CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c0eb82e0b75f2c2613fb90/mengulik-kisah-14-tahun-perkembangan-rush-terios-suv-populer-andalan-orang-indonesia

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia

bHola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar kisah 14 tahun perkembangan Toyota Rush dan Daihatsu Terios, SUV populer andalan orang Indonesia.

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia



Sebuah mobil yang banyak sekali beredar di jalanan. Sebuah SUV tepatnya. Yang punya logo Toyota atau Daihatsu. Yang dimensinya lumayan kecil, dan memiliki bentuk yang mirip-mirip dengan Fortuner di generasi pertamanya

Apalagi kalau bukan Toyota Rush dan Daihatsu Terios. SUV ini memang sudah sangat populer sekali, dimana-mana ada. Walau tak se-populer Kijang dan Avanza/Xenia, tetapi sangat mudah menemukan SUV ini di jalanan Indonesia. Sudah 14 tahun berlalu sejak peluncurannya pada tahun 2006.

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia



Untuk meneruskan Daihatsu Taruna dan melawan SUV-SUV lain di pasaran yang sudah semakin modern, Toyota dan Daihatsu pun tak mau kalah dengan perkembangan zaman dan persaingan dari merk-merk lain.

Sehingga, pada Desember 2006, diluncurkanlah Toyota Rush dan Daihatsu Terios.  Ane tidak tahu pada ajang apa Rush dan Terios diluncurkan, tetapi yang jelas Rush-Terios pertama diluncurkan pada tahun 2006 sesuai konsep yang telah dibuat terlebih dahulu.

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia



Terios hadir dalam varian TS dan TX. TS dibagi lagi menjadi TS Standard dan TS Extra. Untuk varian TX ada varian Standard, Elegant dan Adventure. Sementara Rush hadir dengan varian G dan S. Transmisi ada 2 pilihan, yaitu 4-speed Automatic atau 5-speed Manual. Untuk Terios TS dan Rush G, hanya ada pilihan transmisi manual. Mesinnya menggunakan mesin 

Tersedia model 5 penumpang dan 7 penumpang khusus Rush (CMIIW). Rush, sebagai versi Toyota dari Terios, hadir dengan fitur dan kemewahan yang lebih baik, seperti airbag, ABS, EBD, dan lainnya.

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia



Pada waktu itu, karena sesuai dengan selera orang Indonesia yang menyukai mobil 7 seater, Rush dan Terios model 7 seater pun langsung laris manis. Laris manis di pasaran, dan dibeli banyak orang.

Melihat ke-larisan Rush-Terios, Toyota dan Daihatsu pun tak tinggal diam. Toyota dan Daihatsu, pada tahun 2009 mereka mengeluarkan facelift dari Rush-Terios. Perubahannya minor saja, hanya ada di grill, bemper dan detil-detil lain.

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia



Tak berselang lama, Toyota dan Dahatsu kembali mengeluarkan facelift pada Oktober 2010. Perubahannya cukup banyak, fitur-fitur bertambah dan semakin disempurnakan, grill dan eksterior berubah lumayan banyak, dan khusus Terios TX velgnya diubah. Di bagian suspensi semakin disempurnakan. Terios TS dan Rush G juga mulai ditawarkan dengan transmisi otomatis.

Bagian interior juga berubah. Motif interior menjadi lebih gelap, diikuti dengan design dasbor baru dengan penambahan audio steering switch dan head unit yang menyatu dengan meter cluster (CMIIW). Teknologi EPS atau Electric Power Steering juga mulai digunakan.

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia



Rush-Terios pun semakin laris. Sehingga, pada tahun 2013, Rush-Terios kembali mendapat facelift. Facelift ini mengubah bumper depan dan belakang, penambahan spoiler, dan peningkatan kualitas (CMIIW). Pada Terios TX Adventure, side body moulding berwarna hitam dan aksen-aksen chrome pada bumper depan ditambahkan guna menambah kesan sporty. 

Toyota menambah varian Rush, yaitu TRD. TRD sendiri merupakan singkatan dari "Toyota Racing Development". TRD adalah divisi untuk development balap Toyota. Rush TRD eksteriornya sedikit berbeda dengan Rush S, karena penambahan aksen hitam yang terlihat seperti "gigi", dan aksen-aksen serta tentu saja emblem "TRD Sportivo" yang membuat Rush TRD semakin berkesan "resing".

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia



Melihat perkembangan zaman yang semakin pesat, mobil-mobil yang semakin keren nan sporty, dan konsumen yang sudah agak bosan dengan model depan dan belakang Terios-Rush yang begitu-begitu saja sejak 2007, akhirnya pada Maret 2015 Toyota dan Daihatsu mengeluarkan versi facelift dari Rush dan Terios.

Mungkin, pada generasi pertamanya, facelift inilah yang paling pesat, paling banyak yang diubah. Paling terlihat pada grill depannya, headlamp yang diubah, grill dan bumper yang berubah total, dan penambahan DRL. Bumper belakang dan stoplamp juga diubah. Pada interior, yang paling terlihat adalah penambahan head unit double DIN yang sudah canggih serta perubahan pada speedometer. Ditambahkan pula varian Ultimo di Rush.

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia



Dan, akhirnya, setelah sudah 11 tahun Rush-Terios beredar dengan bentuk yang seperti jeep-jeep zaman dulu dengan ban serep yang diletakkan di belakang, dengan desain mirip Fortuner generasi pertama, akhirnya pada akhir tahun 2017 Toyota dan Daihatsu kompak menghadirkan generasi kedua dari Rush dan Terios yang dinamakan All New Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Perubahannya sangat pesat sekali. Posisi ban serep berubah total menjadi seperti mobil-mobil biasa yang dibawah body, bentuk velg berubah total, bentuk desain berubah total, basis juga berubah menjadi berbasis Avanza (awalnya basisnya RAV4 generasi kedua) dengan unibody chassis yang setengah ladder frame setengah monocoque, pintu yang kini membuka ke atas, bumper, grill dan headlamp yang berubah total, kaca belakang yang membesar, dan perubahan-perubahan drastis lainnya. Varian Rush berubah menjadi tipe G dan TRD Sportivo saja, sementara Terios berubah menjadi tipe R Custom, R Deluxe, R Standard, X Deluxe dan X Standard saja.

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia



Mesin juga berubah. Yang awalnya menggunakan mesin 3SZ-VE 1,5 liter bertenaga 109hp dengan torsi 145nm, diubah menjadi mesin berkode 2NR-VE bertenaga 102hp dengan torsi 137nm. Ane tidak tahu mengapa mesin diubah menjadi 2NR-VE yang bertorsi dan bertenaga lebih rendah, mungkin karena efisiensi, bobot Rush-Terios baru yang lebih ringan, atau memudahkan saat cari sparepart karena mesin 2NR-VE juga digunakan di Avanza 1,5 dan Sienta.

Sementara, pada interior juga berubah total. Setirnya berubah menjadi seperti setir Toyota Raize-Daihatsu Rocky. Speedometernya berubah menjadi mirip speedometer Avanza Veloz yang dibuat bentuknya menyerupai Kijang Innova Reborn. Dashboard dan head unit berubah, penempatan kisi AC diubah, bentuk kisi-kisi AC berubah, ditambahkannya pengaturan AC digital, dan khusus Rush ditambahkan 6 airbag. 

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia



Penjualan Rush-Terios pun juga melesat. Tercatat sebanyak 54 ribu unit Rush terjual pada tahun 2018. Tahun berikutnya, 61.500 unit Rush terjual, dan pada tahun 2020 ane tidak tahu, tetapi tercatat pada kuartal pertama dan ketiga 2020 ada sekitar 31 ribu Rush baru mengaspal.  Untuk Terios ane tidak tahu soal penjualannya, mungkin Gansis yang tahu bisa komeng dibawah.

Ane berharap, TAM dan Daihatsu terus mengembangkan Terios sebagai SUV 7 penumpang yang tangguh dengan teknologi dan fitur yang makin canggih, dan terihat makin gahar.

Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia



Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 123
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun. 
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

profile-picture
profile-picture
profile-picture
hoorray dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
jangan lupa ya gaes

mobilnya TRD karpetnya juga harus TRD biar lebih TRD dan lebih resing!

emoticon-Ngakak
profile-picture
jiresh memberi reputasi
Diubah oleh ulungrinjani
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Daihatsu BEGO


Mengulik Kisah 14 Tahun Perkembangan Rush-Terios, SUV Populer Andalan Orang Indonesia


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nikolaszposma dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Facelift terakhir ban serep pindah, dan tongkrongan agak manis.

Tapi tetep pake RWD.. termasuk eksklusif dan paling konsisten dibandingkan kompetitor lain cuma dikasih embel-embel doang padahal asalnya MPV yang ditinggikan.

Dulu katanya ada varian 4wd di pasaran luar.. cmiiw.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Ane dulu sempat pakai yang terios versi awal. Menurut ane untuk kecepatan agak tinggi diatas 80 jadi terasa agak limbung seperti mengambang. Terutama kalo jalan agak tidak rata
profile-picture
profile-picture
jiresh dan jlamp memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
daihastsu taruna nggak di masukin? terios generasi pertama kan itu cuma nama beda aja kalo di sini
profile-picture
profile-picture
jiresh dan jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pernah pake Rush 1 kali, Terios 3 kali. Emang nyaman sih, walaupun suspensi agak keras.

Apakah Rush Terios ini akan naik kelas?
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
semoga aja gak cuman rush yg 6 airbag tapi terios juga kedepannya emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
nice share TS...

ane pribadi ga pernah punya rush/terios, namun pernah naik punya teman yg ud model baru ntuh, shockny asli limbung bget, duduk di posisi baris ke-2 aj pas lewat polisi tidur ngeloncat bget, ga kebayang yg duduk di baris ke-3...
imo, RWDnya sih menjadi nilai jual sendiri, tp diluar dr itu baik dr segi kemewahan, kenyamanan, bentuk modisnya, menurut ane rush/terios kalah dgn xpander
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
SUV nanggung...
Diubah oleh Tiebo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kok tumben di Lounge om?

btw Rush Terios ga bisa dibilang SUV sih, LowSUV mungkin masih oke..

walaupun ndak ada enak-enaknya dipake dan minim fitur (pernah nyoba nyetir terios versi awal dan versi baru), tetap jadi terlaris karena faktor RWD..
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Lupa Stiker Happy Family + TRD Sport nya bree emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Stiker TRD Sportivo menambah power
profile-picture
Trinindito memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane sempat pake Rush generasi awal tahun 2012 dan juga sempat cobain Rush TRD yang facelift tahun 2020.
Kl menurut ane pribadi kok enakan yang generasi awal yaa. Yang baru ini kesannya limbung saat digeber di tol emoticon-Bingung
profile-picture
jlamp memberi reputasi
masi kontroversi dengan pengakuannya sbg suv, klo menurut ane sih ini mpv emoticon-Big Grin
yg gen lama bole lah ngaku low suv
Diubah oleh bebemania
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Range harga pasarnya sekarang diisi sama raize dan rocky, sepertinya akan ada sedikit perubahan fitur dan harga kedepannya gans. Itu kalau melihat dari persaingan produk sejenis di indonesia
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kemaren sempet dipinjemin boss bini ane Terios 2010 enak sih. lega, gagah. cuma namanya mobil bekas orang kantor pake jadinya yaaa buluk, sempet turun mesin, ac mati. terakhir make kena kampas kopling setelah dipinjem karyawannya mudik. abis itu ane suruh bini balikin aja soalnya males benerinnya walaupun bukan duit ane juga. semenjak terios berubah bentuk jadi agak kurang greget gitu menurut ane mah emoticon-Big Grin
profile-picture
jiresh memberi reputasi
dulu pernah naik rush pny temen dan pakde, gila sempit bgt utk ukuran ane, yg bahkan naik avanza aj longgar,,sabuk pengaman bahkan g nyukup, pdhl d avanza nyukup,,entah klo edisi terbaru...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg facelift udh tembus 41.000+ km dalam waktu 2 tahun, dibawa nanjak ke gunung gas, dibawa tol gas, dibawa ke jalan rusak baru terasa gak enak, kalo mau enak dijalan rusak mesti pelan" aja jangan grasak grusuk, intinya jalan di Indonesia dipake mobil 500 jutaan ke bawah gak enak lah.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sticker happy familynya jangan lupa

bagol, gatet, peang, bedul, petruk

emoticon-Jempol
profile-picture
iskrim memberi reputasi
emoticon-Wow gak kerasa udah 14 tahun emoticon-Matabelo emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jiresh dan iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di