CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Dengan Bercocok Tanam Masnukho Ikut Menjaga Alam, Bentuk Investasi yang Menguntungkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c01b7093b35d3aaa6467cb/dengan-bercocok-tanam-masnukho-ikut-menjaga-alam-bentuk-investasi-yang-menguntungkan

Dengan Bercocok Tanam Masnukho Ikut Menjaga Alam, Bentuk Investasi yang Menguntungkan

Dengan Bercocok Tanam Masnukho Ikut Menjaga Alam, Bentuk Investasi yang Menguntungkan
Siapakah penjaga bumi?
Mari cintai dan sayangi bumi kita, dan rasakan imbal baliknya


Bumi, adalah satu-satunya planet yang saat ini dapat dihuni oleh manusia.
Diperkirakan planet terbesar kelima dari delapan planet yang ada di dalam Tata Surya ini telah ada sejak 4,54 miliar tahun yang lalu, dan dihuni oleh makhluk hidup kurang lebih selama 3,5 miliar tahun.

Melihat bumi yang telah berusia bermiliar-miliar tahun tentu saja sudah dapat dikatakan bumi ini sangat tua, sebab itulah kita sebagai makhluk hidup yang berakal dan diciptakan untuk menjaga bumi harus segera mengambil peran untuk memperhatikan, mencintai, dan merawat bumi sebagaimana bumi memberikan kelayakan hidup, tempat tinggal, dan segalanya bagi kita semua.

Sering kali penumpang lupa pada tumpangan GanSis, kita sering berlaku semena-mena kepada bumi, merusaknya dengan sengaja atau tidak sengaja, dan lupa mengembalikan fungsi sebagai mana mestinya.

Wujud cinta terhadap bumi tentu bukan haya dalam bentuk ucapan saja GanSis, kita harus melakukan tindakan nyata meskipun itu kecil namun bermakna.
Jangan pernah berteriak sebelum bertindak, sebab jika itu dilakukan maka hanya omong kosong saja.

Dengan Bercocok Tanam Masnukho Ikut Menjaga Alam, Bentuk Investasi yang Menguntungkan


Sebagai wujud dan bentuk cinta terhadap bumi tempat ane tinggal, tentu saja ane juga harus ikut berpartisipasi dalam menjaganya.
Mungkin memang apa yang ane lakukan ini belum begitu berdampak besar, namun paling tidak investasi lingkungan hidup untuk masa depan telah dilakukan.

Bagaimana sih cara sederhana menjaga alam atau merawat lingkungan hidup?

Tips dari ane, cara menjaga alam dengan sederhana yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari GanSis, sebab kebiasaan hidup kita juga sangat berpengaruh terhadap lingkungan hidup.

Tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang merusak alam, menggunakan air dan listrik seperlunya, dan mengecek kelayakan kendaraan pribadi adalah beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan setiap hari bentuk langkah menjaga bumi.


Dengan Bercocok Tanam Masnukho Ikut Menjaga Alam, Bentuk Investasi yang Menguntungkan


Selain kebiasaan kecil di atas, ane juga memiliki cara lain dalam menjaga alam sekaligus investasi lingkungan hidup untuk masa depan GanSis.

Bercocok tanam, adalah hobi sekaligus cara ane merawat alam yang manfaatnya benar-benar dapat dirasakan.

Berhubung ane tinggal di kampung ketersediaan lahan kosong dapat dikatakan masih lumayan luas GanSis.
Sebab itulah ane memanfaatkannya untuk bercocok tanam karena memang ane sendiri hobi menanam sejak kecil.

Jenis tanaman yang ane tanam pun cukup beragam GanSis, mulai dari cabe, labu, pisang, singkong, belimbing, tomat, mangga dan berbagai macam tanaman yang hasil panennya dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Lantas apa sih manfaat bercocok tanam bagi alam?
Tentu saja bermanfaat dong GanSis, di bawah ini beberapa manfaatnya:


Quote:


Dengan Bercocok Tanam Masnukho Ikut Menjaga Alam, Bentuk Investasi yang Menguntungkan


Selain manfaat-manfaat di atas masih banyak manfaat dari bercocok tanam yang dapat kita rasakan secara langsung bagi kehidupan kita sehari-hari GanSis.
Kita dapat menghemat pengeluaran dapur saat kita menanam berbagai macam jenis sayuran, rempah-rempah, atau bumbu dapur sendiri di pekarangan rumah.

Jadi selain investasi untuk alam juga investasi untuk kebutuhan hidup GanSis, kita bisa lebih hemat karena uang yang seharusnya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari bisa ditabung untuk kebutuhan yang lain.

Owh iya GanSis, ane pun dalam bercocok tanam selalu menggunakan pupuk kandang loh.
Kotoran ternak kambing ane gunakan sebagai pupuk tanaman, agar tanah tidak mengalami kerusakan atau pencemaran bahan dari pupuk kimia.


Quote:


Seperti itulah GanSis cara mencintai bumi tempat tinggal dan tempat mencari penghidupan versi Masnukho.

Sebenarnya jika kita memahami rumus mencintai bumi itu akan lebih indah dibandingkan mencintai manusia GanSis, sebab bumi akan selalu memberikan imbal balik saat kita mencintai dengan tulus dan ikhlas, berbeda dengan manusia.

Oke, itulah tadi GanSis bentuk investasi lingkungan hidup versi ane.
Sangat sederhana namun penuh makna.
Semoga apa yang ane bagikan ini bisa bermanfaat dan dapat diambil serta dilihat sisi positifnya.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.


Dengan Bercocok Tanam Masnukho Ikut Menjaga Alam, Bentuk Investasi yang Menguntungkan

Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
Dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marikemana dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masnukho
Halaman 1 dari 2
emoticon-Matabelo ini cara ane menjaga alam GanSis
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan trifatoyah memberi reputasi
Sekalian kalau ada untung dikit-dikit ya dimanfaatkan emoticon-Leh Uga
profile-picture
gargantuar89 memberi reputasi
ga punya lahan... emoticon-Hammer2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mantabb, nih the survivor

emoticon-Jempol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Udah ga ada lahan... depan jalan raya pulak...😩
profile-picture
masnukho memberi reputasi
sipp gan.. lanjutkan emoticon-thumbsup
pengen juga sih ane cocok tanam kaya gitu, tapi apalah daya nggak ada kebun jadi ane dan ibu ane memanfaatkan pekarangan untuk menanam tanaman hias, cabe, sere, dan tanaman buah seperti pepaya, dan strawberi..
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo solusi terakhir pakai sistem hidroponik gan

Quote:

emoticon-2 Jempol dah mantep sih ini Sis, sama-sama menjaga alam juga
...Bercocok tanam, adalah hobi sekaligus cara ane merawat alam yang manfaatnya benar-benar dapat dirasakan...

ane belum ada passion kayak TS, mantap lah lanjutkan dan sukses selalu ya.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Keren keren dan kerenemoticon-2 Jempol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak cabe beneran bukan cabe-cabean

Quote:

emoticon-terimakasih terima kasih bun
Ane juga pernah coba bercocok tanam dikebun belakang rumah. Namun yg terjadi setelah beberapa hari tanaman diacak² kucing emoticon-Cape d...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Nice thread masnukho
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo emang nanem apa gan kok diacak-acak kucing?
Biasanya sih yang ngacak-ngacak ayam

Quote:

emoticon-2 Jempol terima kasih bang
profile-picture
black_robo memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nanem ganja gan. Ganja bisa tumbuh karena seizin Allah Swt
profile-picture
masnukho memberi reputasi
emoticon-Jempol
menjaga alam dan bermanfaat bagi manusia...

jhozzz tenan....emoticon-Jempol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Cape d... nanti ane ditangkap polisi

Quote:

emoticon-2 Jempol bener banget tuh gan
Kalo bercocok tanam biasanya ane nanem bunga bunga aja gan:0
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Kan Allah dah ngizinin tuh ganja tumbuh. Polisinya menentang kehendak Allah
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Masgan ane juga pengen punya kebon, sawah piara kambing dan ternak lain. Jenuh sudah kehidupan kota yang semu ini.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di