CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[ask] Apa Susah & Senangnya Jadi Anak Pertama?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c3108f5a3858664945f5b0/ask-apa-susah-amp-senangnya-jadi-anak-pertama

[ask] Apa Susah & Senangnya Jadi Anak Pertama?

Memimpikan seorang buah hati adalah dambaan seluruh keluarga. Ada yang berpendapat 1 anak cukup, 2 anak pungkas, ada pula mereka-mereka yang menginginkan anak banyak atas satu dan lain hal. Menurut pemberitaan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan jumlah penduduk Indonesia hingga Desember 2020 sudah tembus pada angka 271.349.889 jiwa. Artinya, bagi mereka (keluarga) yang memiliki anak lebih dari satu, maka sudah pasti ada sebutan "Kakak dan Adik" dalam keluarga tersebut. 

[ask] Apa Susah & Senangnya Jadi Anak Pertama?
Photo by Jessica West from Pexels


Mengapa TS mengangkat tentang ini, awalnya memang sekadar penasaran karena TS sendiri adalah anak tunggal. Menurut cerita dan keluh kesah beberapa teman dekat, menjadi anak pertama itu sedikit berat diakarenakan oleh satu atau lebih dalam pandangan.  Rasanya akan jadi pembahasan menarik nih gan, kalau kalian juga urung rempug dengan beberkan bagaimana rasanya jadi anak pertama. 

"Adikmu Masih Kecil"
Pada beberapa kondisi, menjadi anak pertama serasa dijadikan garda terdepan oleh orang tua. Sebagai contoh, untuk mengantarkan sesuatu atau disuruh melakukan suatu hal, maka anak pertama lah yang paling diandalkan. Kalimat Adik yang dirasa masih kecil, belum mampu atau pun sanggup untuk melakukan hal tersebut. Bisa saja memandang dari usia, atau bentuk badan yang sang kakak lebih berbadan besar/tinggi sehingga dirasa menjadi pilihan terbaik untuk melakukan suatu hal. 

Role Mode 
Meski mungkin tak mutlak terjadi dalam banyak keluarga, namun seorang anak pertama biasanya menjadi panutan bagi adik adiknya. Tak hanya soal kebiasaan, beberapa orang menentukan sekolah, barang yang dibeli, atau pergi ke suatu tempat pun juga berpatok pada sang kakak. Nah, kalau Agan Sista sekalian apakah termasuk tipe yang seperti ini?. 

Perekonomian Keluarga
Ini berdasar cerita salah satu teman, beliau sebagai anak sulung sudah bekerja dan memiliki pendapatan sendiri sehingga ia pun dituntut untuk bisa membagi penghasilannya demi bisa membantu perekonomian keluarga, terutama biaya sekolah adiknya.  Bisa jadi ini tak mutlak berlaku di semua keluarga, hanya pada kelurga tertentu saja, bukan?

Nah, menurut kalian apa lagi nih susah dan senangnya jadi anak pertama? boleh dong minta pendapat agan Sista sekalian. 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
archangela13 dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
susah sih sebagai anak pertama : jadi role model, bantu2 keuangan keluarga sedikit2, padahal kerjaan bergaji kecil dan gak punya keahlian lain, mau ke jalan 'kiri' buat cepat makmur tapi ane masih punya nurani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ig.arifgunawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Jadi anak mah ga ada susahnya....
Yang susah mah jadi ortu...
profile-picture
sart86 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
senangnya : pernah di posisi jadi anak satu satunya

Susahnya : saat awal mau ngenalin calon suami ke rumah, jadinya nyari referensi dari temen atau internet soalnya ga punya role model wkwk

Senangnya ya pendapatnya kadang lebih didengarkan, kadang lebih disegani, kadang dijadikan contoh bagi adik-adiknya, tapi kadang-kadang lho ya, nggak semuanya.

Susahnya ya kalo ekonomi keluarganya agak engap-engapan secara otomatis didapuk jadi penyokong ekonomi keluarga mau nggak mau, jadi banyak menggadaikan mimpi dan keinginan demi terwujudnya keinginan dan mimpi adik-adiknya. Jaman kecil juga paling sering disalahin dan disuruh mengalah padahal kadang kita yang bener.

Nah yang agak abu-abu itu dijadikan pelajaran oleh adik-adiknya. Entah di hal baik maupun buruk. Misalnya dulu pas si abangnya kuliah sukanya main terus akhirnya jadi bego, nah itu dijadikan pelecut bagi adek-adeknya. Contoh lain misal Abangnya pas kuliah bisa nggak ngrepotin orang tua dengan cari penghasilan sampingan akhirnya dijadikan milestone bagi adek-adeknya. Nah perihal ini ndak tau ini termasuk poin senang atau susah ya. Haha
ane dong.. anak pertama merangkap anak terakhir..

ga enaknya sepi aja sih bre..

kalo perihal dimanja dan dipenuhi kemauannya, ane ga merasakan itu..

dituntut sukses dan menopang perekonomian keluarga, ane juga ga merasa begitu..

enaknya sih, hmm..
apaan ya..

ga ada bre
anak pertama harus harus belajar sikap bijak
Post ini telah dihapus oleh KS06
Entah...Ane anak bongsu. emoticon-Wink emoticon-Wink emoticon-Wink emoticon-Wink emoticon-Wink Winboons
nisss info gan, cendol incomming
profile-picture
aldo12 memberi reputasi
susah jd anak pertama menurut ane, karena ane anak bungsu.

kakak ane selalu jagain ane dari kecil, trus klo ada salah apa2 juga yg disalahin kakak ane, harus ngalah emoticon-Frown

proud anak pertama
Point 1, 2 & 3 haha
sbg anak pertama, dan bokap udah gak ada sejak beberapa bulan sblm ane sidang, alhamdulillah langsung dapat kerja. ane termasuk anak yang rada cengeng dan kurang mandiri sih, dan bokap sblm meninggal bilang ane harus jadi kebanggaannya, masing terngiang2 sampe sekarang, apa ane udah cukup jadi kebanggaannya??

tapi semenjak itu ane berusaha buat jadi dewasa dan mandiri. kerja secape dan jenuh apapun harus gaboleh ane tunjukin ke keluarga, karena kalau begitu wibawa ane bisa turun di mata nyokap dan adik2 ane yang udah nganggap gue sbg bapak 'pengganti' dan tulang punggung keluarga, jadi ane masuk juga ke gen sandwich, alhamdulillah sekeluarga gapernah kelaparan

jadi senangnya menjadi anak pertama : jadi andalan, ane seneng di beri kepercayaan seperti ini..

susahnya : ane usahakan semuanya di syukuri biar barokah, karena Allah janji akan kasih lebih
Diubah oleh SalsaPermata
asik aja gan, selama kita menikmati dan mensyukurinya
bersiaplah akan banyaknya tuntutan, karena anak pertama dianggap serba bisa.
Anak pertama itu prodak gagal emoticon-Leh Uga
Dimanja
selalu mikirin tanggung jawab keluarga
susah lepas dari pemikiran itu, sampai sekarang pun sudah nikah dan punya anak masih terus kepikiran buat bantu keluarga ibu dan bapak
sulung itu ada 3 tipe, yang sukses sesukses-suksesnya, yang gagal segagal-gagalnya, sama yang mati....itu ya emoticon-Big Grin
profile-picture
secer memberi reputasi
Quote:


Kamu anak sulung? Kalo iya, kamu patut berbangga karena udah menjadi orang kepercayaan orang tua serta panutan buat adik-adikmu di dalam keluarga. Tapi selain itu, banyak juga suka-duka yang dialami mereka yang cukup “beruntung” karena lahir lebih dulu.
Quote:

Ini cuma awal2 pas masih kecil, udah besar beda lagi…

Quote:

Klo ini biasanya ortu gak mau repot apalagi klo budget terbatas

Quote:

Klo ini sama smua mau sulung, tengah, bungsu pasti bantu smua


Enaknya anak sulung itu apa2 dpt yg pertama…gak enaknya selalu jadi benchmark nama keluarga, apalagi klo sulungnya laki2…

Anak sulung itu prioritas, anak bungsu istimewa, anak tengah ???
gw anak pertama
anak pertama itu, yg paling kerasa ya jadi tulang punggung keluarga bahkan ketika gw masih SMA pun ortu gw udah nitip nanti biayain adik gw sampe lulus kuliah. Padahal masa depan gw jg belum jelas ntar kerja gimana.
sekarang bener bener kejadian, gw biayain adik gw kuliah bahkan biayain hidup kedua ortu gw dan adik gw satu lagi yg belum sekolah karena kedua ortu gw udah gk kerja lagi. Alhamdulillahnya gaji gw masih cukup.

kalo masalah jadi role model atau gk dimanja kyk anak bungsu sih gw gk ambil pusing karena gw orangnya cuek dan gk peduli sama hal gituan.

enaknya jd anak tertua yg gw rasain yaitu gw dapat respect dari kedua ortu gw. Apapun keputusan yg gw buat mereka akan menghormati keputusan gw.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di