CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
9 Jenis SMG TNI & Polri 2021
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c0affa5ac19461a432b69d/9-jenis-smg-tni-amp-polri-2021

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Masih membahas seputar senjata yang dipakai oleh TNI & Polri, setelah kemarin ane sudah membahas senapan serbu, senapan penembak runduk, shotgun, serta pistolyang dipakai oleh TNI & Polri. Pada kesempatan kali ini, ane akan membahas tentang SMG alias "Submachine Gun" atau terjemahan Indonesia-nya adalah pistol mitraliur. Senjata ini banyak digunakan oleh pasukan khusus untuk pertempuran jarak dekat serta operasi pembebasan sandera. SMG memakai peluru kaliber 9 x 19 mm yang umumnya dipakai oleh pistol, kaliber ini juga biasa disebut senagai amunisi standard NATO, disebut juga sebagai "Parabellum".

Keuntungan memakai peluru yang sama dengan pistol antara lain adalah bobotnya yang ringan, selain itu tidak mudah tembus saat mengenai sasaran, sehingga tidak membahayakan sandera. Selain memakai kaliber pistol yang sudah banyak diproduksi, beberapa SMG juga memakai peluru yang tidak lazim, dengan ukuran lebih kecil. Dan berikut ini adalah berbagai jenis SMG yang digunakan oleh TNI & Polri, kita mulai dari SMG buatan Jerman.


1. MP5

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Varian Standard.

Ilustrasi: heckler-koch.com


Negara Asal: Jerman
Produsen: Heckler & Koch
Kaliber: 9 x 19 mm
Panjang Senjata: 325-805 mm
Panjang Laras: 115-225 mm
Bobot Kosong: 2.0 - 3.4 kg

Jika kita bicara SMG, maka produk buatan Jerman inilah yang paling dikenal. Senjata ini diproduksi sejak tahun 1964 gan sist, dan sampai sekarang masih diproduksi dengan berbagai macam varian. MP adalah akronim dari "Maschinen Pistole". Senjata ini mulai dikenal kehandalannya saat dipakai oleh pasukan SAS (Special Air Service) dari Inggris, dalam "Operasi Nimrod" yang dilaksanakan tahun 1980. Pada operasi tersebut, senjata ini unjuk kebolehan dalam upaya pembebasan sandera di kedutaan besar Iran yang berada di London. Setelah kesuksesannya dalam Operasi Nimrod, MP 5 kemudian diadopsi oleh pasukan SWAT, diikuti oleh pasukan khusus lainnya di berbagai negara.

Peluru pada MP5 ditembakkan dari bolt tertutup, artinya ketika picu senjata ditarik, posisi peluru sudah dikunci dalam jumper. Hal ini meminimalkan goyangan senjata selama proses penembakan, serta menjadikannya lebih akurat. Di Indonesia, SMG ini diguankan oleh semua kesatuan elite di TNI & Polri. Di lingkungan TNI, senjata ini digunakan oleh Kopassus, Kopaska, Taifib, Denjaka serta Paskhas. Sementara di lingkungan Polri, senjata ini digunakan oleh Densus 88. Untuk varian MP5 K digunakan oleh Paspampres, dan sampai saat ini ada 40 negara yang sudah memakai SMG ini. Mungkin MP5 adalah salah satu senjata yang punya varian paling banyak di dunia, saat ini ada 100 varian berbeda dari MP5. Berikut ini beberapa varian yang terkenal dari MP5:

Spoiler for Varian Terkenal MP5:



2. UZI

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Uzi varian awal dengan popor yang dilapisi kayu.

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Varian yang lebih baru dengan popor lipat.

Ilustrasi: aminoapps.com


Negara Asal: Israel
Produsen: Israel Military Industries
Kaliber: 9 x 19 mm
Panjang Senjata: 470 mm
Panjang Laras: 260 mm
Bobot Kosong: 3.5 kg

Pada postingan sebelumnya tentang pembahasan pistol milik TNI & Polri, ada kaskuser yang bertanya begini "gak ada senjata buatan Israel yang dipakai TNI & Polri gan ?". Dan jawabannya ada di thread ini, sebenarnya bukan cuma SMG, senjata sniper buatan Israel pun juga dipakai oleh TNI. Namun, nama Israel begitu sensitif jika dibahas, jadi jarang terekspos. Bahkan di thread ane yang membahas senjata Israel, ada kaskuser yang langsung naik tensinya ketika berkomentar masalah Israel, dan langsung membawa nama zionis, iluminati serta dajal. Sebenarnya pada thread tersebut, ane hanya ingin membahas produk senjata mereka, tanpa membawa masalah agama dan kepercayaan. Suka atau tidak, produk Negeri Yahudi tersebut nyatanya juga digunakan Indonesia.

Balik lagi ke pembahasan UZI gan sist, senjata ini diberi nama sesuai nama perancangnya, yakni Uziel Gal. Mulai dikembangkan sejak tahun 1940-an, protype senjata ini mulai diperkenalkan tahun 1950. Dan pada tahun 1954, UZI mulai resmi dipakai oleh pasukan Israel. Ukurannya yang pendek, membuat UZI cocok digunakan oleh awak tank, kru artileri dan pasukan garis depan untuk pertempuran jarak dekat.

Uzi memakai sistem kerja blow back, artinya energi hentakan ke belakang saat menembak digunakan untuk menggerakkan mekanismenya. Uzi menggunakan mekanisme bolt terbuka (open bolt), artinya sebelum picu ditekan, posisi peluru belum berada di dalam jumper. Kelebihan mekanisme open bolt adalah lebih sederhana (ringkas). Selain itu, ketika senjata menembakkan peluru dalam jumlah banyak dan membuat laras menjadi panas, tidak ada kemungkinan peluru meledak sendiri karena panas. Kekurangannya adalah saat penembakan ada goyangan akibat mekanisme senjata yang bergerak, akibatnya akurasi menjadi turun.


9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Uzi Family.

Ilustrasi: indomiliter.com



Varian awal Uzi memakai popor yang dilapisi kayu, pada perkembangannya, Uzi kemudian memakai popor lipat tanpa material kayu. Sama seperti MP5, Uzi juga punya beberapa varian yang berbeda. Ada varian Mini Uzi yang lebih kecil, Micro Uzi yang lebih kecil lagi, serta Uzi Pistol dengan mekanisme semiotomatis. Dan pada tahun 2010, diluncurkan varian yang bernama UZI Pro.

Ciri khas dari Uzi adalah desain gagang pistol yang sekaligus berfungsi sebagai rumah magazen. Hal ini membuat desain senjata yang kompak dan ergonomis. Untuk urusan perawatan juga cenderung mudah, misalnya laras, bagian laras Uzi bisa dilepas dengan membuka drat yang mengunci laras di bagian depan receiver. Di Indonesia, satuan elite yang terlihat memakai Uzi adalah Taipur dari Kostrad dan Taifib dari Marinir.


3. Daewoo K7

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Ilustrasi: wikipedia.org


Negara Asal: Korea Selatan
Produsen: Daewoo Telecom
Kaliber: 9 x 19 mm
Panjang Senjata: 610-790 mm
Panjang Laras: 260 mm
Bobot Kosong: 4 kg

Hubungan antara Indonesia dan Korsel di bidang industri senjata ternyata cukup erat, pasalnya TNI juga memakai produk mereka. Produk SMG tersebut bernama Daewoo K7, SMG ini dikembagkan pertama kali pada tahun 1998 sampai tahun 2000, dan pada tahun 2001 mulai digunakan oleh tentara Korsel. SMG ini memakai popor tarik, serta sudah dibekali peredam suara built in (bawaan pabrik). Karena memakai peredam suara, Daewoo K7 lebih cocok memakai amunisi 9 mm subsonic.

Daewoo K7 memakai magazen berbentuk lurus, yang bisa menampung 30 butir peluru. SMG ini juga kompatibel dengan magazen Uzi, yang bisa menampung hingga 32 butir peluru. Salah satu kelemahan SMG ini adalah tidak tahan penembakan otomatis secara terus-menerus, tembakan terus-menerus berkepanjangan, berpotensi merusak peredam suara tersebut. Selain Korea Selatan, pengguna terbesar Daewoo K7 adalah Indonesia.

Daewoo K7 datang pada era Alm. Brigjen Koesmayadi, yang menjabat sebagai Wakil Aslog TNI AD. Pilihan mendatangkan K7 karena harganya yang lebih murah dibandingkan HK MP5 SD, yang sama-sama dilengkapi peredam suara bawaan pabrik. Poin plus lainnya adalah magazen 9 mm milik Pindad PM-1 yang dipakai oleh Polisi Hutan juga kompatibel dengan K7. Saat ini Daeweoo K7 digunakan oleh Kopassus, Raider, Kostrad, Taifib Marinir TNI AL, Kopaska TNI AL, sampai Paspampres.


4. MP9

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Ilustrasi: wikipedia.org


Negara Asal: Swiss
Produsen: Brügger & Thomet
Kaliber: 9 x 19 mm
Panjang Senjata: 303-523 mm
Panjang Laras: 130 mm
Bobot Kosong: 1.4 kg

Varian senjata ini awalnya dibuat oleh perusahaan Steyr asal Austria tahun 1989, senjata tersebut bernama Steyr TMP (Taktische Maschinen Pistole). Pada tahun 2001, desain senjata ini dijual kepada Brügger & Thomet. Kemudian perusahaan asal Swiss ini memperkenalkan SMG baru bernama MP9, SMG ini memakai mekanisme bolt tertutup seperti keluarga MP5, membuatnya bisa menembak secara akurat.

MP9 mengusung desain yang sangat ringkas, ukurannya tidak lebih lebar dibandingkan sehelai kertas A4. Dipegang sebagai pistol pun tidak terlalu besar, sementara jika disebut sebagai SMG juga jelas tidak salah. Dengan ukuran yang kompak, MP9 masih bisa disembunyikan di balik jaket. Layaknya senjata di era modern, MP9 juga sudah dibekali picatinny rail, untuk memasang beragam jenis aksesoris tambahan. Selain itu, senjata ini memiliki popor yang bisa dilipat, serta bisa dipasangi silencer (peredam suara) untuk misi yang membutuhkan kesenyapan. Di Indonesia, senjata ini dipakai Kopassus, Kopaska, Taifib hingga Paspampres.


5. SIG MPX

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Ilustrasi: wikipedia.org


Negara Asal: Swiss & Jerman
Produsen: SIG Sauer
Kaliber: 9 x 19 mm
Panjang Senjata: 610 mm
Panjang Laras: 114-203 mm
Bobot Kosong: 2.7 kg

SMG ini termasuk barang baru, karena desainnya selesai dirancang pada tahun 2013, dan resmi dirilis ke publik pada tahun 2015. Bekerja dengan pola gas operated, MPX disebut sebagai SMG pertama yang mengusung fitur sistem piston, fully closed dan rotating bolt. Menurut pihak pabrikan, fitur tersebut digunakan untuk menjamin keselamatan sang penembak, dan meningkatkan kinerja senjata. Untuk meningkatkan presisi saat penembakan, efek hentakan saat peluru dilepaskan diperkecil dengan teknologi short stroke push rod gas system.

Sebagai senjata modular, komponen pada laras MPX dapat diganti sesuai kebutuhan. Dan menyadari popularitas senapan serbu M16 dan M4 carbine masih banyak dipakai di kalangan militer, maka SIG merancang desain style control pada area picu mengikuti jejak M16. SIG MPX juga sudah kompatibel dengan picatinny rail, untuk keperluan memasang beragam akseoris senjata. Selain itu laras MPX juga bisa dipasangi peredam suara untuk misi yang memerlukan kesenyapan. Ada dua pilihan popor yang bisa ditawarkan, yakni collapsible stock (model tarik) dan side folding stock (model lipat). Di Indonesia, senjata rancangan perusahaan asal Jerman dan Swiss ini dipakai oleh Denjaka TNI AL dan Densus 88 Polri.


6. Sa Vz 61 Scorpion

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Popor saat tidak dilipat.

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Saat popor dilipat.

Ilustrasi: armymarket.cz


Negara Asal: Cekoslovakia
Produsen: Česká zbrojovka Uherský Brod, Zastava Arms
Kaliber: 9 x 19 mm
Panjang Senjata: 517 mm
Panjang Laras: 115 mm
Bobot Kosong: 1.28 kg

Sa (Samoval) Vz (Vzor) (pistol mitraliur/SMG) 61 Skorpion, adalah perpanduan antara SMG dengan pistol otomatis. Pihak pabrikan merancang Scorpion sebagai pengganti pistol, dengan kemampuan membawa magazen plus layout SMG, menjadikannya istimewa. Karena itu senjata ini dipilih sebagai senjata satuan lintas udara dan pasukan khusus Ceko. SMG ini memakai popor lipat model tabung kawat, yang bisa dilipat ke arah depan. Scorpion mulai dirancang pada tahun 1959 oleh Miroslav Rybář, dan resmi digunakan pada tahun 1961. Dalam rentang tahun 1961-1979, Scorpion diproduksi sebanyak 200.000 unit dalam berbagai varian, SMG ini cukup kenyang pengalaman perang, seperti dalam perang Vietnam dan perang Bosnia.

Dengan bentuk kecil dan memakai mekanisme delayed blowback, butuh waktu singkat bagi bolt untuk kembali ke depan, hal ini membuat kecepatan tembaknya menjadi tinggi. Karena laras senjata ini pendek dan tipis, kecepatan tembak tinggi tersebut justru membuat laras lebih cepat panas. Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak pabrikan kemudian merancang sear dan delayed lever/plunger. Artinya saat bolt sampai ke belakang, sear akan ‘mematuk’ bolt, menghentikannya sementara sampai kuncian sear diungkit oleh tuas plunger. Dengan terhambatnya bolt kembali ke depan secara otomatis, akan mengurangi kecepatan tembak Scorpion.

Scorpion juga di desain dengan model yang berbeda dari senjata kebanyakan. Di mana posisi pengokang ditempatkan di sisi kiri dan kanan receiver, sementara lubang tempat keluarnya peluru ada di sisi atas. SMG ini dulu jadi pegangan Satuan 90 Bravo Paskhas, modelnya yang ringkas, cocok digunakan untuk misi penerjunan, misi pertempuran jarak dekat, serta anti teror. Selain Paskhas, ada nama Kopassus, Taifib Marinir, serta Kopaska. Bahkan, Brimob dulu sempat menjadikannya sebagai senjata standard. Saat ini senjata ini sudah jarang digunakan oleh satuan TNI maupun Polri yang ane sebutkan tersebut, posisinya sudah digantikan oleh MP5.


7. Scorpion Evo 3

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Ilustrasi: Nick Brick/Flickr


Negara Asal: Ceko
Produsen: Česká zbrojovka Uherský Brod
Kaliber: 9 x 19 mm
Panjang Senjata: 670 mm
Panjang Laras: 196 mm
Bobot Kosong: 2 kg

Varian ini adalah pengembangan dari SMG Sa Vz 61 Scorpion, Evo 3 merupakan generasi ketiga yang dikembangkan dari basis SMG Sa Vz 61. Ada dua varian dari SMG Evo 3, yang pertama adalah Evo 3 A1 dan yang kedua adalah Evo 3 S1. Pada varian Scorpion Evo 3 A1 ditawarkan pilihan fire switch, memberikan opsi bagi penembak untuk menggunakan moda safe, semi automatic, tembakkan tiga putaran, dan tembakkan penuh (full automatic fire). Kemudian pada varian Scorpion Evo 3 S1 hanya ditawarkan opsi safe dan semi automatic fire. Varian S1 umumnya ditawarkan untuk pihak Kepolisian.

Kedua varian Evo 3 ini dilengkapi picatinny rail, mulai dari bawah, atas, kiri dan kanan. Membuatnya bisa dipasangi berbagai jenis aksesoris senjata. Pada varian Evo 3 juga dilengkapi popot lipat, uniknya pada bagian belakang popor dapat dipendekkan atau dipanjangkan sesuai kebutuhan. Pada ujung laras juga terdapat ulir yang bisa dipasangi peredam suara. Yang unik dari desain Evo 3 adalah pemakaian magazen model transparan dari bahan polymer, menjadikan penembak dapat memantau langsung sisa amunisi yang tersedia dalam magazen. Varian Evo 3 A1 saat ini digunakan oleh Taipur dari Kostrad.


8. MP7

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

MP7 A1.

Ilustrasi: wikipedia.org


Negara Asal: Jerman
Produsen: Heckler & Koch
Kaliber: 4.6 x 30 mm
Panjang Senjata: 415 - 638 mm
Panjang Laras: 180 mm
Bobot Kosong: 1.9 kg

Pada 7 senjata sebelumnya menggunakan peluru yang umum digunakan, yakni 9 x 19 mm, dari dua daftar senjata terakhir kali ini akan mengguanakan peluru yang tak lazim. MP7 termasuk jenis senjata PDW (Personal Defense Weapon), senjata ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan di era modern. Dengan semakin luasnya pemakaian rompi anti peluru, senjata seperti MP5 yang memakai kaliber 9 x 19 mm dapat ditahan oleh sebagian rompi anti peluru. Peluru 4.6 x 30 mm yang tak lazim ini memiliki bentuk runcing, diameter kecil serta kecepatan tinggi saat ditembakkan. Termasuk jenis peluru armor piercing, yang sangat efektif untuk menembus rompi anti peluru.

Mekanisme kerja MP7 mengusung sistem operasi gas dengan rotating bolt. Artinya gas hasil penembakan akan mendorong push rod, yang kemudian mendorong pegas dibelakangnya untuk memindahkan bolt carrier dan memasukkan peluru. MP7 dilengkapi picatinny rail pada bagian atas serta samping kiri/kanan receiver. Dengan adanya picatinny rail ini, bisa membuat MP7 dipasangi beragam aksesoris senjata. Pada bagian ujung laras juga tersedia ulir, yang membuat MP7 bisa dipasangi peredam suara (silencer). Selain itu, SMG MP7 juga dilengkapi dengan popor tarik. Di Indonesia, MP7 pertama kali terlihat dalam acara pameran alutsista TNI AD tahun 2012 di Lapangan Monas. Senjata ini dipakai oleh Kopassus serta Paspampres, saat ini sudah ada 20 negara yang memakai MP7.


9. P90

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Ilustrasi: fnherstal.com


Negara Asal: Belgia
Produsen: FN (Fabrique Nationale) Herstal
Kaliber: 5.7 x 28 mm
Panjang Senjata: 505 mm
Panjang Laras: 264 mm
Bobot Kosong: 2.6 kg

Senjata dengan bentuk futuristik yang dibuat oleh FN Herstal asal Belgia ini rupanya juga dipakai oleh pasukan elite di Indonesia, secara terbatas P90 dipakai oleh Kopaska dan Kopassus. P90 mengusung desain yang unik, yakni posisi magazen yang sejajar dengan posisi senjata. Magazen P90 di desain transparan, dan mampu memuat 50 butir peluru.

Sama seperti MP7, P90 juga di desain khusus untuk menghadapi tuntutan perkembangan zaman, di mana beberapa rompi anti peluru tidak bisa ditembus oleh amunisi 9 x 19 mm. Amunisi yang digunakan P90 juga unik, yakni 5.7 x 28 mm, yang sengaja dibuat khusus untuk senjata ini. Dengan amunisi jenis armor piercing, peluru P90 punya kemampuan untuk menembus rompi anti peluru lawan.



-------------



Demikian ulasan mengenai SMG yang digunakan oleh TNI & Polri, semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan baru untuk agan dan sista di bidang tembak-tembakan. Jika ada SMG milik TNI & Polri yang belum masuk dalam thread ane ini, agan/sista bisa menambahkannya di kolom komentar, sampai jumpa emoticon-Angkat Beer



Refrrensi: 1.2.3.4.5.6 & Wikipedia+indomiliter.com
Ilustrasi Gambar: wikipedia.org, google image dan berbagai sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 36 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Bonus: SMG Buatan Pindad


Sebelum nanti ada yang berkomentar seperti ini "kita udah bisa bikin SMG seperti yang dibahas TS itu belum ?, kok gak ada produk Pindad ?, gak ada produk Pindad, padahal kan mereka juga buat senjata ? TS gak nasionalis !", maka ane akan sedikit ulas mengenai SMG buatan dalam negeri tersebut, sekilas saja gan sist. PT Pindad sebenarnya pernah membuat prototype SMG, yang diberi kode PM (Pistol Mitraliur) mulai dari PM-1 sampai PM-3. Berikut ini beberapa variannya:

1. PM-1

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Ilustrasi: pindad.com

Menggunakan peluru 9 x 19 mm, SMG ini adalah senjata pertama buatan Pindad, sayangnya pemasaran PM-1 kurang bagus. Senjata ini hanya dipakai oleh para penjaga hutan (Korps Jagawarna).


2. PM-2

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

PM-2 V1.

Ilustrasi: pindad.com

PM-2 adalah varian lanjutan dari PM-1,
Pindad juga menawarkan beragam jenis varian untuk PM-2. Mulai dari PM-2 V1, PM-2 V2 dan PM-2 V3. Senjata ini juga menggunakan kaliber 9 mm, Pindad melakukan perubahan minor, dengan mengubah ukuran lubang magazen 5,56 mm. Ini memberi pengaruh positif pada rigiditas magazen, meski bibir lubang magasin lebih dipertebal agar penembak dapat memasukan magazen lebih mudah.

Generasi baru ini dibangun dengan memanfaatkan receiver SS-2, Pindad juga memberikan sentuhan Daewook K7 pada desain final PM-2. Pada awalnya muncul tiga prototype, mulai dari PM-2V1, PM-2V2, dan PM-2V3. Untuk PM-2V1 dan PM-2V2 mengadopsi bentuk receiver konvensional, sementara PM-2V3 menggunakan pengokang depan ala HK MP5, hingga varian RIS (Rail Interface System) Picatinny, mirip dengan yang digunakan pada SS-1 R5. Dengan adanya RIS, maka senjata ini dapat dipasangi perangkat optical sight.

3. PM-3

9 Jenis SMG TNI & Polri 2021

Ilustrasi: pindad.com

PM-3 memakai desain popor lipat dan gagang dari keluarga senapan serbu, mungkin ini menjadi ciri yang sengaja dibuat Pindad sebagai identitas dari produknya. Meski begitu, ada pembeda antara desain alat bidik, receiver dan magazen. Pada bagian tersebut, PM-3 lebih condong atau lebih mirip SMG Heckler & Koch MP5.

SMG ini juga dilengkapi picatinny rail memanjang mulai dari pangkal receiver sampai ujung laras, guna mengikuti kebutuhan pada CQB (Close Quarter Battle), pada bawah laras dapat dipasang pegangan untuk tangan kiri. PM-3 juga dirancang untuk digunakan pasukan khusus, terbukti Pindad menyediakan alat (optional) berupa peredam pada laras.


Apakah Produk PM Series Pindad Sudah dipakai TNI & Polri ?


Jawaban dari pertanyaan diatas adalah "belum pernah", sejauh ini varian PM-2 dan PM-3 hanya berwujud prototype. Hanya PM-1 yang berhasil diproduksi, itu pun dalam jumlah terbatas, dan hanya digunakan oleh Polhut alias Polisi Hutan. Ada banyak hal yang harus dibenahi dari SMG buatan Pindad, apalagi TNI & Polri memilih HK MP5 sebagai SMG utama mereka saat ini.

Tantangan Pindad saat ini adalah membuat SMG yang bisa menyamai kemampuan MP5, dan itu bukan perkara mudah. Dan bagi beberapa orang yang masih mengagungkan secara berlebihan produk buatan Pindad, ayo bangun bro, jangan sampai rasa cinta kalian terhadap produk dalam negeri menjadi cinta buta. Di mana cinta buta itu membuat kalian merasa produk buatan dalam negeri adalah yang terbaik di dunia dan akherat, cinta buta itu terkadang bisa membuat sebagian dari kita enggan mengakui produk luar negeri yang sebenarnya sudah teruji. Silakan bangga dengan produk buatan dalam negeri, tapi jangan berlebihan.

Jika ada produk buatan dalam negeri yang memang tak sesuai ekspektasi, maka jujurlah dan akui hal tersebut, akan lebih baik jika kalian berikan kritik yang membangun emoticon-Angkat Beer



Spoiler for Takut Kena Tembak:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
topantita dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
P90 kaya mathilda emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Setahu saya sudah ada deh jenis pistol yg bisa automatic gitu....

Malah desainnya lucu kan magasinnya bunder, mirip smg di film mafia2 jadul...

Pake itu untuk keadaan cqc gak iso yah? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Vote Scorpion evo lah
Keren

Tp yg umum bgt y mp5
Dr bentuk jg Compact

Uzi firerateny kenceng tuh

Tni blm make vector y
Pdh ok jg tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gonugraha76 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh redemption878
Jerman jagowanya bikin SMG , sudah mulai WW II mereka bikin M40 , Amerika gak mau kalah ikut bikin, kasih nama PDW, secara karakter sama, amo versi US lebih gede aja powernya.

Kita juga pakai Ingram MAC 10, terlepas dari trend saat itu, pakai Scorpion & Mac10 untuk TNI POLRI menurut ane adalah nggak tepat. sekarang cuma nongkrong di gudang.

PM 1 Pindad lisensi dari Beretta M12.

PM2 PM3 Pindad masih belum OK, harus bikin molding baru supaya framenya gak mirip2 SS.

SMG pindad Susah deh head on sama jerman, mesin mereka canggih & presisinya Super bgt + selalu ada unsur "Art & breakthrough" di produksi mereka.

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh TUPAIKABEL
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kombinasi SMG Jerman - Indonesia : HK MP5 A5 dan Pindad PM3.
Kompak, akurat dan dapat diandalkan.

Sampai hari ini HK MP5 masih menjadi pilihan utama SMG pasukan khusus di dunia karena kualitasnya dan menjadi benchmark SMG lain. Jika masih terasa mahal membeli HK MP series maka tersedia HK UMP series yang tetap berkualitas namun harganya lebih terjangkau karena yang didowngrade hanya bahan bodinya saja yang lebih dominan memakai polymer.
Walaupun kebutuhan SMG bagi TNI kecil di angka ratusan unit tetapi tak menyurutkan langkah PT Pindad untuk terus mengembangkan SMG. Nilai strategis produknya cukup tinggi bila Pindad sukses mengembangkan SMG dibandingkan jenis senjata personel yang lain. Generasi SMG Pindad yang terbaru, Pindad PM3 hadir melengkapi pilihan SMG bagi pasukan khusus di Indonesia. Didesain khusus untuk CQB thn 2016 dan disempurnakan thn 2019. Sampai saat ini Pindad PM3 masih diproduksi secara terbatas untuk unit khusus agar didapat masukan untuk proses developmentnya. kekurangan yang paling sering dikeluhkan adalah berat nya yang mencapai 3.1 kg plus firing range nya yang hanya 100 m. Cukup signifikan perbedaanya bila dibandingkan dengan SMG ternama seperti MP5 dan FN P90 beratnya di kisaran 2 kg dan punya firing range 150 - 200 m. Beratnya SMG buatan Pindad ini salah satu penyebabnya karena masih menggunakan basic frame warisan Pindad SS1 / SS2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Smg buatan cekoslovakia unik juga tuh bentuk popornya bisa ditekuk ke depan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
Winter soldier pake scorpion...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Pertamakali kenaL sama senjata P90 waktu masih jaman main counter strike , emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
kriss ga adaa emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Steyr TMP / mp9 senjatanya Leon di Resident Evil 4 tuh, FNP90 juga muncul jadi senjata optional di resident evil revelations, VZ 61 Skorpion muncul di resident evil 5 dan village bahkan di village bisa diupgrade tuh gan jadi magazine bundar muat peluru lebih banyak, mantap gan !
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Yang pertama guanteng banget.

Pengen punya satu untuk persiapan lawan zombie covid.

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Ane klaim yang ketiga gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Buat ganti magazen lebih cepat mana yg kaya p90 apa senjata pada umumnya bray?




Batain ae bray emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vivianemeline dan 2 lainnya memberi reputasi
Sa Vz 61 Skorpion pernah jadi pegangan Paskhas...

magasin pendek, kalo tembakan otomatis bisa cepet abis tuh..emoticon-Big Grin
9 Jenis SMG TNI & Polri 2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Berreta M12 (lisensi diproduksi Pindad jadi PM-1) ini senjata yang akan dipakai Brigjen DI Pandjaitan di dini hari 1 Oktober 1965. sayangnya Macet.. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
SMG yg buatan china kagak ada min ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gimanague
liat senjata2nya jadi inget masa2 main CS sm PB emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Absen hadir om @si.matamalaikat

Nah kalau SMG ini banyak ane lihat dipakai, karena memang compact dan ampuh emoticon-Cendol (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Patut disimak dan digembok emoticon-Smilie

profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh langkasenenge
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di