CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Minuman Tradisional Tuak alias Arak dari Pohon Aren Agan Pernah Coba?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c094dc5241566b135508cd/minuman-tradisional-tuak-alias-arak-dari-pohon-aren-agan-pernah-coba

Minuman Tradisional Tuak alias Arak dari Pohon Aren Agan Pernah Coba?

Minuman Tradisional Tuak alias Arak dari Pohon Aren Agan Pernah Coba?



Minuman Tradisional Tuak alias Arak dari Pohon Aren Agan Pernah Coba?


Pohon aren atau enau adalah tanaman serbaguna. Banyak olahan yang dihasilkan dari pohon enau selain makanan dan minuman

Minuman tuak yang berasal dari pohon aren adalah minuman khas kami daerah Simalungun. Bukan hanya daerah kami hampir semua orang suku Batak mengenal minuman ini. Batak Toba, Simalungun, Karo dll. Minumannya ini sering ditemukan di lapo atau warung. Minuman ini biasanya cocok setelah makan makanan daging-dagingan.

Minuman tuak bisa juga membuat mabuk bila terlalu banyak minumnya. Minuman tuak hampir sama dengan bir. Tetapi kadarnya lebih rendah. Minuman ini sangat disukai para pria. Apalagi di kampung udaranya dingin. Mereka para lelaki beberapa di antaranya sering nongkrong di lapo atau kedai tuak. Biasanya mereka sambil bermain kartu remi, domino ( judi). Seringkali para suami mabuk dan pulang menuai pertengkaran.

Minuman tuak merupakan menu khas di pesta selain bir. Minuman tuak untuk menetralisir makanan daging-dagingan agar kolesterol tidak naik. Jika minum satu gelas aman saja tidak bakalan mabuk. Tetapi para pria bila sudah minum tuak pada kalap dan minta tambah. Sehingga mereka mabuk. Tetapi ada juga beberapa di antara para pria tidak suka minum tuak.

Minuman tuak pengolahannya tradisional. Sama seperti mengambil getah karet. Pohon aren tanpa ditanam tumbuh sendiri. Mungkin dibawa angin atau binatang lainnya sehingga mampir ke kebun kami. Tidak butuh perhatian ekstra. Tumbuh dan berbuah.

Minuman Tradisional Tuak alias Arak dari Pohon Aren Agan Pernah Coba?


Beberapa manfaat pohon aren atau enau.


1. Buahnya biji kolang-kaling.
2. Kayunya berguna untuk sapu lidi. 3. Selain itu pucuk yang baru untuk janur kuning bila ada pesta.
4. Selain itu yang menempel di pohon enau bisa dijadikan sapu ijuk dan atap rumah.
5. Setelah enau disadap air keluar sangat manis dan dijadikan gula aren dan minuman tuak yang dicampur dengan ramuan kayu raru.
6. Sesudah enau tua, dipotong setelah beberapa lama terjadi pembusukan muncul binatang ulat atau namanya Hidu. Binatang ini sering sekali dimasak dan konon katanya enak sekali bagi yang sudah makan.


Minuman Tradisional Tuak alias Arak dari Pohon Aren Agan Pernah Coba?


Minuman tuak khas Batak , bahkan sekarang di daerah perantauan seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi bila ada pesta atau acara minuman tuak pasti ada. Bahkan minuman tuak bisa dicampur dengan durian. Bertambah enak sekali. Maknyus.
Selain itu tuak dicampur dengan telur ayam kampung atau bebek, hanya kuningnya saja dicampur lagi satu sendok gula merah. Biasa yang minumnya para lelaki untuk menambah kekuatan bekerja di ladang.


Pohon aren atau enau kaya manfaat, tidak hanya minuman dan makanan bisa juga sebagai alat untuk membersihkan rumah atau bisa menjadi atap rumah.

Minuman tuak bermanfaat apabila minumnya secukupnya saja. Sesuatu yang berlebihan itu bahaya. Begitu juga minuman tuak bila minum berlebihan pasti mabuk.

Sekian dulu sobat kaskuser semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi di tulisan selanjutnya terima kasih.

Sumber gambar dan referensi

link

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh erina79purba
Halaman 1 dari 6
Minuman tuak bisa menghangatkan badan
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Minuman tuak menambah tenaga perkasa untuk bekerja di ladang
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Udah, di Turangie, Sumut
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Baen jo namboru tuak sakong nai dohot tambul na da satapak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
mpritselvia dan erina79purba memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Belum pernah nyoba, ane mau minum jahe hangat aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zimbenk dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Mantap Pak Budi hebat

Quote:

Sagalas do i ho Itoemoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:

Coba deh gan, rasanya beda dengan susu jaheemoticon-Malu2thumbup
mabok murah
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
kalo di papua namanya sagero. emoticon-Big Grin
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Gw lg sering bkin arak ketan nih
Ennss
Seger klo dingin emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
erina79purba dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Tuak sing tak ombe ambu ne koyo kelek nogoo 🤣🤣
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan erina79purba memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Di wilayah perbatasan jatim jateng dan sekitarnya juga ada tradisi minum tuak..
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Pernah nyobain sekali gan karena dihidangkan sama tuan rumah pas waktu penelitian wkwk
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pernah, belinya seplastik 1 liter harganya 20 ribu. Pertama dibuka jehhh bau kentutemoticon-Ngakak (S)
Dicampur minuman energi kukubima supaya rasanya enak. Mabuk tidak, mencret iya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan erina79purba memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Udah pernah blom minum rebusan air pembalut
emoticon-Ngakak
sayang sekali ane kagak boleh minum tuak karena minuman memabukkan di haramkan....

Klo pengen mabuk ane minum VODKA aja sekalian, nanggung nanggung dosa....

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
damel88 dan erina79purba memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sebenarnya kalau tidak sampai memabukkan sih tidak haram hukumnya diminum.

sering juga dicampur dengan tulang babi itu biar lebih mantap katanya rasa tuaknya.

emoticon-Ngakak
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
sama seperti air nira atau aren.

kalau kebanyakan minumnya ya mabuk juga.

profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
belum pernah sih...kalau minum kira kira mabuk gak ya???
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Nggak pernah coba minum, gak berani ah emoticon-Ngakak
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kalo ogut tim anggur collosum saja... :beer lebih ringan breh
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Diubah oleh gardu09
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di