CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Roket Terran R Siap Menantang Roket Falcon 9, Relativity Space: Akan Saingi SpaceX
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c053f3f58d6e2794134830/roket-terran-r-siap-menantang-roket-falcon-9-relativity-space-akan-saingi-spacex

Roket Terran R Siap Menantang Roket Falcon 9, Relativity Space: Akan Saingi SpaceX

Roket Terran R Siap Menantang Roket Falcon 9, Relativity Space: Akan Saingi SpaceX
Foto ilustrasi 3D Terran R | space.com

Perusahaan antariksa swasta "Relativity Space" telah dilaporkan sudah mengumpulkan uang sebesar $650 juta dolar Amerika atau setara 9,2 triliunan rupiah dari beberapa investor untuk merancang roket "Terran R" yang dapat digunakan untuk menyaingi roket SpaceX Falcon 9 milik Elon Musk. Namun, saat ini Relativity Space masih membuat rancangan roket dalam sket 3 dimensi (3D).



Sejumlah investor yang turut berpartisipasi mendukung Relativity Space untuk membangun roket Terran R diantaranya adalah Tiger Global, Coatue dan BlackRock, serta Mark Cuban, aktor Jared Leto, dan mantan CEO Zillow Spencer Raskov.

Setelah berhasil bmengumpulkan uang, Relativity Space sekarang menjadi perusahaan antariksa swasta termahal kedua setelah SpaceX milik Elon Musk.

Roket Terran R Siap Menantang Roket Falcon 9, Relativity Space: Akan Saingi SpaceX
Foto ilustrasi 3D Terran R | space.com

CEO Relativity Space, Tim Ellis mengatakan jika pendanaan adalah faktor penting untuk mempercepat produksi roket Terran R, roket ini rencananya dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2024 dan diklaim sebagai pesaing roket Falcon 9 yang memiliki keunggulan dari segi komponen yang dapat digunakan kembali

Relativity Space sebenarnya sudah merancang Terran R sejak 5 tahun yang lalu. Namun, Relativity Space berencana akan merancang Terran 1 terlebih dahulu guna untuk menganalisisnya dan setelah selesai dianalisa kemudian Relativity Space akan membangun roket Terran R, yang ukurannya 20 kali lebih besar dari Terran 1. Roket Terran R akan dirancang mirip Falcon 9 dimana beberapa komponenya dapat digunakan kembali sepenuhnya.

Roket Terran R Siap Menantang Roket Falcon 9, Relativity Space: Akan Saingi SpaceX
Foto ilustrasi 3D Terran R | clickorlando.com

CEO Relativity Space juga mengatakan, “Hari ini kami selangkah lebih dekat ke tujuan itu, dan bersama dengan Terran 1 pertama kami, produk Terran R kedua kami akan terus mendapat perkembangan dari tim peneliti Relativity Space. Saat ini pengembang sudah menggambar sket 3D roket Terran 1, dari gambar 3D pengembang dapat menganalisa dan mengurangi jumlah suku cadang untuk meningkatkan kecepatan roket.

Tujuan Relativity Space adalah untuk mengembangkan roket untuk membangun basis industri untuk kemanusiaan di Mars jika NASA berhasil meneliti dan membangun pemukiman disana. Terran R adalah langkah kedua untuk mewujudkannya, dan keberhasilan proyek ini akan membantu pengantaran manusia ke Planet Mars.



Referensi:
1. Space.com - Relativity Space unveils fully reusable, 3D-printed Terran R rocket
2. relativityspace.com - RELATIVITY SPACE RAISES $650M TO SCALE TERRAN R PRODUCTION
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alifrian. dan 26 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
waahh gilaakk nih keren banget gan era space akan hadir beneran nih gan haha
Ya semoga menyaingi, karena persaingan itu akan membawa semuanya jadi lebih baik dan berusaha lebih
ada saingannya elon musk emoticon-Ngacir perusahaan macem begini dapet duitnya dari mana ya emoticon-Bingung (S)
Indo kpn yak...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
terus yang ada hubungannya dengan spacetoon yang mana dong? emoticon-Bingung
Tetap semangat. Indonesia pasti bisa bikin juga. Walau cuman design 3D.
semakin dekat dengan ruang angkasa
profile-picture
OhmChoky memberi reputasi
Kalo disini bakal di bully...buat apa, mending buat ini itu dll...dan pada saatnya cuma bisa jadi penonton doang
Makin oke nih kalo ada kompetisi gini. Bakal berlomba2 mengembangkan roket spaceX sama terran emoticon-Matabelo
mantab nih, ditunggu inovasi-inovasi dari Relativity Space untuk penelitian angkasa luar, ke depan kayaknya akan semakin banyak muncul perusahaan sejenis ya, hehe
Nice.. biar bulan gk dimonopoli elon musk emoticon-Leh Uga
gg disana udah mulai ketat persaingan kaya gini
Post ini telah dihapus oleh KS06
mending jadi PNS
Gile 650 juta dollar.. kalo ngasih makan orajg miskin di afrika abis gak ya??
Indonesia akan menyusul gan ..
Tahun 3000
profile-picture
hoorray memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Keren jg desain nya , futuristik warna metalik dan tanpa tambalan .
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semoga nnt doge $200
spaceX punya siangan ya sekarang.. patut dinanti sih perkembangan terran R nanti apakah sesuai ekspektasi yg bisa menyaingi falcon 9
Nehara +62 masih jauuh
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di