ini Dampak Menggunakan Ban Vulkanisir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c31b566aa6090bc47d78f5/ini-dampak-menggunakan-ban-vulkanisir

Ini Dampak Menggunakan Ban Vulkanisir

Ini Dampak Menggunakan Ban Vulkanisir

KabarOto.com - Ban merupakan perangkat yang paling utama digunakan pada kendaraan. Usia ban ditentukan dari masa pakai. Semakin sering digunakan, kondisi ban akan semakin menipis atau biasa disebut gundul.

Kondisi ban seperti ini, biasanya ditemukan pada transportasi publik seperti bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Untuk meminimalisir pengeluaran perusahaan, mereka menggunakan ban vulkanisir yang merupakan ban bekas yang ditempel kompon baru, kemudian diberi kembangan lagi. Dindingnya menggunakan ban lama, telapaknya saja yang diganti.

Apakah ban vulkanisir ini aman digunakan tau memberi dampak negatif? Karena keselamatan penumpang di dalam bus ditentukan dari kondisi kendaraan dan komponen yang ada di dalamnya.

Mulyana, Commercial Marketing Manager PT Bridgestone Tire Indonesia menjelaskan, jika kualitas vulkanisir tidak bagus, ada resiko telapak yang dipasang tidak menempel secara kuat dan mudah lepas.

Apalagi menurutnya, ketika ban yang divulkanisir ini dipasang pada posisi depan. Dia mencontohkan, saat sedang melaju kencang, jika bahan vulkanisir ini copot kendaraan tidak bisa dikendalikan dan resiko terjadi kecelakaan. "Selain itu telapak yang lepas itu sendiri bisa berbahaya bagi pengguna jalan yang lain," tuturnya kepada KabarOto.com.

Namun, ada dampak positif yang dihasilkan oleh ban ini. "Tentu jika ban vulkanisir memiliki kualitas yang bagus maka keuntungannya menyangkut cost efficiency pelanggan," tambahnya.

Karena, harga ban vulkanisir berkisar 50-60% jika dibandingkan dengan harga ban baru. "Umur pakainya bisa sampai 80% dari ban baru," terang Mulyana. Penggunaan ban vulkanisir juga disebut lebih ramah lingkungan, karena penggunaan casing ban bisa dilakukan minimal dua kali (tidak langsung menjadi scrap tire).


Sumber: Link
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeenanju18 dan 4 lainnya memberi reputasi
Namanya pengusaha biasanya pengen irit.. bener juga termasuk ramah lingkungan karena ban didaur ulang sebelum dimusnahkan...
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Ini bukannya hal umum yah buat kendaraan besar, bahkan sekelas ban pesawat komersil pun pakai ban vulkanisir.

Tapi yah emang tergantung kualitas vulkanisirnya.

Jadi inget dlu ada toko vulkanisir ban... Cuman sepi... Kasihan, entah dia menyasar pelanggan yg mana. Buka tokonya di lingkungan kampus depan jalan raya.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jlamp memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
njir pake lem apa biar gk copot
Ada beberapa jenis ban yg memang bisa divulkanisir koqemoticon-Big Grin
Benertuh kalo lepas Telapaknya bisa bikin slip, mobil bisa guling atau Lost control. Kalaupun enggak, bahaya juga sama pengendara lain. Mending mahal sedikit tapi aman, kecelakaan sama aja harus bayar uang santunan ke korban kan.

Ban Vulkanisir

Terima kasih uda share gan, baru tau bisa ad kejadian seperti itu, harus lebih hati2 lagi ini dalam memilih.🙏🏻
Bahaya sih pastinyaa
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan dieq41 memberi reputasi
ya ada plus minusnya lah intinya.. ya gak masalah kalo pake ban vulkanisir tp yg jelas harus yg bagus gak asal asalan..
Kalau untuk kendaraan yg sering dipacu pada kecepatan tinggi menurutku nggak aman, misal yg sering jalan diatas 40km/jam. Dulu pernah pas pulang sekolah jalan kaki di pinggir jalan tiba2 ada suara benturan berulang-ulang. Ternyata ada ban bus yg vulkanisirnya terkelupas sebagian dan membentur body bus-nya.
Di youtube ada banyak video vulkanisir ban khusus kendaraan berat yg jalannya pelan, misal traktor, forklift, kendaraan tambang, dan segala kendaraan yg pake ban mati
Pernah ada d yutub.. salah satu maskapai memang punya divisi bengkel untuk vulkanisir ban pesawat dengan kualitas vulkanisir yang bagus. Rasanya jika hal ini bisa dilakukan dengan baik pada ban mobil, kenapa tidak ya?
entah kenapa dari dulu ga berani pakai ban vulkanisir haha
Bahaya babg


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di